DIBURU WAKTU

Noda merah mengering menghitam di tubuh gelap yang awalnya hitam manis. Tak tampak senyum tertinggal luka di pelipis. Aku ikut menangis. Teriris dibawa sendu suasana kelam melodi sadis dan langit tak menangis. Egois.

Berat hati memikirkan tak pasti mencari apa gerangan tujuan. Manusia membunuh manusia tak berkesudahan.

Sepertinya ini puisi yang cukup bagus untuk meredam bu guru yang suka kesal karena aku tidak bagus bikin puisi, begitu pikirku dalam hati menimbang-nimbang. Sebaiknya aku tanya nenek saja, ya karena orangtuaku sedang tidak ada.

"Nek... Nenek... Nek..."

Aku mencari dimana nenek berada tapi tidak ada. mungkin sedang di kebun membersihkan rumput.

"Nek... Nenek dimana?!"

Ternyata tidak ada. Apa di halaman belakang? Sebaiknya aku cari kesana.

"Tidaaaaaaaaak!!"

"Tidak mungkin!!"

Aku melihat banyak darah dimana-mana.

Aku melihat banyak darah dimana-mana.

Aku melihat banyak darah dimana-mana.

Kukira darah nenek ternyata darah ayam, waduh. Adikku main sembelih-sembelihan. Tapi, disembelih beneran.

-----------------------------

"Ini cerita apan, Tono. Puisinya bagus. Tapi kok, begini. Tapi bagus untuk waktu 10 menit." Kata bu guru dan bel pulang sekolah berbunyi.

TAMAT.

 

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer yukihiro
yukihiro at DIBURU WAKTU (3 years 29 weeks ago)
100

apa ini.......

Writer nusantara
nusantara at DIBURU WAKTU (4 years 50 weeks ago)
100

saya menulis ini dengan bumbu humor yang mungkin lucu mungkin juga tidak...
saya mengingat konflik-konflik di belahan dunia dari masa ke masa dari apa yang telah saya baca dan saya lihat baik dari buku, internet, atau berita-berita tv.
konflik diskriminasi terjadi sepanjang periode kehidupan manusia. amerika dan afrika selatan pernah mengalami hitam vs putih, eropa jangan tanya soal perbudakan orang-orang dari afrika, tak luput wilayah arab masa dulu, siapa yang tidak kenal BILAL.
semua itu, terjadi bukan karena keinginan TUHAN.
itu pasti.
di indonesia juga konflik berdarah pernah ada, politik, kekuasaan, ketimpangan sosial, gesekan ideologi agama, dsb.
alhamdulilah tak separah irak, suriah dsb.
menyimak acara mata najwa semalam, membuka mata saya, dan seharusnya juga kalian. seru menyimak dan mengetahui letak permasalahan yang menjadi topik iutama pembicaraan.
almaidah 51, bagaimana memahaminya?
ISIS, yahudi atau nashara???
keterangan kalimat terakhir adalah penegas,innallaha laa yahdilqaumazhzhalimin.
yang hatinya maridh di ayat 52 nya, seperti dijelaskan albaqarah 10-12.
orang muslim juga ada yang melakukan kejahatan. banyak. saya kira tak perlu dijelaskan bahwa pelaku kejahatan adalah orang-orang zhalim. gelap mata karena tidak tahu atau bagaimana lah pokoknya begitu.
orang berbagai warna kulit darahnya semua berwarna merah.
psikologi manusia mantap dipelajari untuk mencegah hal-hal diluar kendali diri, juga segolongan, bahkan sebuah bangsa.
agamanya tidak salah. saya kira semua setuju.
sikap baik dilakukan oleh manusia baik dan sikap terbaik dilakukan oleh manusia terbaik.
pahami dengan sebaik-baik penalaran.
saya belajar.
apakah kalian belajar?
ketika perbudakan orang-orang afrika di eropa jaman dulu, tanya saja para pemeluk kristen apakah yesus mengajarkan perbudakan dan menganjurkan orang kulit hitam yang harus jadi budak?
kita kubur budaya lama yang keji. apa bisa?
nabi isa (yesus) dan nabi muhamad mengajarkan hal yang sama dimana ajarannya untuk kebaikan manusia.
wa'tashimuu bihablillaahi jamii'an walaa tafarraquu.
ap ini untuk umat islam saja? dengan kristen? dengan israel? atau dengan sesama manusia yang beragama hindu dan buda dan lain-lain kepercayaan.
konghucu, kong fu tse (lupa nulisnya gimana) mengajarkan hal yang baik juga.
saya belajar dan hanya belajar saja. tapi banyak yang marah. haha. aneh.
tulisan saya tidak membahayakan pikiran siapa pun.

Writer nusantara
nusantara at DIBURU WAKTU (4 years 50 weeks ago)

waduh ada yang terlalu serius, takut ada yang marah dan dikira berat sebelah.
ga gitu juga, terlalu serius itu jangan.
ya emang sensitif makanya pake jock.
iya zhalim itu orang zhulumat, kebalikan dari nur.
nur cahaya.
zhulumat ga ada cahaya. gelap. gelap mata.
gelap mata pelajaran tentang:
-mind
-emotion
-soul
-body

awareness masuk ke sebelah mana ya?
fenomena kesurupan bagaimana menjelaskannya?
fenomena pingsan bagaimana menjelaskannya?
fenomena lepas kendali diri orang marah bagaimana menjelaskannya?
berpikir seperti hulk atau david banner?
hulk tidak berpikir seperti di film cuma ngamuk doang tapi david banner berpikir.
yang menyelamatkan manusia dari jurang kehancuran dalam arti krisis kemanusiaan itu apa???
ilmu pengetahuan.
tak lain dan tak lebih.
Allah menciptakan manusia.
semua manusia dengan berbagai ras, etnis, suku, bangsa, dll.
semua Allah yang menciptakan.
Tanya orang afrika jaman dulu misalnya...
apakah takdir Tuhan mereka jadi budak yang diperdagangkan???
takdir Tuhan atau ke-egoisan manusia???
ini maksud saya mempelajari kisah kelam sejarah menusia yang berdarah-darah.
WHERE WE ARE?!