Orang Bilang Aku Cina

Orang bilang aku cina
Tapi aku bukan cina
Aku sama dengan mereka
Aku indonesia

Orang bilang aku cina
aku tak pantas tinggal di indonesia
Aku tidak menangkap maksudnya
ini tanah airku juga

Benderaku dan benderamu sama
putih di bawah merah
apa yang berbeda?

Laguku dan lagumu sama
Indonesia Raya
Apa coba yang beda?

Aku juga anak bangsa
Aku juga cinta Indonesia
Meskipun kamu bilang aku cina

Indonesia kaya budaya
juga kaya suku bangsa
jadi kalau aku bermata sipit berkulit putih
bukan berarti aku dari kumpulan berbeda

Orang bilang aku cina
Tapi tak mengapa
Aku tetap cinta Indonesia

Singapore, 2008

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer someonefromthesky
someonefromthesky at Orang Bilang Aku Cina (12 years 3 weeks ago)
80

Puisi yang bagus.... kadang-kadang manusia terlalu mengotak-kotakkan diri sendiri, padahal mau orang Jawa, Papua, Cina, Arab, Jerman, Afrika, semuanya sama aja. Semuanya berasal dari moyang yang sama, jadi ga perlu merasa minder atau gimana2.

Writer Yovan Wisnu
Yovan Wisnu at Orang Bilang Aku Cina (12 years 16 weeks ago)
100

Orba telah mengaburkan cita2 pejuang kemerdekaan (banyak pejuang kemerdekaan berasal dari keturunan Cina); Pengkondisian yang meng-kotak-kotak-kan, diskriminasi dan penjurusan yang terencana, membuat keturunan cina menjadi se-olah2 eksklusif, cocok dijadikan kambing hitam pada saatnya. Untung sejak reformasi bergulir, secara gradual kondisi ini mulai mencair; Warga keturunan Cina sudah mulai bisa diterima dengan tangan terbuka; Walaupun masih ada sisa2 pola pikir orba pada segelintir pejabat dan masyarakat, niat baik Pemerintah reformasi dan keseriusannya untuk menghapus kondisi ini sudah mulai bisa dirasakan oleh masyarakat keturunan Cina. Jika masih ada diskriminasi, itu hanya dilakukan oleh pribadi2 yang berpikiran dangkal dan tidak pernah baca sejarah Indonesia.

Writer Arra
Arra at Orang Bilang Aku Cina (12 years 16 weeks ago)
80

saya jadi bercermin sendiri nih..abis saya juga suka dibilang cina padahal asli indonesia

Writer Chatarou
Chatarou at Orang Bilang Aku Cina (12 years 46 weeks ago)
100

Siapa sih yang bisa memilih waktu, tempat dan seorang ibu untuk melahirkan kita?

Great poem

Writer feri milano
feri milano at Orang Bilang Aku Cina (12 years 47 weeks ago)
100

wowwww, lagi keren juga.
isinya lugas, tanpa warna selayaknya puisi tak mengapa. aku setuju denganmu, knp harus dibedakan. semua sama di mata Tuhan sang Pencipta

Writer Nozomi-chan
Nozomi-chan at Orang Bilang Aku Cina (12 years 47 weeks ago)
70

so do i....tapi bodo amatlah...hahaha...
we dont do some bad things right?keren nih..bijaksana sekali..^^

Writer johanes.koen
johanes.koen at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)
100

Mei 98 memang membawa pada suasana api dan darah, selebihnya hanyalah kumpulan manusia yang kehilangan dimensi kemanusiaannya.

Tapi soal Cina.. Jangan kaularang kupanggil kau Cina, dan tak apa kaupanggil aku Jawa kalo memang demikianlah keadaannya.

Sama seperti kau kubiarku memanggilku lelaki dan begitupula sebaliknya. Karena kelamin diantara selangkangan, warna pigmen dipermukaan kulit, atau aksen-aksen bahasa itulah yang akan memberi nama kita. Lelaki/perempuan, Cina/Jawa.

Tapi bukan berarti dengan berkata demikian aku setuju dengan diskriminasi terhadap etnis tertentu. Aku menolaknya. Setauku juga bukan orang Indonesia yang menciptakan pulau Jawa atau Sumatera. Hanya tiba-tiba saja setelah merdeka, rakyat negeri ini terlalu mudah lupa, lalu dengan serta merta menikam sendiri saudaranya

Salam kenal ya..

^,^

Writer Eruc smith
Eruc smith at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)
70

heh.....emang ga ada cina ga ada jepang atuia ina sama aja ada matanya.sukses trus...

Writer donal
donal at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)
70

aku ga bilang kamu cina lho..jangan nuduh gitu dong...km salah dengar kali..aku bilang kamu cantik...he..he...sip terus berkarya

Writer arba_muammar
arba_muammar at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)
80

dear anna,
aku jg di panggil arab,
karena nm ku arab he...1x
salam manis.

rip8 at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)
50

sep
aku juga di ejek cina2 begitu(bukan masalah SARA)
so tapi kamu keren bisa menyikapi begitu heheh^^

Writer buayadayat
buayadayat at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)
80

wah simpel dan keren!

Writer estehpanas
estehpanas at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)
80

bagus mba.
emosinya ketara banget ya..

hoho..sabar...

Writer zasdar
zasdar at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)
90

ahak...hak...hak...

lugas dan jujur ...

Ingat Namaku

"Seorang Perindu Yang Cemas, Mendambakan Maut Di Usia Muda"

Zasdar

hers at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)
100

ya, orang bilang aku Indonesia

Tapi mengapa lebih senang budaya asing

wah, keren banget... gugatan terhadap 'kita'. Aku setuju....

Salooom!!!

"Orang yang merindu"

Writer payung
payung at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)
60

bahasanya to the point banget. Lebih menantang kalau pake metafora dan diksi...

Tunggu aku di neraka --> http://kemudian.com/node/177707

Writer just_hammam
just_hammam at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)
80

aku pernah baca buku "lie, jangan panggil aku cina". bukan terinspirasi dari situ ya?

Writer ki_anomsulung
ki_anomsulung at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)
70

Aku heran jika ada yang tak suka perbedaan.. menurutku perbedaan itu adalah warna-warni, dan menurutku warna-warni itu indah, karna sesungguhnya warna-warni itu adalah kehidupan, kusuka akan warna-warni.. karena aku mencintai kehidupan.. Ku janji kan kutulis sebuah karya tentang warna-warni kehidupan. (ku sangat terinspirasi setelah membaca tulisanmu chinkz..) "Karya tulisan yang datang dari warna-warni kehidupan.. I love so much..

Writer f1f4_91rL
f1f4_91rL at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)
100

KereNnn..

Writer chinkz
chinkz at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)

inspirasinya dapet pas lagi gosok gigi, recalled the moment i was discriminated in a government school :)

Writer Dikna Da Masta
Dikna Da Masta at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)
80

I'm not quite sure ... but I'm definitely familiar with this pattern of poem or juz its title.

However this is could be kind of nationality spirit. The gaps should be broken right now, coz Indonesian are completely varied... and shame on us if we still thought that we are differed to each other.

In short, I totally agree with all af your statements in this poem. Nice Job Gal !! Keep writing kay .....

Writer glencokelat
glencokelat at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)
100

Wew...., km memang penuh kejutan,,, keren sangad,
setuju, kalo cina mengapa? toh banyak yang berwajah pribumi tapi tak menghargai bangsanya sendiri>>>
tp,,, perasaan ini pernah q baca lihat sblmnya? entah judulnya, entah isinya entahlah, yang penting km cinta Indonesia.
MERDEKA!!!

Writer zera
zera at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)
100

Akhirnya di posting juga?

Bagus....

Writer starof hope
starof hope at Orang Bilang Aku Cina (12 years 48 weeks ago)
100

AH ! KEREN ! salam kenal ...