100 Kata: Pendek

 

Orang-orang bilang kalau tinggi badan itu tidak penting, tapi aku tidak setuju. Menjadi pria dengan tinggi badan yang hanya 162 cm dan tubuh yang agak gemuk, aku selalu menjadi bahan olok-olokan oleh teman-teman di sekolah.

 

“Dasar pendek!” katanya.

 

Selain itu, karena pendek juga, aku tidak bisa melamar kerja sebagai SPB, atau mendaftar kuliah di jurusan Bea Cukai, di mana syarat tinggi badan minimal adalah 165 cm.

 

Tapi, semua itu hanya tinggal kenangan. Kini aku tidak perlu minder lagi ketika harus berada di antara orang-orang tinggi. Setelah kupotong kedua kakiku, aku bisa memasang kaki palsu dengan panjang kaki sesuai dengan yang kuinginkan.

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer NiNa
NiNa at 100 Kata: Pendek (8 years 33 weeks ago)
70

segitunya, tapi aku pernah denger ada. Dia mau jadi pramugari terus manjangin kaki... ato aku yang salah dengar?

Writer Rusty Wilson
Rusty Wilson at 100 Kata: Pendek (8 years 33 weeks ago)

What? Kalo dipendekin sih masih mungkin ya, tapi kalo dipanjangin itu gimana caranya?

Writer d.a.y.e.u.h.
d.a.y.e.u.h. at 100 Kata: Pendek (8 years 37 weeks ago)
100

ketawa tapi ngeri. absurd kali ya.

Writer Luca
Luca at 100 Kata: Pendek (9 years 3 weeks ago)
60

seremmm...

Writer renz
renz at 100 Kata: Pendek (9 years 26 weeks ago)
70

haha agak serem tapi bagus.. :)

Writer @fradityoo
@fradityoo at 100 Kata: Pendek (9 years 26 weeks ago)
70

Segitunya banget mau tinggi doang --" Haha XD
.
Btw salam kenal ^^

Writer Rusty Wilson
Rusty Wilson at 100 Kata: Pendek (9 years 26 weeks ago)

Jangan ditiru ya. :)
Salam kenal juga.

Writer Shinichi
Shinichi at 100 Kata: Pendek (9 years 27 weeks ago)
80

ahak hak hak
keren!
bdw, pada dialog pertama, saia pikir "Katanya" nggak harus diawali huruf kapital :D
kip nulis
ahak hak hak

Writer Rusty Wilson
Rusty Wilson at 100 Kata: Pendek (9 years 27 weeks ago)

oh, gitu ya? saya masih bingung kapan pake huruf kapital dan kapan tidak setelah pemakaian dialog. :D

Writer Shinichi
Shinichi at 100 Kata: Pendek (9 years 27 weeks ago)

oh, caranya bisa sederhana bisa rumit. rumit itu musti paham dulu soal inti dalam kalimat :D

tapi cara sederhananya, tinggal baca terpisah. kalau kalimat setelah "dialog" itu dirasa bisa dimengerti apa maksudnya oleh pembaca tanpa membaca dialog sebelumnya, maka pastinya ia diawali kapital. dengan kata lain, kalimat itu adalah kalimat utuh yg bisa berdiri sendiri dengan inti kalimatnya sendiri. lalu sebaliknya.

dan biasanya, kalimat penjelas "dialog" seperti "katanya, ucapnya, ujarnya, tukasnya, kelitnya," dsb dsb dsb, memang nggak diawali kapital. tapi memang musti ditelusuri lagi contoh-contoh kalimat langsung (dialog) dalam cerita-cerita lain. kan seringkali dijumpai yg diawali huruf kapital (selain pedoman yg sudah dibakukan, semisal nama, dsb).

contoh: (hanya contoh. bukan pakem)

“Dasar pendek!” katanya. << saia coba ubah.

"Dasar pendek!" Mereka meledekku.

kalau, "katanya" dibaca sendiri, pembaca bingung. "apa memang katanya?" tapi lain bila membaca "Mereka meledekku."
pembaca cukup tau bahwa tokoh "aku" diledek oleh tokoh "mereka".

kira-kira seperti itu. tapi coba deh ke dialog2 cerita lainnya. mohon maaf bila kurang berkenan. ini hanya sekadar apresiasi. salam

Writer Rusty Wilson
Rusty Wilson at 100 Kata: Pendek (9 years 27 weeks ago)

okey, lumayan ngerti. makasih kaka. :D

Writer Shinichi
Shinichi at 100 Kata: Pendek (9 years 27 weeks ago)

masama :D
ahak hak hak

Writer b.heavirain
b.heavirain at 100 Kata: Pendek (9 years 28 weeks ago)
80

waduh! tragis betul akhirnya :D

Writer Rusty Wilson
Rusty Wilson at 100 Kata: Pendek (9 years 28 weeks ago)

seharusnya terima aja lah ya kalo memang pendek, ga mesti segitunya. :3

Writer redtailqueen
redtailqueen at 100 Kata: Pendek (9 years 28 weeks ago)
80

hwee, knp dia g pake sepatu tinggi aja kak? D:

Writer Rusty Wilson
Rusty Wilson at 100 Kata: Pendek (9 years 28 weeks ago)

Asumsikan setinggi-tingginya sepatu yang dia temukan, belum ada yang bisa memuaskan keinginannya untuk lebih tinggi. Hahahaha....
Dan ga mungkin juga sepatu hak tinggi. :p

Writer redtailqueen
redtailqueen at 100 Kata: Pendek (9 years 26 weeks ago)

bukan kak, kan bisa pake sepatu boot yg bagian dalamnya dah ditinggikan