Lelaki Hujanku

Kecipak hujan berderak di ujung-ujung atap kenang. Mengeruhkan ingatan paling usang yang menahun disemayamkan di halaman karam. Ialah patah yang kau sebut benalu, yang mencuri bening telagamu, yang meretakkan dinding-dinding senyap dengan apa yang (katanya) bisa menjawab segala: waktu.

 

Padahal hujan, telah kureguk kisah bertemakan kamu, dari rapat curah sampai renggang harummu. Dari pelukan gelisah sampai pagutan rindu. Sampai goresan ini melumpur di mataku. Mengakar pada kristal-kristal yang tak kunjung juga bersenyawa dengan rerintik. Sampai menyangkut di dahan malam yang beku karena gigil mendekap gelepar jemu. Bahagiakah kau bisa membuatku begitu?

 

Katamu, jatuhlah perlahan. Agar butir-butir kasmaran tak segera disapu gelombang. Juga kecewa tak menderas kuyup jika esok luka melumat geruskan puisi menjadi serpihan abu yang siap dilarung di lautan. Seperti itulah yang disebut tak terlalu, tak menipu, tak berwarna abu-abu.

 

Tapi aku tak peduli, biarlah terik memberangus desir kata-kata, menanak apa yang tak terjabarkan. Biarlah ranggas menyeret baris-baris rasa, mencumbu musim yang tak pernah sekali pun menanam dusta yang menyesakkan. Biarkanlah aku, terus menulis, membaca dan mengeja namamu: lelaki hujanku.

 
 

Read previous post:  
230
points
(168 words) posted by irayukii 7 years 41 weeks ago
88.4615
Tags: Puisi | cinta | Irayukii | K-i-t-a | Kepada Kamu | Sepetak Gerimis
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer Itekimasu
Itekimasu at Lelaki Hujanku (7 years 23 weeks ago)

puisinya bagus..

Writer noegggy
noegggy at Lelaki Hujanku (7 years 30 weeks ago)
90

kata-katanya mempesona :)

Writer Riza
Riza at Lelaki Hujanku (7 years 31 weeks ago)
100

aduuuhh,, keren banget kak. :)
tularkan bakatmu padaku. duuuhhh :) :) :)
jadi gemes gni

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 31 weeks ago)

Yuks, sama-sama belajar nulis sai :)

Writer bakhsayanda
bakhsayanda at Lelaki Hujanku (7 years 31 weeks ago)
80

Diksinya, gimana kamu bisa memilih seperti itu Ira? Pengen belajar :)

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 31 weeks ago)

Di KBBI Bang :)

Writer Putra
Putra at Lelaki Hujanku (7 years 32 weeks ago)
100

Puisinya buat abang kan Ra? :D

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 31 weeks ago)

Semoga suka ya Bang :)

Writer larass
larass at Lelaki Hujanku (7 years 32 weeks ago)
90

How lucky lelaki hujanmu :)

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 32 weeks ago)

Tetapi dia tidak pernah merasa se-lucky itu :)

Writer Yayang
Yayang at Lelaki Hujanku (7 years 32 weeks ago)
90

Ira, setiap membaca puisimu aku kagum dengan permainan kata. Unik dan menggelitik..hehe (maksudnya jarang penulis yang bisa memilih kata seperti itu)
Dan aku setuju dengan komen Ida dan Aria :)

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 32 weeks ago)

Makasih banyak Yang :) Iya Ira juga setuju sama Yayang, Ida dan Bang Aria :D

Writer ida
ida at Lelaki Hujanku (7 years 33 weeks ago)
90

Ira memang pintar memilih kata :)
Jujur aku kagum. Tapi sulit membedakan puisi-puisimu Ra, mereka seperti saudara kembar :)

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 32 weeks ago)

Ah, ida :) Mungkin karena suatu saat nanti, Ira emang pengen bisa punya anak kembar, Da. Nggak nyambung dot com ya? :)

Writer khairani
khairani at Lelaki Hujanku (7 years 33 weeks ago)
90

Kak Iraa, diksinya itu loh...ck..ck..ck..

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 32 weeks ago)

ck ck ck ya dek :) Kok nggak pernah posting puisi lagi? jangan ngambek nulis hehe

Writer d_profesor
d_profesor at Lelaki Hujanku (7 years 33 weeks ago)
90

Bagus sekali.. :)

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 32 weeks ago)

Tengkiuh sekali. Manggilnya gimana nih? :)

Writer ReAch85
ReAch85 at Lelaki Hujanku (7 years 33 weeks ago)
80

point :)

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 33 weeks ago)

Sebagai pendatang baru, harusnya bisanya nggak cuma bawa point doang. Bawa tahu dan cabe lebih bagus :)

Writer ReAch85
ReAch85 at Lelaki Hujanku (7 years 33 weeks ago)

Oh...gitu ya :)
Gimana klo di bawain rendang? Suka yang pedas?

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 32 weeks ago)

Boleh, ditambah ikan bakaar, tambah boleeeh hehehe senangnya kalo ada yang mampir dimari sambil bawa makanan *eh* :)

Writer mizz_poe
mizz_poe at Lelaki Hujanku (7 years 33 weeks ago)
80

ini si lelakimu tukang dagang payung, serpis payung, ataw ojek payung sih? ck ck ck. yg penting, kalok hujan jangan hujan2an.. :D

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 33 weeks ago)

Enaknya yang mana Put? :) Ah, pokoknya kalo ujan jangan takut basah, kan ada mas ojek payung. #eh

Writer renia18
renia18 at Lelaki Hujanku (7 years 33 weeks ago)
90

Waah, diksinya oke banget :)

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 33 weeks ago)

Maacih mampirnya Renia :)

Writer Aisra
Aisra at Lelaki Hujanku (7 years 33 weeks ago)
90

Kak Ima tau siapa lelaki-hujan itu :)
Seperti biasa, diksimu membuat kagum Ir :)

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 33 weeks ago)

Ciyus kak? siapa sih dia? jadi penasaran :)

Writer Favemale
Favemale at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)
90

Ira, kembali berhujan hujan. Apakah kamu mengharap pangeran berpayung datang? :)
Tetapi Ira, semua puisimu bernada sama :)

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)

Hanya sisa hujan yang ditulis di musim kemarau Bang :)
Entahlah, Ira juga gatau kapan si pangeran berpayung bisa pulang ke hatiku. #eh
Bernada sama? sama datarnya? sama sedih dan pilunya atau sama apanya Bang? mungkin karena ditujukan untuk orang yang sama kali ya. Jadi bosen bacanya ya Bang, nggak ganti2 tema.

Writer suasti_was
suasti_was at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)
90

kak ira, kok jd sedih yah bacanya..
:(

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)

Boleh sedih. Tapi matamu nggak sampai hujan kan, dek? :)

Writer wacau
wacau at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)
100

hmmm ... itu yg diakhir inisial bukan hehe :p
*benar2 penasaran dengan soundcloud kamu*

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)

Kalo ada waktu mampir2 ke sana ya Bang :)

Writer mizz_poe
mizz_poe at Lelaki Hujanku (7 years 33 weeks ago)

walah, pada mainan soundcloud.. huh, eikeu masi gaptek..

Writer Reborn Initial
Reborn Initial at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)
100

Wew!

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)

Apa ya? :P

Writer Reborn Initial
Reborn Initial at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)

Makasih loh ya. #eh

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)

Buat?

Writer Reborn Initial
Reborn Initial at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)

Puisinya. *eh bukan buat aku yah? :))

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 33 weeks ago)

Menurut ngana? :p

Writer Asmadya
Asmadya at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)
60

nice:)

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)

Tengkiuh :)

Writer LouvNazar
LouvNazar at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)

..saya kurang tau ya, tapi rasanya yang berakhiran titik itu disebut kalimat, bukan larik. Kumpulan kalimat itu paragraf bukan bait. Puisi itu terdiri dari bait yang disusun dari larik.. CMIIW :)

..anw, pilihan katanya indah :)

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)

Hanya beda di cara penyajian. Coba baca tulisan Bapak Sapardi, Joko Pinurbo, atau Lan Fang :)

Writer mizz_poe
mizz_poe at Lelaki Hujanku (7 years 33 weeks ago)

atau Buku Panduan Belajar Bahasa (dan Sastra) Indonesia di sekolah.. *benerin konde*

Writer nazokagi
nazokagi at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)
80

liris nya itu lho ira >.<
entah bagaimana akupun merasa...
salam :)

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)

Sebagai pengagum hujan, tentu saja Kak Nazo bisa merasakannya.
Salam Kak :)

Writer SuryLaxmi
SuryLaxmi at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)
90

Bagus banget puisimu, dik Ira :)

Writer irayukii
irayukii at Lelaki Hujanku (7 years 34 weeks ago)

Terima kasih banget Mbak Laxmi :)