Friendship or Love ?

Hai, aku chika ‘Chika Khanza Anugrah’ lebih tepatnya,
hmmm,tuhan tahukah kau aku saat ini bimbang,sahabat ku sejak kecil,dia yang selalu ada untukku,dia yang selalu melindungiku,aku sayang padanya,dia juga punya rasa yang sama,tetapi itu hanya sekedar rasa sayang pada sahabat kecil,dan rasa itu tak hanya untukku,tapi juga untuk citra,kami bertiga bersahabat sejak kecil,awalnya aku pun hanya menganggapnya sahabat,namun semakin lama dia di dekatku,perlahan ada getar hati yang tak menentu,aku sering tersipu dan selalu gugup apabila dia ada di dekat ku,aku seharusnya sadar rasa itu tak boleh tumbuh lebih jauh lagi,namun sungguh aku tak mengerti,rasa ini tetap melekat di hati,aku jadi menyadari nya,dia teman kecil yang aku banggakan,perasaan ini yang entah sejak kapan ada selama ini hanya akan tersimpan rapat di sudut hati,..
Tuhan, bantu aku.. 

~Kha~
Aku selesai menulis dalam dyari ku,diary kesayangan ku,aku segera menutupnya,memasukannya ke dalam tas-ku,dan bergegas tuk berangkat ke sekolah,karena hari ini papa tak bisa mengantar ku,
terpaksa aku harus naik angkutan umum,15 menit kemudian aku tiba di sekolah ku,SMA 25 Bandung,jaraknya lumayan jauh dari rumah ku,
Aku langsung berjalan menuju ruang kelasku,sekolah masih sepi karna ini masih pagi,..
“hey kha” sapa seseorang yg berlari kecil ke arah ku,aku menoleh sepintas,oh ternyata itu dicky,sahabat kecil ku,aku pun menghentikan langkah ku…
“eh ky,ngapain kamu lari2 begitu?”tanyaku
“aku dari tadi nyariin kamu,”
DHEG !! kenapa jantungku tiba2 berdebar tak karuan seperti ini saat dia bilang begitu?ahhhh sudahlah lupakan benakmu itu tha,ingat dia hanya TEMAN mu...
“nyariin aku?ada apa?”
“tadi aku liat mading,dan guess what?”
“apa?”tanyaku penasaran
“aku kepilih buat ngewakilin sekolah lomba karya ilmiah tha,!aku seneng banget..”ujar nya sambil jingkrak-jingkrak kayak anak kecil di depanku,
“terus kenapa kamu nyariin aku?”
“karna aku mau minta bantuan mu dan citra,mau kan?”pintanya,
Akhirnnya aku pun mengangguk lemah,dia bersorak,aku segera kembali melanjutkan perjalanan ku menuju kelas,
*sampai di kelas
“hey cit,tadi ichy nemuin aku dan dia bilang kalo dia mewakili sekolah kita untuk lomba karya ilmiah,dan dia minta bantuan kita buat bantuin dia sepulang sekolah nanti,”
“wahhh beneran?serius kamu?wahhhhhhhhhh mau banget”ujar citra,dengan wajah yang berseri yang sebelumnnya cemberut tiada henti,aku sempat bingung dengan tingkahnya itu,
Saat kami sedang mengobrol datanglah yuni teman sekelas kami,anaknya baik,cantik,cerdas pula,
“hey cit,kudengar kamu memaki anak kelas satu ya?”Tanya yuni pada citra,
“hah?! Memaki?kau berselisih dengan anak kelas satu lagi cit?”Tanya ku kaget,
Lalu citra dengan santainya menjawab “ya,dia menuduh ku menggoda cowok incarannya,padahal waktu itu aku cuma ngasih buku tugasnya yang ketinggalan di lab,gila kan?!”
‘hmmm pantas,yasudah aku ada urusan,bye cit,bye kha!”ujar yuni pada kami,
“ya,.”jawab ku,.
“hmmm kha,aku mau ngomong sama kamu,..”citra berkata,
“boleh,hmmmm sepulang sekolah aja ya,sebelum kita ke rumah dicky..”
“oke !” jawab nya,..

*sepulang sekolah,
“eh cit,aku ke toilet bentar ya “ujarku pada citra sebelum kami pulang,
“iya,ku tunggu di depan gerbang ya,.”
“iya”jawabku
*toilet
Aku sudah selesai di toilet ,
Aku hendak keluar dari toilet,namun belum sempat aku buka pintu toilet aku mendengar percakapan 2 orang siswi,aku mengurungkan niat ku untuk keluar dan menguping pembicaraan mereka,
“eh bagaimana dengan si nenek sihir yang kemarin berselisih denganmu”
“oh citra anak kelas 2-b itu?”
ohh rupanya mereka adalah anak kelas satu yang di antaranya adalah siswi yang berselisih dengan citra pagi tadi,aku pun kembali mendengaran pembicaraan mereka,
“iya si nenek sihir itu,ku dengar kau di maki2,apa yang dia bilang?”
“dia bilang ekhemm :’HEH IDIOT!!AKU GAK MUNGKIN SUKA SAMA DIA,KARNA AKU MENYUKAI ORANG LAIN !!’begitu katanya”
“huh dasar menyebalkan,tapi yang penting dia takkan mengganggu mu lagi”
“kau benar,emh yasudah kita pulang saja,”
“baik”
Tak berapa lama kudengar pintu luar toilet di buka,mereka sudah pergi,
Tapi masih ada satu hal yang mengganjal di fikiran ku,aku bermaksud untuk menulis nya dalam diary ku,saat aku merogoh tas-ku,aku tak menemukannya oh ya aku baru ingat,aku taruh di bawah bangku milikku di kelas siang tadi,Akupun bergegas ke kelasku untuk mengambil bukuku,saat aku masuk ke kelas ku lihat citra sedang mencari sesuatu di dalam kelas,
Dan saat di dalam kelas aku kaget …
Ada Citra di sana,
“het cit,aku kira kamu mau nuggu di gerbang?”tanyaku heran,
“eh kamu kha,iya nih tadinya gitu,tapi gelang ku hilang,aku ingat aku menjatuhkannya saat piket tadi,jadi aku balik lagi buat nyari,dan belum ketemu juga,kamu sendiri kenapa ke sini?”
Aku melangkah ke bangku ku dan mengambil diary ku,
“ini tertinggal,jadi aku kembali lagi ke sini,mau ku bantu mencarinya?”tanyaku.
“ohh,hmm baiklah kita cari sama2”jawabnya
DRRRTT-DRRRTTT handphone ku berdering,ada sms masuk
From:ichy
Kalian di mana?
jadi bantuin gak?
“dari siapa?”Tanya citra,
“iiko,emh cit kita lanjutin nyari aja ya,urusan ichy,kita undur,ginama?”
“hmmm,yaudah deh,toh dia pasti ngerti,iya kan?”jawab nya,
“baiklah”jawab ku,aku segera menekan tombol hp-ku..

To:ichy
Emh,sory ya ky,kita gak bisa bantuin km hri nie,gelang icit ilang,aku lagi nyariin bareng icit di kelas,kamu pulang dulan aja,maaf banget ya ky 
Send:ichy
Gak lama ada balasan dari ichy
From:ichy
Emh yaudah gpp kok,tapi besok HARUS jadi ya?
To:ichy
Iya bawellll :p
Akupun melanjutkan pencarian ku sama citra di ruang kelas,
Akhirnya setelah kurang lebih 30 menit akku dan citra nyari,si gelang ketemu juga,yang nemuin aku,gelangnya ada di bagian bawah sapu,gilaaa capeknya bukan main,
“thanks ya kha”ujar citra saat kami berpisah dalam perjalanan pulang,karna arah rumah kami berbeda,
“ya,sampai jumpa besok cit!”
Dagh..
*skip,aku sedang berada di kamarku dan menulis di dyari ku,…
Tentang apa lagi kalau bukan tentang kejadian tadi siang..

Tuhan…
Hari ini ada dua hal aneh yang aku temui,yang pertama,ada seseorang yang citra sukai,siapa dia?kenapa dia tak pernah cerita?kenapa selama ini dia tidak ingin mengatkannya?tapi kenapa perasaanku mengatakan orang itu adalah dicky,ya dicky orang yang sama dengan orang yang aku sukai,hmmm..jika itu benar,mungkin aku harus mengalah,karna mungkin citra lebih baik buat dicky,dia cantik dan populer di sma ini,cocok dengan dicky si ganteng anak ekskul ipa,beda dengan ku,si kutu buku,dan anak ekskul seni yg payah,dan gak populer,hmmmm nasibku,.. 
Sudah lupakan tentang citra dan orng yang di sukainya,sekarang kita bahas tentang hal aneh yang kedua,sebenarnya masih tentang citra juga sih,
Sungguh mata ku masih normal,aku jelas2 melihat gelang citra masih utuh di tangannya saat aku mau ke toilet tadi siang di sekolah,tapi saat aku kembali ke kelas untuk mengambil buku harianku,dia tiba2 ada di sana,di dalam kelas,ia berkata bahwa ia sedang mencari gelangnya,aku agak bingung dan merasa aneh,gelang yang tadinya masih ada sekarang hilang,dia bilang itu hilang saat piket kelas,itu berarti sebelum aku ke toilet,dan saat itu gelangnya masih melekat di tangannya,anehh..
Aku masih bingung atas 2 hal aneh hari ini,Tuhan beri aku jawabnya,agar aku tak kebingungan,.. 
~Kha..~
Hahhh,.. hari ini begitu melelahkan,akupun segera memasukan diary ku ke dalam tas sekolahku bersama buku pelajaran esok,dan segera aku beranjak tidur,namun selang beberapa detik hp-ku bergetar,
Itu dari ..
Itu ternyata dari ichyy :*
Ichy:kha,aku agak sedih deh,tadi kamu gak jadi bantuin aku

Kha:emh maaf ya kky,mau gimana lagi..
Ichy:yaudah ga papa,tapi aku harap besok kamu mau bantuin aku 
Kha:pastinya,lombanya lusa minggu ini kan?
Ichy:iya,aku harap kamu bisa datang buat dukung aku,kamu mau janji kan?
Kha:iya aku janji,emh sudah ya,aku ngantuk,
Ichy:iya,night kha..
Huaaa.. senangnya,tapi tetap saja ia hanya menganggapku sahabat kecilnya,. 
DRRTT,hp-ku dering lagi,aku sangka itu telfon dari iiko,ternyata citra,
“halo cit,”
“halo kha,aku pengen ngomong sesuatu nih sama kamu,”
“apa?ngomong aja”
“tha,jujur,sebenernnya aku udah lama suka sama ichy,”

DHEG!!
Sakitnya,aku gak percaya apa yang udah aku denger,aku dan citra suka sama orang yang sama?ugh !! 
“kha..?”
“eh iya,cit,maaf tadi aku agak kaget,gak salah kamu suka sama ichy?”
“emh iya cit,aku serius suka ichy,kamu sendiri gimana ked icky ?”
“apa dicky ?,haha aku gak ada perasaan kok sama dia,aku Cuma anggap dia temen,”
“beneran?wahh sykur deh,maksih ya kha,kamu mau kan bantu aku buat deket sama dia?”
“iya,aku mau kok,apa sih yang enggak buat sahabat ku?he sudah dulu ya cit aku ngantuk dah,,”
“dahh juga,sekali lagi makasih ya cit”
“iya”,jawabku. Aku tak tahu apa yang harus ku lakukan sekarang, segera aku membuka diary ku,dan mencurahkan semua yang ku rasa saat ini,
Hmm.. tanyaku terjawab sudah tuhan,
Orang yang di sukai citra ternyata memang dicky,aku bodoh,aku selalu saja berbohong,sebenarnya aku tau kalo citra suka sama dicky,dan aku takut kalo suatu saat jadi kayak gini,citra ngomong jujur biar semuanya jelas,tapi aku malah melarikan diri dan gak bisa ngungkapin,tuhan kayaknya aku harus nyerah,karena aku sayang kedua sahabatku,aku ingin selamanya sama mereka
Tuhan,akan ku hapus perasaanku pada dicky,akan ku jaga mereka berdua,agar terus menjadi teman terdekat yang selalu ada..
Dan tak pernah berubah sedikitpun..
Tanpa sadar aku terlelap dalam gelap malam..

*esoknya..
KRINGGGGGG.. !!
Bel tanda pelajaran pertama pun mulai,hari ini pelajaran olahraga kebetulan bersamaan dengan kelas 2-c kelas dicky,
“eeh udah masuk tuh,ganti yuk”ajak citra pada ku yang sedang melamun,
“kamu gak liat aku sudah ganti,?kamu ganti saja,aku duluan ke lapangan ya..”ucap ku
“eh iya,hehe,yaudah sana,sampe ketemu..”
Hari ini adalah materi lari,aku sudah ganti baju terlebih dahulu,dan menunggu di samping lapangan,karna aku berniat untuk memberikan gantungan handphone untuk dicky yang ku buat di praktikum ekskul ku kemarin,bentuknya bintang,karna aku tahu dicky itu bagaikan bintang yang gak bakalan bisa aku gapai,ini juga sebagai tanda bahwa aku harus relain kamu bersanding dengan bintang lain (citra) sementara aku sang rembulan yang cuma bisa liat kalian bahagia menari di langit malam dari kejauhan... 
Akhirnya yang ku tunggu datang , dicky..
“hey kha,ngapain di sini?”
“eh ky,emh aku mau ngasih ini buat kamu,ini bikinan sendiri lho,itung2 buat kasih semangat ke kamu..”
“wahhh..yang bener?serius kamu?”
“iya,lagian besok kan lombanya?jadi harus semangat!fighting ya!”
“emh,makasih banget ya tha,aku akan jadiin ini barang yang paling berharga buat aku,akan aku jaga seumur hidup ! pasti !”
“iyaiya,”jawabku
“hey!pada ngapain?”tiba2 citra datang
“enggak kok lagi nunggu kamu datang”aku menjawab
“eh sudah mulai tuh!”ciitra bicara lagi,.. “hmm,iya,”jawab ku santai
Kami pun bergabung dengan yang lain untuk start lari marathon keliling lapangan sekolah,tapi sebelum beranjak kesana badanku agak pusing,jalanku sempoyongan,ku rasa ichy menyadari itu,
“kha ,kamu gapapa kan?”Tanya-nya
“emh iya gapapa kok”jawab ku sambil nyunggingkan senyum yang di buat buat,
Hmm akhirnya setelah 1menit nunggu
PRIIITTTT !! pak Sidik,guru olah raga kami pun meniup peluit tanda lari maratonnya udah mulai,dicky lari di gerombolan depan,aku masih di gerombolan paling belakang bareng icit,”hey cit,kenapa masih di sini?ayo kejar ichy,lumayan kan bisa deket,hehe..”saran ku
“terus kamu?”Tanya icit,”aku gapapa kok,lagian masih ada anak2 kelas kita,”akhirnya dengan sedikit memaksanya,icit mau jjuga ninggalin aku,
Aku seneng liat siluet mereka,
hah?! Siluet?perasaan ini siang deh??! Oh tidak mataku berkunang2 semuanya jadi hitam,
aku pingsan..
tapi sejenak kemudian rasanya hangat,nyaman dan ringan,tubuhku serasa melayang,setelah itu aku tak ingat apapun,..

*skip,ruang uks..

Remang2 cahaya masuk ke mataku,perlahan kelopak mataku mulai terbuka,rasa pusing di kepala ku masih terasa,aku berdiam sejenak,aku menoleh ke samping,.. dan ternyata ada dicky di situ,
“emh kenapa aku jadi di sini?”
“kamu bodoh kha”
“kok jadi bilang aku bodoh sih?!”
“iya kamu bodoh,udah tau sakit tapi tetap memaksakan diri,huh dasar”
“emh,maaf ya ky”
“hmm,yasudahlah tapi benar kamu gapapa kan?”
“iya bawel”
“khaaaaa!! Kamu udah sadar? Aku khawatir banget,apalagi dicky,dia langsung muter balik dan gendong kamu sampe uks,kamu beneran gapapa kan?”icit datang dan langsung nyerocos
“aku gapapa kok”

Tiba2 muka icit yang semula khawatir sekarang berubah jadi tegang,
“emh,mumpung semua ngumpul aku mau bilang yang sejujur-jujur nya,”
“apa cit?ngomong aja”jawab dicky santai
“jujur temen2 aku suka kamu ky,aku udah lama suka sama kamu,tapi kamu cuma nganggap aku sahabat kamu,gak lebbih kan?”
“emh.. cit..
“aku gak butuh di jawab sekarang,aku tunggu jawaban kamu pulang sekolah nanti,di atap..”
Lalu citra pergi meninggalkan ruangan uks,kami-aku dan dicky- diam,tak bicara sepatah kata pun,kemudian dicky beranjak,
“aku harus ke lapangan” hanya itu yang terucap,kemudian hening
*skip
Aku sudah merasa enakan,akupun kembali ke kelas,sesampainya di sana ternyata sedang jam pelajaran terakhir,aku pun duduk di mejaku,
“hey udah baikan?”Tanya icit
“udah lumayan,”jawab ku santai
KRINGGG !! bel tanda pelajaran selesai berbunyi,
Itu artinya waktunya pulang sekolah,dan ku rasa aku benar2 akan kehilangan dicky.. :(
Icit pamit padaku,ku rasa mereka akan benar2 bersatu,
Aku sudah bertekad untuk merestui mereka,
namun kenapa hati ini begitu berat menerima semuanya?
tuhan..apa yang harus ku lakukan??

Aku mungkin tak sebaik citra,aku juga tak bisa se-terbuka citra,namun,..aku juga berhak punya cinta,kasih sayang,
Aku juga manusia,aku cikha yang juga butuh cinta, yang ingin di cinta,dan yang punya kesempatan untuk rasakan indah cinta bersemi,
Akhirnya denga segenap keberaian diri akupun bergegas ke atap,
Namun..
begitu sampai di sana sungguh aku gak kuat nahan tangis,dicky lagi meluk icit,
aku rasa mereka udah jadian,…
“ky,katanya kamu ada persiapan terakhir untuk besok,kamu ke lab sana,nanti di tunggu anak klub lo”ujar icit pada dicky,
“emh mungkin sebaiknya gitu”jawabnya..
Dicky berlalu meninggalkan kami-aku dan citra-hanya berdua,
Lama kami saling diam,akhirnya aku memutuskan bicara
“CIT,MAAF AKU BARU MENGUNGKAPKANNYA SEKARANG,MAAF ,TAPI JUJUR AKU JUGA MENYUKAI DICKY,LEBIH DARI SEKEDAR TEMAN,SAMA SEPERTIMU,DAN SEKARANG AKU AKAN COBA MERESTUI KALIAN,meski itu sakit buat ku,..”aku mengucapkan itu sambil menangis dam memeluk icit,
“kha,aku juga minta maaf,aku sudah memanfaatkan mu,aku tau kamu baik,aku tau kamu suka ichy,dari buku dyari mu itu,ya waktu itu aku membacanya, aku tau kamu sangat menyayangi aku dan ichy,jadi aku tau kalo kamu gak bakal berani ngungkapin perasaan kamu, aku manfaatin hal itu,sekali lagi maaf kha,..”icit juga menangis..
“lalu..”tanyaku”bagaimana akhirnya?”
“aku di tolak kha,huh..lucu ya?”jawanbnya denga senyum yang di paksakan,
“HEY KALIAN!! DICKY KECELAKAAN,!!ada sedikit kesalahan saat persiapan terakhir tadi” tiba2 seorang teman klub dicky memberi tahu hal itu,sontak aku langsung meninggalkan citra dan bergegas ke ruang uks,
Di sana aku melihat dicky,tangannya merah dan ia sedang menggenggam sesuatu,sebuah benda kecil,oh tidak ! itu gantungan yang ku beri pada dicky tadi pagi,gantungan itu pecah menjadi beberapa bagian,..
“DICKY,KAMU GAPAPA?KENAPA JADI GINI?!”
Aku berteriak sambil menangis saking khawatirnya,..
“aku gapapa kok,”ujarnya sambil tersennyum,namun bukan senyum yang tulus,”tapi aku lalai jagain ini kha”ujarnya sambil menunjukan gantungan itu,
“maaf kha..”ujarnya lagi,
“kamu bodoh ya ky,mau2 nya kamu celaka cuma demi gantungan bodoh ini ! “ ucapku kesal,”kamu seharusnya lebih mementingkan keselamatan kamu ky,aku khawatir sama kamu,aku gak mau kamu kenapa2 aku sayang kamu ky,jujur aku sayang kamu .. lebih dari sekedar sahabat..”
Akhirnya aku berani mengungkapkan itu pada dicky,hening sesaat,lalu iko mulai angkat bicara
“aku juga sayang kamu kha,dan jujur sayangku ini bukan hanya rasa sayang pada sahabat kha,”aku senang,sangat senang,
Dicky pun memelukku,dan aku membalas pelukannya,
Namun tanpa kami sadari,ternyata ada orang lain di sana,yang mungkin akan sakit melihat ini,namun aku rasa ia bisa mengerti,icit..
Setelah itu tangan ichy di nyatakan baik2 saja,hanya memar sedikit dan ia masih bisa mengikuti lomba esok hari,senangnya,lalu kami berdua pergi ke taman depan sekolah,
“hmm kha,aku seneng deh..” ujar dicky “hmmm aku juga seneng ky,”
DRRRTTDRTTT hp dicky bergetar,ada sms masuk,entah dari siapa,
“emh kha,aku ada urusan prepare buat besok,aku harus ke lab lagi,pokoknya aku seneng banget hari ini”
“hmm yaudah,hati2 ya ky..” “iya honey “ jawabnya,ia pun bergegas pergi,dan kini tinggal aku sendiri duduk di taman,
“hey!” sapa seseorang mengejutkan ku,ternyata itu icit,
“hey cit,kamu gapapa kan aku jadian sama dicky?maaf ya cit,”ujarku dengan nada menyesal,
“hey,kok ngomong gitu jangan ngerasa gak enak dong,lagian aku udah gak ada perasaan kok sama ichy,justru aku ke sini mau ngomong sama kamu.”jelas icit
“ngomong apa?ku harap berita bagus ya?”kata ku
“emh,kamu tau ilham kapten team basket sekolah kita?”Tanya nya
“ yang kece itu ?!! yang jadi idaman anak cewek?!”tanya ku
‘iya” jawabnya mesem,
“tunggu-tunggu,jangan bilang kamu jadian sama dia,”ucap ku kaget
Dia mengangguk pelan
“OMG !! gila,sejak kapan kamu kenal dia?”aku penasaran
“sebenernya sih udah lama,dia temen curhat aku,aku curhat sama dia tentang apa aja yang aku rasain,termasuk saat kamu jadian sama ichy,aku juga curhat sama dia,dan setelah tau begitu dia memberanikan dirinya buat nembak aku,jujur aku juga suka sama dia,karna dia begitu ngertin aku,jadi aku terima deh”ucapnya senang
“wahhh so sweet,emh oh iya besokkan dicky lomba gimana kalo kamu nonton lombanya bareng ilham,tar pulangnya kita double date”ajakku,Icit setuju..
Kami pun pulang bersama ,setelah menggu dicky selesai,,aku dengan dicky dan icit dengan ilham,
Akhirnya kisah ini happy ending,..
Aku senang kami bisa tetap bersatu,
Aku akan terus menjaga persahabatan kami ini,Hingga nanti,
Aku percaya kami akan terus bersama-sama ,
Lewati semua halangan dan rintangan,
Hari ini,esok,dan selamanya.. 
Tha..

~ s.e.l.e.s.a.i~

Maafff banget kalo jelek,maklum amatir dan authornya bener2 tidak berbakat.. 
Jeongmal mianhae..

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer augina putri
augina putri at Friendship or Love ? (8 years 26 weeks ago)
60

Ceritanya bagus, sih. Tapi menurut saya ada beberapa yang harus diperhatikan lagi. Penulisan harus memperhatikan EYD. Lalu, penulisan nama tokoh seharusnya huruf depannya menggunakan huruf kapital. Dan yang terakhir (kelihatannya, sih), sesudah tanda baca koma atau titik, diberi spasi saja, agar pembacanya tidak pusing saat membaca.
Salam kenal. :)

Writer afni
afni at Friendship or Love ? (9 years 16 weeks ago)
60

Perlu diperhatikan lagi nih baik EYD, tanda baca juga cara penulisan. Dan coba perbanyak kosa kata deh. Semangat! :-)

Writer Chaca_EvilMago
Chaca_EvilMago at Friendship or Love ? (9 years 16 weeks ago)

oke kak,makasih sarannya :)

Writer sabbath
sabbath at Friendship or Love ? (9 years 16 weeks ago)
50

waw... penulis baru di kekom..
selamat dataaaang.... ^ ^
.
aku idem ma komen yang lain
.
ehm... kayaknya Chaca kurang perhatiin waktu guru bahasa Indonesia mengajar di kelas..
semua tentang EYD, penggunaan tanda baca, penulisan kalimat langsung, tata bahasa, dan lain-lain seputar menulis dengan baik dan benar kan diajarkan sejak SD.
jadi, kalo Chaca lupa, coba deh dibuka-buka lagi buku bahasa indonesianya.
ato bisa juga belajar dari novel2 (kalo suka baca novel) atau media cetak lainnya tentang penggunaan tanda baca, huruf kapital, dan lain sebagainya.
bisa juga baca cerita dari penulis-penulis kekom yg lain.
.
cerita ini sederhana tapi mengalir dengan baik walopun masih ada kekurangan di sana-sini.
terus semangat ya Cha!
^ ^)/

Writer Chaca_EvilMago
Chaca_EvilMago at Friendship or Love ? (9 years 16 weeks ago)

iya,makasih sarannya kak
salam kenal kak :)

Writer panglimaub
panglimaub at Friendship or Love ? (9 years 16 weeks ago)
60

Kasih spasi antar paragraf dan dialog dong?
Pusing mbacanya T_T

Writer Chaca_EvilMago
Chaca_EvilMago at Friendship or Love ? (9 years 16 weeks ago)

iya kak,aku baru jadi belum bisa nulis begitu rapi di sini.
makasih udah mampir,
salam kenal kak :)

Writer herjuno
herjuno at Friendship or Love ? (9 years 16 weeks ago)
60

Sebenarnya opening-nya bagus. Hanya saja, koma sebagai pengganti titik itu kelemahan terbesarnya. Dan juga cara penulisan dialog yang kurang baik.
.
Misal

Quote:

aku sayang padanya,dia juga punya rasa yang sama,tetapi itu hanya sekedar rasa sayang pada sahabat kecil,dan rasa itu tak hanya untukku,tapi juga untuk citra,kami bertiga bersahabat sejak kecil,awalnya aku pun hanya menganggapnya
sahabat, namun...

Akan lebih enak jika

Quote:

Aku sayang padanya. Dia juga punya rasa yang sama. Akan tetapi, itu hanya sekedar rasa sayang pada sahabat kecil, dan rasa itu tak hanya untukku,tapi juga untuk Citra. Kami bertiga bersahabat sejak kecil. Awalnya aku pun hanya menganggapnya
sahabat, namun...

.
Intinya, silakan cermati, mana yang berhenti penuh dan sebagian.
.
Kemudian, hayo, nama karakternya kok nggak konsisten? Icit atau Citra? Ichy atau Dicky? Saya awalnya mau protes lo, kenapa Citra suka Ichy dan bukan Dicky, sebelum saya sadar kalau Dicky = Ichy. Dan, serius, saya kiri Ichy itu cewek.
.

Writer Chaca_EvilMago
Chaca_EvilMago at Friendship or Love ? (9 years 16 weeks ago)

iya kak aku akan lebih cermat lagi
kalo soal nama itu maksudnya nama panggilannya,hehe
makasih banget sarannya kak,salam kenal kak.

Writer Chaca_EvilMago
Chaca_EvilMago at Friendship or Love ? (9 years 16 weeks ago)
60

boleeh ya ngasih point punya sendiri?hehe XP

Writer toebugz
toebugz at Friendship or Love ? (9 years 16 weeks ago)

Demet emang paling jago kalo ngebedah, salut!
Oiii memeettt, jangan serius serius, rusuh ajah nyok
Ahak hak hak

Writer toebugz
toebugz at Friendship or Love ? (9 years 16 weeks ago)

xixixixixxi

Writer Chaca_EvilMago
Chaca_EvilMago at Friendship or Love ? (9 years 16 weeks ago)

makasih banget sarannya kak ^^
salam kenal jga kak

Writer fitria evadeni
fitria evadeni at Friendship or Love ? (9 years 16 weeks ago)
50

Well, sepertinya masih baru ya cantik? :)
sebelumnya saya kasih permen pedes tentang ilmu kepenulisan dulu ya, saikit aja :D
begini.
1/ huruf pertama setelah tanda petik itu harus KAPITAL. inget? harus! di cerita ini hampir semuanya masih pakai huruf kecil.
2/ tolong perhatikan tanda baca seperti koma (,) dan titik (.)
3/ penempatan imbuhan (apa ya namanya?) seperti "Ucap ku" harusnya "ucapku"
4/ perhatiin lagi kalimat penjelas setelah dialog.
5/ tolong typonya diberesin ya :)
6/ spacingnya diperhatikan lagi ya, soalnya cerita dengan spacing seperti ini benar-benar tidak enak dibaca, oke?

siip itu aja dulu, selebihnya mungkin penulsi lain bakal ada yang nambahin.
salam kenal, and keep writing ya :)

Writer Chaca_EvilMago
Chaca_EvilMago at Friendship or Love ? (9 years 16 weeks ago)

iya kak aku baru,
makasih sarannya,
kalau yang no.4 sebaiknya aku harus gimana kak?
sama typo,aku gak ngerti soal typo kak boleh tolong di jelaskan kak??
salam kenal kak :)

Writer fitria evadeni
fitria evadeni at Friendship or Love ? (9 years 16 weeks ago)

typo itu salah ketik. kaya "harshu" harusnya 'harus' ya seperti itulah, di cerita ini masih banyak typonya.

untuk yang nomer empat, saya saranin banyak2in baca sama latihan. :) practice make perfect, right? :)
berjuang ya :D

Writer Chaca_EvilMago
Chaca_EvilMago at Friendship or Love ? (9 years 16 weeks ago)

okke kak,. ^^
makasih banget sarannya kak,.. :D