Pulang

Kemarin, di bawah rintik hujan yang mulai tersandung cahaya matahari, sepasang kaki bersandal jepit berlomba lari. Di atasnya, tangan pemiliknya mengosongkan tali jemuran. Itu kamu.

Hujan yang panas melelehi wajah-wajah rindu. Membasahi pundak-pundak yang termangu. Sedikit tersentak, kau bergegas melanjutkan berlomba, bersaing dengan hujan. Tak peduli pada gemuruh petir yang tersasar di dadaku.

Titik-titik gelap melebar di tanah, berubah menjadi genangan air di ujung mata. Rindu telah melelehkan semua. Pohon mangga, pintu tertutup, tembok bata dan tali jemuran. Aku menemu jalan kembali. Tubuhmu tergeletak di bawah kakiku. Orang-orang menunjuk padaku, memijiti ibu jari kakimu.

"Aku telah kembali. Sebagai darah beku, sebagai udara. Kembali padamu," kataku.

Tegal, 09032014

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer samalona
samalona at Pulang (8 years 3 weeks ago)

Sudah dikomen sama Bryn :)

Writer Brynhildr
Brynhildr at Pulang (8 years 9 weeks ago)
100

Menikmati perpindahan imaji pada
"Titik-titik gelap melebar di tanah, berubah menjadi genangan air di ujung mata."

Writer plenilunio
plenilunio at Pulang (8 years 26 weeks ago)
100

puter puter puter, bacanya diputer2 hehe. udah ah udah dicopas lewat PM kan? sepuluh kak cnt :D

Writer cnt_69
cnt_69 at Pulang (8 years 26 weeks ago)

masih ngutang sebait n sebaris. :D

Writer Reborn Initial
Reborn Initial at Pulang (8 years 28 weeks ago)

Mbak, kenal Dika (pembencipurnama) nggak yah?

Writer cnt_69
cnt_69 at Pulang (8 years 28 weeks ago)

gak kenal. cuma tau. :D kenapa?

Writer Reborn Initial
Reborn Initial at Pulang (8 years 28 weeks ago)

Tanya aja. *geje banget* :))

Writer cnt_69
cnt_69 at Pulang (8 years 28 weeks ago)

ini kayaknya modus balas dendam yak? #siap2ambilgobang :P

Writer Reborn Initial
Reborn Initial at Pulang (8 years 28 weeks ago)

Duh, aku mau dirajang. #kabuuur

Writer cnt_69
cnt_69 at Pulang (8 years 28 weeks ago)

belom kok. cuma mau ngasah di lehermu. khukhukhu... #saikomodeon

Writer satir
satir at Pulang (8 years 28 weeks ago)

emang! nyakaka
susah banget baca puisi sekarang, ngikut oot ajah
#moga ga dilempar sendal :P

Writer cnt_69
cnt_69 at Pulang (8 years 28 weeks ago)

angkatin jemuran saya, om. #plak

Writer Reborn Initial
Reborn Initial at Pulang (8 years 28 weeks ago)

Jiahahaha muter Monas yuk Om. :p

Writer wacau
wacau at Pulang (8 years 28 weeks ago)
100

sekembalinya langsung liris2, kesambet apa fan heheh. endingnya surprise. pa kabar? :D

Writer cnt_69
cnt_69 at Pulang (8 years 28 weeks ago)

belum bisa dibilang kembali sih, cau. cuma lagi ngintip. hahaha...
ini liris2 kesambet setan sandal jepit. #ngarang XD

Writer byoungcarerock
byoungcarerock at Pulang (8 years 29 weeks ago)
70

pilihan diksi yg bgus.. :)

Writer Reborn Initial
Reborn Initial at Pulang (8 years 29 weeks ago)
100

Selamat datang (kembali) yak. :)
Dari kemarin aku sudah baca puisi ini berkali-kali, dan interpretasiku berubah-ubah, entah barangkali lagi kurang fokus, entah imajinasiku yang agak payah.
Terus di bagian "Tubuhmu tergeletak di bawah kakiku" <<< rasanya ada perubahan sudut pandang, tapi sepertinya tidak kan?
Sementara ini dulu deh, coba nanti aku baca-baca lagi, maaf deh kalau jadinya cuma meracau, yang jelas aku suka simbol-simbol yang digunakan dalam puisi ini, tali jemuran, pohon mangga, dll, serasa di perkampungan banget, jadi kesan pulangnya itu lebih terasa mendalam. Hehe
Btw, salam kenal. :)

Writer cnt_69
cnt_69 at Pulang (8 years 29 weeks ago)

hooo... thanx sambutanny. :D dah lama gak nulis gini, mungkin jadinya rada amburadul. :D
interpretasi mah seterah yg baca aja, boleh itu2 aja, boleh berubah2. kalo berubah2 bukannya itu krn imajinasimu yg lagi bermain2 aja, tapi justru bagus loh imajinasi maen2, kan siapa tau bs dapet inspirasi dr imajinasi yg maen2 itu. #halahngocehapasihaku? XD
soal sudut pandang jg seterah dianggep ada perubahan ato gaknya. hahaha... semua seterah pembaca. :D
salam kenal jugak... :)

Writer Reborn Initial
Reborn Initial at Pulang (8 years 29 weeks ago)

Haha intinya seterah aku deh ya.
Ah, ini juga bagus ya, nggak beda dari tulisan2mu yang dulu, endingnya jauh dari dugaanku loh. Haha

Writer ItoPamilih
ItoPamilih at Pulang (8 years 29 weeks ago)
90

ah sudah seperti nonton film.
saya bisa lihat dengan jelas pohon mangga, tali jemuran, tembok bata, hujan rintik-rintik..
dan "titik-titik gelap melebar di tanah?" cantik sekali.
bravo!!

Writer cnt_69
cnt_69 at Pulang (8 years 29 weeks ago)

masak? nonton pelm? jangan bilang sinetron. :o tidaaaakkkkk... #pasangmukaalascream

Writer ercehauliyasari
ercehauliyasari at Pulang (8 years 29 weeks ago)

bahasanya kereeen... :)
salam kenal, ya!

Writer cahya
cahya at Pulang (8 years 29 weeks ago)
100

Haiiiiii...... kemana aja kamuh... :D selamat datang kembali kembaranku xixixixi....

Writer cnt_69
cnt_69 at Pulang (8 years 29 weeks ago)

baru nyawah. :D ini komennya masa cuma begitu? yang panjang atuh...

Writer cahya
cahya at Pulang (8 years 29 weeks ago)

Woo pengennya yg panjang yah? lg blm fokus mikir nt aja xixixixi meracau dulu :))

Writer cnt_69
cnt_69 at Pulang (8 years 29 weeks ago)

mana komen panjangnyaa??? :D

Writer cahya
cahya at Pulang (8 years 29 weeks ago)

Okay okay, seperti biasa kamu menyajikan sesuatu yang taknbiasa #halah. Tp jujur bengong bacanya, mungkin butuh beberapa kali baca untuk bongkar makna didalamnya (minta bantuan om sam kek nya sip neh).

Klo boleh imajinasinya nakal, si aku lagi dirumah tiba2 ujan dan bergegas ngambil jemuran. Emang ada yg mebggelitik tentang sendal jepit dan tali jemuran tp intinya menyambung ke judulnya yaitu pulang, maka si aku ini mendengar kabar yg mengharuskan ia pulang, yah pulang buat nilis disini lg (mungkin). Hedeh bru satu bait yah, rada susah nulis lewat hp, banya typo. Bait berikutnya bersambung yah. Xixixixi.....

Writer cnt_69
cnt_69 at Pulang (8 years 29 weeks ago)

gedubrak... #jatohkekasur
euuummm... gak mau jawab di sini ah. ngerusak imajinasi pembaca nanti. hehehe... kamu lanjutin dulu ke bait2 selanjutny ntar kujawab d t4 laen. :D

Writer cahya
cahya at Pulang (8 years 29 weeks ago)

Xixixu bener2 deh, tp keren niy. Ambiguitas nya memang milik pembaca. Bait berijutnya di tempat laen juga lah, gak enak juga takutnya batesin pembaca lain. Tp jujur niy keren bgt, makin hebat aja kamu. Gantian dwong recokin tempatku :D.

Writer cnt_69
cnt_69 at Pulang (8 years 29 weeks ago)

hahaaa... kita bicarakan saja di t4 lain jugak. :p
ya deh ntar recokin t4 mu. hahaha...