Rumah Dandelion

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer niNEFOur
niNEFOur at Rumah Dandelion (4 years 47 weeks ago)
100

kalau besok saya punya anak, saya harap cerita ini sudah ada dalam bentuk buku bergambar, jadi saya gak perlu susah mesti buka kekom untuk mendongeng ke anak saya..
ahahahah :D
Aamiin

Writer ilham damanik
ilham damanik at Rumah Dandelion (4 years 49 weeks ago)
100

Sederhana tertata rapi kaya makna :)
Nice time to sleep, son. :D

Writer Thiya Rahmah
Thiya Rahmah at Rumah Dandelion (4 years 49 weeks ago)
100

KENAPA BARU SEKARANG SAYA MEMBACANYA?!! /ditabok/
MANIS!! Benar-benar sederhana dan sendu. Ringan namun berkesan. Cocok deh kalau dibaca anak-anak. Dongeng yang keren XD
Empat jempol untukmu!
.
Keluhan saya paling, kurang sedikit menggigit di bagian para hantunya mengganggu si Dandelion. Perjuangannya juga masih belum terlalu nendang. Kurang keras hambatannya untuk bisa menguasai rumah tua itu akhirnya.
Tapi, ini saja keren XD
Benar-benar lembut pokoknya!
.
Terus semangat menulis Kak Latophia XD

Writer rian
rian at Rumah Dandelion (5 years 1 week ago)
90

Cocok buat cerita anak-anak. Pesannya oke. Bahasanya lurus-lurus aja sih, jadi gampang buat bacanya. Bagus.

Writer latophia
latophia at Rumah Dandelion (5 years 5 days ago)

makasih udah mampir rian^^

Writer Nine
Nine at Rumah Dandelion (5 years 1 week ago)
100

Paragraf awal bikin saya jatuh cinta, idenya juga menarik, dan cara berceritanya bikin betah. Kamu kalau nulis beginian pasti unik, sama seperti cerita si nenek itu :)
.
Yang bikin sy kcewa dari cerpen ini (ngak terlalu kecewa sih, dikit aja kok) adalah konfliknya menurutku tidak sampai puncaknya. Saya inginnya (lho?) perjuanggan si dandelion pertama dibikin berat dan kondisinya prihatinnya dieksplor lgi, saya pribadi kurang merasa kasihan sama dandelion pertama.
Tapi secara keseluruhan, cerita ini manis latophia, kereenn, hehehehe ^^
.
Sekian dari saya, mohon maaf kalau ada kata yg kurang berkenan,
Salam olahraga (y)

Writer latophia
latophia at Rumah Dandelion (5 years 1 week ago)

Kritiknya seperti Zarra, iya, sepertinya memang terlalu naratif dan datar ya. Keknya memang perlu direvisi deh^^
.
Trims kritiknya Nine, saya memang masih butuh banyak kritik kok. Masih terlalu hijau dalam dunia tulis menulis, jd butuh warna lain. Jangan sungkan2 ngritiknya^^

Writer Nine
Nine at Rumah Dandelion (5 years 1 week ago)

Ngak ada yg datar di sini mba latophia ^^
Cuman konfliknya aja yg kurang menanjak, seperti yg sy bilang keseluruhan cerita ini manis, sweet sweet vibrating-lah ^^

Writer Zarra14
Zarra14 at Rumah Dandelion (5 years 1 week ago)
100

Memenuhi ekspekstasi dongeng pengantar tidur.
Sederhana, manis, dan mengandung pesan.
Coba lebih kamu panjangin, tambahin detil di konflik, misal ketika hantu-hantu itu mengganggu dandelion, atau tambah konflik lain yang menguji dandelion2 itu.
Saran pribadi aja sih hehe.

Terus semangat nulis :D

Writer latophia
latophia at Rumah Dandelion (5 years 1 week ago)

Karena niatnya nulis dongeng pengantar tidur, kalau terlalu detail hantunya, kuatir kl nanti yg didongengi malah jd horor ga bisa tidur, hehe
Tapi jadinya terlalu minim konflik ya, terimakasih sarannya Zarra :D

Writer Ran Ganiya
Ran Ganiya at Rumah Dandelion (5 years 1 week ago)
80

Saya suka saya suka!(ala Meimei upin-ipin). Ceritanya ringan, bahasanya enak, dan nggak perlu banyak mikir. hehe. (namanya juga pengantar tidur)
Pernah baca dongengnya Hans Christian Andersen? kyaa, ini hampir-hampir semacam itu. Yang tokohnya tanaman, konflik tampak tak berarti tapi ada pesan dibaliknya. :)

Writer latophia
latophia at Rumah Dandelion (5 years 1 week ago)

waaah..masih teramat kejauhan kl dibandinginnya sama Andersen^^

Dongeng Andersen sih pernah baca bukunya waktu SMP, cuma kl aku sendiri pengantar tidurnya dulu malah dongeng-dongeng kancil, timun emas, panji laras, dll ^^

Trims dah mampir Ran, senang kl kamu suka^^

Writer kukuhniam
kukuhniam at Rumah Dandelion (5 years 2 weeks ago)
40

Bolehlah buat pesannya

Writer hidden pen
hidden pen at Rumah Dandelion (5 years 2 weeks ago)
40

agak bingung ketika aku menerjemahkan apa itu dandelion. setelah penelusuran di google. oohh jadi itu dandelion hehe
sepertinya saya menggambarkan ceritanya seperti agar kita tak mudah putus asa dalam melakukan sesuatu.
mungkin benar atau salah tentang gambaran yang kudapatkan dari cerita ini. selebihnya mungkin akan masuk ke imajinasi masing-masing

ahaahha kukira segitu aja lathopia. selebihnya mohon maaf yeee :D

Writer latophia
latophia at Rumah Dandelion (5 years 1 week ago)

hai hidden,
sebenernya waktu nulis ini sih maksudnya dandelion sbg simbol cinta dan kasih sayang, sementara hantu sbg simbol kebencian dan pertengkaran, rumah sbg simbol keluarga.. tp ga masalah kalau pembaca punya interpretasi lain..
makasih udah mampir ya :)

Writer JP
JP at Rumah Dandelion (5 years 3 weeks ago)
100

Aku menyukai cerita ini. pesannya sangat kuat. Aku rasa tidak hanya anak'-anak yang akan menyukai ceritanya. Deskripsinya jg bagus. kesalahan yg aku jumpai hanya satu, kata 'yg' disingkat' hehe nice story!

Writer latophia
latophia at Rumah Dandelion (5 years 1 week ago)

trims JP.. waduh ada singkatan yang kelewat mata waktu ngedit..
makasih atas kejeliannya ya :)