How Is A First Kiss

Maaf, demi menghambat penyelidikan pihak The Daily Prophet terhadap suatu kekacauan yang telah dilakukan penulis, cerita ini ditarik dari peredaran.

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer Shinichi
Shinichi at How Is A First Kiss (7 years 42 weeks ago)

lho?

Writer Shinichi
Shinichi at How Is A First Kiss (7 years 42 weeks ago)
60

ummm...

sejujurnya, saya agak bingung musti komentar apa :D dan itu konyol karena kayaknya saya udah kejebak peran. ehehehehe. tapi, meski saya nggak bisa ngasiy masukan atau apa gitu, saya coba muji aja deh. ahak hak hak.

menurut saya, cerpen ini sangat apik. jalinan peristiwanya itu alami banget. apalagi dialognya. saya rasa itu yang jadi poin istimewa. dialog, dengan gaya obrolan anak muda kota metropolitan begitu, membuat saya mikir: wah! penulisnya berhasil dengan karakter yang ia ciptakan. salut.

namun saya masih merasa ini terlalu panjang. tapi jika diminta memangkasnya, saya jugak pasti kesulitan. ahak hak hak.

selebihnya adalah saya takjub dengan ceritanya. berasa saya selama ini tinggal di peradaban kuno aja. nggak modern, hingga melongo aja dengan berbagai peristiwa dalam cerita ini yang menunjukkan prilaku manusia yang saya nggak nyangka bisa ada. ahak hak hak. sebenarnya kekagetan saya itu, mungkin yang lain jugak, nggak penting. cuma share aja. prilaku Rendi, Dayan, Bunga, (Astrid juga sepertinya) cenderung membuat saya mikir: mereka ini tinggal di mana ya? kebanyakan nonton seri American Pie-kah? rasa-rasanya Rendi butuh lebih banyak alasan yang oke ketimbang anggapan homo demi terjatuh dalam peristiwa "ciuman nggak disengaja" begitu. Doi sudah SMA, kelas 3 kan? saya sebagai pembaca: nggak terima dengan cara ia menanggapi (sampai galau) tuduhan homo itu. serius. ahak hak hak. kesannya nggak alami aja. dan mungkin ini karena saya berasal dari pergaulan sekolah yang berbeda kayaknya #plak. Lalu, saya nggak bisa terima cara yang dilakukan Dayan adalah ciuman nggak sengaja begitu. dari faktor penulis, saya bisa sedikit paham pemahamannya soal ciuman. tapi bagaimana penulis telah masuk ke dalam sosok Rendi, membuat saya kuciwa karena ia memandang "ciuman" itu ya hanya seperti itu (padalan penulis sempat menarasikan bagaimana Dayan dan Bunga berciuman). oh, btw, saya kangen berciuman (panas) dengan mantan-mantan saya. ahak hak hak #gagalfokus

dialog yg saya bilang udah oke itu, merujuk pada apa yang sebelumnya diucapkan tokoh lain. tapi tetap, ketika dihadapkan dengan cara tokoh mengatasi masalah, saya pikir alasannya kurang kuat, cenderung dangkal, dan datar. konfliknya nggak menarik sama sekali. cerpen ini memang apik tuturnya, tapi penggarapan konfliknyalah yg rasanya remeh-temeh bila disatukan dengan bagaimana cerita ini berakhir. oke aja siy. cuman, greget itu hilang karena masing-masing elemen itu tampak "hanya sekadar" (yang harusnya ada yg unggul di saat elemen lain nggak menonjol). kira-kira, saya cuman bisa cuap-cuap seperti itu untuk cerpen transmigran ini (seperti pengakuan penulisnya) dari watty. kip nulis dan mohon maaf bila kurang berkenan. ahak hak hak :)

Writer d.a.y.e.u.h.
d.a.y.e.u.h. at How Is A First Kiss (7 years 42 weeks ago)
60

Pergaulan anak muda masa kini... jadi pingin nyanyi Bakumbakumbakumbateo-nya Warkop DKI #ehjauhya
Saya cuma membayangkan kalau ciuman itu... tukeran bakteri? Dan kita mesti siapkan bibir kita lembap selalu dan entah pakai lipbalm atau makanan yang manis2, supaya kapanpun ada insiden ciuman dadakan seperti itu akan meninggalkan kesan yang manis (karena kadang kala bibir kita kering kurang minum atau kita habis makan makanan berbawang dan kita tahu bawang itu rasanya bisa sedap sekali).
Kalau cerita ini terbuka untuk perombakan, barangkali bisa ditarik langsung ke momen insidennya itu aja, dg latar belakang mengenai kegalauan Rendi dan rencana usil Dayan-Nina diselipkan dl narasi atau flashback dikit2. Karena empatribuan kata demi sebuah ciuman singkat itu rasanya... memberi kesan kalau berciuman itu suatu hal yang sulit (eh, emang iya ya?).
Maaf kalau kurang berkenan :)