Mungkin Kartu Pos Ini Salah Alamat

: Kepada "ia", setelah membaca catatannya

 

1/ Tukang Pos

 

dan kembali diketuknya kaca jendela kamar

disingkirkan sarang laba-laba yang bermukim

sesekali ia melongok mencari penghuni

 

ia melihat kelebat maya

ditanyakan kepada tetangga

masihkah ada yang berdiam di ceruk kamar beku itu

 

sang tetangga mengerdip

namun berkata tak menahu

 

entah ia kurir yang menyengaja

entah ia lah pengirim bersahaja

diselipkannya sebentuk kartu pos di sela jendela

 

kartu pos berkisah dongeng singkat

tentang dunia antah berantah

kerajaan berpuan

laksmana nan gagah

kelok prasasti menggambarkan lekuk

tanah kelahirannya

 

ada yang suka

ada yang rindu

(sangat)

 

tentang isi kartu pos itu

tak berani ia memberikannya langsung

apalagi menceritakan perihal

dan mungkin ia pun ragu

tapi dikirimkannya saja

 

: mungkin kartu pos ini salah alamat

 

2/ Penghuni, sang Penerima

 

ia menghitung hari

pada detik sepi yang memeluknya erat

mempertanyakan

bagaimana ia bisa lari dari kurungan itu

 

dinding rindu memerangkap

dari segala penjuru

 

ia hanya menginginkan cerita

kadang-kadang ia menatap

dari jendela kamarnya yang buram

sudah berbulan-bulan, bertahun-tahun malahan

cerita-cerita itu tak kunjung hinggap

sesering sebelumnya

 

apakah ada yang salah

dengan penjara ini?

 

suatu ketika

sebuah kartu pos melesat jatuh

dari sela jendela

 

ia membaca kembali

cerita antah berantah yang dirindui

 

namun entah mengapa;

ia kembali muram

tak sedikitpun cerita rindu yang dibagi

 

tentang isi kartu pos itu

ia mempertanyakan

mengapa pengirim tak berani

memberikannya langsung

apalagi menceritakan perihal

dan mungkin pengirimnya ragu

tapi dilayangkannya saja

 

: mungkin kartu pos ini (memang) salah alamat

 

25072011

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Rachega at Mungkin Kartu Pos Ini Salah Alamat (8 years 50 weeks ago)
80

Sip... :)

80

hanya satu kata: hebat sekali kalian-kalian ini..(halah, katanya satu kata)

Writer gheta
gheta at Mungkin Kartu Pos Ini Salah Alamat (9 years 16 weeks ago)

kartu pos kedua

ia mengirimnya lagi tanpa suara.
bukan karena sesuatu yang harus diam
ia berhati-hati,
jika kijang kecil yang terluka lagi lari-menjauh

ini bukan tentang pelajaran berburu,
juga bukan pelajaran tebak-tebakan

pak pos pulang, tangannya kosong
tidak ada buah rindu -ingin yang jauh-

bagaimana bisa merindu, jika alamat itu tidak menjauh
hanya menutup jendela dan pintu, seakan-akan
alamat dengan rumah kosong

Pengirim. kehilangan alamat

hanya titik titik dan sebuah tanda tanya
dibelakang ditempel foto kupu-kupu merah jambu
juga catatan panjang tentang hitunganan perkiraan

tapi kemana penerima itu?
mungkin ia sudah tinggal di rumahnya sendiri
memasak di atas tungku, sambil terus menunggu

kartu pos tidak salah alamat

*4 + 4 = 8
sempat tidak sempat, balasan ditunggu di halaman

Writer pikanisa
pikanisa at Mungkin Kartu Pos Ini Salah Alamat (9 years 5 weeks ago)

penerima membukai album foto lama
kusut namun tak pernah menjadi tua
ada yang harus dipahami selain alasan
tak ada sempurna dalam setiap lekukan
pun tak untuk kenangan
.
ada yang harus diselesaikan
bukan hanya soal soal garis edar
bukan hanya soal rute jalan pikiran
bukan hanya soal kemana harus menarik garis mula
namun juga batu jembatan yang perlu dilunakkan
tak perlu dibuang dan tak pernah perlu disisihkan
hanya menunggu waktu ditetesi embun hujan
.
ia hanya tak ingin batu itu dilempar ke arah rumah
lalu menghancurkan apa yang masih termiliki
.
lalu ia memutuskan menunggu musim berganti hujan
dan menunggu batu tergerus dengan sendirinya
rute-rute sudah menunggu
dan memang itu jalur tunggu

30

wah... kembangin jadi cerita aja... menarik deh XD

100

mbak pika ;))

salah alamat salah rindu? atau salah tukang posnya xixixix

^^v

Writer pikanisa
pikanisa at Mungkin Kartu Pos Ini Salah Alamat (9 years 17 weeks ago)

kek nya salah 3-3nya :))

jadi? salah gw? salah temen2 gw? =))
piss ah bu...

binun mau kumen, binun pengen bikin beginian, alhasil masih terpuruk nyudut nyampah gak jelas
*kata si bobo, ngutip mark twain , kalo gak bisa nulis juga dalam 3 tahun mending nebang kayu, lah aku kali mungkin bukan nebang kayu, tapi ngulek lotek aja kali ya =))

*nyampah lagiiiiiiii

Writer pikanisa
pikanisa at Mungkin Kartu Pos Ini Salah Alamat (9 years 17 weeks ago)

ssttt jin pipa nya nggak usah dipanggil-panggil, klo terusik ngamuk dia minta sajen.
.
udah gitu sajennya darah janda pulak?? :)) rempong ntarr =))
.
klo dirimu ngulek lotek, biar aku bagian dagang rujak cingur aja dahh... :))

errr... kalo diaminta darah janda aku cincang dia >.<

ekekeekkkkk....*mari siapkan ulekan yang segede gambreng itu

=))

:)

Writer man Atek
man Atek at Mungkin Kartu Pos Ini Salah Alamat (9 years 17 weeks ago)
100

hm ... iya kali salah alamat be e, hehe

100

sukaaaaaa.....
>.< /
nice poem. tapi agak sedih, manis dengan sedikit misterinya

Writer januari
januari at Mungkin Kartu Pos Ini Salah Alamat (9 years 17 weeks ago)
70

mantaaaap.
iya ya... entah-entah.
baguslaaah.

salam knal deeeeech.

100

emnang ini puisi ya???@^@ tuing-tuing...hehehehe

Writer pikanisa
pikanisa at Mungkin Kartu Pos Ini Salah Alamat (9 years 17 weeks ago)

adakah yang mengatakan ini tak??