ADA GA YANG TAU JAWABANNYA???

ADA GA YANG TAU JAWABANNYA????

Narcissus lahir setelah ibunya yang bernama Lirope, diperkosa oleh dewa sungai, Cephius. Narcissus tumbuh menjadi pemuda yang sangat tampan. Ia banyak dipuja gadis-gadis cantik. Narcissus sekaligus banyak membuat gadis-gadis kecewa. Narcissus tidak mencintai siapapun, selain dirinya sendiri.

Ketampanan Narcissus sampai membuat orang harus mempertanyakan umurnya kepada peramal Tiresias. “Apakah Narcissus akan berumur panjang?” Tanya orang itu. “Ya, dia dapat hidup lama, kecuali jika dia belajar mengetahui dirinya sendiri.” Jawab Tiresias.

Suatu hari, ketika sangat haus seusai berburu, Narcissus berjongkok untuk minum di sebuah kolam. Saat hendak meraup air kolam ke mulutnya, suatu keinginan aneh masuk ke dalam dirinya melalui pantulan air jernih yang memperlihatkan wajahnya. Ia telah jatuh cinta kepada bayangannya sendiri. Bibirnya bergerak untuk mencium bayangan bibirnya. Tangannya berupaya menjangkau bayangan dirinya, tapi semuanya sia –sia. Narcissus merasa cintanya tak kesampaian. Ia merana, sekaligus mulai mengenal dirinya sendiri.

“Kau adalah aku. Sekarang aku melihat itu, tapi sudah terlambat. Aku jatuh cinta kepda diriku sendiri. Aku adalah bunga yang terpotong. Semoga kematian cepat datang kepadaku,”keluh Narcissus. “Tapi orang yang aku cintai harus tetap hidup. Dia harus hidup setelah aku mati.

Namun, Narcissus juga tahu kalau itu tidak mungkin, karena begitu ia mati maka “orang” ( bayangan dirinya ) juga ikut mati. Ketika Narcissus mati ia berubah menjadi bunga yang indah meskipun mudah layu. Dan bunga tersebut aromanya sangat menggoda.

( Dikutip dari Aslan Abidin – Penyair & Mahasiswa Sastra Pasca Sarjana UGM Yogyakarta )

Membaca kutipan mitologi Yunani diatas yang kita bisa ambil maksudnya dimana Narcissus sangat mencintai dirinya sendiri. Apakah kita termasuk orang yang seperti itu? Hal ini erat kaitannya dengan empati. Empati berhubungan dengan rasa manusiawi terdalam dari manusia.

Sudah sejauh manakah kita berempati terhadap manusia, hewan bahkan tumbuhan? Sadarkah kita bahwa diluar sana masih banyak orang yang tidak seberuntung kita? Sadarkah kita seberapa banyak kita acuh terhadap hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar kita? Kita timpuk kucing yang dengan seenaknya mengambil ikan, kita tebang pohon – pohon tanpa izin dan di tanam lagi.

Sepele memang, tapi sadarkah kita betapa berartinya uang, pekerjaan, makanan bagi mereka yang kurang beruntung tadi. Betapa berartinya ikan buat kucing yang kita timpuk, betapa berartinya pohon yang kita tebang untuk mencegah bencana.

Kapankah kita mau mulai membangun rasa empati di dalam diri kita????

Kutipan mitologi di atas perlu kita renungkan, agar kita tidak jadi orang yang narsis. NARSIS??? Adakah hubungan antara mitos itu dengan narsis yang sekarang marak di sebut oleh banyak orang, termasuk saya tentunya.

Benarkah asal mula kata narsis itu berasal dari mitos Narcissus? Saya sendiri ga tau. Tiba – tiba aja sekarang banyak orang yang ngomong narsis lo, narsis lo…Sebenarnya apa sich arti narsis itu?
Trus bener ga yah kalo kita narsis bisa ga panjang umur???Sudah adakah penelitian mengenai hal ini??

Ada ga yang tahu jawabannya??????

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer Dira
Dira at ADA GA YANG TAU JAWABANNYA??? (14 years 18 weeks ago)

maap ye kalo bikin bingung coz jujur aje gw ndiri bingung bener ga ye miotsnye..

Writer creativeway13th
creativeway13th at ADA GA YANG TAU JAWABANNYA??? (14 years 18 weeks ago)
60

pertama gue sangka cerita..
terus ujung2nya renungan atau pertanyaan? gue jadi bingung juga..
yg pasti gue narsis juga tetep..^^
keep writing

Writer gheta
gheta at ADA GA YANG TAU JAWABANNYA??? (14 years 18 weeks ago)
50

bingung ini apa ya??

tpi lepas dr kebingungan ini tulisan apa.

aku mo nanya nih.. mang ini benar ya?? menurut gw sih narsis yang skrg lagi booming itu bentuk laen dr cinta yang berlebihan pada diri sendiri.. bentuk kebanggaan yang berlebihan pada diri sendiri..

Writer my bro
my bro at ADA GA YANG TAU JAWABANNYA??? (14 years 18 weeks ago)
70

gw pikir td gw salah buka web ^_^

Writer KD
KD at ADA GA YANG TAU JAWABANNYA??? (14 years 18 weeks ago)
100

loe salah tempat lagi

Writer felicia_noella
felicia_noella at ADA GA YANG TAU JAWABANNYA??? (14 years 18 weeks ago)
70

narcissus itu kan di cintai sama peri echo(klo ga salah)..
tp dy ga sadar...

kayanya (mnurut noel)
narsis yg dibilang org2 tuh beda,
kalo narcissus kan mencintai diri sendiri, klo kita kan enggak..
misalnya, ska foto2,,
dsar narsis.. gitu..
yah, kurang jelas juga sih..

Writer Chatarou
Chatarou at ADA GA YANG TAU JAWABANNYA??? (14 years 18 weeks ago)
80

kalau gitu..
gua juga narsis nih..
ah...

cukup menyegarkan loh
chatarou

Writer ArSeLa
ArSeLa at ADA GA YANG TAU JAWABANNYA??? (14 years 18 weeks ago)
50

aduh..mo komen apa ya ? keep writing aja deh

Writer acom
acom at ADA GA YANG TAU JAWABANNYA??? (14 years 18 weeks ago)
100

baru tahu.. cerita mitologi dari yunani ini, sebenernya sebelum samapai tulisan ini ane baca.. ane masih bingung.. dari mana asal kata narcis itu berasal.. terimakasih bang Diras atas postingannya... ane sekarang tahu dari mana asal kata narcis itu