TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN)

Kebaikan, kejahatan
Tuhan, setan
Batas transparan
Sulit tentukan

Perintah Tuhan
atau
Perintah setan

Terjebak!

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
100

Aku menangkap nada kritik atas kontroversi aktifitas organisasi (bukan agama) tertentu yang menghalalkan kekerasan dengan berkedok keagamaan

Writer Onik
Onik at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)

Yovan Wisnu wrote:
Aku menangkap nada kritik atas kontroversi aktifitas organisasi (bukan agama) tertentu yang menghalalkan kekerasan dengan berkedok keagamaan

Plok! Plok! Plok! Km benar, itu salah satunya... :)

Writer zasdar
zasdar at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)
90

saia mau koment pegimane nich ...
secara saia ga tukang komentar!

yang saya bisa katakan itu adalah jalan hidup, jalan hidup ada 2, ada jalan tuhan dan ada jalan setan!

jadi kita tinggal memilih?

mungkin gitu kali yak, maksud dari puisi ini!

hehehe

salam

wah wah wah wah... puisinya mbak onik dipenuhi pro dan kontra ya....tetap berkatya mbak!!! You know what they say... karya yang bagus adalah karya yang penuh kontroversi berarti banyak peminatnya... he he he he

Kalo gw pribadi malah menganalogikannya begono....
MEMANG cuma ada satu pencipta...TUHAN.....tapi beliau memiliki 2 tangan........kanan dan kiri.........yang kanan adalah perwujudan beliau sebagai pembimbing manusia semacam nabi atau dewa atau malaikat..trus yang kiri adalah setan atau iblis........seperti tangan manusia.. kanan dan kiri sama pentingnya.....begetoo menurut gw... he he

rip8 at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)
60

tuhan atau setan
ini hanya sekedar pilihan saja

hemm tapi nice
tetap manis kok kak onik

70

Haduuuh... no comment dah (soalnya udah ruame yang comment). Ampe di edit puisinya yak. Biz kemarin mampir kayaknya tampilannya lain (kalau nggak salah).

Mbak, mana karya barunya?? Ditunggu yah.

Mampir juga ke sini:
http://kemudian.com/irin-sintriana/puisi/cinta/akhirnya

Writer suksmo
suksmo at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)
60

sumpah nik enggak banget , aku se7 ama bung hatta

70

paradigma dikotomis seperti ini memang seringkali menjebak kita dalam ber-tuhan...

Writer bad_day
bad_day at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)

oh y cc onik cek dong karya ku

70

Ahh...

100

hehehe coba tebak aja sendiri this a game, the game and game

70

kurang feel

aku setuju dengan mbah hatta

Writer Onik
Onik at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)

@cantique
Waduh, Dinda... makasih banget atas pengertiannya... kyanya yg bs ngerti maksudnya cm kamu, Freesoulflyer, Megan, dan Bana_39, hehehe :)

@temen2 yg lain:
Makasih atas komentarnya, sy sgt menghargai pendapat kalian :)

60

aku malah merasa, puisi ini tak memiliki ruh. apalagi kalau onik yang buat...
maap ya..

100

Wah keren.... aku suka dengan dilema kehidupan yg kaka' coba sampaikan, singkat dan jelas bahwa hidup penuh dengan pilihan (Yg saya tangkap Spiritual=kepercayaan bukan Religius/Religion=Agama, sebaiknya jangan bahas perbedaan Spiritual & Religius disini ntar malah OOT... peace)

@Onik:

Quote:
...(batas transparan itu adalah hati manusia itu sendiri) ...

Luar biasa, sederhana sangat mengena

@All:
Sebaiknya dalam menilai karya disesuaikan dengan topik yg penulis angkat (dlm hal ini penulis meminta kita utk melihat dr sisi kehidupan bukan dari sisi ke-Tuhan-an) sehingga komentar dan kritikan tidak menjadi OOT (Out Of Topic)
Sebaiknya nilai karyanya jangan nilai kepribadiannya kecuali kita memang diminta utk memberikan penilain tersebut.
Mohon perhatikan 'catatan' dan 'tag' yang penulis berikan.
@BungHatta:

Quote:
...Katakanlah "Kebaikan dan Kejahatan adalah dari Tuhan" ...

Up's..... sebaiknya jangan memaksakan pemahaman tentang Tuhan Bung. Biar pribadi masing2 saja sesuai dengan iman dan kepercayaannya.

Quote:
Mbah merasa gak suka saja seperti ada nada kesetaraan antara Kholik(Tuhan) dan Makhluk (Setan).
Mbah....maaf ya... tapi komentar mbah ini OOT, krn yg penulis coba sampaikan adalah kehidupan bukan ke-Tuhan-an. No Offense Mbah maafin cucu ya mBah ya.. please :)

Writer imamsbd
imamsbd at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)
60

perintah Tuhan? atau setan? ah aku tidak berani berargumen terlalu jauh...

Writer madit
madit at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)
40

Sulit.
Antara tuhan dan setan itu yang sulitnya.
apalagi kalo mbayangin setan itu ciptaan tuhan.
bukan lawannya...
bukan tandingannya...

Writer bana_39
bana_39 at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)

kok dah lama gak mampir mbak......tempatku....kangen nih

Writer bana_39
bana_39 at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)
100

Manusia...lupa...akan akhirat jadi terjebak setan *)

Writer ezra
ezra at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)
80

hanya akhir baitmu yang aku rasa kuat
sisanya, sperti kata bunghatta

salam

100

onik ini masih gimana gtu klo bicara Tuhan,,, jgn trlalu bereksplorasi pemikiran klo ttg Tuhan... apalagi skedar sensasi... bnr2 kata bunghattta tuh..

Writer Onik
Onik at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)

navigator wrote:
onik ini masih gimana gtu klo bicara Tuhan,,, jgn trlalu bereksplorasi pemikiran klo ttg Tuhan... apalagi skedar sensasi... bnr2 kata bunghattta tuh..

Aku memang bukan pemuka agama, Ga, krn itu mungkin krg pandai bereksplorasi ttg Tuhan, tp di sini yang ingin aku eksplor bukan masalah Tuhan tapi kehidupan, dimana manusia sering lalai, sering kehilangan sosok Tuhan yg sebenarnya. Seperti yg aku jelaskan pd Bung Hatta, banyak orang yg melakukan tindakan jahat dg mengatas-namakan Tuhan.

Kalo km ga se-7, gpp, itu adalah kebebasan orang utk berpendapat, hny saja, jgn blg klo aku hny mau bersensasi, itu salah besar! Aku di sini berniat baik, untuk mengingatkan kembali, bahwa kita manusia hendaklah lebih pandai memilah, mana yang baik dan mana yg jahat, jangan sampai kita salah! :)

Writer hendera
hendera at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)
70

waw bagus...

10

Ilmunya belum sampai kalau untuk menjabarkan Tuhan & setan,

Jangan kau katakan kebaikan itu berasal dari Tuhan, dan kejahatan itu dari setan. karena berarti engkau mengakui adanya dua pencipta. Katakanlah "Kebaikan dan Kejahatan adalah dari Tuhan"

Maap kalau nilainya minim bukan karena kurang bagus, karena Mbah merasa gak suka saja seperti ada nada kesetaraan antara Kholik(Tuhan) dan Makhluk (Setan).

Maap sekali lagi

Writer Onik
Onik at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)

bunghatta_crb wrote:
Ilmunya belum sampai kalau untuk menjabarkan Tuhan & setan,

Jangan kau katakan kebaikan itu berasal dari Tuhan, dan kejahatan itu dari setan. karena berarti engkau mengakui adanya dua pencipta. Katakanlah "Kebaikan dan Kejahatan adalah dari Tuhan"

Maap kalau nilainya minim bukan karena kurang bagus, karena Mbah merasa gak suka saja seperti ada nada kesetaraan antara Kholik(Tuhan) dan Makhluk (Setan).

Maap sekali lagi

Maaf, Mbah, sy jg sdr klo ilmu tentang Tuhan sy belum sampai, tp sebenarnya yg ingin sy sampaikan di sini bukan Tuhan itu sendiri, melainkan kehidupan.

Sy jg tdk mengakui ada 2 pencipta, kerena setahu sy setanpun ciptaan Tuhan. Dan sy tdk menyetarakan Tuhan dengan setan. Sy tahu, klo Tuhan ada di atas, setan ada di bawah, dan di antaranya ada manusia (batas transparan itu adalah hati manusia itu sendiri), sehingga sering mengatas-namakan Tuhan untuk membela atau bahkan melakukan kejahatan itu sendiri.

Sekali lagi maaf, Mbah, bila Mbah, tak berkenan, namun sy jelaskan sekali lagi, sebenarnya dalam puisi ini sy tdk bermaksud untuk membicarakan Tuhan, melainkan kehidupan,

Salam,

Writer bad_day
bad_day at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)
90

Nice ! Cek karya ku y

Writer kritse
kritse at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)
70

dikotomi abadi;
Semua kan terjawab ketika manusia telah tiada...
ga tentu?
nice poem

Writer Onik
Onik at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)

kritse wrote:
dikotomi abadi;
Semua kan terjawab ketika manusia telah tiada...
ga tentu?
nice poem

Ga tentu ya? Bukankah kehidupan setelah mati hanya ada dua tempat, neraka atau surga?

80

Idea tema bagus!

Salam lifespirit!

Writer Megan
Megan at TRANSPARAN (antara TUHAN dan SETAN) (13 years 1 week ago)
90

setuju dgn si Mr sadis sjlh

100

hehehehehe mbak emang keren.. bisa menginterpretasikan maksudku dengan tepat... inilah yang aku maksud...kenali dengan baik dulu "setan"mu sebelum kau mulai mencari keberadaan "Tuhan"mu.. yep yep...supaya gag bingung getooo he he he he he si[p sip 2 thumbs up for u!