Pravda

Berikut ini adalah penilaian KD terhadap karya cyber_nana yang berjudul: The Fate Shouldn't Be Like This. Ada delapan poin tantangan KD, dan ada satu tantangan terselubung. Jadi ada sembilan tantangan yang harus dijawab cyber_nana. Syarat kelulusan adalah mampu menjawab paling tidak lima (separuh lebih dari sembilan) poin tantangan.

Tantangan KD:

1. Waktu : Maksimal 5 hari atau 120 jam (posting paling lambat tanggal 23 Juni 2011). (OK)
komentar KD: penulis menyelesaikan tantangan terlalu cepat.

2. Tema : Asmara antara THE BEAUTY and THE BEAST, pria vs wanita (gak boleh homo/lesbi), bisa pria sebagai THE BEAST atau sebaliknya. (OK)
komentar KD: Derion, pria berparas buruk, jatuh ke dalam lubang bersama Cindy. Dan lubang itu memiliki tutup. Dan di atas tutup itu itu tertera kata: C.I.N.T.A.

3. Setting Waktu: Tidak terbatas (OK)

4. Setting Tempat: Tidak terbatas (OK
komentar KD: setting waktu dan tempat sengaja dibuat tidak terbatas oleh KD mengingat cyber_nana adalah penulis roman fantasi. Selain itu setting waktu yang tidak terbatas dimaksudkan agar cerita bisa mundur sejauh mungkin. terbukti, cyber_nana memundurkan alur sampai kejadian belum terjadi, hingga ketika Sang Pencipta merancang takdir. (wkwkwk)

5. Nuansa: Bebas (boleh tragedi, komedi, maupun happy ending)(OK)
komentar KD: cerita ini memenuhi unsur komedi, tragedi, romantisme sekaligus surealisme. Tragedi, ketika Derion dan Cindy ingin mati bersama dan akhirnya keinginan mereka terkabul. Komedi, ketika akhirnya takdir tidak terpenuhi. Intisari komedi bukanlah tawa. Intisari komedi adalah ketika sesuatu tidak berjalan dengan semestinya. Romantis, ketika akhirnya Derion dan Cindy hidup kembali dan bisa merajut kasih sayang mereka. Mereka mencoba menghadapi tantangan berikutnya yang ada di masa depan. Intisari sebuah roman adalah harapan. Intisari sebuah roman adalah keinginan untuk menghadapi sesuatu yang belum selesai. Surealis, karena dalam cerita ini pembuat cerita takluk pada tokoh yang dibuatnya sendiri. Sama halnya dengan Dalang OVJ yang ikut menari-nari dan berjatuhbangun ria dengan Sule dkk, lalu akhir cerita tidak sesuai dengan alur yang diharapkan.

6. Sudut Pandang (POV): orang pertama (OK)
komentar KD: POV orang pertama berarti pencerita ikut serta atau terlibat dalam cerita. Dalam hal ini pencerita, Si Aku, adalah Pengawas Takdir yang bertugas memastikan agar takdir yang direncanakan dapat tergenapi. Siapa tepatnya 'aku' ini, itu tidaklah penting.

7. Alur : menggunakan alur mundur; dimulai dari penyelesaian, diakhiri oleh perkenalan (KO)
komentar KD: Penyelesaian dari cerita ini adalah ketika Derion berpelukan dan bercumbu dengan Cindy. Perkenalannya adalah ketika tokoh Handry, Anabelle, Cindy, Derion dimunculkan. Itu yang semestinya dilakukan cyber_nana. Akan tetapi tiga paragraf terakhir yang dimunculkan adalah KONFLIK. Silahkan dilihat paragraf terakhir ini:

Aku tidak tahu bagaimana Derion yang jelas-jelas rumahnya jauh di atas perbukitan tinggi dengan hutan yang lebat bisa mengetahui rumah Cindy yang berada jauh di dalam desa. Aku juga tidak tahu bagaimana mereka bertemu dan saling jatuh cinta. Satu hal yang pasti, mereka tidak boleh saling mencintai dan harus segera dipisahkan. Mereka akan menghancurkan skenario kata yang telah disusun Sang Pencipta, Sang pembuat dunia ini—dunia cerita.

Paragraf ini, dan dua paragraf sebelumnya, seharusnya diletakkan ditengah-tengah cerita. Dan perkenalan tentang Sang Pencipta, yang ada di tengah cerita, bisa diletakkan di akhir cerita. Itu akan membuat cerita ini lebih 'garang'.

8. Jumlah Kata: minimal 1000, maksimal 3000 kata(KO)
komentar KD: deskripsi tentang Derion masih kurang. Cyber_nana kurang memanfaatkan batasan jumlah kata dengan baik.

Tantangan Terselubung:

Untuk setiap cerita tantangannya adalah apakah cerita itu menarik bagi kelompok pembaca yang diinginkan. Menurut KD, cerita ini menarik.(OK) Kalau ingin diterbitkan, cyber_nana harus menemukan editor yang baik. Target pembaca juga harus jelas. Apakah membidik remaja penggemar teenlit, ataukah penggemar fantasi, itu juga harus dipikirkan.

Dengan perolehan 7 OK, maka dapat disimpulkan bahwa cyber_nana: L.U.L.U.S.

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer cyber_nana
cyber_nana at Pravda (9 years 39 weeks ago)

Yay! Baru aja bukunya kak Dadun nyampe di tempat Nana.. XD
Makasih banyak kak KD.. XD
Ga nyesel dapet tantangan dari kak KD.. :D

Writer Zhang he
Zhang he at Pravda (9 years 42 weeks ago)
100

Hahaha aku ngakak pas baca KO

Writer Chie_chan
Chie_chan at Pravda (9 years 42 weeks ago)
100

OK dan KO. Boleh juga tuh om. :D

Writer neko-man
neko-man at Pravda (9 years 42 weeks ago)
100

hmmm

Writer cyber_nana
cyber_nana at Pravda (9 years 42 weeks ago)

Horeeeeeee \(>o<)/
Kalo yg alur bgn perkenalan Nana salah nangkep definisi 'perkenalan' --"
Lumayan dpt lucky number (7) xixixixi..
Makasiiiiiih k KD.. :D

Writer cyber_nana
cyber_nana at Pravda (9 years 42 weeks ago)

hmm... :-?

Writer Zoelkarnaen
Zoelkarnaen at Pravda (9 years 42 weeks ago)

Bunuh dulu "rich text"-nya sebelum masukin tulisan dan link apapun, Om. Kasusku sama ketika masukin link gambar.

Writer herjuno
herjuno at Pravda (9 years 42 weeks ago)

Mungkin ini karena kamu menyertakan link. Coba dihapus link-nya.

Writer dansou
dansou at Pravda (9 years 42 weeks ago)

Gak muncul tulisannya om

Writer KD
KD at Pravda (9 years 42 weeks ago)
100

hmmm

Writer KD
KD at Pravda (9 years 42 weeks ago)

peserta tantangan KD yang lulus akan mendapat buku dadun yg bertajuk: kupukupu dalam perutku, tapi sabar karena buku itu belum terbit.