Kekunang di Bentang

 

 
deposisi meracik landai
garis tepi pantai
pusara di seberang terumbu karang
berhias warnawarna kelabu kunangkunang
 
horizon bentang pantai
telah digerus arogansi erosi
tektonik mulai berhenti adaptasi
satu per satu gempa bersemi
 
kunangkunang semakin nyala
para batang di pusara
bangkit di bentang alam semesta
 
07-12-2011, 11:29 AM  

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer kur1r
kur1r at Kekunang di Bentang (9 years 41 weeks ago)
2550

bagus (njelimet asik gila)

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 41 weeks ago)

bukan beralih om.. cuma nyobain aja.. :D kalo sama dunia muisi, saya masih setia kok om.

Writer edeluwis
edeluwis at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)
90

Selama saya membuat puisi selalu takut akan tidak sesuai dengan EYD , tetapi di sini ternyata tidak harus mengikuti EYD
dan tulisan yang di gabungpun tidak jadi masalah tambah keren, Tambah pengalaman baru nih! :D bertambah pula kata bahasanya ,makasih ilmunya ;)
Salam.

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

salam.. :) terima kasih sudah mampir.

Writer awan32
awan32 at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)
100

m'f y ,.. becandanya keterlaluan :)

Writer awan32
awan32 at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)
100

kirain cow ,..kemaren''
ternyata cew,.. m'ayu hehe,..
,... requesnya,.. buatin sajak yg gk pake otak,:>
buat refren n xsamp ,.. soalnya saia gk punya otak,.. hhahaha

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

? saya tinggal lapor moderator... nanti kalo udah mau dihapus, bilang ya... :) moderatornya temen saya kok.

Writer ezra
ezra at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)
100

saia bingung :(

salam

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

haha asik! akhirnya bikin bingung bang ezra.. silakan baca samping kanan.

Writer wacau
wacau at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)
90

tektonik mulai berhenti adaptasi
satu per satu gempa bersemi
***
saya ga gitu paham teori gempa, tetapi sepemahaman saiah kalau lempengan itu berhenti bukankah tidak akan terjadi gempa mengingat gempa itu terjadi karena pergeseran lempengan tektonik :-?
btw aku suka pemlihan diksimu jay :D
(salaman)

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

berhenti adaptasi ini terhadap struktur bumi. yang biasanya lempengan bumi itu normal, sampai akhirnya tektonik berhenti adaptasi dan terjadilah gempa tektonik. Maksud yang saya ingin gambarkan di sajak ini adalah seperti itu. :D

terima kasih sudah mampir

(nggak salaman ah, bukan muhrim) wkwkwkwk.

Writer wacau
wacau at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

ya udah, besok2 ke lapakmu lagi ga usah salaman ya, tapi cipika cipiki boleh khaaaan :p

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

-,- sungkem aja ya.. saya kan cucunya situ bukan? xD

Writer laila
laila at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)
100

Salam Mba Ayu,

goresan syair yang cantik berbalut rima cantik...
menghikmati sepenuhnya karya Mba Ayu
terimakasih ya..selamat terus berkarya :)

Salam,

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

salam mbak laila :)

Writer Tetes Embun Pagi
Tetes Embun Pagi at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)
70

kontradiksi seksi warnawarni pelangi.
kunangkunang kukunya orang mati. :)

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

anda jenius menebak ini! :D

Writer Tetes Embun Pagi
Tetes Embun Pagi at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

yah, aku bukan nebak, td candaan ja. :)

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

tapi keren lho bisa nyambung :D

Writer rodli.namakuu
rodli.namakuu at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)
90

ini... keren!
ajari saya kapankapan dong :D)

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

mau diajari apa rodli? add aja ym ayuu :)

Writer awan32
awan32 at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)
100

boleh request mbk,./?

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

request apa ya? saya nggak jago EYD karena emang jarang belajar EYD bagi seorang tukang tulis puisi acak-acakan. Nah, kalau mau belajar EYD bacanya tuh cerpen, jangan puisi! Haha.

Request apa? -_-

kalau butuh penjelasan tentang sajak ini, silakan baca bagian kanan atas di log notes. ada penjelasan di situ.

Writer erlangga
erlangga at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)
100

ah ya, saya mengerti.. pasti ini terinspirasi dari cerita sukab di pemakaman cina ya? yang banyak kunang-kunangnya, di pinggir pantai dan lain-lain

suka! :D nice.

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

iya sukab.. seno gumira ajidarma

Writer iday ibanez
iday ibanez at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

setuju dengan kun_tum:)

Writer milisi
milisi at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)
70

ah isinya beda mas jauh beda,..kirain mirip.. Punya anda lebih menarik

salam

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

mas??? oh my... satu orang lagi yang manggil saya mas, bukan mbak T_T

Writer rodli.namakuu
rodli.namakuu at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

mas milisi emang manggil semua orang 'mas' ko :'(

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

oh gituuu.. kesannya saya jadi kayak mas-mas jawa yang gitu deh.. xD hehe

Writer awan32
awan32 at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)
50

-cuma kata''nya yg sulit di mengerti, tapi maknanya KURANG
-harus sesuai EYD , jgn di gabung .
-coba buat kata yg sederhana dgm makna yg dalam
-klw komen baru gk sesuai EYD gpp.
salam

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

nulis sajak gak harus selalu EYD kali.. hahaha. coba aja baca karya2 besar lain. bukan berarti karena saya ikut-ikutan mereka, tapi, penulisan dalam sajak itu terserah kan? EYD tidak terlalu berperan penting..

masalah diksi, kalo menurut anda maknanya kurang, sebaiknya anda pake otak kanan ya jangan pake otak kiri. :) atau mungkin anda tidak ada otaknya? :D

salam.

Writer Putra Mahkota
Putra Mahkota at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)
70

yang terakhir itu kok rasanya gantung ya? Tambahin satu larik lagi mungkin akan lebih bagus. Kata-kata yang bagus, ada istilah fisika disitu. Namun puisi lebih indah jika dapat dirasakan dengan metafora rumit yang masih dapat langsung dicerna, sehingga pembaca tak perlu repot buka buku fisika Hehe.
Tapi saya suka puisi ini. Menggigit, rapi, dan soal aturan EYD, saya juga ga terlalu mempermasalahkan(walau anehnya kalo di cerpen ampe di bombardir cuma gara-gara salah titik doang#heran gue#Hahahaha)

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

intinya, terjadi gempa besar dan mayat-mayat dihidupkan dari kehidupan baka.*inikiamatgituloh*

Writer kun_tum
kun_tum at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)
90

nice poem.aku suka ketidakpisahanmu pada kata warnawarna dan kunangkunang, mengingatkanku pada puisi lamaku berjudul pintu.

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

oh ya? ya memang ini adalah salah satu opsi penulisan yang saya suka.. misalkan, tiga belas menjadi tigabelas. kata-kata menjadi katakata.

salam :)

Writer kun_tum
kun_tum at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

lebih bagus lagi judulnya Kunangkunang, bukan kunang-kunang, rasanya akan lebih konsisten. menurut saya puisi tidak harus mengikuti EYD, puisi adalah bahasa personal, yang tidak bisa dikekang dengan aturan manapun. kecuali aturan dari Tuhan tentunya :)

Writer jayhawkerz
jayhawkerz at Kekunang di Bentang (9 years 42 weeks ago)

iya saya setuju.. sebenarnya, tadi saya pun bingung mau menentukan judulnya. apakah harus disambung atau diberi tanda strip. kalau begitu, biar saya edit judulnya :)