di Karpet Hijau hingga Jalan Biru

Bibir mungilnya merengek meminta dongeng
Rebah disampingku, mata berkaca menagih janji
Apa yang aku, kamu, kita ceritakan di malam dingin
Adalah apa yang menghapuskan raut polosnya

Aku, memilih menuturkan jejak langkah bangsa tercinta ini

Sumpah untuk menyatukan nusantara, ksatria mengendarai ombak
Coba dengar kibasan layar jungnya tertiup muson
Harum karpetnya hijau basah membentang
Senada bergemerisik padi dinaungi seruling bambu

Sumpah pemuda menyatukan nusantara, ksatria berzirah darah
Dahulu membara merah di panggung iringan biola
Bersepakat menebar gentar ke medan perang
Peluhnya jadi penghabisannya di gagang bambu

Rintik air mata turun membasahi bumi
Ombak jatuh di tanah, api terhapus rinai

Kehormatan runtuh, lantak sekejap!
Ibu pertiwi mengais rezeki di tanah sendiri
Emas keperawanannya dinista, direnggut bangsa lain!
Lubang di Papua menyuarakan tangis, meniadakan mimpi

Debur yang dulu menggaung lantang dan kita taklukkan
Kini jadi tetesan genangan perlahan menggerogoti nyawa
Tangan sendiri jadi penipu yang katanya mampu meneruskan kemerdekaan
Batavia

Maka rebah lutut ksatria apabila terbuka kelopaknya
Matanya berlinang menatap zamrud kehilangan belantaranya
Seperti kita menerjang membabat, begitu jua kita diterjang dibabat
Mereka menelanjangi Kalimantan

Jangan, tertidur saja kau terlelap di ufuk barat
Seperti hingga kini di liang kubur
Maupun sampai nanti di ranjang, di kasur berdebuku ini

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
90

Kecintaan pada tanah air, tak terpikir. Begitu indah,,, si penyair pandai menyulam kata-kata.. Mungkin ini awal perkenalan kita :)

Writer MAmphibian
MAmphibian at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (5 years 31 weeks ago)

Salam kenal, makasi udah mampir :)

90

Kecintaan pada tanah air, tak terpikir. Begitu indah,,, si penyair pandai menyulam kata-kata.. Mungkin ini awal perkenalan kita :)

Writer durronn
durronn at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 39 weeks ago)

Mampir sejenak,dan nyimak
:)

Writer MAmphibian
MAmphibian at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 38 weeks ago)

Minta nilainya dunk :D

Writer wacau
wacau at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 40 weeks ago)
80

hmm .. bait 3 larik 4, dari laut kok tiba2 ke sawah om :D
#salaman

Writer MAmphibian
MAmphibian at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 38 weeks ago)

Hmmm..kepikirannya si gitu sensei..
Kurang pas ya?

agak curhat dikit ya. saya pengendara motor, bisa dibilang agak fanatik (sama kegiatan mengendarai, bukan sama motornya). saya pikir dengan begitu saya bisa sangat dekat dengan sumber inspirasi saya: jalanan dan kehidupan di sekitarnya. maka saya bisa langsung merasakan apa yang dirasakan sumber inspirasi saya (panas matahari, hujan, mogok, kehabisan uang, laper, pegel, mules, dsb). memang bukan jaminan akan menghasilkan karya yang bagus, paling nggak, ada emosi yang terasa saat kita menulis karya tentang sumber inspirasi kita itu. intinya gini: simpan perbendaharaan kata-kata "bagus"-mu untuk nanti. kata-kata bagus tidak menjamin bagusnya sebuah puisi. penulis berhasil membuat tulisan "bagus" ketika berhasil mengungkapkan perasaan dalam sebuah tulisan. memang bukan perkara gampang, tapi bukan berarti mustahil. senjatanya bukan kata-kata bagus, tapi metafora dan kronikroninya. dan yang terpenting itu tadi, pakai hati :)
piss brada

Writer MAmphibian
MAmphibian at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 40 weeks ago)

Oh gitu..
Sepertinya saya sedikit terlalu "bernafsu" ya sensei?
Make sense juga..
Makasi masukannya sensei :)

punya id selain ini ya?

Writer MAmphibian
MAmphibian at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 38 weeks ago)

Ada, Metalized_Amphibian
Itu ID lama sensei :D

kenapa harus pakai id lain? ada masalah sama yang lama?

Writer MAmphibian
MAmphibian at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (7 years 49 weeks ago)

Ah ga kok sensei, cuma pengen membuka lembaran baru aja :D
Itu ID sebelum dulu vakum mencari inspirasi, haha

Writer man Atek
man Atek at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)
100

kasur mulu nech, kapan ke pasarnya. hehe.

Writer MAmphibian
MAmphibian at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)

Kenapa pilihannya ke pasar om? :D
Bangun pagi kuterus mandi,tidak lupa menggosok gigi, habis mandi aku ke pasar.

Writer deddy
deddy at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)

Negeri ini memang unik :D

Writer MAmphibian
MAmphibian at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)

Hwahwahwa, bener, unik :D
Tikus mati di lumbung padi

Writer khairani
khairani at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)
90

Kalau Rani waktu kecil dulu, sukanya di dongengin Cinderella atau Snow white :)
#dongengnya berat nih kak..

Writer durronn
durronn at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 39 weeks ago)

Masa?

Writer MAmphibian
MAmphibian at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)

Ini kan dongengnya Patih Gadjah Mada, Bung Tomo, dan beberapa politikus di negeri ini :D

Writer abi fathia
abi fathia at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)
80

Apakah si kecil akan mengerti? Karena begitu ruwet cerita tentang republik ini :)

Writer MAmphibian
MAmphibian at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)

Daripada dia sendiri yang melihat dan mendengar, pasti akan lebih sakit karena kaget..
Makasi sudah mampir :)

Writer Yayang
Yayang at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)
80

Dongeng menjelang tidurnya...seru :)

Writer MAmphibian
MAmphibian at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)

Iya, seru sekali bangsa kita ini..
Hiks hiks..

Writer milisi
milisi at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)
90

tetap semangat

Writer MAmphibian
MAmphibian at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)

semangat buat apa nih??
again.. O_O

Writer Aisra
Aisra at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)
70

Cerita menjelang tidur buat penerus bangsa :)

Writer MAmphibian
MAmphibian at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)

Makasi sudah sering mampir ke lapak saya :D

Writer adeirn
adeirn at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)
80

semangat!
Nice^^

Writer MAmphibian
MAmphibian at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)

Semangat buat apa nih? O_O
Makasi sudah mampir :)

Writer NiNa
NiNa at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)
70

tags hiks hiks hiks nya ngurangi keseriusan nih...

Writer MAmphibian
MAmphibian at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)

Hahahaha..maaf..

Writer aries
aries at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)
80

Ikut prihatin :(

Writer MAmphibian
MAmphibian at di Karpet Hijau hingga Jalan Biru (8 years 41 weeks ago)

Prihatin sm bangsa ini?? Baguuussss :)