Sepetak Gerimis Untukmu

Pada belasan gelas, kuperam seranting ilusi, tentang pesan yang tiba lebih dini, yang diseduh angin dengan nafas terburu. Padahal daun belum sempat mengadu padamu selembar kisah yang disilang-silangkan rindu, dan percakapan-percakapan haru, gugur musim. Serupa harpa, kujelma senar yang mengakar harap, untuk suatu waktu, bisa kau petik. Kau jadikan geletar dan dawai paling cantik.

 

Di bait antariksa, aku pernah kehabisan cara, menerjemahkan katakata. Apalagi hatimu. Itulah yang menjadi tetiba sebuah jeda meruang pada sepetak gerimis. Lalu adakah yang bergelung hangat di selipan ingatan?

 

“Ada larik yang belum kauselesaikan dalam sajakmu,” selamu sembari menata kembali huruf-huruf yang semula tercecer, ke aturan paling baku. Kamu berdiri, menjadi sais kereta sebelum jawab berhasil mencium mesra, tanya.

 

Mencintaimu adalah bait terumit dalam sajakku. Tetapi ketahuilah, tak pernah ada secuil pun inginku berhenti menulis segala tentangmu. Dan dengarlah, Aku hanyalah dingin di sudut paling gerimis. Hanyalah dingin yang ingin lelap didekapmu, dalam rumah paling hangat. K-i-t-a.

 

Yogyakarta, 24 Juli 2013

 
 

Read previous post:  
Read next post:  
Writer gadek_mpl@yahoo.com
gadek_mpl@yahoo.com at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 31 weeks ago)
80

:) salam mbak.. di jogja kah? hehe.

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 31 weeks ago)

Sayangnya sudah pulang ke Malang Tika :)

Writer gadek_mpl@yahoo.com
gadek_mpl@yahoo.com at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 26 weeks ago)

mbak ira.. boleh share tulisannya? :)

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 25 weeks ago)

Sangat boleh dear :D

Writer Riza
Riza at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 31 weeks ago)
100

bener-bener deh. :)

Writer mizz_poe
mizz_poe at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 33 weeks ago)
70

emg ada "sebait" untuk "antariksa"? ibaratnya lukisan, surealis. cuma,,, *tar gwa ngecek lg petunjuk dasarnya*
oh, gwa mawunya sehektar gerimis yah. mayan, jadi adem..

Writer abi fathia
abi fathia at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 35 weeks ago)
90

Puisi2 Ira selalu mengundang kagum :)

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 34 weeks ago)

Makasih apresiasinya Abi :)

Writer Lignify
Lignify at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 35 weeks ago)
100

Rindu sama tulisan gaya begini!

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 35 weeks ago)

Semoga tulisan ini bisa mengobati rindumu ya :D

Writer aries
aries at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 36 weeks ago)
90

Permainan kata yang bagus banget Ira :)

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 35 weeks ago)

Jadi tersanjung Bang Rudy hehe.
Makasih banget apresiasinya :D

Writer renia18
renia18 at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 36 weeks ago)
90

Keren banget, pilihan katanya bikin aku kagum... :-)

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 36 weeks ago)

Thanks banget renia :D

Writer Aisra
Aisra at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 37 weeks ago)
90

Selalu kagum dengan pilihan dan permainan kata di puisi-puisi Ira :)

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 37 weeks ago)

Ira lebih kagum sama puisi-puisinya Kak Ima. Ayo kak, posting baru :)

Writer bakhsayanda
bakhsayanda at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 38 weeks ago)
90

Keren :)

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 37 weeks ago)

Terima kasih banyak Bang Yanda :D

hers at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 38 weeks ago)
90

wahhh!! ira main2 di soundcloud.. hihi, mau dong dibacain?
makin apik dan liris aja ra :)

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 37 weeks ago)

Hehe iya nih, lagi suka main2 di sana. Hihi tapi Ira nggak bisa bagus2 amat baca puisi Bang :(
Makasih ya :D

Writer mizz_poe
mizz_poe at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 33 weeks ago)

wuiiih,,, internet mahal... bisa masang soundcloud... *nangisairmancur*

Writer Eldea Eza
Eldea Eza at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 38 weeks ago)
90

Sugooooooi! Keren banget.

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 37 weeks ago)

Terima kasih untuk apresiasinya. Mampir2 lagi ya El :)

Writer toebugz
toebugz at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 38 weeks ago)
100

keren sangat...

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 37 weeks ago)

Om Aguuuuus kemana aja? lama nggak kelihatan. Pasti sibuk ya? Makasih ya Om, sudah menyempatkan mampir ke mari :D

Writer khairani
khairani at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 38 weeks ago)
90

Kalau rani menyebutnya, puisi dengan kata berbunga :)
Met lebaran kak Ira :-)

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 37 weeks ago)

Terima kasih Rani. Met lebaran juga dek. Maaf lahir batin ya :)

Writer khairani
khairani at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 38 weeks ago)
90

Kalau rani menyebutnya, puisi dengan kata berbunga :)
Met lebaran kak Ira :-)

Writer zasdar
zasdar at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 39 weeks ago)
100

minta akun twitternya dong, mbak irawati ningsih..

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 38 weeks ago)

Tahu nama lengkap saya? makasih udah mampir :)
Twitter ya? @rintikkecil :)

Writer zasdar
zasdar at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 38 weeks ago)

iya, tahu. :D udah @sematakata follow tuh . salam takzim!

Writer Shinichi
Shinichi at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 39 weeks ago)
90

cakep banget lirisnya :D

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 38 weeks ago)

Makasih :D Om momod juga cakep kok #eh

Writer ida
ida at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 40 weeks ago)
90

Ira...pilihan katamu tambah asik ajah... :-)

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 40 weeks ago)

Kemana aja Da? lama nggak kelihatan hehe makasih yak uda mampir :D

Writer Putra
Putra at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 40 weeks ago)
100

Duh, kapan ya aku dapat puisi indah kayak gini dari cewek :D

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 40 weeks ago)

Nah, ini kan uda dapet dari Ira Baaang hehe :)

Writer SuryLaxmi
SuryLaxmi at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 40 weeks ago)
80

Ketika pertama membaca, saya juga menterjemahkan seperti dik Iriani, ternyata salah ya :)
Nice dik Ira, pilihan katamu itu...memang beda :)

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 40 weeks ago)

Berarti setelah pada belasan gelas itu, harusnya ira perjelas dengan "hanya berhasil kuperam" ya Mbaak :)
Thanks apresiasinya Mbak Laxmi :)

Writer suasti_was
suasti_was at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 40 weeks ago)
100

iihh bagus kak Ira, izin share yah ..
:)

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 40 weeks ago)

Thanks sudah di share, dear :D

Writer wacau
wacau at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 40 weeks ago)
100

ugh ... dan penasaran dengan soundcloudnya, tapi di sini rada lemot :(

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 40 weeks ago)

uummm.. kaciaaan *pukpuk*

Writer Iriani
Iriani at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 40 weeks ago)
80

Pada belasan gelas,kuperam seranting ilusi...hm..ini bagus Ira. Tapi apa bisa membagi sedikit benda dalam tempat yang banyak? Jawabmu pasti bisa ya Ir....di bagi sedikit sedikit :)

Pilihan kata Ira memang unik :)

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 40 weeks ago)

Maksudnya bukan begitu kak. Pada belasan gelas, yang berhasil diperam cuma satu. Gak pake bagi2 dikit2 karena gelas yang lain hanyalah kosong. Thanks mampirnya Kak Irin :D

Writer Cyllachan
Cyllachan at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 41 weeks ago)

bagus kata-katanya.. >.<

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 40 weeks ago)

Makasih ya Cylla. Bagus namanya :D

Writer shofaniazhari
shofaniazhari at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 41 weeks ago)
100

Kak ira kenapa sih pilihan kata-katanya bagus banget :(

Writer irayukii
irayukii at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 40 weeks ago)

Ira juga nggak tahu nih Shof. Gimana dong :'(

Writer mimin97
mimin97 at Sepetak Gerimis Untukmu (7 years 41 weeks ago)

keren