PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan!

Pernah takut mati?
Aku tidak lagi takut mati. Kenapa? Karena aku sudah mantap untuk pindah dunia ke akhirat. Sekoper pahala sudah kukumpulkan. Koper dosa juga sudah. Yah…mana ada manusia yang luput dari dosa. Makanya sudah kuperhitungkan dosaku harus lebih sedikit dari pahala. Harus!

Sakit saat kematian?. Banyak ulama bilang emang sakit. Konon seperti kambing dikuliti hidup-hidup. Hiiii….

Tapi…Huh, ada ada saja.
Aku gak percaya, kupikir mereka Cuma mereka-reka saja. Mentang-mentang saat ajal mendekat mereka melihat wajah perih dan sakit yang terpancar, sok dah merasa pernah mengalami mati.
Bisa saja mereka merasa nikmat!Siapa yang tahu?!.
Bahkan saat Nabi mendeskirpsikan bagaimana mati dia juga belum melaluinya. Andaipun sudah melalui kematian tentu bisa masuk acara penampakan di Lativi dong he..he.

Ok…kembali ke rasa sakit.

Ku pertegas kembali, bisa saja mereka yang sedang menjalani proses kematian justru merasa nikmat yang amat sangat!.
Hanya saja cara komunikasi disaat itu yang cuma dari wajah merintih n meringis itu…
Mmm.. mungkin seperti seorang istri yang sedang “fly” bersama suaminya. Kan nikmat?!

The point is… saat kematian itu ghaib.
Dan yang ghaib gak akan bisa dipahami oleh akal manusia. Maka gak usah ngawur, pusing, atau mencak-mencak mempertahankan pendapat soal proses kematian. Karena yang bisa jelasin cuma Allah dan orang yang sudah pernah mati!

Nah.. aku sudah menenteng dua koperku yang akan ditimbang di yaumil mahsyar. Ketika masih bernafas di dunia, aku dah hitung berapa besar pahala dan dosa ku. Bahkan ku upah seorang programer lulusan terbaik dan pengalaman kerja segudang yang sudah kukursuskan di pesantren kolbu selama 7 tahun 7 purnama. Tugas utamanya untuk membuat program perhitungan yang tepat, detail dan rinci seberapa besar dosa dan pahalaku. Ya.. seperti ala Quick Count gitu deh...

Untuk memastikan aman, setiap malam jum’at, apalagi bulan Ramadhan sudah kusiapkan akuntan untuk memastikan aku tidak kecolongan. Dengan begitu aku bisa mengejar ketinggalanku.

Hasilnya…?!

Mantaaflah!.
Selain aku lebih tenang dengan kas pahalaku, masalah duniawiku pun aman.
Bayangkan saja, banyak uang yang kuhasilkan sejak programer dan akuntanku kudaulat menjadi programer dan akuntan kolbu.

Banyak produk yang terjual dari ide ini, baik program komputernya, juga metode akuntansinya.

Banyak berdiri jasa-jasa konsultan penghitung pahala dan dosa_sst..pasarnya kebanyakan anggota DPR, apalagi dari partai Islam…tapi mereka selalu minta identitas dirahasiakan lo.

Banyak buku-buku terjual untuk membahas tuntas..tas perhitungan ini.

Bahkan… sekolah kudirikan untuk melahirkan akuntan dan programer qolbu ini menjadi sekolah dambaan selain kampus kampus tingkat internasional di negaraku.

Begitulah agama, setuju ato tidak, agama memang sangat laris untuk di dagangkan.

Sayangnya, jebolan sekolah tinggi agama kebanyakan harus siap hidup miskin, menengadah tangan tiap khutbah jum’at. Mungkin karena tidak ada mata kuliah kewirausahaan di bangku kuliahnya.

Oke..
Sampai disini dulu kisah hidup diduniaku. Aku mau menukarkan koper pahalaku dengan tiket ke surga.

Kuhampiri dua mahluk yang menatapku aneh…
salah satunya seperti bicara tapi aku tak mengerti dan satunya menerjemahkan. Mungkin satunya pakai bahasa Tuhan sehingga aku harus diterjemahin dengan bahasa manusia. Pikirku, tentu saja bahasa Tuhan tak pantas dipakai oleh manusia hina dina ini.

Ehm…Mmm..Maaf lho Mbak… tiket ke Surganya udah habis. Ujar si mahluk dengan ekspresi yang sulit kuungkapkan…maklumlah, kan mahluk ghaib.

Nah.. lho kok bisa?!!!!!!!!!!!….teriakku nyaris menjerit.
Suer sambar gledek_ kalau di dunia aku di terjemahkan dengan: aku bingung setengah mati…

Begini Mbak… karena manusia terjebak berfikir surga dan akhirat melulu, maka surga ditutup untuk sementara untuk di reformasi.
Yah.. seperti kampus di IPDN lah, kalau di dunia Mbak.
Perlu di rombak total!.
Kalau bisa di bubarkan!.
Karena didunia jadi tidak ada yang ikhlas. Semua hal dilaksanakan dengan pamrih pahala. Tentu saja hasilnya gak baik untuk kemaslahatan umat dan agama.

Haahhh!..aku hampir pingsan_seandainya masih hidup, tapi karena aku masih ada kebingungan, dan aku selesaikan rasa ingin tahuku.

Trus..trus aku harus kemana donk?!

Mm.. lebih baik Mbak kembali ke dunia saja.
Coba dirikan sorga di dunia. Pasti bisa Mbak… Sudah ada garansi dari Tuhan kalau sorga dunia itu terwujud. Asal Mbak cari tahu jalannya. Pasti bisa!.

Gubraxks…klo aku masih bernafas, mungkin sama dengan pingsan.

………………

Pfhhh…sekarang aku masih mondar mandir di dunia. Alias gentayangan.
Masih belum ketemu caranya.
Ada yang bisa bantu nggak?.

Read previous post:  
Read next post:  
Writer Psylo
Psylo at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (14 years 5 weeks ago)
90

Neraka kosong gak, mbak? O:)
yah, meskipun kosong siapa sih yang mau ngisi :p
Komentar: idenya bagus banget, cara penyampaiannya pun asik.

Writer dhesajah
dhesajah at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (14 years 6 weeks ago)
60

=D> lucuu... walo agak geje yhhh hohoho

Writer shassy
shassy at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (14 years 6 weeks ago)
80

=)) eh, bener yang dibilag ma kids_19 lebih pantes ngelawak aja dr pa jd Kyai..Tapi ngena juga

keep writing ya

Writer kids_
kids_ at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (14 years 26 weeks ago)
70

saya kira cerita ini ada beberapa yg harus dikoreksi :
1.Beranikah anda menanggung semua yg anda tulis terutama mengenai ke-Tuhan-an???
2. Beranikah anda mati sekarang??
3. Seberapa keras hati anda menolak cerita ini???
4. Anda sudah pernah ke pintu surga??

tpi say rasa cerita ini lumayan lucu...
Anda lebih pantas menjadi seorang pelawak daripada seorang kYai...

Writer kamui
kamui at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (14 years 33 weeks ago)
80

idenya dari mana ne?
Keren abis,sedikit nyakat anggota DPR, Iptek pun masuk juga ya,malahan ampe dari dunia ke surga,ga bisa di sepelekan neh yg punya ide,hahaha..
Buat lagi^^

Writer sekar88
sekar88 at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 10 weeks ago)
80

jadi bingung sendiri

Writer f1_tr1
f1_tr1 at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 19 weeks ago)
80

^_^ keep writing

Writer AdhitCC
AdhitCC at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 20 weeks ago)
80

yaaah... kita sebagai manusia yg blm prnah mati hanya bisa membayangkan seperti apa surga itu, tapi ini merupakan gambaran yg bagus. Kocak dan disertai dengan selipan kritik yg mengena...

Writer maximillian
maximillian at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 22 weeks ago)
70

Dalem mas, meskipun (?) lucu.

Kalau bisa lebih satir lagi. Digambarin tokohnya lebih pede dan hiperbola.

Masih besar peluang untuk dikembangkan. Ini bisa jadi satu novelet yang lucu sekaligus nyelekit.

Digambarin lebih banyak lagi kelakuannya pas hidup biar lebih dapat gambaran.

Writer KD
KD at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 22 weeks ago)
100

alur(4), kedalaman(9), kosakata(7), bentuk(5)
*************************
saran: bisa dibuat lebih indah dan satirstik.

Writer vee_lubis
vee_lubis at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 22 weeks ago)
70

satu kata: Bagus!

Writer peranita
peranita at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 23 weeks ago)

so sorry jika ada yang terpaksa (atau dipaksa?) menyakar di comment cerpenku. super X emang jago dagang :p thanks atas promosinya Suprex

iseng asli.. nyaris tanpa edit mengalir begitu saja...setelah kubaca emang ngaco..ha..ha..ha

w1tch..emang kumuat di penulis lepas, aku cari komment yang pedas. dan emang dapat yang pedas he..he..cabe rawit kalee, tapi aku jadi pengen buat lebih detail lagi..

thanks buat apresiasi ikhlas ato nggak.

semoga bisa kurampungkan lebih ok lagi.

vivaldi..aku jadi pengen ke bandung ni.. di jalan apa ya?;P

Writer pikanisa
pikanisa at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 23 weeks ago)
80

Walah...peranita main2 di dunia gaib !!!
Kueren....

Ntar2 aku pesen ke malaikat yang jaga pintu surga,
Barang second dari surga masih ada nggak ?
Kalau masih ya...gua pake aja, lumayan daripada mubadzir...

Writer Gardhu
Gardhu at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 23 weeks ago)
80

Apakah harus siap mati...?
Apakah apa yang kita lakukan sudah baik...?
Apakah penyesalan kita berguna...?
Apakah hidup kita sudah benar...?

Semuanya ghaib. Manusia tidak bisa menentukan. Hanya bisa menjalankan. Namun menjalankannya pun sulit.

Takut....

Writer w1tch
w1tch at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 23 weeks ago)
80

Segar, pintar.

Bikin surga sendiri aja yuuk ...!
...
Aku cek milis--oh, ini Peranita di penulislepas yaa??
Aku juga baca cerpen ini disana!

Writer v1vald1
v1vald1 at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 23 weeks ago)
80

Tag nya dah tepat banget. Cerita cerdas dalam adonan bumbu segar yang dimulai dan diakhiri dengan cukup brilliant.

Seperti sedang makan martabak empuk ala Liana Bandung, campuran cokelat dan keju...

Arghhhhhhhhh......

Writer fOo_yani
fOo_yani at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 23 weeks ago)
80

banyak yg kena korban super x ya??? kalo foo merasa cerita ini bagus. tinggal permainan konfliknya aja diperbagus. Lebih bagus lagi kalo dilanjutin ceritanya...

Writer unak unik
unak unik at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 23 weeks ago)
50

gue emang dah booking 1 kursi di neraka, gue gak suka yg gak pasti2 ato berebutan ma orang laen. kayak rejeki aja kalo kota2 besar dah digarap, ya lo garap secondary city dong. rebutan sorga itu ibarat mengejar sekepeng uang (sorga), pundi (neraka)ditangan dilepas. hahaha intinya jangan ngelepas rejeki, neraka juga rejeki kok hahahahaha lagian siapa bilang juga neraka segitu jeleknya?? siapa tau ada surga dibalik neraka halaaahhh.

iya neko, supreks tanggung jawab lo... gue nyariin ini cerita gara2 dia

Writer gheta
gheta at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 23 weeks ago)
50

aduh... mbak peranita pasti dubes dari kerajaan surga ya??
oooo meier juga dapet promosi dari super X? sama dunx.. jangan jangan...! tapi bagus banget nih ceritanya, gak seperti ceramah.

Writer ima_29
ima_29 at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 24 weeks ago)
80

Mbak peranita..klo tiketna abis..knapa ga inisiatif cari calo tiket gitu??kan banyak tuh!huehehehe

klo gw liat...crita ini masih bisa nyabung..ada yang mau berkolaborasi dengan beliau???

Writer simukaramai
simukaramai at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 24 weeks ago)
80

kalo tiket surga abis, gue tinggal di neraka dooong???

cerita yan bagus untuk mengingatkan.

Writer M4N GalinGing
M4N GalinGing at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 24 weeks ago)
80

masuk sorga pake tiket......!
bioskop kaleeeee!
tapi yang terpenting adalah
ceritanya punya makna, ada nilai yang terkandung.
kueren eui.

Writer meier
meier at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 24 weeks ago)
60

cape cape gue nyari cuma segini aja ternyata?!super X lo harus bertanggung jawab, lo yg rekomenin ini kan lewat YM?gue jadi ragu nih, tiket gue sia sia ga ya?

Writer gina
gina at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 24 weeks ago)
90

masih ada cara laen buat masuk surga ko walaupun tiketnya udah abis....
cari calo tiket surga aja, mungkin agak mahal sih.... tapi daripada gentayangan mulu?? hehehe.....

Writer Super x
Super x at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 24 weeks ago)
90

mantap mantap... sudah ada frame dan alurnya jelas. Sudah matang dan keliatan idenya bukan hal yang nanggung. Konflik tidak terasa banget tapi setengah datar setengah tinggi... bahasa lainnya nyesak... ekspresif banget nyesaknya... Karena untuk menciptakan efek sesak di dada memang ga' bisa dengan bahasa yg terlalu berapi-api dan terlalu datar pasrah. Tapi entah mengapa kata "Ada Yang Bisa Bantu Nggak??" di akhir kok jadi nilai minus ya?? euhuehue mantap kak...

90

bikin aja surga tandingan!

Writer punk5
punk5 at PENGUMUMAN : Sorga dibubarkan! (15 years 24 weeks ago)
100

gitu ya?tiket surga abis? sold out? wa, ntar2 aja deh migrasi ke surga.nunggu tiket bantuan.ada2 aja lu.tapi kocak.keep fight!