F

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer Rusty Wilson
Rusty Wilson at F (5 years 27 weeks ago)
90

Saya suka gaya penceritaannya di mana kesan natural dan santainya dapat, tapi ga meninggalkan gaya penulisan bakunya.
.
Sayang endingnya kurang diperjelas (kalau menurutku sih).
.
Diksinya juga lumayan bagus. Banyak juga kata-kata yang jarang saya dengar, cuman ada beberapa yang saya bingung:
1. Kalimat "Bila bulan sedang ikut hadir dan sedikit lingsir ke atas, hasrat bersenggama akan ikutan memuncak di kepalanya." saya rasa kurang cocok di sana.
.
2. Kalimat "Ketika bulan sudah sedikit melingsir ke atas, Pamela dan Luna sudah lenyap dari warung." ini maksudnya apa ya? Hari sudah malam? Tapi kata "lingsir" artinya terbenam. Bulan terbenam? Bukannya malah berarti pagi? Saya bingung.

Writer The Smoker
The Smoker at F (5 years 27 weeks ago)

Iaa sengaja dilesapkan, tuntutan manajemen, hihi.
Wah, makasih untuk mengingatkan itu. Saya suka tertukar dengan 'tergelincir' atau 'menggelincir'
:)

Writer kartika demia
kartika demia at F (5 years 27 weeks ago)
80

Nanggung sekali endingnya, Semok. Dalam pemikiran lebayku (halah!), misalnya; deras hujan sebagai analogi dari musibah yang dialami putri si ibu, jika benar seperti itu hint2 analogi di awal kurang kuat. Hanya pemikiranku saja ya. Lain ceritanya jika pemikiran ceritamu beda denganku (lah, ini aku kok jadi maksain idenya penulis sih? Wkwk) yah, anggap aja itu saran. Soalnya cerpenmu ini konfliknya kurang kuat, cuma adegan2 di malam yang bangsat(?). Yah, misal kamu masukin analogi itu atau lainnya, dan atau ide2 lainnya, cerpen ini bisa menimbulkan komtemplasi bagi pembaca.
.
Kata-kata tak bakunya masih enak dibaca. Meski sebenarnya aku lebih suka dengan gaya berceritamu yang ala terjemahan (baku) tapi kesan 'keparat'nya masih dapat. Dan di tulisan ini beberapa masih harus patuh EBI kayaknya. Misalnya;
si Bapak, si Pemuda, si Gadis (penulisannya tanpa kapital, karena bukan sapaan dan tidak diikuti nama orang)
sekedar--> sekadar
menghisap--> mengisap
.
Wes dah. Minal minul yak.. eh, minal aidzin wal faidzin. Maaf jika kemarin2 aku songong.

Writer The Smoker
The Smoker at F (5 years 27 weeks ago)

Kart, line lu baru lagi?
.
Hujan di ending, ditambahin sebagai penutup elemen di beberapa paragraf sebelumnya sii, niatnya. Lantas dihapus karena rasanya bikin medioker.
.
kalau dirimu rasa nanggung, mungkin benar. Tapi emang lagi pengen segitu aja sii selewat2 dengan hint yg nggak terlalu ekstrim. konflik yg semu. Pas nulis lagi inget cerpen dengan rasa yg sama. Dan iya datar2 saja... sekilas.
.
Dan untuk penulisan misal si Pemuda, si Bapak, gw pernah nulis (bukan cerita yg ini) nggak ppake kapital, lantas gw kirim ke siapa gitu, dan beliau ngasih editannya pake kapital. si Mas, si Gadis, si Om, tapi ya ndak tau juga ya.
Makasih yak, Kart. Isap dan sekadar, amnesia mulu.
Minal aidzin juga *salamtempel*

Writer kartika demia
kartika demia at F (5 years 27 weeks ago)

Iya baru, yang lama lupa password. Soal kapital coba cek di EBI yang baru, kayaknya aku pernah share link-nya. Mataku yang siwer atau temenmu yang khilaf, asal jangan kamu yang khilaf ya nak. Eh iya, aku jg blm masuk grup lagi yak. Masih sibuk liburan soalnya. Wkwkw

Writer Nine
Nine at F (5 years 27 weeks ago)
100

Asik lah dibaca, cerita ttng potret kehidupan malam di warung pinggir jalan. Deskripsi ama dialog tokohnya ngena bang ama suasana yg mo dibangun. Itu saja keknya.

Writer The Smoker
The Smoker at F (5 years 27 weeks ago)

Aha, terima kasih Nine :)

Writer daniswanda
daniswanda at F (5 years 27 weeks ago)
90

Temanya rada random kayaknya nih. Gue nggak nangkep maksudnya, Bro. Lagi kekenyangan makan opor sepertinya.
.
Tapi gaya bercerita dan kebangsatan lu bisa dinikmati sih di sini. Guyonannya juga bikin ngakak. Plus pemakaian kata-kata nggak bakunya yang enak, ngedukung ceritanya sendiri. Tapi kata "bikin" nggak perlu dicetak miring, Bang. Uda ada di KBBI.
.
Dah lah itu aja. Nyari salam tempel dulu.
Salam literasi.
*tendangselangkangan

Writer The Smoker
The Smoker at F (5 years 27 weeks ago)

Entah, bro... Gw nya aja mungkin yg kebanyakan minal aidzin sama orang, ngahaha.
.
Thx bro, gw bakalan inget.
*remesbijisalak*