Ayat Jari

Udara merasa riang sore itu

Terbelai, saat jari ketiga pemuda itu menari

Melontarkan ayat-ayat yang tak terdengar

Mendendangkan kisah

 

Aku yang duduk di dekatnya

Menerawang makna yang mereka ceritakan

Menguak tabir syahdu di taman jiwa

Aku tergugu

Menyaksikan gemulai jari

menciptakan gemuruh

mereka berbincang melepas tawa

 

aku tetap tak mampu mengerti

hanya lentera penerangan yang menerbitkan

Bahwa di tengah alunan yang bising

Ada celotehan kecil yang tertumpah

Hanya mereka yang mampu mengerti

 

Pada ayat jari si bisu

Ada kedalaman rasa melesap jiwa

 

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer yunitab
yunitab at Ayat Jari (10 years 17 weeks ago)

Maknanya tersirat... keren!

Writer jare rahmad
jare rahmad at Ayat Jari (10 years 21 weeks ago)
100

pengalaman ketemu sama orang yang berbicara dengan jari ya mb?hehe

Writer eydaal
eydaal at Ayat Jari (10 years 22 weeks ago)
90

lempar point..............

Writer e.namikaze
e.namikaze at Ayat Jari (10 years 29 weeks ago)
70

MAMPIRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR !!!!!!!!!
ini yak ayou fly :D

Writer am_azzet
am_azzet at Ayat Jari (10 years 29 weeks ago)
90

sungguh
aku suka sajak yang seperti ini....

Writer rodli.namakuu
rodli.namakuu at Ayat Jari (10 years 29 weeks ago)
70

dan aku yang lugu ini pun gangerti maksudnya kalo ga baca komen-komen sebelumnya ehehe maafkan
salam kak :)

Writer rodli.namakuu
rodli.namakuu at Ayat Jari (10 years 29 weeks ago)
70

dan aku yang lugu ini pun gangerti maksudnya kalo ga baca komen-komen sebelumnya ehehe maafkan
salam kak :)

Writer rodli.namakuu
rodli.namakuu at Ayat Jari (10 years 29 weeks ago)
70

dan aku yang lugu ini pun gangerti maksudnya kalo ga baca komen-komen sebelumnya ehehe maafkan
salam kak :)

Writer syarifAnan
syarifAnan at Ayat Jari (10 years 30 weeks ago)
80

siipp... :)

Writer januari
januari at Ayat Jari (10 years 30 weeks ago)
90

bagust dech... aku suka pada endingnya.
see you... sastra oh sastra.

Writer sefa ayu
sefa ayu at Ayat Jari (10 years 30 weeks ago)

lamken januari..

Writer AwankoLosta
AwankoLosta at Ayat Jari (10 years 30 weeks ago)
80

hmmmm... bener2 puisi yang berat...

Writer sefa ayu
sefa ayu at Ayat Jari (10 years 30 weeks ago)

masa' sih ? ;)

Writer AwankoLosta
AwankoLosta at Ayat Jari (10 years 30 weeks ago)

saya perlu membaca berkali-kali plus baca kemong di bawah, bru ngerti kamsudnya... *ato mungkin saya yang lemot?*

Writer lestari jingga
lestari jingga at Ayat Jari (10 years 31 weeks ago)
80

jari siapa? semoga jariku tak bisu saat ini. :) puisinya gak bisa disatuin makna, harus satu satu baru bisa tertangkap. slam :)

Writer sefa ayu
sefa ayu at Ayat Jari (10 years 31 weeks ago)

amiin :) | oh gtu ya? iyyap mkasih ya msukannya.. *sring2 update ya mba.. kryanya:)

Writer laila
laila at Ayat Jari (10 years 31 weeks ago)
100

Salam Dik,

hemm...permainan metafora dan diksimu tentang 'Ayat Jari'...apakah kamu maksudkan ini sang pemilik jari itu(ketiga pemuda itu) bisu(ini aku tangkap di bait terakhir)...namun kukembali ke bait ke-2;
"mereka berbincang melepas tawa"
di sini..berarti mereka tidak bisu ya..?
ehmm...mohon dimaafkan ya Dik...intepretasiku yang sangat lemah dan awam ini...
selamat terus berkarya ya...

Salam,

Writer sefa ayu
sefa ayu at Ayat Jari (10 years 31 weeks ago)

salam mba laila yg baik :)
pemilik jari itu(ketiga pemuda itu) bisu(ini aku tangkap di bait terakhir)> iya mba :)
iyya mba, jdi ktiganya brbincang pake sandi *jari mereka* dan iyya mereka pun trtawa, mlalui mata dan snyumnya oh iya ada jg yg trtawa lpas,jdi ada sih suaranya yg kluar cma sdikt sdkit *rada susah gtu tpi trgambr sdang "melepas tawa"
gtu mba :)
hehe.. ini jg masih sderhana mba, harus bisa lbih 'ga transparan' or implisit ya??samar2, biar lbih mnarik ktanya :)

Writer sekar88
sekar88 at Ayat Jari (10 years 31 weeks ago)
80

nice.

awalnya saya juga membaca dua kali untuk memahami puisi ini. tiap barisnya harus diartikan dngan dirangkai tidak sebaris sebaris seperti puisi pada umumnya.

Writer sefa ayu
sefa ayu at Ayat Jari (10 years 31 weeks ago)

mkasih dah mampir *lamken sekar..

Writer Putra Mahkota
Putra Mahkota at Ayat Jari (10 years 31 weeks ago)
70

maaf lupa setor

Writer wacau
wacau at Ayat Jari (10 years 31 weeks ago)
60

hu.um, idem om satir
(salaman)

Writer sefa ayu
sefa ayu at Ayat Jari (10 years 31 weeks ago)

kalau bgtu jwbnnya idem jga :)
mkasih dah mampir..

Writer satir
satir at Ayat Jari (10 years 31 weeks ago)
60

1.udara merasa riang, artinya udara menjadi subjek yang hidup karena bisa merasa.
2."Terbelai, saat jari ketiga pemuda itu menari." Siapa yang terbelai dan membelai?
3.Melontarkan ayat-ayat yang tak terdengar. sama, siapa dan pada siapa?
4.Mendendangkan kisah. Siapa dan pada siapa mendendangkan/ didendangkan. kisah apa?
____
artinya tak ada orientasi yang jelas di bait 1.
salam :)

Writer Putra Mahkota
Putra Mahkota at Ayat Jari (10 years 31 weeks ago)

menurutku, yang terbelai itu udara. Udara terbelai oleh tarian jari tiga pemuda itu. Karena pas aku coba memaknai dengan merangkai semua katanya, akan ketemu sesuatu yang terselip yang dapat ditemukan.
Terus melontarkan ayat-ayat yang tak terdengar. Nah udara kan ga punya suara, namun terbelai oleh tarian, otomatis bergerak tanpa nada kan? dan yang mengerti cuma si empunya jari. hehe

Soal mendendangkan kisah, yang kutangkap adalah tarian ketiga pemuda itu menyajikan kisah tentang arti tarian yang hanya mampu dimaknai oleh tiga pemuda, sampe2 si "aku" ga paham.

Yang aku tangkap sih itu,mungkin akan berbeda dengan orang lain tergantung dari sudut mana ambilnya. Salam...

Writer sefa ayu
sefa ayu at Ayat Jari (10 years 31 weeks ago)

wow, hebat amat nih anak muda *dtang nyelip2.. hehe
that's right! u get it!
emang mesti dibca baik2.. bru bisa dimngerti. he, slam puput :)

Writer sefa ayu
sefa ayu at Ayat Jari (10 years 31 weeks ago)

1. iya, metafora
2, 3 dan 4 > smua ada kok jawabannya :) bait 1 dan slanjutnya trhubung :)

salam :)