Tegalan

Musim tak lagi berulang, tak lagi ada hangat tanah berlumpur menempel di sandal jepitku. Yang ada hanya jalan ber-paving, disertai gema dari gesekan antara sepatu kets dan daun-daun merah tembaga yang gugur dengan penuh percaya diri.

"Aku cantik, di antara yang cantik," bisik daun merah tembaga.

Udara dingin merangkak manja dari kulit ari ke sela-sela bulu roma. Menegakkan bulu tengkuk, membekukan bulu mata, dan menggelitik bulu hidung yang lelehkan demam. Membuatku ingin merasakan kembali, hangat tanah berlumpur menempel di sandal jepitku.

"Aku lumpur, di antara kecantikan," sahutku.

 

Tegal, 02-04 Maret 2014

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer nusantara
nusantara at Tegalan (3 years 12 weeks ago)
70

bagus, nyemplung ke sawah aja...
"aku cantik diantara yang cantik", bisik daun merah tembaga.
suka dengan itu.
mau tahu tidak?
dulu sempat beredar saya gila dan ngaku-ngaku bisa berbicara dengan air gara-gara buat cerpen AKU DAN AIR DALAM BOTOL.
mungkin kalau saya digituin terus itu karena ada pembaca yang keki dan keterlaluan.
untung saja tidak difitnah ngaku-ngaku bisa mendengar suara daun.
dulu, waktu bikin cerpen AKU DAN AIR DALAM BOTOL, itu dibikin gosip dan fitnah gila, air diajak ngonrol lah, menghina-hina botol lah, bodo dan tolol gitu maksud mereka, itu tahun 2012 atau 2013 an gitu,
ga tahu siapa yang sebar fitnah gitu, cuma samar-samar kedengeran di tempat tinggal sekitar dan di tempat kerja gitu, dulu itu gitu..

Writer Brynhildr
Brynhildr at Tegalan (6 years 40 weeks ago)
90

Entah kenapa, saya merasa tulisan ini pas dengan latar belakang suasana sekarang, menunggu pergantian tahun. Jangan tanya kenapa saya merasa begitu. Saya sudah bilang "Entah kenapa".
Hmm.. yah, mungkin juga karena empat kata pertama itu. Tapi ya, mungkin juga bukan cuma karena itu :)
Selamat menyambut Tahun Baru, cnt_69

Writer zasdar
zasdar at Tegalan (7 years 44 weeks ago)
100

puisinya hasil hibernasi

Writer velvet.morninghaze
velvet.morninghaze at Tegalan (8 years 6 weeks ago)

telat kayanya saya

Writer pena_hitam
pena_hitam at Tegalan (8 years 21 weeks ago)
100

Diksinya UNIK, tapi PAS banget,
dan idenya menurut saya cukup out of the box.
pasalnya gak banyak metafora yang dibangun dengan kesan monolog, seperti pada bagian "Aku cantik, di antara yang cantik," bisik daun merah tembaga. unik banget (^_^), eh brilian banget deh,, hehehe... dan beberapa bagian selanjutnya pun masih menggunakan pola yang relatif sama

Namun menurut selera saya ada perubahan sudutpandang yang terlalu drastis sehingga agak memberatkan pembaca, saya pribadi sih butuh baca beberapa kali buat betul-betul paham maknanya...
Tapi yang istimewa dari karya yang satu ini adalah menjaga tema dengan diksi yang WOW,, itu sama sekali gak mudah,
so KEREND banget lah... (^_^)..
nice,, Keep Write!!!

Writer cnt_69
cnt_69 at Tegalan (8 years 21 weeks ago)

yeeeeaaaaaaay... *senang karena uda lama gada apresiasi panjang lebar gini* :D
.
soal sudut pandang yang kelihatan berubah drastis... *mikir* asliny ga berubah deh. udah dibaca berulang kali juga ttep ketawan sudut pandang masih sama koq. *masih mikir*
tapi terserah yg baca sih sebenernya, mau nangkepnya gmn. :p
makasih apresiasinya... ^_^

Writer reen
reen at Tegalan (8 years 22 weeks ago)

ini kemajuan *minta lagi di gaplok* =))

aku sih gak bilang suruh halus lagi, ntar jadinya lebay. tapi yang begini aja, udah adem rasanya, mengingat....? *jeder*

udah bagus tegalan kan bukan dagelan ? *dikepruk*

Writer cnt_69
cnt_69 at Tegalan (8 years 22 weeks ago)

hwakakaka... mengingat apa reen?
ga tau lagi mw dikasih judul apa. wakaka...
dari tadi ngomongnya gaplok kepruk gebuk melulu. wakaka

Writer arwan
arwan at Tegalan (8 years 22 weeks ago)
80

kota kelahiranku, nice poems...

Writer man Atek
man Atek at Tegalan (8 years 25 weeks ago)
100

sipsip, kmana aja nech ?

Writer cnt_69
cnt_69 at Tegalan (8 years 25 weeks ago)

kemaren2 sempet kelamaan bertapa, paman. hahaha...

Writer siluet sendja
siluet sendja at Tegalan (8 years 26 weeks ago)
80

kok rasany kayak cerita ya mas? :S

Writer cnt_69
cnt_69 at Tegalan (8 years 26 weeks ago)

sendjaaaa.... gak inget aku ya? duh lama gak pernah sama2 nongol sih ya. ini fany ijo, mosok dipanggil "mas"? -_-" potonya aja cewe. kurang seksi x ya potoku? #plak

Writer cahya
cahya at Tegalan (8 years 26 weeks ago)

Permisi mas xixixixixi.... fotomu macho fan #kaboorr

Writer cnt_69
cnt_69 at Tegalan (8 years 26 weeks ago)

#kejarfuripakejurusgobangterbang

Writer reen
reen at Tegalan (8 years 22 weeks ago)

mas, bang, can, cempluk :))) *minta digebuk*

Writer cnt_69
cnt_69 at Tegalan (8 years 22 weeks ago)

karena udah minta, nanti kugebuk pas ketemu yak! wakakaka...

Writer cahya
cahya at Tegalan (8 years 26 weeks ago)
100

Bisa diterima lah tp masih sedikit kurang lembut, hahahaha..... ayo pe er selanjutnya. :D
Salam
Cahya

Writer cnt_69
cnt_69 at Tegalan (8 years 26 weeks ago)

ini uda lembut banget buat aku. wakakaka... kalo lebih lembut akhirnya ga kayak tulisanku donk. :D