Be good, my friend......

“Jadi begitulah……,”

Aku terdiam seribu bahasa. Diriku tak sanggup menjawab ataupun hanya sekedar merespon. Berita itu sungguh mengejutkan, dan di sudut hatiku, aku tak bisa menerima itu semua, sama sekali tidak bisa.

“Kenapa diam?”
“A.. tidak…. ..hanya saja..…a...apa ini serius?” tanyaku tergagap.

“Ya. Aku serius. Aku benar-benar suka padanya, Lucy. Kau takkan tahu apa yang selalu ia lakukan saat kubutuh bantuan, atau..saat aku ingin bicara…. Ia selalu ada.”

Kau membuatku gusar, memuji-muji orang itu.

“Aku tidak peduli. Tapi ini salah! Kurasa ia bukan yang terbaik untukkmu. Buka matamu lebar-lebar! Masih banyak yang lain didunia ini, mengapa kau pilih laki-laki itu?”

Aku bangkit dan dengan kasar duduk di kursi di depan meja belajar. Kunyalakan laptop dan tidak lagi mempedulikanmu yang sekarang menjadi tambah murung.

Lagu rock keras berdentum. Bunyi gebukan drum, pekikan gitar elektrik dan suara serak sang penyanyi menggema memenuhi ruangan. Aku sangat menikmati ini, dan mengetuk-ngetukkan jari mengikuti irama.

“Kau….tidak bisa terima ya, Lucy?”
Aku tidak mendengar, atau mungkin berusaha tidak mendengarnya. Aku tetap bertahan di kursi saat kau menggeser laptop ke arah kau dan mematikan lagu kencang, yang dulu pernah kau komentari sebagai perusak telinga itu.

“Dengarkan aku, Lucy…. Kau temanku, maka aku cerita ini padamu. Aku menyukai dia. Benar-benar suka…oh.. koreksi, lebih tepatnya cinta. Mungkin kau tidak bisa merasakan bagaimana rasanya, mungkin kau merasa aneh, tapi ini kenyataannya, Lucy. Tidak bisakah kau menerima itu? Tidak bisakah kau relakan sahabatmu ini?”

Aku terdiam, membuang muka. Aku tidak ingin melihatmu dengan wajah sedih yang memilukan itu.

Kau terdiam, dan terus terdiam. Keheningan terasa mencekam, namun aku tidak berani melihatmu, aku takut aku luluh.

Samar-samar alunan lagu mulai terdengar. Aku menoleh padamu dan kulihat kau baru saja mengutak-atik laptopku. Kudengar instrumen sederhana harmonika, sedikit piano, dan efek suara kotak musik, menyatu, beralun dengan lembut. Kau tersenyum padaku, dan membuatku merasa miris. Senyummu dengan mata yang sendu, ditambah alunan lagu ini……

“Begini ya, temanku yang baik, bukannya aku tidak setuju, itu urusanmu dan aku tidak berhak ikut campur, tapi ini aneh!” jawabku, “Mengapa kau pilih laki-laki itu? Hah? Laki-laki yang bahkan sudah memiliki wanita yang menggandrunginya? Laki-laki, yang bahkan kau belum memperkenalkannya padaku? Cih…. Kau ini…,”

“Lalu apa? Kau mau meninggalkanku, Lucy? Kau ingin menjauh dariku?”

Aku memandangmu, kali ini dengan sedih. Tentu saja tidak… aku tidak akan meninggalkanmu…. Bukankah kita… teman?

“Kau tahu aku tidak akan melakukan itu,” bisikku lirih, “Teman… akan selalu menjadi teman…..ya kan?”

“Maka tolong terima keputusanku, Lucy. Aku mencintainya, dan menikmati saat-saat bersamanya. Sungguh…..,” suaramu tercekat.

......…..aku kalah…..

Kupeluk dirimu yang rapuh itu, erat dan dalam… kukeluarkan semua emosi dan rasa sayangku padamu.
“Baiklah….. lakukan apa yang menurutmu terbaik. Aku akan selalu disini setiap saat kau membutuhkan bantuanku. Mengerti? Setiap saat kau kesulitan, aku ada disini. Dan kau harus cerita!” tambahku dengan nada sedikit tinggi, “….apapun itu masalahmu.”

Dan kulihat, senyummu yang dulu kembali mengembang, senyum yang manis itu. Kucium keningmu dan tersenyum memberi semangat. Aku berharap keputusan ini.. tidak akan menyakitimu kelak. Karena aku terlalu sayang padamu……..teman.

Be good.....

Read previous post:  
101
points
(365 words) posted by Zhang he 13 years 29 weeks ago
63.125
Tags: Cerita | cinta | Cinta | zhang | zhang he
Read next post:  
Writer mbahYus
mbahYus at Be good, my friend...... (13 years 23 weeks ago)
80

Ide ceritanya dalem yah...
Pengolahannya secara monolog..(hehe..gitu ya kira2 bentuknya?)

Boleh minta saran dan kritiknya tuk 2 cerpenku ga..?
Yg ini : *Tajuk Hayatan Arsitektur (1) dan (2)#.
Maksih sebelumnya yah...

Writer mel
mel at Be good, my friend...... (13 years 24 weeks ago)
80

wow! bagus cil.. terus menulis!!

Writer tha_tho
tha_tho at Be good, my friend...... (13 years 25 weeks ago)
80

ceritanya keren bgt. walo agak gak jelas gitu..

Writer tika_bintang
tika_bintang at Be good, my friend...... (13 years 25 weeks ago)
70

Memang sgalanya..

Writer dirgita
dirgita at Be good, my friend...... (13 years 26 weeks ago)
80

Kritik cuma pada teknik ketik aja. Mohon dengan sangat, perhatikan partikel "di". Jika merujuk pada tempat, maka "di" seharusnya dipisah terhadap kata yang menyusulnya (ah, sok ngajar!).
Kedua, titik-titiknya berhamburan di mana-mana dengan pola tak teratur. Begini, aku punya solusi.
(1) Jika titik-titik itu menggantikan koma, maka titik-titik yang diberikan ada tiga (...). Ini berlaku pula sebagai penanda jeda percakapan.
Contoh: "Aku... tidak bisa melakukan... ini."

(2) Jika berniat menambah kesan jeda di akhir kalimat, maka titik-titiknya jadi empat (....). Mengapa jadi empat? Karena yang tiga bertambah dengan titik penutup kalimat. Bingung? Hehe. Sama. Pakai cara apa, ya, supaya lebih mudah menerangkannya?
Contoh: Aku hanya bisa duduk di sini. Menunggu semuanya berakhir. Menunggu semuanya tidak mengenaliku lagi....

Writer Zhang he
Zhang he at Be good, my friend...... (13 years 26 weeks ago)

Ah thanks ya smua atas komennya ^^
Membangun, dan daku jadi bersemangat lagi! Hehehee..thanks!

Hihihii, dan untuk sang teman...
Silakan. Lakukan apa yang menurutmua benar ^^ aku tetap disini

Writer Rijon
Rijon at Be good, my friend...... (13 years 27 weeks ago)
80

CECIL bisa juga dikau puisi-puisian....

Rontoklah pendap0at si shin kalo mengarang itu gak boleh pake kata-kata PUITIS.....

Writer naela_potter
naela_potter at Be good, my friend...... (13 years 27 weeks ago)
80

bahasanya puitis ngalir.
enak.
^^
nice.
mhn komennya juga yaaa..

Writer mocca_chi
mocca_chi at Be good, my friend...... (13 years 27 weeks ago)
80

semoga bukan cerita lesbian...
hii...'tulisanmu baik untuk seumuranmu.
ganbateee

Writer Villam
Villam at Be good, my friend...... (13 years 27 weeks ago)
80

cuma beberapa dialog yang panjang mungkin bisa dibuat lebih wajar.

Writer dut_chuby
dut_chuby at Be good, my friend...... (13 years 27 weeks ago)
30

teman yang baik...
good lucky everythings

Writer genky
genky at Be good, my friend...... (13 years 27 weeks ago)
50

so sweet...

Writer Alamin
Alamin at Be good, my friend...... (13 years 27 weeks ago)
40

:))