Bromo Lalu Kenangan

Udara dingin membuatku gigil, meski memakai jaket berlapis lapis tetap saja tubuhku gemetar

senja sebentar lagi berwajah kelam saat aku melewati Padang Savana, pasir pasir seperti berbisik;

"Bukankah dengan datang kemari kenanganmu akan bertambah subur?"


Siluet gunung Bromo dan gunung Batur seperti dua raksasa yang menunggu

dua pasangan Bule tengah berbagi moment dengan mengabadikan siluet itu dari jauh

romantis sekali mereka.

Aku ingat seseorang, aku ingat tubuh tinggi dan mata elang itu;

Ada yang nyeri, dadaku mendadak sesak seolah dipenuhi udara,

lalu kenangan itu semakin dalam membawa tubuhku mengangkasa

dan tumbang.

 

 

 

Untuk R, pemilik kenangan.

Maret 2013

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer Rf. Yanuar
Rf. Yanuar at Bromo Lalu Kenangan (7 years 4 weeks ago)
80

Bromo, Bromo ...
Baca puisi ini jadi kangen suasana pegunungan. Atau kembang desa yang senyumnya sesejuk puisi ini *dijewer istri*.

Writer lestari jingga
lestari jingga at Bromo Lalu Kenangan (7 years 3 weeks ago)

masih bagus kalo cuma dijewer mas, kalau gak diberi gimana? :D

Writer Shinichi
Shinichi at Bromo Lalu Kenangan (7 years 4 weeks ago)
70

btw, saya suka dengan baris ini: "Bukankah dengan datang kemari kenanganmu akan bertambah subur?"
berasa gimanaaaa gitu.
ahak hak hak
kip nulis dan kalakupand

Writer lestari jingga
lestari jingga at Bromo Lalu Kenangan (7 years 3 weeks ago)

iye om shi makasih ya kalakupand juga... *eh

Writer eltoncena
eltoncena at Bromo Lalu Kenangan (7 years 4 weeks ago)

aku juga pernah ke Bromo, tapi tak sampai bikin puisi :D

Writer lestari jingga
lestari jingga at Bromo Lalu Kenangan (7 years 3 weeks ago)

ya tak apa dan terserah sik ya mau bikin apa kagak :D salam

Writer asep_metal@yahoo.com
asep_metal@yahoo.com at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)
90

salam manis buat sanubari indah bromo yang berpeluk mesra di asa angan-nya sang pemilik memorare :-)

Writer lestari jingga
lestari jingga at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

iya mas asep :D

Writer eniwinarti
eniwinarti at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

huwwooww..

Writer lestari jingga
lestari jingga at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

wkwkwkw

Writer cahya
cahya at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)
100

bromo, asek jadi inget main ke bromo, dingin brrrr... yg panjang ah
"Udara dingin membuatku gigil, meski memakai jaket berlapis lapis tetap saja tubuhku gemetar". mungkin bayangan aku, "aku-kirik" keingetan kenangan dan itu membuat tidak nyaman, "aku-kirik" sudah juga mencoba memproteksi diri berlapis2 dari kenangan itu agar tidak merasakan tidak nyaman, tp tetep aja "kedinginan" xixixixi...

senja, berarti ujung hari yah apalgi sudah mau gelap, atau waktu yang lama (mungkin) terlalu lama sampai2 mau kelam. padang savana (apa yah artinya? ato cuma tambahan aja negasin suasana). kenangannya tambah tambun yah klo ke bromo lg... xixixixi
kebawahnya yah gitu lah... nt terlalu panjang ga enak sama yg baca lain, takutnya punya interpretasi yg berbeda.
Overall ada beberapa konsep logika yang agak tidak pas, tp karena ini puisi aku ga akan protes, coz dalam puisi ada kalanya kadang logika disimpan dulu sementara. cuman gambaran bromo mungkin terlalu disebutkan (menurutku), karena begitu berbicara tentang padang savana, siluet gunung, dan "pasir berbisik" ini kayaknya udah bromo bgt. mungkin (klo aku) nama bromo cukup disebutkan di judul.
klo emang tulisan ini dedicated to "R", yah hanya "R" yang bisa menilai ini suka atau tidak, karena pasti akan sangat subjektif sekali, tp karena ini di post di kekom jadi yah beginilah. xixixixi.... Piss ah ^^V
salam
cahya

Writer reen
reen at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

okeh, aku nimbrung nimpalin aja *tapi tentu saja gak ngekor donk...ntar jadi saingan MAs Reborn lagi* CMIW

Ini hanya pendapatku, mau dibilang subjektif, masalah selera atau apapun, aku rasa pembaca tetap punya hak mengemukakan pendapatnya. Soalnya Kang Furi, pasalnya menurut aku mah, subjektif itu bisa melenakan...xixixix

Untuk siapapun sih puisi dibuat, kalau aku sih, akan mengusahakan membuat puisi sebaik mungkin, bukan yang alakadarnya. Artinya, kalau mau memberi sesuatu, berilah yang terbaik yang bisa kita usahakan. (meski, bakal ada sanggahan, kan yang penting tulus...yaudahlah yaa.)

Kedua, buatku ada beberapa kalimat yang kalo aku pikir secara logika yang agak aneh. Rasanya mengganjal, atau buat saya mungkin gak enak dibaca, karena membuat gagal imajinasi. Contoh: "Ada yang nyeri, dadaku mendadak sesak seolah dipenuhi udara". Aku terganjal dengan kata udara. KAlaupun akan dijawab, oh ya itu matafor...apa boleh buat, tapi bagiku rasanya ga tepat). Gini, yang membuat sakit di dada itu apanya sih? apakah rindu, apakah kenangan, dan lalu pertanyaanku selanjutnya apakah keduanya seperti udara? Oke yang kedua, aku aneh aja, setauku dada sesak karena kekurangan udara, atau ada masalah dengan pernafasan. Atau aku membayangkan si penulis ingin menangis, hingga nafasnya tidak teratur dan dadanya sesak. Tapi apakah dadanya kepenuhan udara ? Ya kalik...kepenuhan karbondioksida barangkali. (okeh, bagian ini terserahlah, anggap asaja aku pembaca yang rewel)

lalu, "lalu kenangan itu semakin dalam membawa tubuhku mengangkasa dan tumbang" , terganjal dengan kata mendalam. Mendalam, aku seperti membayangkan ke lubuk hati, lalu kutelusuri semakin dalam dan ketika tersadar semakin sakit rasanya. Tapi, mendalam , lalu mengangkasa, lalu jatuh, aw... emang sakit, tapi aku gak jadi merasa sakit karena bagiku gagal imajinasi.

Terakhir, aku merasa ada di antara ini puisi atau cerita sih...ya kalau mau bercerita sambil berpuisi, aku cuma bisa bilang, Please...Show me, but don't Tell me...

Sekian saja racauan dari pembaca bawel yang kadang2 komen ga penting ^_^

Writer Reborn Initial
Reborn Initial at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

"Ngekor"nya biar jadi jatahku aja, Mbak. Hihihi
Btw, sebagai pembaca, sepenuhnya aku setuju sama komentar Mbak Reen. *Duh, ngekor lagi* :((

Writer lestari jingga
lestari jingga at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

rameeee.... :D makasih kalian sudah sayang aku lewat komentarnya. *eh xixixi

Writer cnt_69
cnt_69 at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

fur, "aku-kirik" tu saltik? parah bgt saltiknya, kirik kan bahasa jawanya anak anjing. -_-" mana mpe 2x lagi. #tepokjidat

Writer cahya
cahya at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

Mangap, pake henpun mohon di maklum. Td sambil meeting plak xixxixi

Writer Reborn Initial
Reborn Initial at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

:))

Writer lestari jingga
lestari jingga at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

Cahya parah banget ihh....
ahaha malam ini ada tiga pria main di mari. seru kali ya kalo diajak yasinan. eh

Writer cahya
cahya at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

Gak bs d edit lg xixixi... delete aja jingga, keknya yg punya lapak bs buat delete :D. Sapa aja 3 pria?

Writer Reborn Initial
Reborn Initial at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

Mbak Fany diitung kayaknya itu. :O

Writer cnt_69
cnt_69 at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

lempar gobang ke reborn. kamu baru tau aku laki? namaku kan cahya juga. #ngedansisan

Writer lestari jingga
lestari jingga at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

Mbak fany juga laki,anggap saja huauaahhaha

Writer lestari jingga
lestari jingga at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

jadi panjang yak :p hihi makasih loh ya ulasannya. R itu siapa sih ah. -___-

Writer Reborn Initial
Reborn Initial at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

Reborn Initial? :O

Writer cahya
cahya at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

Romeo.. xixixi... #kabur

Writer lestari jingga
lestari jingga at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

Bisa jadi xoxoxo

Writer khairani
khairani at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)
80

Kenangan..kadang menimbulkan nyeri di dada :)

Writer lestari jingga
lestari jingga at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

sangat nyeriiii -_-

Writer reen
reen at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

Bromo yah ? Bukannya udara disana itu segar sekali.

Ya mungkin saking sakit dadanya sampai gak bisa menukar karbondioksida dengan oksigen... (apasih...)

Writer lestari jingga
lestari jingga at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

iyakali... wkwkw saking segarnya sampai kenangannya juga ikuta2an segar diingatan. apasih -_-

Writer cnt_69
cnt_69 at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

-_-"

Writer lestari jingga
lestari jingga at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

heiii kamu halo apakabar, lama tak sapa dirimu

Writer cnt_69
cnt_69 at Bromo Lalu Kenangan (7 years 5 weeks ago)

hahaha... kabar baek, tapi liat tulisanmu ini jadi gimana gitu. greget. :P

Writer lestari jingga
lestari jingga at Bromo Lalu Kenangan (7 years 3 weeks ago)

jadi gimana apa coba? :P