Tak Ada Ide

Puisi tidak mengalir
kau kira aktiva lancar?
atau hutang jangka panjang?
Kalau kepala membatu
puisi pun ikut membisu
tak ada yang bertutur
atau mengalun dengkur

Hanya ada diam
dan kata-kata samar karam
sekali lagi membatu
dan puisimu mengaku

"Aku terlalu kaku..."

#sekali lagi bergelut dengan kata-kata
7 Maret 2010, 9:31 PM

Read previous post:  
Read next post:  
Writer cnt_69
cnt_69 at Tak Ada Ide (10 years 15 weeks ago)
100

ini keren keren keren sangat!!

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Tak Ada Ide (10 years 15 weeks ago)

makasih mbaaa :D ayo kita siap2 untuk meneriman tantangan!

Writer AlfianLK
AlfianLK at Tak Ada Ide (10 years 51 weeks ago)

:)

Writer yuyun yudhustira
yuyun yudhustira at Tak Ada Ide (11 years 5 weeks ago)
60

ide.....lupakan saja!yang penting rasa.karena rasa adalah segalanya.

Writer yuyun yudhustira
yuyun yudhustira at Tak Ada Ide (11 years 5 weeks ago)
60

teknik chairil mungkin bisa jadi referensi.Dia tidak pernah merasa puas dengan sajak yang dibuatnya.Begitu ada ide baru,dia akan rombak habis2an tu sajak sampai ketulang sumsum.

Writer Albayani
Albayani at Tak Ada Ide (11 years 20 weeks ago)
90

Lama gak mampir... Lanjut. Salam

Writer chia
chia at Tak Ada Ide (11 years 24 weeks ago)
90

:)

Writer nawang.wulan
nawang.wulan at Tak Ada Ide (11 years 26 weeks ago)
70

Wah wah ga ada ide az bisa bikin puisi yg lumayan, hehe.. Salam knal Kak Jay..

Writer nawang.wulan
nawang.wulan at Tak Ada Ide (11 years 26 weeks ago)
70

Wah wah ga ada ide az bisa bikin puisi yg lumayan, hehe.. Salam knal Kak Jay..

Writer dewisun
dewisun at Tak Ada Ide (11 years 26 weeks ago)
90

cute....aku balas ya

Writer jagad lelono
jagad lelono at Tak Ada Ide (11 years 27 weeks ago)
70

bisa aja ............
good!

Writer dirgita
dirgita at Tak Ada Ide (11 years 28 weeks ago)
80

Aku pikir, akan pake istilah "Akutansi". Di awal-awal udah bilang aktiva lancar, di akhir-akhir kupikir akan ada neraca saldo~.~

Writer Penguin
Penguin at Tak Ada Ide (11 years 28 weeks ago)
100

..........................................................................................................................................................................................
(tak ada komentar dijadikan komentar. hehehe)

Writer Chie_chan
Chie_chan at Tak Ada Ide (11 years 28 weeks ago)
80

hehehe... mengambil ide dari ketiadaan ide. keyen, nmbak ayu! :)

Writer aksarajiwa
aksarajiwa at Tak Ada Ide (11 years 28 weeks ago)
80

tidak ada ide saja sekreatif ini, apalagi pas datang inspirasinya ya :-? bunyi yang teratur... tak berlebih jika nilai terhatur. salam

Writer wacau
wacau at Tak Ada Ide (11 years 28 weeks ago)
100

aktiva lancar .. hutang jangka panjang .. hag hag hag .. mantap2 .. istilah2 akuntansi pun dipake juga ..

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Tak Ada Ide (11 years 28 weeks ago)

Ini kan dibikinnya hari Selasa, masih fresh. Ada pelajaran KWU. Hakhakhak!

Writer phonny_am
phonny_am at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)
90

semua dah pada komen,sampai tak ada materi komen yang bisa kuajukan dan rasanya seperti kawan-kawan katakan akupun setuju...intinya, bagus, apik, ciamik, good..lanjuuutt...

Writer samalona
samalona at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)
90

Lama-lama dirimu jadi ahli dalam hal beginian. Membuat puisi tentang writer's block. Saya jadi semakin yakin, bagi kita secara umum ide itu bukannya tidak ada, atau pengalaman kehabisan ide sebenarnya semu. Yang ada hanyalah kita tidak menemukan yang kita cari. Atau kita sendiri kurang tahu pasti apa yang kita cari. Justru kesadaran itu membuka kemungkinan yang luas.
Gambar dan puisinya saling mendukung. Mantap.
Bait satu agak kepanjangan, menurut selera saya terhadap struktur yang rapi. Apalagi jargon akuntansi hanya ada di 3 baris pertama, jadi itu bisa dipisah menjadi bait tersendiri. Kecuali rujukan kepada akuntansi itu muncul lagi, kira-kira di satu tempat di antara baris-baris 6 dan 7.
Tentang pemilihan jargon akuntansi, saya melihat ada benang merahnya dengan keadaan tanpa ide. Berpegang pada anggapan bahwa kegiatan akuntansi itu kaku, berhubungan dengan logika dan angka-angka, jangkarnya ada pada otak kiri. Dibandingkan dengan kegiatan berpuisi yang berhubungan dengan seni, imajinasi, yang jangkarnya di otak kanan. Merasa sedang tidak punya ide, kita berpikir keras. Justru semakin terpeleset ke daerah kekuasaan otak kiri. Semakin mirip sedang berpikir tentang konsep-konsep akuntansi ketimbang sedang menelusuri makna-makna yang siap dilahirkan menjadi puisi.
Saya terkesan dengan dua baris terakhir. Kata "mengaku" bisa juga diartikan "menjadi kaku". Ada permainan kata di situ, sadar atau tidak sadar.
Saya mengomentari berdasarkan selera juga, tapi saya salut atas terciptanya puisi dari ketiadaan ide. Satu hal yang pasti, selera kita sama dalam hal cendol. :D

Writer rinitrihadiyati
rinitrihadiyati at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)
60

ada kata aktiva, hutang.. tetapi sayang kata2 itu tidak menciptakan sinergi terhadap keseluruhan puisi..

Writer rinitrihadiyati
rinitrihadiyati at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)
60

ada kata aktiva, hutang.. tetapi sayang kata2 itu tidak menciptakan sinergi terhadap keseluruhan puisi..

Writer Yugata
Yugata at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)
100

Kadang memang kita harus berhenti sejenak untuk mengambil jeda dan nafas, supaya ide dengan leluasa datang kembali.
Tak ada ide saja bisa buat puisi sebagus ini ya. Nice Ayu ;)

Writer race sky
race sky at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)
90

aku seperti menangkap makna lain dari puisimu ini.....
hebat, ide yang tak ber-ide

Add FB aku ya.....
Sky0705@gmail.com

salam

Writer Celestyn
Celestyn at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)
80

Mantep. ^^

Writer Cleviia
Cleviia at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)
70

Wah... bait pertama kayak pelajaran akuntansi.
Sip...sip...
Pinjem bola lampunya ya ? hehe...

Writer wyde shi nichi
wyde shi nichi at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)
70

sptnya lagi benar2 ga ada ide yaaa hahaha sama dunk =p

Writer akhwatpisan
akhwatpisan at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)

puisinya cantik.
bukankah ide selalu muncul seirama dengan desah nafas?
ups...anak baru ikut nimbrung.

Writer Rijon
Rijon at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)
80

Wah bola lampunya ^^

Writer just_hammam
just_hammam at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)

Jon jangan mulai ga mutu dong...masak bola lampunya sich...
ayo komen dikit2 puisinya...

Writer Rijon
Rijon at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)

Ndak terlalu paham puisi (cek tulisan saya cuma dua bijik puisi). Kasarnya saya ndak isa berpujangga.
lol
Jadi sebenarnya saya menikmati puisi saja. ^^

Writer just_hammam
just_hammam at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)
100

sip gan, cendol dan pertamax dijamin enax...
maen ke forum aja yu...ruame...

puisimu ciamik tenan...:D

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)

walah.. di forum kan udah direset lagi.. jadi postingan aku dikit.. jadi, saya junior member lagi. males ah. :(

Writer just_hammam
just_hammam at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)

hah?? masak sih???
punyaku di reset juga ga ya???
BTW thanks ya dah jadi fans (jiah)

Writer erlangga
erlangga at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)
80

pertamax gan. hhe. lagi2 bergelut dengan kata?? tak ada ide dijadikan ide.. bisa2.. ^^d

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Tak Ada Ide (11 years 29 weeks ago)

cendolnya ya gan!