Pagi hari di tepi kali ciliwung...

"Bu........aku haus!" jerit anak
"Sabar anakku, ibu ambil air dulu..." jawab ibu

Diciduk ibu air dari kali ciliwung yang tercemar

"Ibu....mana airnya?" seru anak
"Ini airnya, cepat diminum..."
Glek...glek...glek...glek...

Diteguk anak air dari kali ciliwung yang tercemar

"Ibu...airnya aneh
baunya busuk
dan rasanya..." protes anak
Hueeeeeeeeeekkkkkkk....

Dimuntahkan darah karena air dari kali ciliwung yang tercemar

Pagi hari di pinggir metropolitan
Di susuran ciliwung yang melegenda
Ibu... anak... beraktivitas
puluhan ibu, puluhan anak
ratusan ibu, ratusan anak
ribuan ibu, ribuan anak
beraktivitas

Dihantui air dari kali cliwung yang tercemar

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer f1f4_91rL
f1f4_91rL at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 35 weeks ago)
80

kali ciliwung dmn yh?..hehe
gy puisi yg beda.. tp bagus...

Writer Egha91
Egha91 at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 35 weeks ago)
80

gua suka yang kayak gini
nyindir2 sosial

Writer mel
mel at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 37 weeks ago)
80

uppss! miris ..
yup, ide yang diangkat udah sangat bagus. tapi emang masih begitu polos..
ahh, biar bagaimanapun saya suka tulisan ini..

Writer orchid
orchid at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 37 weeks ago)
60

ya ampun dek tya..
akhirnya gue bisa liat karya lu juga..
hehehe..

gue setuju ma mbah yus..
masih terlalu 'gamblang' buat disebut puisi dek..

(kita sama2 belajar ya dek..)
semangaaaaaaaaaaaaaaaaaaattt...

Writer mbahYus
mbahYus at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 37 weeks ago)
50

Temanya sebenarnya sangat bagus sekali...
Namun sayang sekali..karena terburu-buru (mungkin), serasa ini jauh jika disebut puisi..
Sudah sangat lugas dan polos.., malahan seperti pemaparan pemandangan kegiatan di ciliwung...
Sangat terkesan ini sebuah cerita pendek (menurutku aja sih).

Writer sapoetra
sapoetra at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 37 weeks ago)
80

maksih ya atas komenx..aq ngk marah ato apa menurut km!! aq malah mksh banget dah mau komen puisi aq..lam kenal ya...!!

Writer Adenks
Adenks at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 37 weeks ago)
50

Sungguh terlalu...

Writer fadly_pwk
fadly_pwk at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 37 weeks ago)
80

Lu gila ya? Anakmu dikasih minum air begituan, and anakmu lebih gila lagi, diberi air ciliwung, glegek2 aja ... ugh (lagi marah nih, entah pada siapa, pemerintah, PDAM, atau siapa lah yang harus menerima rasa 'benciku' saat ini) ... peace

visit me dong, lama aku gak visit ke jendela kemudianmu ...

Writer starof hope
starof hope at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 37 weeks ago)
100

*menahan nafas*
salam kenal...

Writer janganah
janganah at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 37 weeks ago)
50

air minum yang tercemar yaaaaaa...wah bersih2 sungai yukkkk ciliwung2

Writer rianto
rianto at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 37 weeks ago)
80

siip bangat puisinya.

80

Pecinta Lingkungan yach.. Kapan nich agenda berenang di Kali ciliwungnya he..he..

hers at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 38 weeks ago)
70

....karena perilaku kita!

membuatku mandi hanya dengan seember air.

Writer key
key at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 38 weeks ago)
80

^_^

Writer dogol
dogol at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 38 weeks ago)
70

Unik...salam kenal

Writer Arfin Rose
Arfin Rose at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 38 weeks ago)
70

cuma pengen mecah bilangan 100 di comment kamu ajah!he..he..

Writer Al-Abs
Al-Abs at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 38 weeks ago)
70


fermentasikanlah lingkuangan dengan peradapan manusia, yang selalu mencemooh, tapi masih ada yang melihat dan membelarak setidaknya hanya untuk bilang ciliwung airnya butek? cukupkah?!

aku rasa masih ada yang dipendam selain ketidak sesuaian antara alam dan kebutuhan.


*klai?

Writer najmah_roe
najmah_roe at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 38 weeks ago)
50

Assalamu'alaikum... Hidup, tak kaku. Kadang kita perlu tahu kabar dari seberang... Baca-baca koment Ara, saya jadi merasa lebih lincah...^_^

Writer zasdar
zasdar at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 39 weeks ago)
80

pertahankan itu ria, karena jiwamu selalu tau dengan lingkungan sekitarmu!

gw suka dengan hal yang kamu posting ini!

Writer benz
benz at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 39 weeks ago)
80

alangkah lebih hebat kalau kita bertindak nyata..

tidak hanya berkata-kata..

tp puisi ini bagus, gaya penuturannya tidak begitu baru bagi saya, tp tetap bagus..

nice,,

salam kenal..

kalau sempat mampir2 ke tempat saya ya..

^_^v

70

Assalamu'alaikum.
Cukup kuat dan lugas, diksi yang sederhana dengan metafor yang minim.
Setiap penulis memiliki lisensi dalam puisinya, entah ia ingin mengolahnya dalam bahasa yang lugas dan sederhana, atau menari-narikan penanya dengan sayap2 metafor yang semakin berkembang dan menerbangkannya tinggi. Semua itu bergantung pada keilmuan dan apa yang ingin disampaikan penulis dalam gaya atau kekhasan yang ia miliki.
Sebuah gaya prismatis dalam puisi Mbak cukup eksplisit, namun kurang tajam. Beberapa komentar dari teman2 telah mewaklili sebagian komentar saya. Sisanya adalah sedikit ilmu yang saya miliki, mungkin bisa digunakan untuk membantu mempertajam pena Mbak dalam manulis.
Semuanya tidak terlepas dari comfort zone Mbak dalam menulis ya^_^
Sebuah karya prismatis biasa sering diolah dalam bahasa yang cukup puitis dan memberikan ragam asosiasi kepada pembaca, dalam kalimat langsung yang ia sampaikan. Namun, dalam karya Mbak tidak. Justru sebaliknya, oleh karena itu tetap pertahankan kesederhanaan itu dengan hentakan yang perlahan. Agar tidak memberikan ambiguitas yang terlalu berlebihan bagi pembaca (terlepas dari selera pembaca untuk berasosiasi dan tidak sedikit pembaca yang berpikiran seperti ini). Ketika karya yang Mbak ciptakan masih cukup sederhana dan ingin menampakkan keeleganan dalam kesederhanaan itu, perhatikan komposisi kata yang biasa dan terlalu sering berulang digunakan. Coba untuk menggantinya dengan yang lebih padu dan apik, agar pembadca mampu mengasosiaikan karya Mbak lebih jauh. Namun, bila Mbak ingin menampilkan karya yang cukup puitis, maka perlu untuk memperhatikan komposisi kata yang digunakan dalam karya mentah tersebut, tepatnya reupgrade secara menyeluruh dan sesuai. Perbaikan diksi atau perubahan metafor akan sering terjadi di sini, guna menguatkan bentuk dan isi dari puisi. Karya mentah mungkin akan memberikan satu asosiasi saja, namun dengan komposisi yang apok akan memberikan ragam yang menawan.
Contoh mudah (saya dapatkan ilmu ini dari seorang maestro dengan sedikit perubahan) "musim api telah menanggalkan singgasananya dalam puing yang telah lantak. Kini masih menyisakan pedih yang menelikung mesra pada air mata bandang yang membasah. Apa yang anti dapat dari sebuah frase yang dicetak tebal itu?
Selamat berkarya.

Writer Shinichi
Shinichi at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 39 weeks ago)
70

kok jadi mengerikan yak?

bukan menyedihkan

80

serem juga yak..puluhan,ratusan,ribuan..

bagus..^^

Writer ghostinked
ghostinked at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 39 weeks ago)
70

Kamu mencari saya ya?
Karya kamu bagus kok.

Writer gozay
gozay at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 39 weeks ago)
80

Salut!

Writer zera
zera at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 39 weeks ago)
80

Bagus.
Keluar dari karakter tya...

80

hahaha

belajar protes nih yee...

keberanian yang bagus dan layak untuk dipuji. tapi terlihat kamu tergesa-gesa memposting puisi ini. Dikejar deadline? hahaha.

secara umum bagus, tapi ada beberapa yang mengganjal. selain penulisan yang perlu dipertajam, juga penggambaran tentang kalinya dan tokoh ibu/anaknya.

Dari sudut ide, ini sangat bagus. cuma perlu kamu olah dialog dan deskripsinya. sesekali mungkin kamu perlu jadi wartawan. hehehe

Writer chaghoeths
chaghoeths at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 39 weeks ago)
70

km tuch cocoknya jd wartawan sosial, dah pantes kok.
tapi karyamu ok jg di pasang di sini, bikin org tergugah. aku salut.

lam kenal

chaghoeths

Writer ijazah_sd
ijazah_sd at Pagi hari di tepi kali ciliwung... (12 years 39 weeks ago)
50

Thanks infonya. Kalo dibikin agak puitis pasti lebih menarik laporannya.