MANTRA MBOK PONIYEM

pada hari jumat kliwon selalu ada bau kenanga di desa glodok. "Tom kalo jalan jangan laju banget" johann sambil mengerutu,
Apa sih kamu tinggal jalan saja kok repot banget " balas tom. johann hanya diam nggak merespon. kata hati johann, ngapain saya ngerespon orang aneh nanti aku jadi orang aneh juga.
" johann, jalan pada sepi malam begini emang ini hari apa sih?" tom memanggil pada johann,
"Emang kamu tidak pernah melihat tanggalan begitu besar di rumah mu dan di tempel di kamar tamu mu"celoteh Johann, dasar orang aneh ngapain saja di rumah kalo nggak facebookan ya pacaran, maklumlah punya teman aneh seperti mr bin kenapa mr spam aja.johann bicara amat pelan takut kedengaran tom,
melewati pohon kelapa menjulang tinggi dan mendadak ada runtuhan kelapa dan jatuh dekat pohonnya mendadak kelapa tadi meluncur melintasi jalan tom dan johann, "Tom lihat ada apa itu, Kok kelapa ada rambutnya" Johann sambil menunjuk kelapa yang meluncur. "Ha... Apa... Apa.." Tom kebingungan.Tom dan johann langsung bergegas mengikuti kelapa meluncur tadi dan sampai kelapa itu berhenti,tom dan johann terbelalak kalo kelapa itu tadi kepala orang yang tewas akibat penikaman di desa glodok . Tom dan Johann langsung kabur kebirit birit dan napas mereka yang terengah engah melihat kepala orang itu seperti laut jawa,
"Ada apa akang akang ini" tanya santi,
"ada kelapa kok kepalanya manusia.kelapanya mirip orang yang tewas ditikam kemarin tom ngomong kayak azis gagap."Ayo buktikan kalo itu benar" Tantang santi pada keduanya.
Tom dan Johann menunjukkan tempat dimana kelapa itu berhenti dan sampai disana Tom dan johann masih ketakutan tidak berani di depan, santi yang sok pemberani pun kesana membuktikan benar apa nggak.
Tom menunjukkan, "di dekat bunga kenanga itu lho" Tanggan tom sambil bergetar. Santi pun langsung ke TKP. dilihat hanya kelapa.
"kalian itu jangan jadi penipu deh" Santi sambil mengejek mereka.
mereka pada pulang ke rumah sampai jam 11 malam.
"moga aja kamu mengalami juga" Ujar Tom dan Johann,. mereka pulang ke rumah masing masing, Rumah tom dan Johann berhadapan.berbeda dengan rumah santi yang agak menjauh dari rumah kedua temannya.rumah santi kurang lebih jarak 300 meter.
Sampai di rumah, Santi langsung tidur tanpa membersihkan kamar tidurnya.
Terlelap sudah santi tidur, jam 02 malam
Santi bermimpi, "melihat wanita muda yang mengajak dia ke rumah tua dan wanita muda itu berpakaian serba putih, namun wanita muda itu terus mengajak akhirnya wanita mudah itu jadi sundel bolong,sepertinya ingin membawa santi jadi pengikutnya" santi langsung terhenyak dari mimpinya dan bangun. santi mengambil segelas air putih dan cepat minumnya. Napasnya tersenggal senggal karena terbangun dalam mimpinya. Santi langsung pindah kamar adiknya,"Desta, Bangun...!!!" Sambil mengedor ngedor pintu keras sekali dan desta terperanjak bangun seperti ngantuk sekali,"Ada apa kaq,... sudah larut malam mau subuh nih..." desta sambil menguap...
"kakaq ingin tidur bareng qm aja, Kakaq ketakutan tidur sendiri, kakaq mimpi buruk"kata santi sambil memohon pada desta.
akhirnya desta tidur di bawah memakai kasur lipat dan santi tidur di kamar tidur desta.
"kamu disini saja, kakaq ketakutan jangan kemana kemana oke" ujar santi. Desta hanya mengacungkan kedua jempol berarti setuju.
Besok paginya, santi ke rumah tom ternyata disana ada johann,tom dan desta. mereka pada cerita tentang barang kuno milik mbok serpakenaka dukun sakti yang hilang entah dimana menemukan di rumah dukun sakti mbok serpakenaka di desa sebrang namanya desa serpakenaka.serem juga nama desanya. yang menemukannya adalah tom sepertinya tom melihatkan gelang yang bertulisan jawa kuno kepada mereka. mereka pada tertarik berburu barang kuno sepertinya santi,desta dan johann menginginkan barang kuno lainnya. mereka termasuk tom, johann,desta dan santi membuat rencana untuk mencari barang kuno lainnya. Tom bicara kepada mereka "Ayo,kita nyari lagi barang kuno seperti ini mungkin disana banyak tersimppan barang seperti ini"
"Apakah kalian setuju untuk ikut aq,mencari barang kuno selain ini" Tom menantang mereka.
"Saya setuju" santi,desta dan johan memberi kedua ancunga jempol bahwa mereka setuju.
"kalo begitu kita mencari barang kuno di desa serpakenaka jam 11 malam, persiapkan diri, Ok" tom memberi aba aba.
"Apakah kalian setuju" kata tom
"baiklah" Mereka menyetujuinya.
jam bergulir dengan cepat, tom, johann, desta dan santi sudah siap siap,mereka mulai jalan hingga sampai di ujung jalan desa serpakenaka.aroma kembang kenanga dimana mana dan 100 meter dari pintu gerbang desa serpakenaka disitulah ada rumah dukun mbok serpakenaka.
Dari arah belakang mereka ditegur sama sesepuh desa serpakenaka mbah poniyem,"Ngapain kesini, disini itu angker,Cepat pulang sana. dan rumah itu bukan tempat mencari barang kuno. tahu nggak setiap orang ke rumah itu menghilang". wanita tua ini mengingatkan mereka. peringatan mbok poniyem tidak di gubris dan mereka tetap jalan.
3 orang berjalan duluan antara lain johann,desta dan tom dan namun santi tertinggal dan santi di beri petuah ama mbok poniyem "nduk, hati hati ya disana. kalo ada apa lempar ama biji salak ini mungkin membantu" Mbok poniyem kenal baik dengan santi."cepat kejar temanmu cepatan sebelum terlambat" Santi mengejar dan napas enggos enggosan.
mbok poniyem sambil mengikuti mereka dari belakang agar tidak terulang kembali kejadian seperti kemarin.
"Hay sobat tunggu... namun nggak kedengeran oleh meraka. sekali santi memanggil,"Hay mangki, tunggu.... aq..." 3 laki laki itu langsung menoleh ke belakang. johann, "ha.. aq dipanggil mangki emang mirip mangki gitu" celoteh johann.
Balas santi"emang kenapa... tadi kupanggil sobat nggak mau kalo ku panggil mangki kok mau,salahnya sendiri" santi agak cemberut.
Pencarian mulai dilakukan, santi kok rasanya pernah kesini iya.gumam santi, "hay teman teman disini tuh banyak kuntilanaknya"
Tom mengejek santi"dasar penakut kemarin aja qm berani sekarang kok penakut gara gara mbok poniyem ya'"
"Rumah ini ada di mimpiku" santi ngotot.
"masak sih" celoteh johann...
"Santi dkk masuk ke rumah dukun mbok serpakenaka, beberapa menit kemudian ada wanita muda sepertinya sundel bolong yang menghampiri mereka.dan sundel bolong itu tertawa terkikik dan mereka pada takut namun santi tidak karena dibekalan beberapa biji salak dan dilemparkan.sundel bolong itu menghilang. dan datanglah sundel bolong lainnya dilemparkan lagi hingga habis. dan mereka dijebak oleh penghuni rumah dukun sakti mbok serpakenaka.pintunya di tutup dengan mantra gaib. mbok poniyem mendengar teriak santi, "Oh santi dalam bahaya, saya harus menolongnya" Mbok poniyem membuka pagar gaib yang sudah di mantrain oleh sundel bolong. "slira pada slira.ojo rana rene dang ngaliho dedhemit....." pintu rumah mbah dukun serpakenaka terbuka oleh mantra mbok poniyem.
selanjutnya tom dan desta hampir dicekik oleh sundel bolong,namun dengan bantuan mbok poniyem, sundel bolong itu berbalik arah melawan mbok poniyem,terjadi perang mantra antara mbok poniyem dan sundel bolong, namun mbok poniyem memberi air mantra, dan meminta pada mereka untuk menyiramkan ke patung dewi durgadini. melihat mereka ingin memusnahkan sundel bolong itu. sundel bolong itu memanggil temannya untuk menghalanginya....
namun dengan tekad dan yakin mereka berusaha untuk menyiramkan ke patung durgadini akhirnya berhasil dengan susah payah, dengan menghadapi sundel bolong lainnya berbekal dengan garam dan bawang yang mereka bawa.
sundel bolong yang melawan mbok poniyem mulai kalah dan santi yang menyiram patung melihat sundel bolong kesakitan dan musnah.
Mbok poniyem kehilangan banyak tenaga dan meminta santi mencarikan mengambilkan sirih hitam yang dekat rumah dukun itu.
akhirnya pulih tenaga mbok poniyem, "kalian kalo diberi tahu jangan ngeyel akhirnya jadi begini kalo tidak ada aq mungkin kalo jadi anak buahnya mereka apamau" mbok poniyem sambil menuturi mereka.
mereka menganguk anguk kepala,kata terakhir mbok poniyem "ambil kalian yang dibutuhkan di rumah itu cepatan"melihat mereka sudah mengambil barang kuno mereka inginkan seperti guci dan gelang, mereka langsung pulang ke rumah. Tugas mbok poniyem sudah selesai.Kembalinya sundel bolong itu ke rumah mbok serpakenaka karena patung durgadini belum dihancurkan...
Sundel bolong itu ingin membalas dendam pada mbok poniyem dan mereka yang telah mengobrak abrik tempat tinggalnya.
jam 5 subuh mereka kembali dari rumah.

"Kapok saya tidak mau kesana lagi" celoteh johann
mereka tertidur pulas di rumah masing masing.

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer zaphelyne
zaphelyne at MANTRA MBOK PONIYEM (11 years 35 weeks ago)

haha, bukannya marah..
cuman, kalo kasi poin itu harus bener2 penilaian dari kita bwt karya org laen..
gk harus selalu bagus jg sih, kan disini kita lagi sama2 belajar, kalo ada yang perlu di kritik ya kritik ajah..

Writer penikmat_cerita
penikmat_cerita at MANTRA MBOK PONIYEM (11 years 35 weeks ago)
10

haduh.. aku pusink bacanya..

Writer byoungcarerock
byoungcarerock at MANTRA MBOK PONIYEM (11 years 35 weeks ago)
30

maaf, sebagai tmbhan, tolong perhatikan kalimatnya spy bs dmgrti olh pmbca lainnya, habis koma tolong kasih spasi! prhatikan jg tata bahasa, ejaan, paragraf, susunan katanya, tanda hubung dan tanda baca (.,?"!-) tolong juga perhatikan, apakah kalimat itu berupa kalimat tanya (?), atau bukan. masing masing=harusnya dibri tnda hbubg (masing-masing). oke.....keep write...

Writer Chie_chan
Chie_chan at MANTRA MBOK PONIYEM (11 years 35 weeks ago)
20

EYD nya hancur berantakan. pengaturan letaknya juga bikin mumet. :p

Writer zaphelyne
zaphelyne at MANTRA MBOK PONIYEM (11 years 35 weeks ago)
50

aduuuhhh,, maap yah, gk bisa kasi poin banyak2..
EYD nya tolong dprhtikan, pemisahan dalam paragraf jg..
trus, ni endingnya kurang greget juga..