PINTAR atau BODOH

Malam ini aku sendiri,dan terjebak dalam sunyi.Tiada satu'pun kawan,hanya berteman dendam.Kupandangi langkah mungil sang jarum jam yang seolah - olah enggan.Sambil menghisap dalam -dalam asap rokok, ku sandarkan lamunan.Ku coba mengingat kembali kisah pahit percintaan,kisah cinta yang telah kubuang bersama dengan senyuman.Namun ditengah -tengah lamunan, ku lontarkan satu kalimat makian.

"DASAR CW SUNDEL" mengumpat aku sambil tersenyum.

Bagaimana tidak sundel,dulu dia(RIA)yang pertama menyatakan rasa suka dan sayangnya kepadaku.Sekarang ketika aku sudah mulai bisa mencintainya,dia malah menghianati aku dengan perselingkuhan.Memang sih,perjumpaan kami bisa dibilang negatif.Kami berjumpa di saat pelayaran sebuah kapal tempatku bekerja,ketika itu perjalanan dari pelabuhan manokwari, menuju pelabuhan nabire lalu biak.RIA adalah salah satu penumpang kelas 2 eksekutif,dimana kamarnya memiliki empat tempat tidur.Dan aku adalah pelayan yang bertugas mengganti serpay di kelas tersebut.

Waktu telah menunjukan pukul 17.00 witi,dan kapal telah tiba serta sandar di pelabuhan NABIRE,dan akan berangkat kembali menuju BIAK pada pukul 19.00 witi. Aku bergegas mengganti serpay di kamar RIA,di karena'kan tiga orang penumpang lainnya telah mengakhiri pelayarannya di pelabuhan NABIRE.

Aku :"tok,tok... permisi...!" suara pintu kamar yang ku ketuk dengan pelan.
RIA :"kreek,...iya ada apa...?" suara pintu yang terbuka,serta disusul tanya.
Aku :"maaf mba,saya mau mengganti serpay yang telah ditinggalkan penumpang yang turun" meminta.
RIA :"oh....,silakan." bernada santai.
Aku :"yang turun tempat tidurnya yang mana aja mba...?" tanyaku.
RIA :"dua yang atas,dan satu yang itu mas...!" sambil menunjuk kearah tempat tidur tersebut.

Aku langsung merapikan tempat tidur tersebut dengan perlahan.Di selah - selah kesibukanku ,lirik mataku mendapati RIA sedang merebahkan tubuhnya dengan posisi telentang sambil memainkan handphone diatas tempat tidurnya.Pikiran'ku menjadi nakal dikarenakan RIA memperlihatkan gerak tubuh gelisah, seakan akan ingin mencuri perhatian dariku.Sesaat aku berpikir,apakah mungkin suatu hayalanku akan RIA bisa terjadi.Tanpa berpikir lebih panjang lagi,aku beranikan diri untuk memulai percakapan dengan RIA.

Aku :"mau turun dimana mba...?"
RIA :"BIAK mas..." spontan .
Aku :"masih semalam lagi mba,kenapa ngga jalan-jalan aja mba,ngilangin bt...!!!"
RIA :"tidak ah mas...,tidak ada temannya."
Aku :"gimana kalo saya temenin...!!!" rayuan gombal.
RIA :"tidak usah mas...,nanti saya mengganggu kerja mas." di susul senyum.
Aku :"ngga kok mba...,selesai inikan saya ngga ada kerja lagi...!"
RIA :"asli mana mas...? kalau dengar logat bicaranya,pasti bukan orang sini..!"
Aku :"iya mba...,saya orang JAKARTA."

Sesaat tidak ada pembicaraan,kami hanya saling tersenyum dan bertatapan.Aku menjadi putus asa,di karena'kan mungkin harapanku tidak bisa jadi kenyataan.Tiba -tiba RIA membuyarkan lamunan'ku dengan sebuah prtanyaan.

RIA :"nama kamu siapa mas...?"
Aku :"ADIT...,kalo mba siapa.../"
RIA :"RIA....,jangan panggil mba dong mas...!"
Aku :"emangnya kenapa...?"
RIA :"saya paling tidak suka di panggil mba...!"
Aku :" lalu saya panggil apa...?
RIA :"nona aja mas...!"

Inilah doktrin yang tersebar di daerah papua,mereka tidak senang dengan apapun yang berkaitan dengan orang JAWA. Mereka menganggap bahwa orang JAWA itu penjajah,walaupun tidak semua orang PAPUA memiliki pandangan seperti itu.Namun di akui atau tidak ,menurutku pandangan itu menjadi mayoritas di tanah papua.

Aku :"nona asli mana..?"
RIA :"MAKASAR...,hanya saja lahir dan besar di BIAK."
Aku :"wah...,enak dong,di MAKASAR'kan tempat nongkrongnya keren -keren...!"
RIA :"memangnya mas nongkrong dimana...?"
Aku :"saya sih pernah masuk ke M club."
RIA :"wah...,suka disko yah...?" di akhiri senyum besar.
Aku :"hemm...,kalo kamu non...?" balik bertanya.
RIA :"suka juga sih." di susul senyum kecil.
Aku :" suka minum pil juga...?"
RIA :"tidak mas...,saya suka alkohol saja." penuh percaya diri.

Pikiranku jadi semakin kotor,aku jadi memiliki ide untuk mendekatkan diri lebih dekat dengan RIA melalui alkohol.Dan aku mencoba yakinkan diriku bahwa itu akan berjalan lancar dan sempurna.

Aku :"kalo JACK DANIELS,suka ngga...?"
RIA :"suka juga sih..."di akhiri senyum menggoda.
Aku :"kalo kamu mau nanti aku bawain...!!!"
RIA :"maksudnya ngajak minum nih....!" mengejek(bercanda).
Aku :" kalo ngga mau juga ngga apa-apa kok...!"
RIA :"mau sih...,tapi berdua ajakan...?" mengeluh.
Aku :"iya berdua...,emangnya mau ajak siapa lagi...!!!" nada bercanda.
RIA :"disini aja yah...?" berharap.

jJawaban RIA membuat aku tersenyum puas di dalam hati.Bagaimana tidak senang,ternyata harapkan'ku untuk lebih mendekatkan diri ke RIA melalui umpan alkohol berhasil.Di akhiri senyum menggoda dariku,kutinggalkan RIA sambil berjanji membawakan minuman beralkohol ketika aku nanti kembali.

(CORRY...,UDEH PEGEL NIH OTAK.LAEN WAKTU SAYA LANJUTIN LAGI YEH...!!!)

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer KD
KD at PINTAR atau BODOH (10 years 21 weeks ago)
100

hmmm