SEPI

Tak ada apapun
Kosong

Waktu
Tak kudengar apapun tentangnya

Hidup
Aku tak melihatnya bertebaran

Rasa
Entah
Kemanakah perginya

Waktu
Hidup
Rasa
Hilang tak berbekas

Disini
Aku mendesah dalam kesendirian

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer samalona
samalona at SEPI (8 years 44 weeks ago)
80

Arahnya sudah bagus, menurutku. Baris-baris satu kata dipakai untuk mencerminkan sepi. Itu satu cara yang pas; bukan hanya kata-katanya, tetapi tampilan fisik puisi ini sendiri mendukung jiwa puisinya.
Di sini ungkapan-ungkapan yang memancing imaji hanya sedikit, dan itupun, ironisnya, terbatas pada baris-baris panjang (lebih dari satu kata). Bagaimanapun, ada konsistensi di situ: semuanya kalimat aktif; "tak kudengar", "aku tak melihatnya bertebaran", "aku mendesah". Selebihnya, baris-baris satu kata itu kurang kuat menurut selera saya. Kata-kata benda "waktu", "hidup", "rasa", terlalu umum. Sehingga nuansa sepi yang sudah terasa kurang mendapatkan pijakan.
Saya bisa memahami bahwa tidak selalu sederhana mengubah tulisan yang sudah jadi. Nilai rasa, yang sudah dikejar sejak sebelum huruf pertama ditulis, terancam berubah dan tidak sesuai lagi dengan konsep awal. Kalau ketiga kata abstrak itu diubah, kemungkinan harus ada penyesuaian juga di bagian lain.
Secara keseluruhan, saya suka dengan konsepnya.
Selamat berjuang di tulisan-tulisan berikutnya.
Mari terus menulis.

Writer yuu_sara
yuu_sara at SEPI (8 years 44 weeks ago)

iya. makasih ilmunya. nulis, tetep dong.. semangat..

Writer nazokagi
nazokagi at SEPI (9 years 5 days ago)
60

biasa aja . g dapt fell nya

Writer yuu_sara
yuu_sara at SEPI (9 years 5 days ago)

fell tu artinya apa ya? maap.. soalnya aq ga bs bikin puisi..

Writer cheerfulpessimist
cheerfulpessimist at SEPI (9 years 1 week ago)
70

Sepi ya, baik ya dia mau nemenin lo. =]

Writer grey
grey at SEPI (9 years 1 week ago)
40

practice make perfect!
sering2 aja baca gaya menulis n bertutur puisi pny org lain (apalagi yg modusnya gak biasa) pasti bakal dpt pencerahan kok.

Writer Putri_Pratama
Putri_Pratama at SEPI (9 years 2 weeks ago)
90

Menjalin kesepian dalam rangkaian kata.

Writer Hyeon.A
Hyeon.A at SEPI (9 years 2 weeks ago)
70

wew~ just like me~ :)
lanjutkan kakaaa ^^d

Writer yuu_sara
yuu_sara at SEPI (9 years 2 weeks ago)

iya.. smangaaatt..

Writer byoungcarerock
byoungcarerock at SEPI (9 years 2 weeks ago)

ya, sepi...penyair indonesia masih monoton ttg puisi sepi-nya..

Writer yuu_sara
yuu_sara at SEPI (9 years 2 weeks ago)

karna ├Čtulah, saya mohon bimbingannya...

Writer NodiX
NodiX at SEPI (9 years 2 weeks ago)
2550

terasa sepi disetiap barisnya...

Writer yuu_sara
yuu_sara at SEPI (9 years 2 weeks ago)

yah.. begitulah,..