100 Kata : Selarik nada cinta

Selarik nada cinta

Ini musim yang kesekian dimana langkahmu pelan menyusuri tepi lautan. Serupa awan yang melepas derai hujan dalam kesiur angin. Melimbungkan derak serak reranting, lalu menjatuhkan kelopak dan dedaun kering.

Ada yang tak mampu kau sembunyikan. Air matamu yang telah menyatu dengan hujan luruh kedalam genangan di bawah kakimu.
Ah, seharusnya kesedihan itu cepat terhapuskan dan luka itu cepat tersembuhkan.

Bukankah rasa duka juga serupa larik-larik nada yang meredam nyeri dada kita?

Biarkanlah musim ini terus melaju. Membawa anak-anak kenangan memintasi pintu-pintu waktu. Lalu lihatlah pada kuncup pagi yang mekar. Dan kidung burung-burung menjalar.
Mengguratkan larik nada cinta di kening fajar.

Jakarta, 02 Maret 2011 (27 Rabi’ul Awal 1432 H)

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer dewi linggasari
dewi linggasari at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 44 weeks ago)
100

Nada nada cinta.... Oh indahnya.....

Writer cloudiath
cloudiath at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)
70

bener, ini lebih mirip puisi.
romantis...tis...tis...

tetap belajar sama-sama
silakan berkunjung kesini

Writer reen
reen at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)
100

apapun bentuknya, tulisan mba laila selalu penuh makna ;)
sebuah pesan di balut kata yang indah ;)

salam,

Writer Affrilia
Affrilia at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)
100

.ada yang tak mempu kau sembunyikan... Keindahan yang ada pada telapak hatimu yang tuah jadi katakata menuntuk terus dan setia terlahir..
Indah mba' laila.

Salam takhdzim :)

Writer laila
laila at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)

Terimakasih banyak Mba Affrilia,
Salam Takzim kembali
:)

Writer septy
septy at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)
90

amanatnya nyampai, kak ^^
bagus
hehehe
jangan lupa mampir di tulisanku, ya
aku coba ikut cerita tantangan seperti ini juga, kak
^^

Writer laila
laila at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)

Terimakasih banyak dinda Septy, Insya Allah nanti saya mampir
Salam :)

Writer MelZhi
MelZhi at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)
90

cerpen yang puitis.
:)

Writer laila
laila at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)

Terimakasih banyak telah berkenan singgah
:)

Writer heinz
heinz at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)
70

Lebih mirip puisi daripada cerita.

Writer fachrunnisa eva
fachrunnisa eva at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 46 weeks ago)
80

ini pointnyaaaaaaaaaaaaa,,, hehehhe

Writer dewisun
dewisun at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 46 weeks ago)
100

seperti membaca puisi, mengisahkan sebuah luka. tapi untuk katagori cerita kurang nendang, alurnya terlalu datar dan berkesan tanpa ending ( ikutan rusuh, walaupun sdh di kupas habis oleh bang chris ^_^ ), tapi untuk urusan naut-nautin kata mba laila t.o.p.b.g.t deh ^_^

Writer fachrunnisa eva
fachrunnisa eva at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 46 weeks ago)

asli deh ini mbak dewisun bener2 merusuh, penyakit emak bnr2 nular, bener2 bahaya, hahahaha dan untuk pemilik lapak, hehehhe puitis sekali,, adudududuuh suka deh,, :D

Writer laila
laila at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)

Terimakasih banyak Mba Dewisun, Mba Fachrunnisa...senang sekali atas kehadiran kalian semua...
Salam
:)

Writer laila
laila at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)

Inggih Om..Insya Allah...
Matursembahsuwun
:)

Writer Shinichi
Shinichi at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 46 weeks ago)
60

:D

saia mampir niy. ahak hak hak. kebetulan lagi jalan-jalan di kota 100 kata. melihat gedung-gedung yang tampak bertingkat. hmm...

tidak ada yang cukup menarik pada 100 kata yang ini, selain, mungkin pada narasi yang kebetulan menggunakan diksi-diksi yang kerap muncul di puisi. atau analogi-analogi yang saia pikir sulit banget untuk saia terjemahkan. kesannya abstrak buat saia secara pribadi.

porsi. hal yang menyebar pada hampir tiap penjuru narasi pada tulisan ini adalah diksi yang berkesan hiperbola menurut saia. meskipun, itu terbaca sebagai metafora, otak lain saia bilang. tidak terlalu membuat saia puas siy. hehehe.

saia lihat penulis menggunakan banyak katakata yang "wah". yang mana di antaranya, larik, nada, musim, lautan, derai hujan, angin, reranting, kelopak, hujan luruh, genangan, luka, rasa duka, nyeri dada, kenangan, kuncup pagi, kidung burung(-burung), kening fajar. pilihan katakata itu, malah mengaburkan cerita, menurut saia lho -___-" kenapa? sejatinya, saia berharap sebuah cerita yang cerita terbangun oleh deskripsi yang secara visual. istilahnya, kata-kata yang penulis gunakan pada tulisannya kali ini adalah interpretasi pikiran, bukannya indera secara langsung, seperti mata, telinga, kulit, dsb.

hal tersebut yg membuat inti cerita ini jadi mengambang menurut saia. karena pada dasarnya, interpretasi pembaca adalah melihat apa yang dilakukan tokoh, secara universal. pembaca melihat tokoh melakukan sesuatu, bergerak, dengan anggota tubuhnya, hidup, tetapi bukan dalam pikirannya saja. kembali ke porsi, hal itu yang minim pada tulisan ini.

seandainya lebih natural (bukan dengan memasukkan kata-kata seputar alam) cerita ini bisa lebih enak dibaca. renyah kalau penggemar keripik bilang.

terakhir, saia pikir pada masalah konflik, kurang digarap siy. hehehe. tapi, ini semua menurut saia pribadi kok. mohon maap jika kurang berkenan. salam.

kip nulis


ahak hak hak

Writer cintafitri
cintafitri at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)

shin.. aduh.. khas ahak.. ahaknya msh ada nich? jd pemerhati kemudian.. mbaku laila yg baik ikut dosorot jg nich? btw.. nurut aku ini puisi udah bagus bgt.. terurai.. dg sgt2 indah..

waduh.. yg nama shinchi.. ada aja yg kurang pas dg seleramu ya?

Writer laila
laila at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)

Terimakasih banyak Mas Shinichi atas ulasannya yang sangat detil dan sangat bermanfaat..Terimakasih
:)

Writer Midori_Fukuro
Midori_Fukuro at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 46 weeks ago)
100

Assalamu alaikum, Saudariku.
Bahasanya selalu indah. Hanya saja dalam penulisan 100 kata itu, (biasanya) pembaca menginginkan twist, ataupun ending yang menohok, hehehe *tidak yakin*
Maaf...
Namun, saya salut.....
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Writer laila
laila at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)

Wa'alaikumsalam Wr. Wb. Saudaraku,
Terimakasih banyak atas segenap apresiasinya...
Salam :)

Writer stilldaydreaming
stilldaydreaming at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 46 weeks ago)
90

Halo kak :)
Waaah, untaian kalimat yang sangat indah :)
Hanya saja, menurut pendapatku, untuk cerita 100 kata, kurang byk bercerita. Share more ya kak. Oh iya, tag-nya nggak disertai tag tantangannya kah? hehe. Salam kenal :)

Writer laila
laila at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)

Salam kenal kembali :)
Terimakasih banyak ya Dik...telah berkenan singgah
Salam :)

Writer cat
cat at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 46 weeks ago)
70

Laila uda kupoin yak. Kalo nda muncul maap.
Tar aku poin lwt lapie.

Wow mirip prosa liris yak. Kalo anak puisi bercerita pasti sangat sangat puitis.
Kata2nya tuh lembt.

Tp maaf untk 100kata, ni agak nanggung.
Endingnya masi gantung.
Lalu untk gambr.
Pake copas link image location dari gambr ceritaku ato yg lain. Ato yg dari gambr sun flower.

jgn ampe ada spasi

Writer cat
cat at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 46 weeks ago)

laila, tag nya tambahin dunk :"tantangan gambar" and "Nada"

Writer laila
laila at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)

Udah tak tambahin Tan...terimakasih banyak atas segenap apresiasi dan inspirasinya ya....Insya Allah akan terus berlajar
SAlam :)

Writer lavender
lavender at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 46 weeks ago)
80

ini cerita untuk tantangan cerita nada juga kah?
lagi-lagi penuh dengan karya yang puitis.. :)

Writer laila
laila at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)

Terimakasih banyak ya..telah berkenan singgah
Salam
:)

Writer cnt_69
cnt_69 at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 46 weeks ago)
90

waa..
laila buat cerita..
keren keren
ni prosa liris x ya?
apapun keren lah.

Writer laila
laila at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 45 weeks ago)

Terimakasih banyak sahabatku, atas apresiasimu slalu ya...
SAlam
:)

Writer dina_tazmania
dina_tazmania at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 46 weeks ago)
90

wah mba Laila.....udah posting
aku baca judulnya dikirain bakal penuh dengan irama dan nada-nada cinta, tapi ternyata sendu, but keren... (hiks aku gak bisa posting krn kelebihan quota) mampir di notes FB-ku ya...

Writer laila
laila at 100 Kata : Selarik nada cinta (10 years 44 weeks ago)

Maaf Mba Dina...Insya Allah kalau smpt bk FB..tak kunjungin ya...terimakasih banyak atas kunjunganmu
Salam :)