Motor Baru Saya

“Hari ini kamu urus semuanya, Har.”

Saya menunggu jawaban di seberang sana lalu menggumam lega ketika mendengar kepastiannya. Tidak berapa lama saya kemudian menutup pembicaraan lewat telepon tersebut.

Akhirnya saya bisa mewujudkan salah satu impian saya selama ini, membeli sebuah sepeda motor untuk keluarga saya di kampung. Saya berharap motor itu akan bisa mempermudah adik-adik saya pergi ke sekolah, mempermudah ibu saya pergi ke pasar, mempermudah kakak saya mengantarkan hasil kebun ke kota, atau bahkan mempermudah tetangga yang mungkin membutuhkan.

Saya senang.

Saya harap orang rumah juga senang.

*****************************

“Apa, Har?” kata saya sorenya saat Hari, adik saya menghubungi saya kembali. “Kenapa motornya harus dititipkan tetangga sebelah dulu?” tanya saya tidak mengerti.

“Tunggu hari baik, mbak,” jawab adik saya di sana. “Kata pak kyai hari belinya kurang pas. Bisa bawa sial.”

Saya mengerutkan dahi. Selama ini saya pikir urusan mencari hari baik hanya berlaku untuk pernikahan dan upacara lainnya. Baru tahu saya, urusan membeli motorpun harus mencari hari baik.

“Lalu kapan motornya bisa masuk rumah?” tanya saya berusaha memahami cara berpikir warga kampung saya.

“Lusa.”

“Ya, sudah,” jawab saya.

Entah kenapa saya terdorong untuk tertawa geli. Tapi saya tahan. Tidak ada salahnya menunggu sampai lusa. Saya mencatat dalam pikiran saya untuk selalu mengkonsultasikan hari baik saat hendak membeli barang mahal.

“Mbak, jangan lupa kirim uang juga, ya?”

“Uang? Buat apa?”

“Buat urusan motor itu.”

“Bukannya uang muka dan angsuran pertama sudah kukirim tempo hari?”

“Ini untuk biaya selamatan, mbak,” jelas adik saya.

Saya mengerutkan dahi.

“Siapa yang selamatan?”

Saya mencoba mengingat-ingat acara-acara keluarga yang mungkin terlewat oleh saya. Mungkinkah keluarga saya ada yang berulang tahun? Orang tua saya hendak berangkat haji? Adik ipar saya melahirkan? Keluarga kakak saya pindah rumah?

Saya menyerah ketika tidak mendapatkan satu petunjukpun.

“Mbak ini gimana?” tukas adik saya. “Itu untuk selamatan motor.”

“Motor??”

Saya benar-benar tidak pernah berpikir sampai ke sana.

“Iya. Kata bapak minimal panggil orang satu RT sama pak kyai. Nanti ada acara selamatan dan baca doa minta berkah. Lalu ada acara siraman juga,” jelas adik saya.

“Pakai air kembang,” tambahnya membuat saya melongo.

Saya tidak mengerti kenapa tiba-tiba sakit kepala ringan menyerang saya. Kenapa motor harus diselamati?? Lebih gila lagi, kenapa harus dimandikan dengan air kembang? Bukankah itu hanya sebuah motor, bukan calon pengantin perempuan?

“Har,”

Satu pikiran melintas di kepala saya kemudian. Tiba-tiba saya merasa cemas.

“Kamu beli motor baru, kan?”

“Iya, mbak.”

“Apa motornya bertuah?”

Nggak, mbak.”

“Apa motor itu sempat menabrak orang sampai tewas sebelum sampai ke rumah?”

“Mbak ini ngomong apa? Lha wong itu motor baru, masih gres dari dealer. Surat-suratnya juga atas nama mbak dan dealer-nya sendiri yang mengantar,” kata adik saya tidak mengerti.

“Lalu kenapa harus diselamati dan pakai acara siraman?”

“Untuk tolak bala.”

Saya memijit pelipis saya, masih tidak bisa mengerti kenapa saya harus mengeluarkan biaya ekstra untuk sebuah upacara selamatan bagi motor baru saya.

Saya menyerah.

“Ya sudah. Besok kukirim. Kamu urus saja.”

“Oya, mbak.”

Saya urung menutup pembicaraan telepon.

“Apa lagi?”

“Tetua desa juga pesan kalau kredit motornya sudah lunas, kita harus selamatan lagi.”

Saya menggumam mengiyakan dengan capek. Ternyata urusan motor ini tidak sesederhana yang saya kira.

“Nanti diatur saja. Aku siapkan biayanya.”

“Tapi, mbak—“

Adik saya terdengar ragu sesaat.

“Kenapa?” tanya saya.

“Kata tetua desa, kita harus mengundang satu desa.”

“APA?!”

Kenapa beli motor baru harus seribet ini?

Read previous post:  
409
points
(2372 words) posted by yosi_hsn 13 years 38 weeks ago
87.0213
Tags: Cerita | horor | CERPEN | horor | tantangan VQ | yosi
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer pullasi
pullasi at Motor Baru Saya (13 years 1 week ago)
50

kamu berpotensi lanjutkan =D>

Writer Onik
Onik at Motor Baru Saya (13 years 2 weeks ago)
100

~X( ....... hehehe, ceritamu menyegarkan... =D> =D> =D>
aku suka...

mba Yosi, berkunjunglah ke cerpenku, tolong kritik ya, biar aku bs pinter bikin cerita kya mba, thx

Writer sebutsajakamu
sebutsajakamu at Motor Baru Saya (13 years 7 weeks ago)
80

lucu

Writer Feline
Feline at Motor Baru Saya (13 years 12 weeks ago)
90

Kreatif baget! =D>

Writer bunny_cambridge
bunny_cambridge at Motor Baru Saya (13 years 13 weeks ago)
60

motor motor
:)) :))

Writer faraj_ibym_vajra
faraj_ibym_vajra at Motor Baru Saya (13 years 20 weeks ago)
70

Sy hampir ga bisa ngomong. Nangkepnya cuman urusan gampang dibikin susahnya.

Tetua desa yang ndeso sekali...

Writer ranggamahesa
ranggamahesa at Motor Baru Saya (13 years 20 weeks ago)
90

Tulisan Yosi yg ini keren bgt. Jadi teringat tetangga dkt rmh nawarin mtr murah, tapi abis nabrak keranda mayat yang sedang lewat mau nguburin jenazah. Alhasil, di jual murah pun gak ada yg mo beli. hehe

Writer mocca_chi
mocca_chi at Motor Baru Saya (13 years 20 weeks ago)
90

balikin aja motornya mbak, ga jadi beli kalau rentetan acaranya sepanjang itu. wuakakak

Writer payung
payung at Motor Baru Saya (13 years 20 weeks ago)
90

Seep seep seep, untuk yang ini, no comment.

Perjalanan Menuju Kota Jannah --> http://kemudian.com/node/177802

Writer f1f4_91rL
f1f4_91rL at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
100

wkwkwk..
lucu...huhuhu....
hebat dah..salut..kerenn..

Writer kavellania
kavellania at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
100

wakakakaka sumpeh lucu banget. hahahaha. gk bsa komen deh mbak hahaha....

gitu ajah kok pusing yaa... kasian amat mbaknya keluarin duit banyak

Writer azelia
azelia at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
90

Lucu banget mbak. Saya ketawa berkali-kali. Itu si mbak juga lugu amat, dimintain macem-macem manut sajah. Kalo saya ya emoh, udah dibeliin motor pake minta macem2 :D

Writer GodelivaSilvi
GodelivaSilvi at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
90

selamatan beli motor atau sesuatu yang baru is a must, PEUSIJUK. hehe adat dari daerah mana ni?
menghibur sekali :D

Writer bunda_ery
bunda_ery at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
80

wong ada gampang kok dibuat susah..

heheheeee kerenz!

Writer FranZ
FranZ at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
100

Salam kenal

Lucu Deh

Terima kasih atas koment yang kakak beri kan ke aku

Salam kenal

Writer feri milano
feri milano at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
100

gila, keren. lucu. salut aku. salam kenal ya.

Writer man Atek
man Atek at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
100

kata orang malaysia :
motosikal baru bisa untuk
main Mat rempit ( pengendara freestyle )

Writer raie
raie at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
90

luccu..dikit hiperbolis sihh.
but ok laaa

Writer dewi pujangga
dewi pujangga at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
90

hahaha...ngeribetin beneran dah...bikin cost tambah banyak...cerita yg bagus mbak yosi...

Writer mel
mel at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
90

waah. keren!
ceritanya unik banget, sederhana tapi waah.. =)

Writer AL AJA
AL AJA at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
70

hahah lucu...

Writer Arra
Arra at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
80

he-hehe mbak salut.. mengangkat cerita yang sering terjadi pada masyarakat kampung yang justru nyata...saya jadi ingat ibu saya yang suka iseng nipu saya..
"Ses. kalo makan jangan sambil jalan. ntar rumbuh ekor!"

Writer Ateng
Ateng at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
80

Cerita Comedy yang segar ya Mbak,dan Mbak sudah di mandiin kembang belum?...he...he...he...

Writer elbintang
elbintang at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
90

entahlah kalau bener ada upacara selamatan motor seperti ini, mungkin bisa membuat orang kita berpikir seribu kali/tahun untuk beli sesuatu yang..kredit?

he.he...keren
-------------
cheers!

Writer Bamby Cahyadi
Bamby Cahyadi at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
90

Hahaha cerita yang unik. Tetapi sebenarnya dalam hal konteks bercerita, sesuatu yang ringanpun bisa menjadi sesuatu yang besar untuk diceritakan. Begitu juga tentang beli motor yang ternyata menjadi urusan njelimet oleh orang satu desa. Nice.

Writer buayadayat
buayadayat at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
80

yaiks! gile benerrrrrrrrrrrr..
urusan ritual magis yg bikin kantong tipis..

Writer Sherlein
Sherlein at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
90

Ck...ck...ck... Beli motor aja ribetnya kayak apa!

Writer naela_potter
naela_potter at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
90

hahahahhaha.
^^
mba yoshi ini ada-ada aja. masa sampe segitunya, cm karena beli motor?
:D

tp cerita mba yoshi tetap bikin terhanyut. ngalun, mengalir, meluncuur teruuuss.. wuuussss...

Writer bl09on
bl09on at Motor Baru Saya (13 years 21 weeks ago)
80

beli motor musti ngundang orang satu desa bangkrut kita. kalo ngundangnya sambil bikin jalan gfotong royong imbang kali Mba

Writer zera
zera at Motor Baru Saya (13 years 22 weeks ago)
90

Assalamualaikum?

Sudah lama Ana ga berkunjung Yos, ceritanya cukup bagus, dan ana bisa menikmati.

Writer _Sendja_
_Sendja_ at Motor Baru Saya (13 years 22 weeks ago)
80

Kakak ini pengalaman temanmu darimana?

Sangat unik, bisa-bisa biaya buat selamatan lebih amahal dri ongkos beli motor...

hahaha