Aku Ingin Memancing

1. Pembunuhan Pertama.

"Aku dibunuh di sungai oleh dua perempuan bermata sipit."

Ah, maksudmu Yoona dan Taeyeon?

"Aku tidak peduli siapa mereka. Kalau aku hidup kembali, aku akan cari mereka dan membunuhnya."

Kau akan menyesalinya.

"Tidak akan."

Mereka itu perempuan cantik.

"Cantik yang mematikan."

Aku yakin, setelah bertemu mereka kembali niat membalas dendammu akan sirna seketika. Kau bahkan mungkin akan jatuh cinta pada mereka, lalu kau akan dibunuh untuk kedua kalinya.

2. Pembunuhan Kedua.

"Mereka membunuhku lagi."

Siapa?

"Yoona dan Taeyeon itu. Mereka membunuhku di pinggiran sungai Han."

Seharusnya kau sertakan 'ssi' di belakang nama mereka, atau 'nuna' karena kau lebih muda dari mereka.

"Persetan dengan sopan santun itu. Jika aku hidup kembali, akan kubunuh mereka berdua dan mengirimnya ke sini."

Kau sudah mengatakannya, tapi buktinya, malah mereka yang mengirimmu kembali ke sini.

"Untuk kali ini, akan kupastikan itu tidak akan terjadi."

3. Pembunuhan Ketiga.

"Mereka menggunakan kecantikan untuk membunuhku."

Kau siapa?

"Aku orang yang dibunuh Yoona-ssi dan Taeyeon-ssi."

Oh. Sekarang kau menghormati mereka setelah dibunuh untuk ketiga kalinya?

"Tidak."

Lalu, kenapa kau menambahkan 'ssi' di belakang nama mereka?

"Itu karena, mereka menciumku sebelum melemparku ke sungai. Aku rasa, mereka telah jatuh cinta padaku. Kalau aku hidup kembali, akan kugunakan perasaan itu untuk membunuh mereka."

Atau sebaliknya, kau akan dibunuh lagi oleh mereka.

4. Pembunuhan Keempat.

"Aku dibunuh lagi oleh kedua perempuan itu."

Di sungai?

"Iya."

Dengan kecantikan?"

"Iya."

Dan cinta?

"Iya. Kenapa mereka bisa memperdayaku dengan kedua hal itu, dan kenapa pula mereka memilih sungai untuk menempatkan jasadku?"

Kau akan mudah mendapatkan cinta jika cantik, tetapi kecantikan tidak akan menjamin cinta itu melekat padamu selamanya. Dan sungai adalah tempat terbaik untuk mengubur masa lalu, karena apa yang dibuang di sana, tidak akan kembali ke tempat semula.

"Lalu, kenapa mereka membunuhku?"

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer rian
rian at Aku Ingin Memancing (5 years 17 weeks ago)
80

Saya juga enggak bisa nangkap maksud cerita ini. Mungkin ini ttg orang yang susah move on atau apalah gitu #soktau

Jadi ini sekadar untuk ngasih tau saya udah baca ini. Salam dan sekian.

Writer Shin Elqi
Shin Elqi at Aku Ingin Memancing (5 years 10 weeks ago)

Yah, hampir tepat tuh Rian.
Terima kasih telah datang.

Writer vinegar
vinegar at Aku Ingin Memancing (5 years 17 weeks ago)
80

Ada yang agak kontradiktif di pembacaan saya, di kalimat ini.
Dan sungai adalah tempat terbaik untuk mengubur masa lalu, karena apa yang dibuang di sana, tidak akan kembali ke tempat semula.

Tapi tokoh aku dibunuh berkali-kali dibunang ke sungai kenapa selalu kembali. Saya bukan orang yang pinter membaca cerita2 yg berbau filosofis gitu, jadi terus terang saya nggak ngeh dengan makna sungai, pembunuhan dan kecantikan di sini. Mohon maklum :)

Writer Shin Elqi
Shin Elqi at Aku Ingin Memancing (5 years 10 weeks ago)

Saya juga tidak paham. #ditampar
Itu sudut pandang yang baru saya pikirkan. Ternyata ada kontradiksi semacam itu di cerita ini.
Saya akan membelanya semampu saya.
Bagaimana kalau seperti ini, tokoh aku adalah seorang individu pecinta, mencintai seorang gadis cantik, tapi kemudian mereka putus (bunuh). Si aku berpikir (sungai) untuk kembali ke ia (cantik), tapi berkali-kali pun mencoba ia (cantik) tetap tidak mau (bunuh). Lalu si penjaga sunga (kesadarannya) mengatakan kalimat tentang sungai dan masa lalu (melupakan).

ah, apa ini coba?
saya merasa telah bermain curang, dan berdosa.
terima kasih atas pendapatnya.

Writer Ruf_ina
Ruf_ina at Aku Ingin Memancing (5 years 17 weeks ago)
80

Bingung? Iya. Aneh? Iya juga. Meski demikian, kalimat di akhirnya seperti penjelas-yang-tidak-menjelaskan-juga. Mungkin cerpen ini seperti menyimpan makna simbolik-apa pun-itulah. Aku tidak yakin bisa menangkap apa tidak maksudnya.

Writer Shin Elqi
Shin Elqi at Aku Ingin Memancing (5 years 10 weeks ago)

Cukup dinikmati saja. Jangan terbebani untuk menangkap maksudnya.
Terima kasih

Writer arsa.najandra
arsa.najandra at Aku Ingin Memancing (5 years 17 weeks ago)
70

kisah cinta yang selalu kandas, digambarkan sebagai pembunuhan. bener ngga sih? :D

perulangannya itu loh, dengan tambahan cara membunuhnya yang bikin ceritanya asik.

Writer Shin Elqi
Shin Elqi at Aku Ingin Memancing (5 years 10 weeks ago)

kurang lebih demikian.
Terima kasih :)

Writer The Smoker
The Smoker at Aku Ingin Memancing (5 years 17 weeks ago)
80

sial, penonton diajak ke manamana dulu, akhirnya ditendang juga ke sungai yg sama. haha.
.
gak nyangka endingnya ANU banget! padahal itu salah satu unsur yg penting juga ya. jadi saya rasa repetisi di bentuk ini berhasil untuk mendukungnya.

Writer Shin Elqi
Shin Elqi at Aku Ingin Memancing (5 years 10 weeks ago)

Terima kasih, Z.
Saya memang ingin memainkan unsur repetitif itu. Mencoba dulu di karya pendek, sebelum berlanjut ke karya besar. Bwahahah

Writer arsenal mania
arsenal mania at Aku Ingin Memancing (5 years 17 weeks ago)

hai nur semok, lu abis nonton gosip yak?
ahahaha, mari dibedah (ciyeeeh)
judulnya: "aku ingin memancing"
lalu saia menghubungkan dengan sungai dan dua cewek (yang katamu) cantik, tapi saia nggak kenal sama sekali.

apa sih hubungan antara judul sama isinya?
loh, judulnya simpel, tapi isinya masalah pembunuhan. sampai empat kali pulak.
.
kalo saia ngeliatnya gini:
dari judul: aku ingin memancing
setting pembunuhan: sungai
tokoh: aku, persona entah, dan dua cewek yang bahkan tidak saia kenal
kemudian saia hubungkan
---
memancing apa yang akan mengakibatkan seseorang terbunuh? buaya mungkin? dinosaurus? atau... (elipsis dramatis ala drama kekinian) masa lalu?
..
sungai yang jadi setting pembunuhan mungkin semacam metafora untuk jalur hidup, jalur waktu. terang sekali disebutkan:
" sungai adalah tempat terbaik untuk mengubur masa lalu, karena apa yang dibuang di sana, tidak akan kembali ke tempat semula"
...
yah ini mungkin cerita cowo yang masih aja ngehubungin mantannya. terus sakit hati sendiri karena masih cinta.
hallah.
ahahaha salah yak? yauwis lah gpp

babay nur semok binti saifullah

Writer Shin Elqi
Shin Elqi at Aku Ingin Memancing (5 years 17 weeks ago)

Siapa itu Nur, dan kenapa ia Semok?
.
Salah satu pakar terbaik tentang Anuisme datang :v
.
Masalah judul, saya sebenarnya iseng saja. Iseng dengan maksud terselubung, tapi kalau diterangkan tidak terselebung lagi dong. Melihat ada kemungkinan banyak yang bingung untuk komentar, jadi terpaksa saya jawab.
.
Judul itu bentuk dari keinginan saya untuk memancing interpretasi masing-masing pembaca terhadap cerita (najong yang tidak dirindukan ini). Bukan sebagai judul utama cerita, karena ada sub-judulnya masing-masing.
.
Bisa dikatakan pendapatmu tidak salah, karena setiap orang punya pandangan sendiri terhadap cerita, kecuali kamu menyebut "Nur Semok" itu baru sangat salah.
.
Tapi, terima kasih atas komentarnya ~_~

Writer arsenal mania
arsenal mania at Aku Ingin Memancing (5 years 17 weeks ago)

ah, peduli amat.
pokoknya lu nur semok binti saifullah yang seksi masyaallah.
titik
:D

Writer Shin Elqi
Shin Elqi at Aku Ingin Memancing (5 years 10 weeks ago)

Bunuh Hayati di rawa-rawa, Bang.
Hayati sudah nggak kuat!

Writer benmi
benmi at Aku Ingin Memancing (5 years 17 weeks ago)
50

Mgkn saya lelah... saya ga ngerti ceritanya ini..
N endingnya jg.. bisa tolong dijelaskan lebi lanjut wahai penulis. (Bengong sambil nunggu kejelasan)

Writer Shin Elqi
Shin Elqi at Aku Ingin Memancing (5 years 17 weeks ago)

Anda bingung: Anuisasi berhasil. Bwahaha,
jika bingung berlanjut, hubungi psikiater.