Malam

Di beranda malam pandangi sisa hujan
Jauh di kedalaman matanya di temuinya sederet kisah
Di sepertiga malam kisah itu ia pungut kembali
Ia simpan itu sebagai luka

Jauh di jantung malam
Ia jumpai wajahnya sendiri
Cahaya di matanya di lahap hujan
Di antara benang benang hujan itu ia mencari pecahan matahari sore tadi

Di rahim malam ia temui waktu
Gelisah yang tumpah di antara kelam kisah yang ia tinggalkan
" Aku ingin segera rebah menyandarkan tubuh, pada gemuruh subuh di malam jauh " katanya

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer leonard
leonard at Malam (4 years 44 weeks ago)
70

Bagus mas

Writer KieROCKERS
KieROCKERS at Malam (4 years 50 weeks ago)
80

Bagus

Lebih bagus kalo di iringi gitar tua :D

Writer jalang
jalang at Malam (4 years 51 weeks ago)

Butuh malam yang benar-benar magis untuk bisa menulis ini. Saya merasa dilemparkan ke sebuah planet yg asing dan gelap. Saya suka

Writer samalona
samalona at Malam (5 years 5 days ago)
80

Imajinya pekat, memekat seiring runtutan waktu yang bergerak dari bait 1 menuju bait 3.
Tidak diberikan sedikit gambaran tentang "sederet kisah" yang muncul di bait 1, tapi kemungkinan kisah-kisah itu merupakan kenangan bahagia/manis yang timbul saat memandangi hujan, tetapi karena aku lirik tidak sedang dalam keadaan yang sama bahagianya sekarang, maka kenangan bahagia itu menimbulkan rasa sakit di dada: "Ia simpan itu sebagai luka". Kemungkinan lain, "sederet kisah" tersebut adalah kenangan-kenangan sedih/suram, apabila itu dihubungkan dengan "kelam kisah" pada bait terakhir. Satu yang pasti, keseluruhan nada puisi ini muram, dan baris terakhir mewakili keinginan aku lirik untuk tidur dan melepaskan diri dari semua kemuraman itu.
Tentang penulisan EYD, seperti yang juga disinggung oleh Rf. Yanuar, kekeliruan penulisan awalan "di-" sebagai kata depan terdapat di bait 1 baris 2 dan juga di bait 2 baris 3. Kemudian penulisan kalimat di dalam tanda kutip tidak perlu diberi spasi di antara tanda kutip awal dengan huruf pertama dan tanda kutip akhir dengan huruf terakhir. Lalu kalimat di dalam tanda kutip itu perlu diakhiri dengan tanda baca, yang dalam hal puisi ini berupa tanda koma.
Saya meresapi imaji-imaji dalam puisi ini setelah membaca yang kedua kali (membacanya pertama kali sekitar dua-tiga hari hari yang lalu), dan saya terkesan. Juga terhadap pemakaian huruf besar di semua awal baris; sesuatu yang sudah agak jarang saya temui, bahkan mungkin saya sendiri sudah waktunya menerapkan kembali hal seperti itu. Tentunya kalau ada alasan kuat menggunakan huruf kecil di awal baris, tidak ada masalah. Tetapi kalau tidak ada alasan kuat, penggunaan huruf besar masih akan memberikan tampilan yang lebih rapi. Mungkin. Saya kira begitu. Oleh karena itu saya salut pada milisi.
Mengenai hubungan judul dengan isi, menurut selera saya, saya merasakan pengulangan "malam" yang agak banyak. Entah ada judul lain yang lebih bervariasi, atau di bagian isi satu-dua kata "malam" (atau sekaligus kalimatnya) yang diolah sehingga dapat dihindari pengulangan kata yang sama, setidaknya pada bait yang sama. Tapi ini hanya menurut selera saya, dan belum terbayangkan bagaimana puisi ini bisa diolah/dieksplor lebih jauh lagi (karena itu ranah penulisnya).
Salam.

Writer milisi
milisi at Malam (5 years 4 days ago)

terimakasih koreksinya mas, sangat berarti buat saya yang sedang belajar ini...

Writer janeh
janeh at Malam (5 years 1 week ago)
50

sepakat dengan Rf. Yanuar
nice
semangat menulis :)

Writer milisi
milisi at Malam (5 years 4 days ago)

terimakasìh,..

Writer Rf. Yanuar
Rf. Yanuar at Malam (5 years 1 week ago)
80

Hanya beberapa kesalahan minor yang menghalangi saya menikmati karya ini dengan lebih nyaman, seperti kurangnya tanda baca dan pemakaian imbuhan / kata dasar "di" yang keliru di beberapa bagian. Selebihnya, saya sangat menikmati puisi ini. Tampaknya penulis sudah terbiasa berpuisi. Metaforanya indah, tapi tidak berlebihan. Puitis, tapi mudah dicerna.

Writer milisi
milisi at Malam (5 years 1 week ago)

terimakasih kritiknya, koreksinya sangat bermanfaat untuk saya yang sedang belajar