a

a

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer littleflow3r
littleflow3r at a (11 years 33 weeks ago)

tulisan scarlet yang kedua yang aku baca. dan komennya,

kenapa ya aku selalu bisa nebak ending ceritamu? (suer, ditengah aku udah nebak kalo si Aku ini sudah mati)

tapi teteeeep. aku bener-bener suka gaya penceritaan + ide cerita kamu :D

Writer scarlet_dedek
scarlet_dedek at a (11 years 33 weeks ago)

Wah, do u know, kamu adalah orang pertama yang tahu kalau si aku udah meninggal loh, suer :) sepertinya kita setubuh, satu gur saru ilmu :D makasih udah mau membaca beberapa karyaku yang masih acak-acakkan, semoga ada waktu luang buat ngedit semuanya :) salam littleflow3r:D

Writer littleflow3r
littleflow3r at a (11 years 33 weeks ago)

jiakakak. Abang kieh. berguru sama buku! hohoh

makasih juga bang Scar udah mau join sini juga, jadi punya kesempatan baca karyanya-karyanya *hayah

Writer ciiaRna anugrahwati
ciiaRna anugrahwati at a (11 years 33 weeks ago)

aseek skali

Writer scarlet_dedek
scarlet_dedek at a (11 years 33 weeks ago)

Sip, terimakasih udah mampir hehe :D salam

Writer H.Lind
H.Lind at a (11 years 34 weeks ago)
90

Wew, aku suka ceritamu, karena aku juga seorang penyuka diksi.
.
Saya agak bingung di sini :
Tolong, jangan meninggalkanku di sini seperti pria bodoh, yang tidak tahu bagaimana caranya menghibur seorang wanita. Apalagi, hari ini wanita tersebut berulangtahun, ulang tahun yang kedua puluh satu.
Pertama kali saya baca, saya nangkepnya ada wanita lain selain Dian. Saran saya sih kata 'wanita tersebut' diganti 'kamu', soalnya kan ini cerita dengan tokoh 'aku' dan 'kamu'. Hehe, itu menurut saya lho.
.
Endingnya tragis tapi digambarkan dengan bagus. Saya suka judulnya 'Delusi'. Salam

Writer Chaca Marfecc
Chaca Marfecc at a (11 years 34 weeks ago)
60

nick kmu scarlet, sama dengan nama pemeran dalam ceritaku out-of-the-way...mampir ya :)

Writer scarlet_dedek
scarlet_dedek at a (11 years 34 weeks ago)

hehe, saya cowok loh XD *yang bilang cewek siapa haha* ok aku coba mampir ya hehe, salam kenal juga :D

Writer Kumiiko_chan
Kumiiko_chan at a (11 years 34 weeks ago)
90

wow^^
mantap abis, kekuatan delusinya kuat sekali :)

Writer scarlet_dedek
scarlet_dedek at a (11 years 34 weeks ago)

Wow salam kenal kumiiko_chan :D thnx ya udah mau baca hehe, cerpen kamu pun juga bagus loh, wah kapan ya bisa mahir nulis seperti yang lain hehe XD salam kenal again :)

Writer Chie_chan
Chie_chan at a (11 years 34 weeks ago)
90

aku speechless! kau emang hebat, kak! TT^TT apa ya yang kurang? aku ga masalah sama bahasamu yang dramatis sih. aku cuma nggak sreg ngasih poin full gara-gara sulit mencerna bagaimana caranya delusi bisa punya sudut pandang penceritaan sendiri. hantu dong? --"

Writer scarlet_dedek
scarlet_dedek at a (11 years 34 weeks ago)

chie_channnnnnnnnn #peluk erat# akhirnya kamu pulang, nak, lihat ibu nak, ibu sudah sakit-sakitan uhuk uhuk #emak, saya jadi mamak2 nih :p# hem, masalah POV memang aku sengaja buat begitu Chie, bukan hantu kok, aku hanya berasumsi bahwa segala sesuatu di dunia ini, baik yang real maupun imajiner, mempunyai pemikiran-pemikiran sendiri. Hanya saja, aku juga kurang data, yaitu apakah arwah masih bisa mengingat segala sesuatu yang dulu pernah terjadi semasa hidupnya di dunia :) maaf kalau kamu sedikit agak bingung :D

Writer redscreen
redscreen at a (11 years 35 weeks ago)
90

kekuatan pikiran memang mengerikan 0,o
bagus kak, kapan dian bisa bebas dari delusi itu ya? >v<

Writer scarlet_dedek
scarlet_dedek at a (11 years 34 weeks ago)

tks redscreen uda baca hehe.bukan hanya kekuatan pikiran tapi juga kekuatan cinta dan alam bawah sadar #aih kok pembicaraan kita jadi melodramatis banget haha# salam kenal.kalau bisa Dian jangan melupakan Christian aja yak hehe

Writer lavender
lavender at a (11 years 35 weeks ago)
80

hiks..
T_T
itu saja komentar saya..

Writer scarlet_dedek
scarlet_dedek at a (11 years 34 weeks ago)

hiks kenapa atuh? Hehe,salam kenal lavender :D

Writer herjuno
herjuno at a (11 years 35 weeks ago)

Hm, karakter yang kasat mata, tapi bukan hantu ya. Nice try, jarang ada yang seperti ini.
.
Oh ya, ada satu bagian yang menurutku agak ganjil. Waktu Dian diberi tahu kalau Tian meninggalkannya, ia nyerocos tentang "Tian ingin menjadi minyak tanah, asap, dsb". Menurutku agak aneh aja melihat seorang yang emosinya tengah labil bisa ingat "berpuisi" kayak gitu. ^^

Writer scarlet_dedek
scarlet_dedek at a (11 years 34 weeks ago)

makasi kak herjuno sudah mau mampir hehe, hem mungkin alasanx simple aja #kebiasaan menggampangkan sesuatu :b# dari apa yg saya baca tentang kekuatan memori,dikatakan bahwa memori bersama seseorang yg telah tersimpan di alam bawah sadar,dapat berputar kembali apabila ada pemicunya,contoh lagu, suara, wajah dsb.dan di sini, alam bawah sadar si Dian muncul kembali.walau aku sendiri agak kurang yakin, apakah alam bawah sadar bisa memutar memori sebegitu detail. Tapi,di cerpen ini, aku ingin menggambarkan bahwa pemicu akan kerinduan seseorang juga berpengaruh.maaf geje penjelasanx kak hehe.salam kenal ya

Writer scarlet_dedek
scarlet_dedek at a (11 years 34 weeks ago)

makasi kak herjuno sudah mau mampir hehe, hem mungkin alasanx simple aja #kebiasaan menggampangkan sesuatu :b# dari apa yg saya baca tentang kekuatan memori,dikatakan bahwa memori bersama seseorang yg telah tersimpan di alam bawah sadar,dapat berputar kembali apabila ada pemicunya,contoh lagu, suara, wajah dsb.dan di sini, alam bawah sadar si Dian muncul kembali.walau aku sendiri agak kurang yakin, apakah alam bawah sadar bisa memutar memori sebegitu detail. Tapi,di cerpen ini, aku ingin menggambarkan bahwa pemicu akan kerinduan seseorang juga berpengaruh.maaf geje penjelasanx kak hehe.salam kenal ya

Writer scarlet_dedek
scarlet_dedek at a (11 years 34 weeks ago)

makasi kak herjuno sudah mau mampir hehe, hem mungkin alasanx simple aja #kebiasaan menggampangkan sesuatu :b# dari apa yg saya baca tentang kekuatan memori,dikatakan bahwa memori bersama seseorang yg telah tersimpan di alam bawah sadar,dapat berputar kembali apabila ada pemicunya,contoh lagu, suara, wajah dsb.dan di sini, alam bawah sadar si Dian muncul kembali.walau aku sendiri agak kurang yakin, apakah alam bawah sadar bisa memutar memori sebegitu detail. Tapi,di cerpen ini, aku ingin menggambarkan bahwa pemicu akan kerinduan seseorang juga berpengaruh.maaf geje penjelasanx kak hehe.salam kenal ya

Writer abc
abc at a (11 years 35 weeks ago)
70

mungkin di beberapa bagian sy agak loss dari ceritamu. mungkin karena bahasamu yg puitis dan tidak biasa, jadinya saya agak sulit menyerap rasa dari ceritamu ini. yah, feel dari sebuah cerita tidak mesti disampaikan dengan sangat lirih atau berlebihan, cukup jujur saja yang harus km ungkapkan. Kejujuran dari setiap tokohmu. dan kejujuran dalam ceritamu ini, seakan-akan tertutupi oleh setiap (baca:banyak) kosa kata berat dalam ceritamu. Sy tidak terbiasa saja baca sebuah cerita romantis (kecuali prosa) disampaikan dengan kosa kata seperti itu. kalau km meninggikan segment cerita untuk ceritamu ini, mungkin bisa berimbas kepada pembaca biasa yang pada umumnya tidak mementingkan kosa kata, tapi kejujuran dari sebuah cerita. atau entahlah, mungkin cuman perasaan saya saja. ^_^
.
sebenarnya ending yang km tawarkan kurang lebih sama dengan ending dlm cerita sy, :p dan rasanya di ceritamu ini (seperti komentarmu), ending ini bukan terkesan dipaksakan, tapi tiap adegannya diarahkan untuk membangun sebuah ending yang sudah ada dalam kepalamu. dan itu beda dengan ending yang dipaksakan. tapi saranku, porsi untuk sang gadis sangat kurang dari ceritamu ini. jadi terkesan tak seimbang dan berat sebelah, padahal bisa dibilang kalau 2 tokoh dlm ceritamu ini adalah tokoh utama. Mungkin itu juga salah satu yang menyebabkan kesan romantis ceritamu ini terkesan agak kurang. Sarannya, km bisa lebih menambah percakapan antara kedua tokoh tersebut, yah, bukan saja untuk menambah plot dalam ceritamu, tapi juga menambah kesan chemistry dalam hubungan dan kebersamaan pasangan tersebut.
.
entahlah, atau cuma perasaan sy saja. kalau benar tokoh Dian masih hidup, kok nggak diceritakan bagaimana dia bisa selamat dari kecelakaan dahsyat itu. sejujurnya, bagi sy masalah itu sama pentingnya dengan pembangunan konsep sebab-akibat, atau sebaliknya.
.
mungkin kamu bisa mengganti kata teramat dalam kalimat ini:
kebisuanmu itu sangat teramat menghujam hulu hatiku.
menjadi "sangat amat" atau, kata "sangat" saja sudah cukup kok.

Writer scarlet_dedek
scarlet_dedek at a (11 years 34 weeks ago)

Wah makasih kak udah mau mampir di cerita saya yang kalah lomba haha, yang penting senasib dengan kak ABC deh :D

1. Mungkin di cerpen ini ada beberapa hal yang saya gunakan sebagai eksperiman dan salah satunya adalah banyaknya proporsi deskripsi, yang sepertinya terlihat berlebihan kah? sebenenya aku pengen membuat sebuah cerpen tapi berkelamin prosa. ya, badannya cerpen, kelaminnya prosa gitu deh. dan sepertinya juga, gagal T_T

2. Dan eksperimen saya yang kedua adalah, memberikan clue sedikit demi sedikit kepada pembaca (di paragraf pertama juga ada beberapa klue kecil lho). kenapa? karena itu tadi, saya ingin membangun ending yang tidak terkesan tiba-tiba, dan sayang sekali lagi, gagal ya kak? padahal aku kira pembangunan klue dari awal hingga akhirnya rahasia bahwa Christian adalah delusi terungkap T_T mungkin saya akan mencoba di lain kesempatan.

3. Aku takut kalau di sini aku menggunakan sudut pandang si cewek yang notabene masih syok, sepertinya akan mengganggu kenalaran cerita. dan sepertinya, seseorang yang baru saja kehilangan seseorang yang disayang, apalagi meninggal berada di dekatnya sendiri, akan memunculkan traume tersendiri. dan oleh karena itulah aku hanya menggunakan sudut pandang Christian :D maaf kalau ternyata hal itu malah membuat cerita jadi timpang :)

4. Hem, seperti yang kubilang, ini sudut pandang christian kak, jadi bagaimana si Dian masih bisa hidup, siapa yang tahu? si Dian? jelas ga mungkin karena dia terlibat dalam kecelakaan. Christian? makin ga mungkin. Saya? apa lagi, saya belum mahir pergantian POV hehe :D

5. Thnks kak, sebenarnya aku juga berpikiran hal yang sama, cuma bingung dari ketiga kata tersebut (plus kata sangat teramat ku) mana yang cocok hehe. dan sepertinya ide kakak akan saya pertimbangkan buat pengeditan :)

Ada kritikan dan komen lain kak, hehe jarang-jarang jumpa pembaca yang ingin kritik dalam :D kapan-kapan singgah lagi ya kak :) ntar saya sediain teh deh hihi

Writer ZooQ
ZooQ at a (11 years 35 weeks ago)
80

romansa nya melekat :)

Writer scarlet_dedek
scarlet_dedek at a (11 years 34 weeks ago)

terimakasih zooQ uda mau mampir hehe.salam kenal :D

Writer majnun
majnun at a (11 years 35 weeks ago)
90

ahaaay..
manisnya cerita ini..
~
ada beberapa typo om, sedikit..
dan kata2 "tidak bergeming"..
bukannya "geming" itu artinya: diam ato tak bergerak ya?
kalo "tidak bergeming"?
n saia baru tau ada kata "bebalonan"..
bener ada ya?
*maapkanlah saia yg cerewet..*
~
mampirlah om
Koloni Mimpi

Writer scarlet_dedek
scarlet_dedek at a (11 years 34 weeks ago)

makasi juga tante majnun #aku oom,kamu yang tante yak :b# hehe.astaga ternyata tidak bergeming typo ya? Maaf,ternyata aku yg salah kaprah.tks buat koreksix tante :D wah,sepertix kata bebalonan maksudnya adalah balon-balon. Sama penggunaanx dengan kata daun-daun maka boleh digunakan kata dedaunan hehe.hem,kalau menurut tante sendiri gimana?bebalonan beda penggunaan dengan dedaunan kah?ok,tante pasti akan disamperin hoho.salam kenal.majnun itu,oom atau tante yak? :b

Writer IreneFaye
IreneFaye at a (11 years 35 weeks ago)
80

ahahaha nama tokohnya sama dengan nama tokohku ....

Writer scarlet_dedek
scarlet_dedek at a (11 years 34 weeks ago)

haha,tokoh sama dengan nasib berbeda T.T tak mengapa setidakx bisa ngadain ultah bersama deh kita hehe.oh y selamat y irene buat karya kamu :D walau aku uda prediksiin karya kamu salah 1 yg masuk #ngeles aja# merry christmas, chris and christian :D

Writer MelZhi
MelZhi at a (11 years 35 weeks ago)
100

Judulnya menarik.
Deskripsinya juga dapet. Diksinya mantap.
Dan, ah, alurnya unpredictable. Bikin emosi saya turun naik. Kereeen...
.
Btw, salam kenal kak scarlet,
kalo minat, boleh cek karya saya di http://www.kemudian.com/node/249859.
makasih, kak. :)

Writer scarlet_dedek
scarlet_dedek at a (11 years 34 weeks ago)

hai juga melzhi, makasi uda mampir #meski ultah situs ijo tercinta ini uda lewat hehe,yg penting meriah :b#ok,akan segera dikunjungi begitu online lewat pc :D salam kenal

Writer dhewy_re
dhewy_re at a (11 years 35 weeks ago)
80

bagus ceritanya... tapi lebih seru kalo judulnya jangan sejujur itu, hehehe... biar pembaca lebih penasaran...

Writer scarlet_dedek
scarlet_dedek at a (11 years 34 weeks ago)

thnks kak uda mau mampir hehe.menurutku,kenapa aku memilih judulx delusi,karena aku pengen menggunakan 1 kata buat mendeskripsikan seluruh cerita alih2 menggunakan kata ilusi.delusi sendiri menurutku kata yang jarang digunakan,jadi bagi yang blum tahu kata itu pasti akan penasaran hehe.dan buat pembaca yang uda tahu kata delusi,setidakx aku berharap mereka akan menebak2,delusix di bagian apa? Tokohx kah? Atau ceritax sendiri adalah sebuah bentuk delusi? Begitulah penjelasan saya :D

Writer tatsuya
tatsuya at a (11 years 35 weeks ago)
90

Selamat ulang tahun Chris ....
>>> http://kemudian.com/node/250439

Writer scarlet_dedek
scarlet_dedek at a (11 years 35 weeks ago)
100

Ayuk dikomen hehe, ingin memeriahkan situs yang telah mempertemukan saya dengan beberapa penulis favorit saya hehe, maaf bagi yang merasa pernah baca :D semoga suka