SONGFIC - DOZING GREEN

Credit to Chie, karena karya Songficnya membuat saya terinspirasi menulis ini, terimakasih.
Credit to Songmeaning.net dan orang-orang yang mendebatkan arti dari lagu ini.

Lagu ini sulit dimengerti, dan dari yang saya lihat di Songmeaning.net, terdapat tiga interpretasi dari lagu ini...sungguh sulit menulis karya ini, jadi saya mohon kritik dan saran yang membangun.

DOZING GREEN

Mesmerised by those eyes, those bug eating eyes
My breathing just stops I calm my heart and it just sheds a tear
The bright and refreshing sunlight
Mixes itself round and round along with the sound of the rain


My torn out heart let it dance now, I question the emptiness
The white voices, the leaking of my breath In The Sun

The obscene exposure of the wound
Becomes nothing like Dogma’s own wind
You’re now melting, you’re heart is melting

In the dark morning, I hear you whisper, sayonara

My torn out heart, let it dance now. I question the emptiness
Right now I wanna be all alone

It’s the season of spring, weeping eyes cry tears
Your neck-less body crawls, can’t save you now

Love Me

*scream : Abandon Hope

STORY :

[Mesmerised by those eyes, those bug eating eyes
My breathing just stops I calm my heart and it just sheds a tear]

Sudah selesaikah semua?
Beruntungnya aku…terimakasih..Tuhan,
atau apapun yang menyelamatkanku..
Berlari tanpa arah.
Dalam kabut kematian.
Dalam tetesan-tetesan tangis dari langit.
Menembus kegelapan beraroma darah serta aroma zat lain.
Zat yang menyesakkan. Beracun.
Sepertinya zat itu perlahan-lahan meluluh lantakkan tubuhku dari dalam.
Aku harus secepatnya pergi dari sini!
Ah…
Aku tersandung sesuatu dan jatuh pada siku. Aku melihat darah. Darahku, dari balik perban didadaku. Ah…bukan masalah tapi--
Ah…
Aku juga melihat serangga. Mengerumuni benda yang membuatku terjatuh. Apa itu? Nyaris bulat. Itu………
Kepala.
Dalam sekejap tubuhku lumpuh. Sungguh lemah, bahkan untuk bernafas. Pikiranku berputar-putar pada dosa. Dosa yang berputar-putar pada manusia. Manusia yang berputar-putar pada kematian. Dalam kelumpuhan suara gerimis pun lenyap, digantikan kesunyian memuakkan. Sepertinya isi dunia ini hanya aku dan mayat itu.

Mual Mual Mual Mual Mual Mual
Dingin Dingin Dingin Dingin
Dug Dug Dug…
Jantungku berbunyi bagai genderang perang putus asa.
Hah Hah Hah…
Nafasku beradu dengan udara kematian.

Kepala itu, hitam, hangus. Tak mungkin dikenali. Kulitnya sudah rontok, tengkoraknyapun tidak utuh. Keadaan tubuh mayat itu jauh lebih parah lagi. Aku tidak sanggup menatapnya. Serangga berkeliaran di lubang-lubangnya dengan gembira. Aku merasakan hal yang janggal.Matanya putih…
TUHAN! Tidak… itu bukan mata!
Melainkan seonggok larva serangga…menggeliat-geliat mengerikan bagai manusia kesakitan diambang kematian…menggeliat di genangan nanah dan darah..dalam cekungan mata yang seolah berkata padaku, “CEPAT PERGI”

Aku mencoba mengambil alih kembali pikiranku yang tersesat dalam terkaman kegalauan. Dug… … Dug…jantungku semakin tenang bersamaan dengan air mata yang perlahan tumpah.

Air mata sedingin es dari kesendirian dan kebuntuan…Air mata sepanas api dari sesal dan duka.

Air mata seseorang yang selamat..diantara puing Nagasaki.

[The bright and refreshing sunlight
Mixes itself round and round along with the sound of the rain]

Cahaya matahari pagi muncul untuk menyapa kabut gerimis. Seakan memapahku pada jalan penuh harapan. Seakan mengirimkan kehangatan yang memelukku dengan semangat. Suara gerimis kembali terdengar, menyelamatkan diriku dari kepalsuan. Menyingkirkan kelumpuhan.

[My torn out heart let it dance now, I question the emptiness
The white voices, the leaking of my breath In The Sun]

Aku menatap mayat itu sekali lagi sebelum beranjak.Tragedi Kemanusiaan. Setiap langkah yang kulakukan, penyesalan muncul merobek hatiku. Berbagai memori kemenangan palsu itu muncul. Aku menyesali semuanya. Darah penuh sesal memancar dari hati ini, mengingat tragedi ini berawal dari kesombongan kami. Kebodohan kami. Kebanggaan palsu kami. Karena perbuatan kamilah…dua kota ini menjadi neraka.
SESAL SESAL SESAL SESAL SESAL SESAL SESAL SESAL SESAL SESAL
Akupun sangat pantas untuk ikut disalahkan. Akupun sangat pantas untuk mati…tapi bagaimanapun aku ingin tetap hidup. Aku masih ingin bernafas, aku masih ingin memberi hormat pada matahari. Sumpah akupun ingin menebus dosa dengan melindungi rakyat negara ini… dari para pemberi neraka. Matahari! biarkan suara nafas ini menjadi saksi atas segala sesal dan sumpah.

[The obscene exposure of the wound
Becomes nothing like Dogma’s own wind
You’re now melting, you’re heart is melting]

Mungkin ini takdir. Seraya kutatap perban didadaku. Nyawakupun nyaris direnggut kematian. Terimakasih wahai, daging dan rusuk yang telah melindungi jantungku dari peluru. Aku harap…aku mampu menghentikan semua ini. Meluluhkan hati mereka yang penuh dendam. Ini harus dihentikan! Sebelum rakyat negeri ini kembali menjadi korban atas kekeraskepalaan para pemimpin. Sebelum bertambahnya jumlah manusia yang meleleh jadi bubur dalam panasnya neraka yang mereka jatuhkan dari langit.Di Hiroshima dan Nagasaki.

[In the dark morning, I hear you whisper, Sayonara]

Tragedi ini tidak boleh terulang. Tidak boleh. Tidak boleh. Selamat tinggal kesombongan! Sudah cukup kebanggan bodoh atas kemenangan palsu di Pearl Harbour. Mungkin juga Neraka ini adalah karma dari pencaplokan kami atas wilayah tetangga kami di Asia. Sial, merekapun pantas merasakan kebebasan. Ironi. Tragedi inilah yang menyadarkanku…dan seharusnya juga menyadarkan mereka yang diatas.

[Right now I wanna be all alone]
Aku tidak ingin kembali bersama mereka. Militer. Sejak awal seharusnya aku..tidak! Kita semua... berpikir, KENAPA KITA MELAKUKAN INI TERHADAP SATU SAMA LAIN?

[It’s the season of spring, weeping eyes cry tears
Your neck-less body crawls, can’t save you now]

Aku telah melihat impian.Tidak, lebih tepatnya memvisikan impian. Musim semi yang penuh bunga warna-warni. Bunga yang tumbuh subur dari jejak-jejak kematian. Setidaknya mayat-mayat itu tetap bersama kami, bersama sanak saudaranya…sebagai kebahagiaan musim semi. Akupun mengimpikan dimana seluruh dunia akan tentram, penuh kedamaian setelah mengambil pelajaran dari tragedi ini. Walaupun semua sudah terlambat untuk menyelamatkan nyawa mereka, tapi belum terlambat untuk mencegah kematian massal selanjutnya.

[Love Me]

Sudah sepantasnya kita sebagai manusia untuk saling mencintai satu sama lain seperti saudara. Seperti yang tertera pada setiap kitab suci diseluruh dunia. Tidak perlu ada perang. Apapun alasannya. Karena setiap perang adalah perang saudara. Tragedi ini harus jadi pelajaran. Manusia seharusnya saling mencintai satu sama lain…ya seharusnya…seharusnya…AKU BERHARAP MANUSIA MENGINGAT CINTA

[*scream : Abandon Hope]

BODOH.
BODOHNYA AKU.
Jelas jelas ini bukan tragedi kemanusiaan pertama yang terjadi di dunia.
BODOH.
Sudah beribu-ribu tragedi terjadi.
BODOH.
Manusia tidak pernah belajar.
BODOH.
Selalu terulang lagi.
BODOH.
Aku memaksakan diri berlari dalam penyesalan yang semakin dalam. BODOHNYA aku karena berharap.

Dalam detik itu, ketika aku MEMBUANG SEMUA HARAPAN kedasar neraka….aku kembali lumpuh. Panas. Tubuh ini panas tidak terkira. Inikah yang dirasakan mayat tadi sebelum ajalnya?
DUG.DUG.DUG.DUG.DUG.DUG.DUG.DUG.DUG.DUG.DUG.DUG.
GILA…Jantung ini berpacu seperti kesetanan! Astaga, pendengaranku, penglihatanku, semua inderaku perlahan kehilangan fungsinya.
SEMUA HAMPA..kecuali satu…aku masih merasakan jantungku…samar……detaknya semakin cepat…racun didalamnya terus memacu dengan jahat, untuk meledakkan jantungku…

MATI.
YA. AKU MEMANG PANTAS MATI.
Karena akupun ikut menyerang Pearl Harbour, dan kembali ke Jepang dengan kebanggaan layaknya seorang ‘PAHLAWAN PERANG’

Kemudian....Pembakaran Tokyo...Bom Nuklir di Hiroshima...dan sekarang Nagasaki......
MAAFKAN KAMI..
MAAFKAN KAMI..
Maafkan kami..Rakyat Jepang.....
.

SIAL.

AKU MEMANG PANTAS MATI. KAMI MEMANG PANTAS MATI. Tapi TIDAK semua rakyat berdosa itu..
..
Ahhh….itu dia…………….



Pintu nera--
.
..
....
......
........
..........
.............
...............
.................
....................
......................
........................
..........................
............................
..............................
................................
..................................
....................................
......................................
........................................

and then goes the eternal pain of silence

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer stezsen
stezsen at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)
80

Akhrny bs bca...
G tll ngerti songfic ni. G bs komen hehe

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

ohh gangerti gpp, lanjut ajah ke bab 2 hutan rimba hehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehe...uhuk uhuk

Writer someonefromthesky
someonefromthesky at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)
70

Ide cerita dan penafsiran liriknya bagus. Cerita tentang perasaan bangsa Jepang pasca kekalahan PD II, ini sangat menarik. Saya cuma agak kurang sreg dengan cara penyajiannya. Meski ditagnya disebut cerita (yg saya kira cerpen) tapi pembagian paragraf terasa berantakan, lalu pemakaian huruf cetak tebal (bold) dan selipan bahasa-bahasa Inggris yang sepertinya berlebihan. Mungkin ini maksudnya seperti stream of consciousness? Kalau seandainya format seperti ini dibuat sebagai puisi kontemporer, saya rasa nggak masalah. Tapi untuk sebuah cerpen, saya masih lebih suka dengan bentuk cerpen yg memiliki alur narasi dan deskripsi lebih jelas.

Membuat songfic dari musik rock/metal sih ide yang bagus, tapi jgn sampe kamu akhirnya malah jadi bikin lirik lagu lagi (karna terpengaruh emosinya). :p

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

Thx sudah mampir..iya juga yah namanya songfic tuh lirik->cerita, dan kyknya yg karya saya ini lirik->puisi

sebenernya susunan awalnya pun..emang udah kyk puisi

Writer Blood_Raven
Blood_Raven at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)
70

kalo katamu:
dozing: tidur/mati
green: racun.

brati dozing green: mati keracunan? (lah. paan aq ni)

gak bisa k0men banyak ya. disamping aku kurang tertarik di genre ini, juga kritik2nya udah diabisin sama yang laen.

tapi kayanya aku bakalan cari mp3 nya deh.^^
interesting. lanjutin fantasinya aja d0nk! xD

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

Fantasinya udah lanjut tuh mariii kk

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)
Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

Sip makasih, ini dari kemaren lagi stress bikin creature, semoga berhasil deh ni creature.

Writer Alfare
Alfare at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)
40

Smith, aku ga begitu tertarik ama songfic.

Tapi aku agak terenyuh karena sebelumnya aku juga pernah bikin deskripsi kematian massal kayak gini dalam salah satu prototip cerita mechaku yang lama. Makanya aku cuma bisa bilang kalo aku ga benci.

Pada akhirnya, ga banyak yang bisa kikomentarin karena aku ngerasa apa yang kamu coba paparin emang sesuatu yang abstrak. Ada sedikit nuansa naif yang dapat diterima di dalemnya, tapi ga ada lagi yang bisa kukatain selain itu.

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

Ah terimakasih..
Sungguh..

sepertinya setiap komenmu ada kata "agak"nya yak..ahahahaii
untuk menghiburkah? Hihihihi..

Writer Chie_chan
Chie_chan at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

abang... ada ym ga? :3

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

Alfare, ditanyak tuh

Writer Chie_chan
Chie_chan at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

aku nanya kamu nak. alamat ym kak alfare udah ada di profilnya. =___=

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

Lagian abang. Sayakan setahun lebih muda..dan maaf kk, saya ga ada ym..ga ada koneksi internet drumah soalnya..seringan pake ponsel..kalo mau chat. saya lewat fb pake eBuddy..

Writer Chie_chan
Chie_chan at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

ehhhhhh???? terus ngepost pake apa dong kalo gada net di rumah? masa pake hape ngetik seribuan kata???

yaudah. my bad... my bad... adik smith...

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

Ngepost yah tinggal ke warnet atuh..sedihnya hari gini ga ada koneksi inet..mungkin nanti kalo udah kuliah hehehe

iyee your good your good kakek eh kakak Chie..

Writer olief
olief at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)
80

wah smith... songfic ya... hehehe aku juga pingin bikin songfic juga gara2 kemarin baca punya chie... ehm untuk songficmu, ngerti sihhh tapi ga rapiii.. ga enak dibaca XDD

lagu siapa ini smith?

Writer Chie_chan
Chie_chan at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

Mana rei? Songficnya kutunggu lho.. ;p

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

Oh ga rapih yah..aih itu memang kelemahan saya..ngeditnya sebentar doang. Buru buru posting.

Lagunya Dir en grey. Ada kok threadnya di bagian music di kners.com

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

TERIMAKASIH SARANNYA

Well Aku pantas mati karena dari awal tubuhku sudah diambang kematian...aku sanggup hidup karena punya harapan [Love Me] tapi akhirnya aku buang harapan itu [*scream : Abandon Hope]

sehingga ga ada lagi yang memberi semangat hidup..parahnya lagi. Aku merasa bersalah, karena ikut memancing amarah Amwerika Serykat di Pearl Harbour..akupun muak dgn ketidakadilan ini, lihat. Kami hanya menghancurkan pelabuhan, tapi mereka Membom 2 kota kami dengan nuklir..akupun bergegas mencari keadilan di neraka

Writer heinz
heinz at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

Lagu ini siapa yang nyanyi?

Kutip: Aku merasa bersalah, karena ikut memancing amarah Amwerika Serykat di Pearl Harbour. ==> Siapa aku yang dimaksud ini? Jepang secara nasional atau orang tertentu (Tojo bisa dibilang biang keladi perang Asia Timur Raya) atau?

Kutip: Kami hanya menghancurkan pelabuhan.
Iya sih. Tapi coba buka mata lebar-lebar dan liat yang lainnya. You rape Nanking, menggasak Indonesia hanya dalam tiga tahun, bikin organisasi Jugun Ianfu di mana-mana de el el. Jujur, buatku dua kota masih terlalu sedikit.

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

Ah kk heinz, mampir juga duong ke fantasy saya [Mar-Ram] ah ah ah ah ah uda dnger lagunya belum?

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

Yang mainin bandnya namanya Dir en grey(ada tritnya di bagian music di kners.com)

Akunya itu..hehe terserah pembaca menginterpretasikannyaa..

Well. That CRIME of WAR is indeed painfull...and Indonesia is one of the Victim..

Tapi kan yg saya bahas disini bukan tentang Indonesiaa akang heinz... :P

jangan menyimpan dendam ^^

bingung nih. Songfic selanjutnya. Machiavellism atau Agitated Scream of Maggots atau Egnirys Cimmerdoyph yak?? Ahh bingung..

Writer heinz
heinz at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

Haha iya sih. Di satu sisi, Jepang itu emang OK urusan nasionalisme dan anime-nya. Tapi kalo udah inget bagian itunya, duh kesel. Apalagi dibikin lirik lagu kayak gini lagi. Bener-bener memancing. Terserah interpreternya juga sih.
Tapi jujur, promomu sukses. Selama ini, J-band paling favoritku cuma ELT yang udah jadul dan si Eyang Nobuo Uematsu. Sisanya sih cuma suka denger satu ato dua kali. Apalagi Jepang mulai masuk era R n B. Hm, jadi mulai melirik ke Dir en Grey deh.

Peace!

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)
Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

~Peace~

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)
80

Lagunya ada dialbum ini

http://www.mediafire.com/?nqczfm1ijwh

its very poisonous

Writer H.Lind
H.Lind at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 2 weeks ago)
80

Aku nangkep maksud ceritamu.
Menurutku cuma perlu dirapikan lagi.

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

wahh terimakasih...

Writer Chie_chan
Chie_chan at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 2 weeks ago)
60

aduh...
maafkan aku smith. =.=a
.
ini kacau banget.
bukannya apa, selain diriku nggak mengerti jalan ceritanya sama sekali, ini juga gak nyaman buat dibaca. kayak... lebih ke kamu menceritakan apa yang terjadi dalam hatimu setelah mendengarkan lagu itu. dan masalahnya adalah, gak semua orang bakal ngerti bahasa hati seseorang. makanya kita butuh narasi buat menjelaskan. poinnya adalah, aku nggak melihat itu di sini. *gomene* *gomene* *gomene*
.
tapi saia suka lirik lagunya. ada sesuatu di sana yang menggetarkan. ;D
.
thanks buat creditnya. hayo hayo belajar lagi. i'll keep my eyes on you! khukhukhu...

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

Kk, mariii (kau tahu maksud sayaa)

Writer Chie_chan
Chie_chan at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

dasar kau tukang promosi! XD
.
bentar, baca punya nita dulu sebentar...

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 1 week ago)

YES YES Terimakasih..
Oke oke. Saya akan berusahaa..sengaja saya buat samar disini..
Karena liriknya bisa diinterpretasi jadi tiga.
1. Kehilangan, 2. Kenyataan, 3. Kemanusiaan

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 2 weeks ago)
90

DOZING GREEN..

GREEN=hijau, mungkin maksudnya racun...atau serangga? karena atmosfir lagunya emang penuh racun..

Writer smith61
smith61 at SONGFIC - DOZING GREEN (11 years 2 weeks ago)
100

DOZING GREEN...

DOZING=tidur...dalam berbagai karya, tidur merujuk kepada MATI