Codex Bellator (Timeline Prologue)

 

1098 AD: Perang Suci meletus. Dipicu oleh sengketa wilayah tak bertuan kaya sumberdaya alam di salah satu wilayah di benua Yasuf. Kesultanan Kandahar sebagai penghuni tetap benua Yasuf merasa tak terima tanah milik nenek moyangnya diambil oleh Kekaisaran Stella Rubra.

1103 AD: Sultan Ahmadi al-Mustaf, selaku pemimpin Kesultanan Kandahar, terbunuh saat memimpin pasukannya di Gurun Seraff melawan pasukan Kekaisaran Stella Rubra. Kepemerintahan Kesulatan Kandahar ambruk seketika karena hilangnya sosok pemimpin. Dua bulan kemudian, putra mahkota Khomaroh al-Mustaf naik tahta di usianya yang beranjak umur 19 tahun.

1105 AD: Kepemimpinan Sultan Khomaroh al-Mustaf tidak memberi hasil yang baik. Pasukan Kesultanan makin terpukul mundur oleh pasukan Kekaisaran. Wilayah Kesultanan Kandahar semakin mengecil tiap waktu.

1106 AD: Tak terima dengan perlakuan Kekaisaran Stella Rubra terhadap Kesultanan Kandahar yang 'sekarat', seluruh kerajaan di benua Ustronesia mengadakan pertemuan rahasia yang membahas tentang resolusi damai antara Kekaisaran Stella Rubra dengan Kesultanan Kandahar. Sebulan kemudian, dibentuklah aliansi militer bernama Aliansi Sanguinis Ultimus. Di tahun yang sama, Aliansi Sanguinis Ultimus bergerak cepat menghentikan agresi Kekaisaran. Aliansi ini adalah aliansi militer pertama dalam sejarah Dunia Baanthar.

1107 AD: Tak perlu waktu lama, wilayah jajahan Kekaisaran mulai surut. Pasukan Kekaisaran terpukul mundur sangat jauh, bahkan hampir meninggalkan tanah benua Yasuf. Sementara itu, Kesultanan Kandahar dibantu oleh Aliansi Sanguinis Ultimus melebarkan wilayah kekuasaannya tadi. Wilayah kekuasaan Kesultanan Kandahar menjadi lebih luas dua kali lipat dibanding sebelum Perang Suci.

1108 AD: Karena rakyat Kekaisaran Stella Rubra kecewa karena pasukan yang dibanggakan rakyat itu bisa terpuruk, rakyat melakukan pemberontakan dimana-mana. Akibatnya, wilayah-wilayah Kekaisaran yang luasnya mencakup seluruh benua Aestropia memisahkan diri dan membentuk kerajaan mandiri. Di pusat kerajaan, terjadi kudeta yang mengakibatkan Paduka Maharaja II tewas. Bersamaan dengan kekacauan kondisi sospol Kekaisaran, Perang Suci dinyatakan berakhir.

 

1118 AD: Keadaan sosial politik Kekaisaran Stella Rubra berangsur membaik setelah kepemimpinan Paduka Maharaja III. Berkat kekuasaannya, ia berhasil menyatukan kerajaan-kerajaan yang merupakan pecahan wilayah Kekaisaran Stella Rubra terdahulu. Sang pemimpin mempunyai ambisi; Membalas dendam kematian ayahnya. Ia menyalahkan kerajaan-kerajaan pengikut Aliansi Sanguinis Ultimus karena menyebabkan keadaan Kekaisaran hampir rubuh karena kudeta. Maka, setelah melakukan persiapan yang lebih dari kata matang, dua bulan kemudian, pasukan Kekaisaran melewati batas wilayah benua Ustronesia.

Akankah Perang Baru Akan Dimulai?

Read previous post:  
Read next post:  
Writer Rea_sekar
Rea_sekar at Codex Bellator (Timeline Prologue) (8 years 28 weeks ago)
70

TOOOOOOOOMMMMMMMMM <3
.
Uhum. Kalo perangnya demi sumber daya, kenapa dinamain Perang Suci? Bukankah seharusnya Perang Suci itu cuma bisa dilaksanakan oleh Gereja (atau apapun ekivalen Gereja di dunia Baanthar; saia gak tau karena belom dijelasin di sini :P) atau pengambilan wilayah/relik suci agama tersebut? Lagipula yang menamai Perang Suci ini kan Kekaisaran Stella Rubra... berarti harusnya alasan perang tersebut berkaitan dengan agama yang dianut Kekaisaran.
.
Oia, dikau belum terlalu mengeksplor conlang di dunia Baanthar ini ya? Semuanya terasa celupan langsung dari negara-negara di dunia nyata... terutama penamaannya. (Khomaroh al-Mustaf? Kenapa sistemnya sangat mirip dengan penamaan Timur Tengah? Kenapa gak bikin baru sekalian?) Bukannya apa-apa sih, tapi sayang aja gitu.
.
Itu... penanggalan AD itu artinya sama seperti dunia nyata: anno domini? Berarti berkaitan dengan agama juga dong ya. Hum. Oke oke, saia baca lanjutannya~!

Hai, Rea. Lama ga jumpa :)
.
Oke-oke. Begini, saya memang belum menjelaskan mengenai detil Perang Suci itu. Nanti di bagian selanjutnya, akan ada penjelasan mengenai perang tsb. Ada semacam alibi utk melaksanakan Perang Suci itu, dan tujuan sebenarnya adalah menguasai SDA (remember Iraq War?)
.
Salahkah mengambil celupan mentah dari dunia nyata? Apa bedanya dengan karya fantasi lainnya? Ohya, dikau mungkin belum coba game PC Mount & Blade yang setiap kerajaannya mengambil background dari kerajaan dunia nyata. Dan game itu juga menginspirasi daku membuat cerita ini XD
.
Ya. Susah membuat penanggalan sendiri. Takutnya jadi ngawur atau gaje. Mending pakai yg sudah ada aja: AD :D
.
Terima kasih