Koneksi 2 : Kembali

O8-LS-5117/3 atau lebih dikenal sebagai 'bumi' bagi para penghuninya kini sudah berubah jauh dari saat terakhir ia berkunjung dan datang ke tempat ini.  Planet biru-hijau yang terletak di salah satu lengan Orion dengan peradaban tidak semaju Amul atau planet-planet di aliansi galaktik lainnya.  

 

Perubahan itu antara lain adalah dengan dibukanya hubungan diplomatik antar planet, meskipun hal itu masih tidak diketahui sebagian besar penduduk O8-LS-5117/3.  Ia sendiri salah satu dari beberapa yang dipilih dari Amul untuk mengunjungi O8-LS-5117/3, dengan misi menganalisa keadaan politik, sosial dan tingkat pendidikan penduduk O8-LS-5117/3.  Tugas yang menyebalkan, tentunya.  

 

Liburan atau kunjungan ke O8-LS-5117/3 tidak pernah menyenangkan.  Apa pasal?  Karena setiap penduduk galaktik yang berkunjung ke sana selalu diberikan sebuah gelang pengubah bentuk untuk mengecoh penduduk lokal O8-LS-5117/3.  Mereka dianggap belum siap untuk menerima keberagaman dari penduduk galaktik.  Awalnya menyenangkan, tetapi lama-lama penyamaran ini membuatnya muak.  

 

Ia ingin menikmati udara dan atmosfir O8-LS-5117/3 dengan kulitnya sendiri sebelum masa dewasanya berakhir dan ia menjadi seorang jompo.  Jompo yang kemudian harus menunggu dan menunggu, sebelum akhirnya tertidur.  

 

Namun apa pula yang harus dinikmati?  O8-LS-5117/3 kini diselimuti oleh dihidrogen oksida, atau apa yang dikenal sebagai air, dan hamparan petak-petak hijau coklat yang biasanya memenuhi permukaan O8-LS-5117/3 kini diganti oleh hamparan biru dan putih.  Tidak ada rumput, tanah ataupun bunga-bunga kecil yang dulu sempat dinikmatinya.  Entah sudah berapa lama berlalu semenjak kedatangannya yang terakhir di planet indah tapi terbelakang ini. 

 

Ia mengingat-ingat rentetan peristiwa yang menyebabkan dirinya berada di kapsul ini.  Pertama-tama, ia kembali dari liburannya di O8-LS-5117/3, saat itu juga ia mendengar laporan tentang perubahan besar-besaran di permukaan O8-LS-5117/3.  Kalau tidak salah... kejadian itu... tahun berapa itu?  

 

Sial, otaknya tak bisa mengingat persisnya kejadian perubahan permukaan O8-LS-5117/3.  Namun salah satu dari penumpang kapsul ini pasti tahu.  Ia memusatkan konsentrasinya pada pertanyaan itu. 

 

'Tahun berapa laporan perubahan permukaan O8-LS-5117/3 mencapai Amul?'

 

Tidak lama, sebuah gelombang lain menjawab pertanyaannya.

 

'E.D. 5880, bulan Katza.'

 

'Terima kasih.'

 

'Gelombangmu tidak beraturan semenjak kapsul ini berangkat, kendalikan dengan baik.  Jangan mengganggu kerja kru kapsul ini.'

 

'Maaf.'

 

'Itu sebabnya aku tidak suka dengan keputusan petinggi memasukkanmu ke grup ini.  Jangan halangi pekerjaan kami,'

 

Lalu hening.  Gelombang itu menghentikan percakapannya dengan satu hentakan final yang memutuskan koneksi pikiran mereka.  Ia kenal pemilik gelombang itu.  Kapten Mir'ha.  Pemimpin dari rombongan militer yang ditugaskan untuk menganalisa situasi militer dan kemajuan teknologi alat perang dari O8-LS-5117/3. 

 

Yah, tidak bisa dipungkiri kalau kedatangannya di rombongan berisi orang-orang elit dari Amul ini tidak disambut baik.  Hanya karena kepulangannya bertepatan dengan hari di mana berita dari O8-LS-5117/3 sampai di Amul, ia langsung dipertimbangkan untuk dikembalikan ke sana sebagai salah satu dari staff pengamat.  Kadang-kadang jalan pikiran para petinggi di Amul memang sulit dimengerti.

 

Ia pun memutuskan untuk mencari-cari informasi mengenai O8-LS-5117/3 di arsip data Amul yang dibawa oleh rombongan peneliti.  Tidak banyak informasi mengenai O8-LS-5117/3 selain informasi dasar tentang perubahan mendadak yang terjadi di sana, bantuan dari aliansi galaktik untuk membangun O8-LS-5117/3 dan sedikit informasi mengenai kebudayaan dan sejarah O8-LS-5117/3.

 

Sepertinya para ilmuwan itu membatasi akses informasi untuk umum, apalagi dengan kehadirannya di sini.  Mau tidak mau, ia harus mencari informasi sendiri begitu tiba di O8-LS-5117/3.  

 

Sebuah sengatan halus memasuki otaknya.  Gelombang pengumuman.

 

'Para penumpang sekalian, harap kembali ke kapsul pengaman anda.  Sebentar lagi kita akan mendarat di O8-LS-5117/3.  Harap kunci kapsul pengaman anda dengan baik dan jangan meninggalkan kapsul pengaman sebelum ada pengumuman yang menyatakan kapsul ini telah mendarat.'

 

Akhirnya, mendarat juga.  Ia sudah bosan dengan udara kapsul yang kering ini.

Read previous post:  
29
points
(705 kata) dikirim k0haku 9 years 45 weeks yg lalu
58
Tags: Cerita | Cerita Pendek | petualangan | eksperimen | k0haku | Low Fantasy
Read next post:  
Penulis k0haku
k0haku at Koneksi 2 : Kembali (9 years 41 weeks ago)

Karena bumi planet ketiga terdekat dari matahari, as simple as that. :P