tRAuma

0

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer 14insa
14insa at tRAuma (9 years 29 weeks ago)
80

sebenarnya aku mau kasih nilai 10, tapi gara2
1. konsep euthanasia yang agak rancu
2. gangguan kepribadian Reana tidak dijelaskan lebih lanjut
aku kasih nilai 8.

sinetron Indonesia pernah dikritik, karena mereka menggunakan fakta medis tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan kalangan yang lebih ahli (dokter dll). misalnya gini. kepala terbentur terus koma. nggak segampang itu. trus ada dokter yang mendiagnosis kena Alzheimer terus bisa sembuh lagi. mustahil kalo kita udah kena alzheimer bisa sembuh, bohong besar. akhirnya salah seorang temanku (koas) pernah cerita, ada pasien yang datang ke dia karena takut anaknya tertukar di rumah sakit itu dan minta tes DNA buat mastiin. #facepalm

ironis aja sih, kalau dibandingkan dengan serial di luar negeri. tahu 1 litre of tears ga? yang di Indonesia dijadiin "buku harian nayla". walaupun plagiat, setidaknya jauh lebih mendidik dari sinetron2 kita sekarang.
ya.. sekadar intermezo. kepanjangan ya? hehehe...

saranku (aja sih), untuk tema2 seperti ini, sebaiknya konfirmasi dulu. gangguan psikiatri itu keliatannya simpel, tetapi kenyataannya agak susah disinkronkan kalau udah dituangin dalam bentuk cerpen. kalau dilihat dari kasusnya, reana bisa digolongkan sebagai pasien depresi berat. nah, pasien kayak gini (hampir sangat) jarang bisa ditemukan dalam kondisi ceria trus nangis lagi, ceria lagi. tadi pas dibaca ulang, penggunaan konsep euthanasia disini merujuk pada kondisi trauma reana yang udah berat ya? saking beratnya beban yang diderita sehingga sudah bisa untuk disuntik mati selayaknya orang2 yang udah kena penyakit kronis yang ga bisa disembuhin lagi. secara teknis tepat, ga salah, cuma pas dimasukin ke ceritanya entah kenapa ada sesuatu yang agak aneh. entah diksi atau apanya, aku ga tau. tapi kerasa banget, feelnya itu lho :p

selain itu, jujur. alur, kerangka, penokohan karakter, dll (selain 2 poin tadi) udah cukup bagus, kalo ga bisa dibilang sempurna. ya, butuh pengalaman sih. jujur, aku aja susah kalau bikin cerita dengan tema kayak gini....

hehehe...

Writer muras
muras at tRAuma (9 years 29 weeks ago)

hahaha... mantap! makasih, makasih

Sumpah! Aku nggak kepikiran sampe kesitu :D

Di kepalaku sih konsep euthanasia sebenernya cuma kiasan dari bunuh diri. Cuman si tokoh nggak mau ngomongin secara gamblang. Karena mereka sama-sama sakit ngobrolnya terkesan santai saja. (kalo pernyataan ini tambah bikin rancu, maaf)^^ Nggak kepikir juga kalo Reana mau ke RS. Menurutku, fenomana orang 'sakit' melebihi apa yang diketahui dokter2, ada yang tau sakit tapi nggak percaya dokter bisa nyembuhin. Akhirnya bertahun-tahun tersembunyi.

Oya, makasih buat info2nya. Maklumin ya, ini bikinnya tanpa konsep dan cepet2. Soal gangguan perlu gali gali lagi, hehehe...