Cerita Sudah Selesai

Read previous post:  
61
points
(0 words) posted by AV Hrisikesa 6 years 33 weeks ago
67.7778
Tags: Cerita | Cerita Pendek | sastra
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer Shin Elqi
Shin Elqi at Cerita Sudah Selesai (6 years 22 weeks ago)
90

Saya baru menyadari satu hal di sini, yaitu salam dari kedua tamu tersebut.
Sepengetahuan saya, salam seperti itu hanya untuk muslim ke muslim, bahkan saya pernah jika orang non-muslim yang mengucapkannya tidak wajib untuk dibalas.

Nah dalam cerita ini, dua tamu tentu tahu bahwa mereka masuk ke dalam tempat ibadah agama lain, bahkan melihat mereka sedang melakukan ibadah,kenapa mereka mengucapkan salam?

Di sini lah saya bertanya-tanya. Apakah penulis ingin menegaskan bahwa dua tamu itu adalah orang muslim? Atau ada maksud lain darinya?

Saya menikmati cerita ini, juga hadis yang seakan menjadi alasan dibalik kejadian tersebut (dua muslim masuk ke dalam gereja membawa kardus dan tas besar). Mungkin amanat dari cerita ini adalah hadis tersebut, atau terciptanya karya ini diawali dari hadis itu.

Yang manapun itu, ini cerita yang mengandung hal baik, dan pantas untuk diaplikasikan dalam kehidupan, apapun agamanya.

Writer duvernoy
duvernoy at Cerita Sudah Selesai (6 years 30 weeks ago)
70

Waww :v
Yg terlihat jelas bagi saya justru kekontrasan antar 2 agama wkwk.. Waktu awal" baca sempet agak mikir, apa yg buat cerpen orang katolik? Tapi insting saya kakak orang muslim n ternyata benar (yeayy)
Waktu baca sampe bawah n sadar kakak bukan katolik, sy beneran salut sama kakak yg menceritakan adegan di gereja dg cukup detail, bahkan sampe ke ayat dlm alkitab. Walau beberapa kalimatnya berbeda dg misa yg sy jalani di sekolah, tp btw aku beneran kagum karna ini pertama kalinya aku membaca dua agama di satu cerpen yang terpampang jelas bahwa keduanya berbeda, keren loh \(0.0)/

Writer AV Hrisikesa
AV Hrisikesa at Cerita Sudah Selesai (6 years 30 weeks ago)

Itu Misa Jum'at pagi. Dan setahu saya, memang ada perbedaan pada setiap gereja dalam pelaksanaan liturgi ini.Tergantung pada peraturan masing-masing dioces.

Terima kasih untuk ulasannya, Duvernoy.

Writer Zarra14
Zarra14 at Cerita Sudah Selesai (6 years 30 weeks ago)

Saya titip jejak dulu kak, banyak peer ane padamu :P

Writer AV Hrisikesa
AV Hrisikesa at Cerita Sudah Selesai (6 years 30 weeks ago)

Oke.
Concern saja dulu sama yang itu.
Haha...

Writer unluckycat
unluckycat at Cerita Sudah Selesai (6 years 30 weeks ago)
80

wew sensitip nih ada agama2nya
tapi klo sebatas fiksi gpp sih
buat ceritanya sendiri lumayan om

Writer AV Hrisikesa
AV Hrisikesa at Cerita Sudah Selesai (6 years 30 weeks ago)

Banyak penulis yang coba membuang unsur agama dalam ceritanya. Dan saya adalah tipe penulis yang tidak bisa lepas dari agama.

Writer joe_black
joe_black at Cerita Sudah Selesai (6 years 30 weeks ago)
100

Hemmm seperti sebuah hal sesederhana dan sejujur yang bisa dia bisa buat dan tetep ceritanya bisa dinikmati..dari sebuah mesin tik..buat penulis yg .... :),,,, :) tapi ini versinya beda :)

Writer AV Hrisikesa
AV Hrisikesa at Cerita Sudah Selesai (6 years 30 weeks ago)

Penulis yang ...
Apa isi dari ellipsisnya?
Hm?
:)

Writer mizz_poe
mizz_poe at Cerita Sudah Selesai (6 years 30 weeks ago)
70

8 buat Status Juru-tulis pd Om Pastor.
6 buat campuraduk reliji yg awww,,, kurang woles.

rata2: 7 deh.

hohoho..

Writer AV Hrisikesa
AV Hrisikesa at Cerita Sudah Selesai (6 years 30 weeks ago)

Oh...
Jadi kurang santai, ya?
Okay. Terima kasih untuk ulasannya.

Writer hidden pen
hidden pen at Cerita Sudah Selesai (6 years 30 weeks ago)

naahh ini cerita sudah selesai. wooww bang AV memang sangat membuatku terkejut dengan akhirannya. ini akan menjadi cerita penuh pro dan kontra yang gak mengenakkan
bahkan aku yang sebagai muslim hanya bisa menarik nafas dalam. huufft baiklah bang akan kukeluarkan uneg-unegku.

pesan saya bagi yang muslim berhati-hatilah membaca cerita ini. jangan suudzon dengan penulisnya. itu tidak baik.

pertama: cerita sebelumnya oke dan membuatku tertarik untuk menanti cerita seru dari abang dan amanat yang ada di ceritanya saya sudah menggambarkan kalo kita tidak boleh terlalu curiga berlebihan. tetapi namanya manusia pasti punya rasa takut dan itu sudah mengalir kuat di cerita ini.

melihat kevin yang muslim bertekuk lutut dan memegang tangan pastor dan pastor itu malah kayak gak ingin membantu orang itu untuk berdiri kembali. kayak keenakan gitu. mungkin jika muslim awam yang baca ini tanpa berpikiran jernih. mungkin akan bentrok dengan agama lain.

kedua: mengenai hadist shahih baginda Rasulullah Shallallahu'alaihi Wassalam. tolong diberi petunjuk hadits mana dan ulama yang nyebarin hadits ini.
sebenarnya bang. aku gak tau hadist ini atau emang belum tau.

ketiga: isi kardus itu akhirnya terungkap. tapi wow terkejutlah aku bang. kukira ada yang lebih ringan ketika kardus terlempar di udara dan ditangkap dengan mudah. tanpa merusak kotak rokok yang saya udah pernah lihat kayak apa tuh kardus. superhero ini mah.
mesin tik itu berat banget loh bang. apa emang ringan ?

naaahh udahan bang terima kasih udah mau digangguin

Writer AV Hrisikesa
AV Hrisikesa at Cerita Sudah Selesai (6 years 30 weeks ago)

Okay, here is the answer.
Pertama, saya juga muslim. Dan inshaallah tidak hanya muslim sebatas identitas. Saya memmpelajarai banyak hal dalam islam. Tapi, semakin banyak yang saya pelajari, justru saya merasa semakin sedikit ilmu yang saya dapatkan. Maksudnya, semakin kita banyak tahu, semakin kita tahu kalau pengetahuan kita belumlah seberapa bila dibandingkan seluruh pengetahuan yang ada di dunia ini.

Kedua mengenai Kevin dan Hilman yang dibiarkan berlutut, sebenarnya di sini Pastor Zaynn diam-diam menguji apakah mereka benar-benar tulus meminta atau hanya sebatas sandiwara saja.

Ketiga, itu adalah kutipan hadits Shahih Imam Bukhari pasal 6015. Tafsiran atas hadits tersebut ada dalam kitab Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhari yang ditulis oleh Ibnu Hajar Asqalani.

Keempat, jangan lupa kalau kardus rokok banyak macamnya. Dan di sinilah perbedaan sudut pandang membuat kita memikirkan sesuatu yang berbeda meski memiliki nama yang sama. Di sini yang saya maksud kardus rokok yang memiliki ukuran kurang lebih 52x37.5x40 cm. Untuk mereknya tidak saya sebutkan, yang jelas bukan kardus rokok yang super besar.
Lalu masalah terlempar ke udara tidak sama maknanya dengan melayang tinggi di udara. Di sini kardus hanya terlepas dari genggaman Hilman dan terangkat sedikit dari tinggi semula sebab lontaran momentum yang tak terduga. Kalau kamu pernah terpeleset sambil membawa beban seberat 7 kg, maka bayangkan saja hal yang sama. Selain itu, saya tidak bilang mudah bagi Kevin untuk menangkapnya. Dan saya juga tidak paparkan kalau kardusnya juga tidak koyak ataupun rusak, yang jelas isinya baik-baik saja. Tapi logikanya, kardus memang tidak akan rusak jika isinya tidak berguncang hebat. Dan ingat Hilman membawa mesin tiknya dengan dua tangan, sementara Kevin menangkapnya juga dengan dua tangan sambil menjatuhkan badan.

Oke, terima kasih untuk kunjungannya.

Writer hidden pen
hidden pen at Cerita Sudah Selesai (6 years 30 weeks ago)

terima kasih bang sudah sudi menerima uneg-unegku yang terdengar emosional dan terima kasih juga telah menjelaskan hadits shahih hehehe aku paham sekarang. saya orang awam yang tidak mengerti apa-apa. aduhh gak enak neh komen kayak gini di lapak bang AV

dan juga kebetulan juga bang, saya juga punya mesin tik << saya juga paham mengenai tingkat jatuhnya, beratnya, ukurannya dan yaahhh bila dipegang dengan cepat tidak akan mencederai orang yang bawa.
ehm ehm ngerti banget bang megang pake dua tangan. kalo satu tangan. wallahualam.

yaahh jika pastor emang ingin menguji, tapi tetap aja mengandung pro dan kontra mengenai tekuk lutut sembari memegang tangan pastor. hmmm pendapatku begitu hihihi

oke sama-sama bang AV dan terima kasih udah mau diganggu juga maaf gak sempat komen di kisah sebelumnya tetapi cerita bang AV emang top dah.

salam

tersembunyi