ORANG HILANG

Di kampung saya ada orang hilang. Namanya kang Tusam. Masih kakak sepupu saya. Anaknya uwa Sariyem.

Pergi sebulan tanpa lagi ada kabar. Bawa motor dapat pinjam. Motor baru. Yang punya motor mau mencicil tapi bingung.

Ini beneran.

Kemungkinan dia di BANDUNG. Hanya kemungkinan yang tidak diketahui pastinya.

Meninggalkan hal-hal yang belum dibereskan tentunya.

Katanya punya hutang ke bank dan bingung bayar cicilan lalu ada rumor pergi menghilang buat kabur dan lari dari tanggung-jawab membayar cicilan. Katanya juga tanah orangtuanya dijadikan jaminan ke Bank.

Tolong yang baca bantu cari tahu.

Disini, di kampung saya banyak konspirasi.

#cerita ini akan dihapus kalau orangnya sudah ditemukan.

#BIAR TIDAK DISANGKA MEMBUKA AIB ORANG.

Saya ingin kebohongan apapun di sini terungkap.

#YANG MAU LAPOR KE PIHAK BERWAJIB, SILAHKAN.

 

*******Sudah ketemu, ternyata....#######**

Ternyata menikah lagi katanya orang, tapi tidak tahu pasti, katanya orang-orang denger dari obrolan orang...

Berarti punya istri dua. Entah ada hubungannya atau tidak dengan kamera sembunyi-sembunyi di rumah saya dan konspirasi lainnya. Gara-gara kamera sembunyi-sembunyi itu yang mengganggu kondisi mental saya itu semua terkesan begitu buruk ketika saya memprotesnya dengan kata makian saat saya marah.

Saya sebetulya sangat normal, saking normalnya tetap memprotes kegiatan kamera sembunyi-sembunyi oknum warga itu ke saya atau ke keluarga saya. Entah warga yang mana tentu saja tidak tahu.

Saat malam tiba, teror itu datang, suara-suara orang mengomentari apapun yang saya lakukan di kamar. Mereka itu sepeti orang-orang gila yang membicarakan saya yang sedang dimonitor oleh mereka. Mereka sepertinya pandai membohongi warga. Seolah mereka pahlawan dan saya adalah penjahatnya. Itu teror luar biasa setiap hari setiap malam.

Wajar saja saya belum dapat jodoh dan hidup normal berkeluarga seperti lelaki seusia saya yang lain. Saya tidak mau ada orang-orang menonton kamar saya, itu sangat tidak normal. Apa jadinya bila saya beristri kelak dan mereka menonton saya dan istri saya. SANGAT HOROR.

Saya akan buat cerita tentang setan dan malaikat yang tidak terlalu serius dan cenderung lucu agar setan pengamera sembunyi-sembunyi tahu kalau dia atau mereka sudah lupa diri, lupa Tuhan, lupa ajaran Tuhan. Tuha yang mana???

 

Tentu saja Allah. Tuhan yang satu.

 

AKU DAN SETANKU

Aku: "Hey, setan. Kenapa kau buat acara ngintip ngamera? Lu kate nobar piala dunia! Lu kate nobar liga champions!"

Setan: "Karena kau tolol dan bodoh."

Aku: "Kenapa kau buat aku susah, aku ingin menikah dan memiliki anak."

Setan: "Orang kamu yang setan, suka menghina dan orang suka menghina harus dikamera dan akan kami maki sambil ngamerain kamu."

Aku: "Pantas saja kau disebut setan! Setan teriak setan lu!!" 

Setan: "Bodoh pula tolol pula. Tidak ada itu pepatah setan teriak setan, yang ada itu maling teriak maling. Bodo lu! Jelek lu! Dasar kebo dongo! Keledai lu!"

Aku: "Otak porno lu! Keledai teriak keledai!"

Setan: "Kau menghina Yasinan. Kurang ajar dasar setan!"

AKU: "Saya tidak menghina, otak kamu rusak, kamu artikan hinaan semua omongan saya. Saya bilang surat di Al-Quran itu banyak bukan surat Yasin saja. Kalau terlalu banyak dan sering yasinan bahaya, surat yang lain emang ga perlu dibaca. Yasinan itu seminggu tujuh hari kalau dibaca itu mulu baca yasin doang tiap hari. Mending kalo dikupas tuntas ayat per ayat dari ayat satu sampai akhir, ini seringnya dibaca doang. Jadi saya ini menghimbau saja bukan menghina. PE-A lu!! Kebo lu!"

Setan: "Sok ahli lu!! Puasa aja kagak tamat-tamat lu tiap romadon. Solat tiap hari ada bolongnya. Mau sok-sok-an nafsirin Quran,lu!"

Aku: "Daripada elu!! Salat kagak! puasa kagak! Baca Quran kagak! Keminter itu bukan pinter! Ngaca dong lu!!"

 

##Hari ini sabtu akhir april yg bergunjing ada:"Salman pak menghina temennya firman.""Firman pak mitnah Salman teroris WTC, bapaknya Salman difitnah jg pak.""Haryani itu sangat bodoh pak.""Firman itu menghina pak. Orang ga bener.""Kampungnya ini sok pinter. Apa juga dikata agitasi massa 1998. Provokator reformasi. Salman masih usia SMP. Bapaknya tukang jualan. Masih krja d pbrik roti. Memang ikut demo k jkrta wkt 1998?? Firman itu orang bodo. Ini pemuda otak burung.""Temennya bpknya Salman teroris berarti.""Bukan. Gurunya kali.""Itu cuma gosip pemuda aja. Propamnya otaknya dmn?""Sok pinter, tahu istilah agitasi massa jg lewat kamera ngintipSalman lg baca artikel 1998 reformasi."##

WARTA BERITA SAWANGAN

Andri, cucu wa Sariyem ilang hape yg ditaruh d warung.

Bibi Tari ilang uang 200 ribu d dompetnya beberapa hr yg lalu wkt sblm k balik lg k Bandung. Sekarang sdh k Bandung. Padahal itu uang nenek saya uang ibunya bibi saya dan ibunya ibu saya dan ibunya paman saya. Nenek saya meninggal beberapa hari yg lalu, semingguan udah. Katanya ada tuyul liwat. Ga ada yg bisa dituduh jd tuyul satu-satunya tersangka. Hihi lucu.

Apakah hape si Andri diambil tuyul jg??

Padahal pasti pengamera tahu.

Tidak ada berita pembunuhan. Ada jg tadi malam. Pembunuhan nyamuk. Bikin gatel jd ditepok. Pok. Mati deh.
##

Beberapa jam setelah menulis WBS WARTA BERITA SAWANGAN...

"Firman jijik banget, pak Salman nulis WBS."
"WONG IDIOT kuwi pak. Akhir april apa, 1 mei. Periksa kejiwaane pak."
"Salman sing otak burung 1 mei disebut akhir april."
"Darjo guyu. Salman kayak anu pengen disiksa propam."

Hehehe. Pembaca tahu orang-orang keluarga mbah Darmo itu yg komentar jelekin saya bagus-bagusin si Firman.
Hahaha.
Propam tahu yg harus diperiksa kejiwaannya itu yg mantau saya mau bikin fitnah all of the day eh salah. Every day.

Kagak pake otak komentarnye.

Kalu orang yg sayang dan suka saya maka komentarnya baik...

"Salah nulis pak. Salman ga pernah lihat kalender."

"Ini kampung disetir sama penguntitnya Salman yg bisa jd plagiat, vandal trhdap karyanya Salman. Ini mau dibikin everybody hate Salman. Semua mau dibikin benci ke Salman. Ini mereka menyebarkan kebencian menularkan kebencian trhdp Salman biar Anti Salman."
#

Beberapa jam kemudian...
Saya br pulang dr kalisogra beli aking buat bebek harganya 3800 per kg. Nyampe rumah lsg dgr lg yg bergunjing...

"Darmo pengen mateni wong sing nyebut putune pemuda otak burung."

"Kuwi akal-akalane Salman. Salman sing ngenyeki Firman. Reka-rekane ana sing nggundengi."

"Darmo ini ga normal. Orang yg menghina Salman sepertinya dibela Darmo."

"Kalo begini yg ngamera kuat sekali pengaruhnya."

"Kirsan dhiprentah Broto. Broto sing ngamera."

"Sukoco bingung sikape Indar."

"Salman ki angger di jor bahayani."

"Sing jelas Salman ki wong cilik."

"Firman tahu pak Salman mau panjat sosial pak."

"Dosen bukan sih? Mahasiswa? Kuliah dimana?"

"Katanya tukang batagor. Sekarang tukang batako?"

"Bapaknya punya bebek? Juragan?"

"Bukan. Juragan itu kalo ribuan. Orang biasa."

"Sukoco siapa?"

"Orang kaya itu Sukoco."

"Di kampungnya itu orang kaya dianggap pintar. Yg lbh kaya berarti lbh pintar. Orang hidup miskin karena bodoh. Orang punya jabatan karena pintar."

"Pantesan kampungnya bodo. Itu lurah yg korup jg pintar. Pintar korupsi."

Masih ada lg gunjingannya gini...

"Tusam itu ilang kenapa?"

"Tusam diisukan kabur lari dr utang. Utang bank buat bikin pemancingan. Bikin kolam byk. Eh ga jalan. Trus gosipnya Kahudi bikin pemancingan deltafish. Eh ga keurus sekarang. Dianggap modalnya dr hasil korupsi. Terus ada rumor motor yg dibawa itu jd curian dan ga dianggap buronan curanmor. Diselesekaikan kekeluargaan. Tp ga balik2 itu Tusam. Ada rumor malu sama istrinya. Tusam itu macam kacung pak Yusin. Kakaknya istrinya orangnya bu Sri yg kalah pemilihan. Trus katanya cerai atau gimana ya... katanya nikah lg d Bandung. Mana yg bener ya? Tusam dianggap hilang gitu. Ga ada hubungannya sama uang korupsi itu Tusam."
##

Provokatornya masih betah d sekitar sini. Gunjingannya kedenger dan Boge Warsono terus diperbincangkan. Indar jg. Pak Gito jg. Dede jg. Ririn jg. Ada yg sebar hasutan kalau saya dan bapak saya perusak terjemahan Alquran.

Haduh. Provokator ga kompeten. Heran sama propam, ketemuin sama saya dan bapak saya biar tahu siapa yg merusak terjemahan Alquran. Iya merekanya yg usil tiap hari intip maksiat tipu hasut adu domba. Boge warsono dihasut dan sebar isu kalu bapak saya perusak Alquran, katanya yg bergunjing entah d rumah siapa. Indar nyebut Salman penghina ulama, katanya yg bergunjing d kejauhan. Hehehe. Bayarannya mahal kali si pengamera itu. Saya ga ada yg bsyar. Ga ada duit jg buat bayar orang cari kebenaran berita d kampung. Buat sendiri aja minim. Disebar isu saya yg ga beres. Ga normal hdp ini. Saya jd ga normal. Hehe. Kurang ajar orang kaya bodo. Orang kaya tp bodo kurang ajar sama saya yg miskin tp bodo. Hehe. Saya miskin tp bodo.
##

Ini d kampung saya ada kejawen jg. Dulunya semua kejawen. Islam lama-lama tmbah banyak. Lalu ada mesjid dan musola. Nenek buyut saya jg dulu kejawen. Jmn Belanda lah.. jmn Jepang jg kejawen.. jgn tanya kayak mana ini daerah. Thn 1990an sampe awal 2000an masih asli dusuuuuuun bangettttttt. Asli.

Sekarang saya kasih tau si provokator pake isu agama buat ngamera. Terus pake isu covid 19. Iya. Isu dr film yg ditonton oleh saya dn si pengamera. Film apapun semuanya. Termasuk the last witch hunter. Parah bener. Saya nulis d kertas di buku, "stop kamera nanti ada virus. Mutasi virus itu dokter tahu apa itu mutasi."

Begitu ada di berita tahun kedepannya malah bikin isu ada dokter ngamera saya yg jd temen saya mencipta virus disebar d cina. Saya padahal nulis d buku itu bukan ngancam pengamera yg ngamera kmr. Ngasih tahu. Malah diisukan pemyihir. Memang pada bego.

##
Ustad d bantardau ada pak Darto, pak Pitoyo, pak Miswan, dihasut jg mungkin.
Miskun, kang Miskun jg mungkin.

Ini pemahaman saya yg diisukan jahat..

Dinul-Islam adalah suatu sistem penataan hidup manusia yg mengatur perikehidupan manusia yg hidup dalam sistem tersebut menjadi teratur berdasarkan aturan yg menjunjung tinggi nilai-nilai persamaan hak hidup (belajar, berpendapat, berekonomi, berpolitik, dsb) dalam keadilan yg seadil-adilnya tanpa membedakan suku, ras, warna kulit, berdasarkan wahyu Allah yakni Alquran.

Din sering diartikan agama. A itu tidak, gama itu kacau, jadi agama itu suatu sistem kehidupan berTuhan.

Agama itu penataan hidup. Orang beragama berarti menata hidup dengan agama. Yg islam dgn islam, yg kristen dgn kristen, yg buda dgn buda, yg hindu dgn hindu, yg konghucu dgn konghucu, dsb.

Ini kalo sama pengamera senewen dibaca maka gunjingannya adalah: "ngaku-ngaku menata hidup dengan islam, ngaku-ngaku berpandangan dan bersikap hidup dgn Quran."
Begitu komennya si penggunjing itu.

Emang pada bodo tapi suka debat tp ga mau diskusi ketemu tukar pikiran. Malah hasut orang se kecamatan.

Suhar sama Salis ditipu pengamera bodo itu.

##
Si kejawen oknum provokator itu kan buta ilmu trus dihasut. Komentarnya itu "Salman kendel banget ngerusak arti dinul islam."

Saking bodonya itu si pengamera penguntit penggunjing. Bodo beneran.

Pengertian dinul islam itu baru mereka baca dn ga ada di buku manapun. Hehehe. Jadi kalau ada pengertian dinul islam yg ga ada di buku dibilang salah, sesat, ga standar. Pada bodo. Daya intelektualnya kurang. Warga dihasut saya ngarang pengertian sendiri tentang dinul islam. Wahaha.

Universitas islam diseluruh Indonesia jg ga didik orang supaya bikin upgrade pemikiran. Ada tp sedikit mungkin. Kasih tahu semua kalau berpendapat yg baru itu ga haram. Apa hrs selalu apa kata yg ada di buku yg sudah dicetak!!

Ada jg pengertian dinul islam di usuluddin. Ilmu usuluddin. Orang kejawen kampung saya apa tahu? Ga. Tp ada oknum provokator yg kayak lbh tahu dn paling tahu pdhl tidak. Pdhl bodo.

Ada keterangan hadis jg kalo ga salah. Tentang islam. Dalam hadis Jibril tentang iman, islam, ihsan, sa'ah.

Ada jg alislamu ya'lu wa la yu' la 'alaihi. Islam itu tinggi dan tidak ada yg melebihi ketinggian ajarannya. Islam itu penataan hidup tertinggi.

Banyak pengertian. Ada jg islam itu damai, pembawa kedamaian.

Banyak pengertian.

Nah si pengamera itu menyerang saya secara pribadi. Saya disetan-setankan jg. Asli.

Saya dikamera dihina diadu ke semua orang. Pengameranya bodo. Dulu diadu ke pendeta kalau saya penghina paus.

Gara-gara nulis dibuku di kamar, saya menulis coretan doang tentang paus berkulit hitam, paus berkulit cina, pausnya orang Indonesia gitu yg coklat. Pdhl kulit orang Indonesia semua warna kayaknya ada. Yg ngamera marah bergunjing saya menghina katolik. Ada yg lain jg, "the holly whiteman". Iya bergunjing coretan saya d kertas d buku d kamar.

Parah itu pengameranya.

Saya bikin cerita ada plot tentang salib. Marah dan menghina dr jauh. Pengameranya orang kristen. Tp saya tahu itu orang yg dihasut provokator.

Saya nulis corat-coret d kertas, kalau nabi Isa dihukum ga disalib pasti orang kristen ga pake simbol salib dan menyucikan salib. Kalau dihukum di kursi listrik, pasti kursi listrik jd simbol suci orang kristen. Ditaroh diatas gereja, dibikin kalung, buat ngusir setan jg wkt exorcist ngusir hantu.

Marah yg ngamera kamar dr kejauhan. Makanya saya katain pengamera cabul ahli maksiat itu pengamera saya di kejauhan itu. Di seberang kali serayu bisa jadi.

##
Hari minggu ini. Kalo salah lihat kalender aja. 2 mei.
Masih blm stop kamera. Heran. Pdhl ada polisi yg namanya Meirza. Tugas d wilayah plana ini.

Tidur telanjang bukan kejahatan. Ngintip orang lain tidur telanjang itu kejahatan. Pake kamera sembunyi2 ya kejahatan. Yg ngamera pake isu agama sih. Ada gunjingan Kirsan itu bela keluarga Edi Zakaria. Ada gunjingan kalau Ade Yusuf anak Edi Zakaria itu sangat ngawur.

Parah. Gara2 ga mau stop kamera. Orang ga bener yg ngameranya.
##

Ini penggunjing seneng ngomongin org laen sebab ada duitnya. Pasti dibayar. Pdhl ini hari berkabung harusnya. Obrolin kek tu yg br meninggal. Ada dua. Udah waktunya meninggal aja. Tp yg ngamera ngobrolin saya melulu. Ada kaki Kirsan itu digunjing, "Kirsan era.." Kirsan malu, katanya. Ga tahu malu apaan. Malu jelekin orang mungkin. Di kulon itu berulah berisik mulu si pengamera tu. Kaki Parto jg. Parah pengamera.

Saya bukan teroris. Diisukan teroris jg pernah sama pengamera. Udah tahu orang di luar jg kalo oknumnya kelewatan. Pokoknya pasti gunjing apapun yg saya tulis di kamar, apa yg saya baca, apa yg saya tonton. Mereka itu begitu. Film parfume yg dulu saya tonton jg digosipin ke orang saya macam tokoh di film. Dari dulu sampe sekarang.

Anehnya ini si pengamera dibiarin. Pdhl ga normal. Orang sakit jiwa ngamerain saya tipu banyak orang. Itu fakta.
##

Dulu pernah kejadian gunjingan pengamera itu ngawur. Kedenger dong.. saya ga budeg.

Saya nulis di kertas di kamar, saya mimpi kama sutra sama Marshanda, eh si pengamera berhari-hari berminggu-minggu senewen. Marah dan hasut orang dan fitnah saya itu meraga sukma merkosa sukma Marshanda. Mengambil kecerdasan Marshanda,trus dikata saya maniak. Saya digosipkan maniak.

Padahal saya bohong. Saya ga mimpi kamasutra sama Marshanda. Saya tipu iru pengamera berisik itu. Ini kan kongkalikong mereka.

Lalu saya tulis di kertas. Kok percaya sih saya mimpi kamasutra sama Marshanda? Kok marah?

Darimana mereka tahu saya bohong atau nggak nya. Ini pengamera setan sunda keledai cabul sama kejawen iblis cabul yg BODONG. BODO DAN DONGO.

Nah, itu yg bikin ancur kredibilitas polisi pak Meirza. Ini ada oknum dukun sok sakti pdhl sakit. Sakit jiwa.

##

Saya ga ngaku-ngaku pinter. Disini semua dihasut biar kesannya saya ngaku-ngaku pinter.

How smart are you???

Why you kill me?? Eh salah. Why you want to kill me?

Eumh, gitu kali nanya saya ke pengamera.

I can not life like this!!

I'm not yours.

Don't make it so hard. Life is easy. So easy.

Salah ga ya???

Hello, foreigner.. are you american? Stop camera, please...

My life is not for something like that..
You need some money. Go work! Not good, watching me for money.

Ahaha. Bahasa inggris sedikit. Salah ya benerin jgn dihina.
##

Pengamera masih ngamera. Berapa jam ya dr terahir nulis...
Skg jm stgh dua siang.

Pengamera teriak d kejauhan ngomentarin saya d kamar buka buku coretan.

"Parto ora seneng pak marong wong sing ngenyeki wong nang buku. Salman ngenyeki pak Darto. Pak Darto wong beriman."

Nah si anjing gila itu yg menyalak itu si pengamera yg harus ditahan. Otaknya ditaruh di pantat.

Udah sering saya jelasin, waktu saya nulis di kertas itu saya mau tahu oengamera masih ngamera apa nggak?!! Saya misalnya nulis "Darto ustad laknat"

Maka kedengeran si tai penggunjing cabul pengamera itu masih ada. Marah. Salman psikopat penghina ustad. Disebar gitu. Catatan psikopat. Disebar gitu. Penghina lewat tulisan. Disebar gitu.

Eh, intel. Eh, propam. Lu sekolah tinggi. Ilmu ada. Orang kayak pengamera saya ini kok bisa dibiarin gitu. Sakit jiwa itu orangnya. Malah ditambah fitnah kalau saya ustad. Pdhl bukan. Malah ditambah fitnah ustad yg suka pegang kemaluan sendiri. Eh, intel. Ga bisa nangkaporang gila pengamera. Parah ih. Saya bodo. Masa kalian bodo jg.

Menghina orang lewat tulisan kata si pengamera itu. Saya curiga mereka hasut kaki Parto. Orang kaki Parto ga agamis orangnya jg. Anaknya jg ga puasa. Ga gimana2. Bapaknya itu kaki Parto itu ga puasa jg seringnya. Ini malah saya dituduh menghina pak Darto. IDIOT LU ANJING!!

Saya bilang, saya nulis d kertas " pak Darto ustad cabul." Itu pwmgen tahu si pengamera masih ngamera apa ngga. Kalo kedenger ada yg marah di kulon kampung berarti masih ngamerain.

Eh, propam. Buktikan pembela yg benar. Jgn goblok. Saya 11 tahun dikamera. Ga ada yg saya sakitin. Ga ada saya santet. Emang ga bisa santet. Fitnah mulu ke saya.
##

Beberapa jam kemudian...
Setengah empat sore...
Gunjingan penyadap dn pengamera berlanjut..

"Kendel banget Salman ngenyeki propam. Jere autis. Cah idiot. Tp teyeng ngenyeki. Ko didimek propam."

"Haryani pak provokatornya, pak. Bukan Parto."

"Jeuleuma cageur. Sugan teh tukang ngahina nyaan."

"Dimek bae pak wong sundane, aja Salman."

"Haryani wis ngerti sing ngamera guru besar. Salman tukang ngaku-ngaku."

"Bocah gemblung. Propam dinyek. Intek dinyek. Ko digawa."

"Kie angger kayak kiye, berarti sing ngamerane intel karo propam."

"Tukang batagor diintipi intel toh."

"Wartawan sing ngamera lomboni intel karo propam. Kayane kayak kuwe."
##

Saya mau nulis ah tentang psikologi...

Marah.
Marah adalah suatu emosi yg dimiliki semua orang. Orang kaya, orang miskin, oejabat juga rakyat. Ada yg tidak bisa mengendalikan amarahnya tapi ada juga yg bisa. Ternyata pengetahuan yg minim menjadi penyebab orang marah lepas kendali.

Marah itu suatu kondisi emosi saat diri merasa diperlakukan tidak baik. Maka orang akan marah.

Tetapi marah itu ternyata pilihan. Maka tidak marah pun adalah pilihan.

Kenapa marah wahai pengamera?

Karena ngamera dan baca tulisan yg dikamera.

Biar tidak marah ya jangan ngamera. Itu namanya marah karena tidak suka melihat orang lain nyaman hidupnya. Itu marah orang yg sakit jiwa.

Wahai pengamera, kamu dipukul? Ditendang? Dilecehkan?

Tidak.

Salman sebagai yg dikamera berhak marah. Kamu pengamera, tentu tidak.

Apakah Salman marah berlebihan?

Ya.

Tidak. Tidak berlebihan. Malah selalu mengingatkan dgn speaker toa musola. Berkali diingatkan. Pengamera mempermainkan.

Pengamera berlebihan dan melampaui batas.

Jangan ngamera. Datang ke rumahnya. Tukar pikiran. Silaturahim. Kasih pertanyaan yg ingin ditanyakan.

Ngapain ngasih pertanyaan. Pengen ditanya. Pengen diakui pinter.

Kalau ga mau ngasih pertanyaan ya kasih uang.

Pengennya dikasih duit.

Wahai pengamera. Kamu usil. Kamu jahil. Kamu peneror. Kamu marah dibikin marah sendiri. Kamu merendahkan orang. Kamu fitnah orang. Dan kamu marah sebab masih ada orang yg peduli sama Salman. Kamu sakit. Sakit jiwa.
##

Jam 5 sore. Bikin batako simoen hape. Yg gunjing jalan terus. Saya bikin batako dihina sama pengamera.

"Propam bela pengamera. Propam senang bisa lihat perusak Alquran."

"Aswaja bohong ke propam."

"Apa itu auzubilahiminasaitonirajim diartikan o Allah save me from my self. The demon inside of me.!"

"Bapak punya otak, nanya aja. Punya uang. Datengin orangnya. Tanya kok gitu artinya."
##

Eh saya jwb.. baca nih anjing rabies jgn gonggong mulu.

Orang yg kerusupan atau kerasukan kan ada jin dr kiriman org atau ketempelan. Ya bisa lah diaetikan gitu. Ada demon di bdn yg kesurupan.
Itu contoh terjemah bebas. Bukan saya kesurupan ada demonnya. Kan dhamir ana itu kata ganti pihak satu yaitu SAYA. Bukan saya ada demonnya. Yg kesuripan ya yg di tv di acara ustad Danu, Ningsih tinampi, dsb.
##

Auzubilahiminasaitonirajim itu saya ada arti yg lain...

AKU MELINDUNGI DIRI DENGAN AJARAN ALLAH DARI SETAN YG MENJERUMUSKAN PADA AJARAN JIBT DAN THAGUT YG TERKUTUK.

JIBT ITU DAN THAGUT ITU ADA KETERANGANNYA DI QURAN.

SAYA BUKAN NGAKU-NGAKU BERLINDUNG DENGAN AJARAN ALLAH, PADAHAL KELAKUAN MASIH BELUM SOLEH. TERJEMAHNYA GITU.

EH ANJING RABIES JGN GONGGONG MULU.

SITU NGINTIP NGAMERA GA NGERASA MAKSIAT. SETAN DIIKAT DI HATI YA BIAR MENETANGI DAN MEMBIMBING DIRI JD TUKANG NGINTIP YG KEBAL HUKUM DAN SGT CABUL TP GA DIANGGAP PENJAHAT. DISURUH ALLAH GITU?

MALU LAH.... MASA DISURUH ALLAH NGAMERAIN SAYA. BOONG BANGEEET.

Itula ajaran jibt dan thagut, ngintipin orang siang malem saban hari nahun-nahun. Mitnah, hasut, adu-domba, neror.

Banyak gunjingan menghina Haryani. Katanya dia suks menghina saya. Nganggap saya orang idiot. Ada orang sunda setan keledainya disini yg hssut terus. Penggunjing dibkejauhan.
##

Mereka sengaja ganggu. Oknum kejawen biasanya. Suka komen ke orang yg ikut ngamera macam "Salman yg jibt, Salman yg thagut, ulama dgn ajaran Allah. Salman dgn setan.

Nah gitu. Kejawen ngadu domba saya sama ulama atau ustad.
##

AKU MELINDUNGI DIRI DENGAN AJARAN ALLAH DARI SETAN YG MENJERUMUSKAN PADA AJARAN JIBT DAN THAGUT YG TERKUTUK.

prakteknya itu jd dlm sehari-sehari ga mau ngintipin orang sama gunjing orang.

ga mau cari aib orang, sebar sib orang buat menjatuhkan.
###

masa ajaran Allah nyuruh ngintip, mitnah, ngadu-domba, cari aib orang, dsb yg semuanya perilaku kotor itu..

Pengamera otaknya dimana???

##
Bismilahirahmanirahim artinya jg banyak...

Ada yg gini....

DENGAN ILMU ALLAH YG MENGAJARKAN ALQURAN KEPADA RASULNYA MELALUI MALAIKATNYA IA MENUNJUKKAN SIFAT RAHMAN RAHIMNYA.

DENGAN AJARAN ALLAH YG MENUNJUKAN SIFAT RAHMANNYA MENGAJARKAN MANUSIA ILMU ALQURAN MAKA IA PUN MENUNJUKAN SIFAT RAHIMNYA AGAR MANUSIA BERBUAT BERDASARKAN PILIHANNYA.

DENGAN NAMA ALLAH YANG MAHA PENGASIH LAGI MAHA PENYAYANG

ADA LG YG LAIN..

##
BISA DI PERTAJAM LG. TMBAH PANJANG KALIMATNYA BERIKUT TAFSIRNYA. DALAM BISMILLAH ADA DUA SIFAT ALLAH YG DISEBUT RAHMAN RAHIM. ADA ALASANNYA HUSUS DENGAN PENURUNAN WAHYU ALQURAN ITU.

##

PARAH PENGAMERA SUKA NEROR KALAU SAYA BELAJAR. SUKA NIPU KE USTAD SEBAR HASUTAN. MISALNYA KE PAK DARTO. KE PAK PITOYO. KE PAK MISWAN. DSB.

SAYA BELAJAR TAPI DITEROR. YG MAEN GAME HAPEAN WIFIAN SAMPE SUBUH GA DITEROR. MAKANYA SAYA KESEL. PROPAM INI NGERTI GA KELUH-KESAH SAYA? JANGAN2 SAYA DIFITNAH MENGHINA ORANG SEKAMPUNG LAGI. PDHL NGGAK.
##

CONTOH LAGI ARTI TERJEMAH AYAT QURAN...

WA MINANNASI MAN YAQULU AMANNA BILLAHI WALYAUMIL AHIRI WA MA HUM BI MU-MININ

DAN DARI MEREKA (YANG KAFIR ITU) ADALAH SEGOLONGAN MANUSIA YG MENYATAKAN DIRI BERIMAN HIDUP BERPANDANGAN SERTA BERSIKAP MENURUT AJARAN ALLAH DAN MEYAKINI KEPASTIAN HISAB AHIRAT TERNYATA MEREKA BELUM DAPAT DIKATAKAN SEBAGAI GOLONGAN MU-MIN SEBENARNYA.

ITU AYAT 8 SURAT ALBAQARAH YG JELASIN ALAZINA KAFARU DI AYAT 6. INALAZINA KAFARU...

NAH MEREKA PENGAMERA TIDAK MEMPOSISIKAN DIRI DENGAN KETERANGAN TERSEBUT. MEREKA MERASA BERIMAN TAPI TUKANG NGINTIP NGAMERA NAHUN-NAHUN. MAKSIAT MULU.

ITU SAYA TERJEMAH BELAJAR SENDIRI.
YG NGAMERA BISANYA CUMA MENGHINA.
#

SAYA DI PESANTREN JG BELAJAR TERJEMAH. DULU ADA PELAJARAN BAHASA ARAB BUAT BESIK PENGETAHUAN. TAPI SAYA KAN MTS. SANAWIYAH DOANG. TAPI DIANGGAP PINTER. LALU DISIRIKIN ORANG. ADA YG GA SENENG SAYA PINTER.
##

Saya bikin kegiatan apa disini d kampung?

Ga ada kegiatan apa-apa. Mau hidup biasa aja. Eh dari dulu pengamera bikin isu saya dan bapak saya mau cari anggota pengajian.

Haha. Ga ada pengajian jg digosipin gitu. Pdhl saya orang biasa aja. Nah, pengamera keledai itu salahnya disitu. Propam dongo kali yg dihipnotis dukun biar percaya saya sangat berbahaya. Wah ga mgkn aparat ga tahu soal pengamera sakit jiwa itu.
##

Saya jg pergaulan sama yg mabuk itu wkt remaja ya ga nakal. Ya ga baca buku. Ga salat. Ga baca quran. Tapi ya ga lupa yg udah oernah belajar.

Nah si kebo dongo yg ngamera ini bikin hasutan saya oknum pengajian. Ustad ga normal. Ngaku-ngaku autis. Pura-pura polos. Dsb.

Parah. Fitnah ke saya ribuan. Apalahi ya? Kedenger pernah tuh kemaren2 wkt si pengamera gunjing karya saya power ranger 1996 yg ceritanys sepi penonton wkt panggung sd kls 6. Digosipin covid 19 itu dr saya yg ingin dunia merasakan bagaimana pertunjukannya tdk ditonton.

Saya digosipin penyihir covid 19. Digosipkan saya pendendam dn saya mengacak-acak dunia biar dunia merasakan gitu.

Ada tukang fitnah begitu disini.

Dihubungkan sama wkt krj d pbrik gita print, saya suka guyon lagu, tp bkn saya doang. Byk. Lagu india.. kuch kuch hota hai jd kucek- kucek matane..

Nah, dihubungin tuh ke peristiwa wabah... mata... corona...

Salmam di thn terahirnya d pbrik itu di bully jd ada virus corona...

Wah, parah pengameranya...
##

Ga normal pengameranya...
##

Suara saya suka berubah-ubah jg jd bahan fitnah si pengamera yg gosipin saya ada sukma orang lain di badan saya. Dsb.
##

Ada yg gosipin saya itu anak siluman. Ada yg gitu.

Ada yg bilang saya kejang karena mau stroke, kena gula alias diabetes, ada yg gosip tdr disiksa malaikat, ada yg bilang ruqiah, dsb.

Pengamera terobsesi dn dpt duit banyak dr bualannya kali..
Dan saya jd tontonan asiknya mereka.

Stop kamera! Atau akan ada sesuatu.....
##

Ada yg gunjing macam2...

Diantaranya...

"Haryani pak yg ga normal..."

Dsb.

Banyak yg gunjing.

Ditonton orang jakarta jg kata si pegunjing itu. Saya jd tontonan.

##

Ulama otaknya dimana?

Oknum ulama maksudnya saya....

Ulama asli, kalau tahu pasti bela saya lah...
##

Dulu, pernah pas saya lg serak baca buku. Terus dihina pengamera meniru suara Mirfa Suri.

Dulu, pernah pas suara saya ga serak tiba-tiba mirip Chelsea Islan, ya dihina jg.. wong lanang tiru-tiru suara wong wadon.

Malik wadon. Suara waria. Dsb.

Pas marah2. Wih dihina jg.. golih ngomong kayak komandan tentara.

Haha. Pengamera twrobsesi. Sangat terobsesi ke saya. Saya harus lepas dr pengamera itu. Stop pak aparat kameranya.

Saya ga punya duit.. ga punya tabungan..

Dikamerain pula....
##

Ngapain ngamerain saya?

Dapat duit berapa?

Woy, pengamera...

Haha.

Lucu. Dibilang kebo dongo marah. Dulu fitnah saya bisa meraga sukma perkosa sukma. Kan ngaco.

Dukun goblok.

##

Sekarang wkt sahur...

Pengamera masih ada. Ga tidur..

Suka bikin gosip isu saya punya tuyul atau jin atau siluman dn bikin isu saya punya ilmu hitam.

Bergunjing jg...

"Kampungnya pak disetir provokator. Salman disebar penghina musola. Penghina penerjemah depag. Penghina ustad. Penghina islam. Semuanya fitnah dr si setan sunda keledai cabul yg inginnya kebal hukum."

"Masak cuma gara-gara gak suka ke orangnya terus boleh ngamera. Saya ga suka tetangga saya misalnya lalu boleh saya kamera. Saya intip. Itu otak orang primitif. Pantas saja Salman bilang pengameranya otak kera."

"Saya curiga keluarga Daroni ini dihasut si setan sunda keledai itu yg cabul."
##

"Orangnya menghasut pamannya kalau Salman dan bapaknya suka ngotak-ngatik terjemahan. Ini ada oknum ulamanya ikut main. Orang bodo. Ustad oknum yg bodo."

"Ga perlu ngamerain orang bertahun-tahun. Ini desa psikopat pak. Salman ga menghina depag. Belajar nerjemahin kayak haram aja. Ngintip orang itu haram."
"Oh, jd ga suka terjemahan Salman lalu dikamera.. ga suka kok ngamera.. ini yg punya kamera pasti dr keluarga aparat. D desanya Salman ada keluarga aparat. Pusing ini ada orang dikamera bertahun-tahun gini."

"Terjemah Salman jg bgs. Ga dicetak ini jd depag ga perlu risih. Lha ini kampung ga normal. Ngapain ngamera?"

"Katanya belajar sama jin, pak. Punya guru goib."

"Itu gosip. Salman pinter dr kecil. Kampung klenik. Yg ngameranya ga normal."

"Salman itu bodo, pak.

"Terus ngapain ngamera terus.."
##

Contoh gonggongan si anjing rabies pengamera saya itu seperti ini:

Saya belajar qul huwa Allah ahad

Terjemah depag yg udah ada itu " katakan Tuhan itu satu, Allah itu satu."

Saya belajar tafakur lalu digonggong anjing rabies itu dr jauh.

Saya berpikir.. satu itu menunjukan jumlah. Satu. Satu itu nampak. Seperti satu pensil dan dua pensil. Adalah jumlah yg berbeda. Lalu dihubungkan lg.

Allah ada sebelum penciptaan mahluknya. Allah menciptakan mahluk pertama, kedua dn seterusnya. Alam raya ini begitu luas. Bumi sgt kecil. D planet bumi saja ada mahluk yg nampak dan tak nampak. Sulit dijelaskan. Semua benda angkasa adalah satu kesatuan alam. Benda angkasa bergerak d jalur masing2 sesuai ukuran besar dan kecilnya.

Berarti qul huwa Allah ahad bisa bermakna...

TEGASKAN BAHWA ALLAH DENGAN ILMUNYA MENJADI SATU-SATUNYA PEMERSATU MASING-MASING INDIVIDU MAHLUKNYA DALAM SATU KESATUAN BERDASARKAN AJARANNYA DENGAN ASAS YG SETIMBANG.

Digonggong itu model begini.. "merasa lbh pintar dr ulama, meracau, mengacau, merusak terjemah, merusak kata ahad, dsb."

Makanya saya minta stop kamera. Eh propam goblok masih toleran sama peneror saya itu yg saya sebut si anjing rabies.
##

Allah as-somad

Allah dengan ilmu-Nya menjadi tumpuan gerak semesta kehidupan bergantung.
ALLAH DENGAN ILMUNYA MENJADI TUMPUAN GERAK SEMESTA BERGANTUNG.

bukan digantung ya tp bergantung.
##

Udah dulu lah..

Hey pak ulama coba cek salah terjemah saya dimana????
##

Sekarang pagi, pengamera masih ada. Si setan sunda keledainya malah ngehasut warga saya ini lagi ngehina. Otak kera emang sunda oknum itu.
##

Dari jauh ada yg marah,
"Ismun ya ismun, 'ILMUN YA 'ILMUN. Masak bismillah diartikan dengan ilmu Allah. Jd bi'ilmillahh dong. Merusak ini si Salman."

Itulah naksud saya saya sebut si anjing rabies. Gonggong mulu.
##

Ismun secara bahasa artinya nama. Di ilmu bahasa namanya kata benda. Ismun adalah kata benda.

Ini ada oknum kejawen suka ngacak. Allah bukan benda. Tapi, kata "Allah" adalah kata benda. Kata "Allah" bukan kata kerja.

Ini oknum kejawen bingung baca ini. Dulu aja dibikin fitnahan saya ga percaya Allah, Allah adalah beautiful word lalu saya difitnah kalau saya ga percaya Allah karena Allah adalah hanya sebuah kata.

##

Ini pengamera tukang fitnah semua.

Saya jelasin. Ismullahi itu sama kedudukannya dlm kalimat ismu rabbin dlm 'Alaq:1 iqro bismirabbik alazi holaq.

Bismillahi arrahman arrahim.

Nama itu maksudnya nama istilah yg mengandung ajaran kehidupan.

Allah punya sifat rahman dan rahim.

Kalo orang pengasih sesama bisa lah dia disebut rahman walaupun namanya rojak atau pe'i. Kalau orang punya sifat penyayang sesama boleh lah disebut rahim atau rohim walaupun namanya anto atau ujang.

Kalo orang namanya rahman atau rohman dan rahim atau rohim tp jd tukang ngintip dn tukang begal ya percuma. Bodo. Apalah arti sebuah nama.

Jadi, dengan ilmu Allah. Ismun disitu maknanya ilmu.

Pada bego malah bismillah diartikan bi'ilmillah.
##

Lu misalnya anak sekolah mau ujian. Kagak belajar, modal bismilah bisa kelar?
Nama Allah lu sebut terus tiap mau ngisi soal. Kalau ga diisi ilmu apa betul semua jawaban lu??

Kagak.

Makanya dengan ilmu Allah. Lu bisa lulus uji di dalam kehidupan lu pake ilmunya Allah bukan pake namanya Allah.

Lu hidup pasti diuji. Ga mau diuji jgn hidup.

Pake ilmu Allah lu bisa selamat lulus uji kehidupan. Pake nama Allah doang kagak. Namanya lu sebut tapi ilmunya lu tinggalin. Baca quran kagak solat kagak. Namanya lu sebut-sebut, lu jd orang munafik.

Mau ngomong ape lu!!

##

Ngintip dn mitnah saya bismillah dulu gak???

Pe-a dasar. Polo ayam. Otak kera.
##

Stop kamera tangkap si setan sunda pengamera yg kerjasama sama kejawen oknum sakit jiwa.

##

Yg gunjing dari dulu menghina saya.. orang sundanya di sebelah kulon di warga ga tahu dmn. Bisa di Daroni. Bisa d Anggoro. Bisa d Haryani. Mana saya tahu. Dusun sawangan tahu saya ga maksud menghina. Dan bukan tukang hina. Yg hina yg ngamera.

Baca teliti baik-baik penjelasan saya itu soal ismun bermakna 'ilmun.
#

Yg gunjing masih ada bro...

"Salman pak penghina kejawen."

"Kejawen yg hina Salman, pak."

"Salman sangat menghina orang islam."

"Salman itu bukan murid Isa Bugis. Salman belajar sendiri. Bapaknya ikut ngaji. Ngaji ke murid Isa Bugis. Sekarang di kampung. Sama anaknya si Salman itu yg dikamera oknum iblis dr kejawen sama katolik sama islam. Kebo semua yg ngamera. Mau bikin kambing hitam. Untung Salman pinter. Kelimpungan itu kejawen di kampungnya yg jahatin dan jahilin si Salman."

"Belajar sendiri itu si Salman."

"Baca buku bapaknya. Terus bikin terjemah sendiri, belajar gitu dibikin jd musuh. Hahaha. Pada gila."

#

"Keluarga Salman mau dihitamkan, pak. Salman pinter. Sunda dongo yg ngamera takut ketahuan bohong. Tipu hasut adu domba terus jadinya."

Dsb......
##

Eh otak kera doyan gibah dan fitnah...

##

Lanjutin ah ngasih contoh terjemahan buatan sendiri...

Makanya belajar sedikit bahasa Arab, nahwu dan sorof. Sedikit aja. Ketimbang mulut ngebusa ngintipin lalu ngomongin yg ngga-ngga...

Alhamdu lillahi rabbil 'alamin.

Terjemahnya... ada yg...

Segala puji bg Allah Tuhan seluruh alam semesta.

Ada lain lg...

Segala sanjungan (yg terucap dlm ucap dan yg tertuang dalam gerak saling menyanjung trhdp sesama) adalah karena Allah Tuhan Pembimbing kehidupan hasanah Pemelihara semesta raya.

Macam gitu.

Jadi jangan sampe mulut lu muji Tuhan tapi ke sesama melayangkan hinaan, hasutan, fitnahan. Sama juga bohong. Allah akan menilai elu sebagai penjilat. Watak penjilat.

Muji-muji gue lu, kata Allah. Lha, kelakuan lu ngintipin orang, gibah, fitnah, cari aib orang, sebar aib orang. Ngapain juga muji-muji gue. Kata Allah gitu ntar lu percuma solat. Solat baca alpatehah abis solat lu jahatin orang. Mata pake ngintip, mulut pake gibah dn fitna dan namimah. Wah parah.

Gimana ntar lu di aherat ditanya Allah. Ngapain lu muji-muji gue. Kelakuan lu geje banget. Kelakuan lu tuh ngintipin orang, hasut, fitnah, adu domba ga bener. Percuma lu muji-muji gue. Solat lu? Baca alpatehah lu?

Lu liat bumi sama bulan ga beradu ga gesekan. Bumi sama mars ga gesekan ga beradu. Lu manusia sesama manusia gesekan mulu berkonflik. Perang ga ada habisnya. Ada perang mulu. Tawuran jg perang itu. Perang skala kecil. Dsb.

Saling memaki sih lu!!!

Sesama harusnya itu saling menyanjung. Lu pengen gua sanjung tp ngintipin gua. Ya gua maki. Hina mulu. Ya gua maki. Anjing rabies lu. Lu baek ke gue ke keluarge gue baru lu gua sanjung. Eh gue sanjung.

Hidup saling menyanjung akan ada kalo dicipta. Dan mewujud begitu dalam keseharian di suatu lingkungan maka jelas karena ilmu Allah. Allah yg ngajarin manusia saling menyanjung.

Ya elah.. belajar gini aja mau dibikin susah. Ahaha.
#
I love islam.
#

Yg ngameranya orang sunda. Tapi boongin warga. Hasut keluarga kawure. Suhar. Mengaruhin kang Kamal jg. Watnet ndeso itu yg punya Triyono tahu itu. Anaknya pak Sumadi yaitu Bambang dan Ningrum. Jg tahu. Jadi tiap Salman ambil hape pinjem hape ibunya mereka tahu terus ikut baca..

Kontek-kontekan semua...
Aneh.. bukannya nyuruh si pengamera sunda cabul itu stop kamera. Otak kotor setan sunda keledai cabul itu.

Saya nonton magic tumbler eh pengamra gosipin saya punya tumbler dan jin macam di sinetron, saya digosipin punya hodam, punya jin penjaga.

Terus aja dibikin isu geje biar bisa ngamera.

Ada isu di jauh sana jg kalau ada yg ambil uang saya. Ga tahu uang apa.. cuma kedengeran aja bergunjing..

Ada yg gunjing kalo saya itu bodo dan idiot tapi jin penjaganya pinter.

Pada liar pikiran itu kacau melantur.

Pada kenapa??

Di kulon itu katanya kaki Kirsan sama anaknya suka baca juga apa yg saya ketik di kemudian. Anaknya itu namanya Tanti. Orang bu Sri. Yg kalah pilihan lurah. Ada gosip soal sisa uang waktu tim sukses bu Sri promosi calon lurah...

Mungkin sisa uang rokok...

Kan sambil datangin rumah warga ngasih rokok. Sambil minta doa biar sukses jd lurah. Eh kalah. Pak Yusin menang lagi. Udah menang eh masuk kandang. Terbukti korupsi 4oo juta.

Mana sifat arrohman arrohim yg harusnya ada pdhl lurah solat. Ga diterima mungkin karena korupsi menghilangkan pahala solatnya. Ya tobat. Solat lagi yg bener.

Makanya jgn muji-muji Tuhan doang tapi kelakuan geje. Ga jelas. Korupsi 400 juta. Saya baca di suara merdeka. Bu sri modal berapa ya??

Makanya saya bilang jg apa. Byk yg solat-solatan. Arohman arohim dibaca terus tiap solat. Tp lupa aja diri harus jd pengasih penyayang. Musuhan asli gara-gara pilihan lurah. Sekarang mudah-mudahan ngga lg.

Saya heran si cabul pengamera itu dengki banget ke saya sampe pengen ngamera terus mau malu-maluin saya.
##

Saya difitnah merusaj arti bismilah.

Ga tahu rohman rohim.

Jgn disayang dan dikasih. Wahaha.

Maha pengasih Maha penyayang itu ditafsirkan dgn surat arrahman 1-5. Maha Pengasih itu ditafsirkan sama surat yg ayatnya ada dari kata kerja rahama-yarhamu. Banyak rujukan ayat atau referensi ayat.

Jadi fitnah si pengamera kacau melantur sebar fitnah saya merusak arti rohman rohim.

Rohman abang tukang sate kali ya...
Rohim abang tukang bakso kali ya...
##

Wah, srkarang jm 9...
Yg baca ada ini pengamera penguntit pengintip penyadap ngomentarin...

Salman itu pak melakukan penistaan agama, arrahma arrahim ditafsirkan tukang sate dan tukang bakso..

Dijawab sama temen pengameranya.. cewe gila itu pak. Salman becanda pak. Betah amat pak ngamera sama orang gila..

Ga normal.
##

Saya ini orang dijahatin. Pake isu segala rupa. Saya ga punya hape. Ga punya laptop. Ga punya PS. Ga punya hiburan. Ngisi waktu menulis.. eh difitnah.. ngisi waktu membaca.. eh difitnah jg.. ngisi waktu nonton tv.. eh difitnah jg.. nonton film di tv eh difitnah jg.. fitnah dapat pesan dr setan melalui film. Si tukang fitnah nyadap hape dari dulu.. ikut baca saya googelan. Ada artikel berjudul pesan kepada penyampai pesan di blog cindelaras.. eh si setan sunda keledai cabul itu bikin fitnah saya nonton film nyari pesan rahadia dr setan dr simbol d film yg tdk diketahui oleh sutradara saat ambil gambar waktu proses shooting..

##

Hey polisi... tangkap si komplotan sunda gila pengamera saya itu...

##

Sebetulnya sangat menjajah saya... saya mau ngapain juga kayak dibikin susah sama sunda goblog itu.. anggota propam atau wartawan sih? Saya ga tahu.
##

Saya nulis banyak yg lucu jg buat hiburan sendiri. Ini pinjem hape ibu saya. Biasanya di warnet. Buat hiburan aja. Lucu-lucuan. Hibur diri sendiri. Ga ada temen. Pengamera sakit jiwa sebar fitnah banyak tentang saya termasuk soal isu penganut ilmu hitam.

Wahaha.. mau matiin saya pake fitnah dari dulu. Ga mempan fitnahnya.
##

Waktu nulis si dada bintang jg kedengeran ada yg gosipin. Ya si sunda penguntit yg jahatin saya.

Menghina chelsea islan, menghina dada chelsea islan, pdhl si dada bintang judulnya jg bukan dada si bintang, aneh dibiarin pengameranya..

Ada jg saya nulis cerita gatot kaca mau maen iklan pembalut sama chelsea iklan itu digosipin jg sama yg ngamera nguntit nyadap warnet kalu saya ngaku-ngaku gatot kaca, merusak gatot kaca, gatot kaca berkelamin ganda mau iklan pembalut, bla bla bla, ada yg cengengesan jg ngomentar gini waktu itu "gatot kaca pangmasangken softex". "Ngahayal eta hayang pangmasangkeun softex."

Pdhl maksudnya mau nulis cerita lucu gatot kaca maen iklan pembalut. Ya cewe yg pake bukan si gatot kaca tapi ada adegan action di iklan pembalut. Cewenya diculik penjahat.. cewenya disekap.. terus ada atap gudang bocor.. terus mau menstruasi lalu ada gatot kaca jebol pintu gudang dan lawan penjahat lalu bawa pembalut. Datang bawa pembalut. Kan mau nulis gitu lah plot cerita lucunya tp ga jd...

Saya menghibur diri sendiri..

Polisi ada yg bego percaya pengamera saya penulis ga normal..
##

Kondisi hidup saya dipress sama pengamera sembunyi-sembunyi itu.
##

Gosip dan gunjingan banyak...

Ada yg gunjing..

"Kemudian.com curiga ada nusantara palsu."

"Kalau ga ada nusantara ini situs belajar menulis ga akan ada gaungnya. Nusantara bikin kemudian terkenal."

"Ade nyesel pak, ambil uang."

"Ade Yusuf bohong pak."

##

Udah lah stop kamera.. stop saling menghina..
Seminggu lg idulfitri..

##

Ada cerita lucu lg..
Saya ma nulis tp takut difitnah lg sama oknum komplotan sunda gila itu d sekitar kampung saya ini..
##

Sangat terobsesi. Jahat banget. Saya sampe hidup ga normal.

Disebar hasutan saya gila.

Kurang ajar.

Saya ga gila.
##

Isu dibikin terus sampe ke Amerika.. digosipin saya itu pengajian Malcolm X. Musuh FBI. Terus penantang pentagon. Agen KGB. Pro komunis. Informan Iran. Dsb.

Orang bodo si sunda goblog pengamera sembunyi-sembunyi itu. Ga ditahan polisi.

Malah disebar saya orang gila berhalusinasi.
##

Sekarang jm 4 subuh....
Masih ada yg gunjing...

"Kapolsek pak itu yg menghina"

"Kapolsek tahunya Salman org ga normal."

"Guru-guru SMP somagede jg ditipu, pak."

"Ustad Solmed sama ustad Subki tahunya Salman penghina."

"Wah, pengamera sakit jiwa dianggap waras."

"Salman menghina ustad Subki, pak. Tahun kemaren pak nulis-nulis di buku."

"Tulisan itu abadi. Berarti menghina selamanya."

:Salman itu merasa paling pandai sedunia lbh pandai dr ustad. Penghina ustad itu pak."

Waduh orang ga waras begadang mantau memata-matai..

Itu pengamera otak kera..

Saya org bodo banget. Ga bisa bikin org cabul kapok ngintip.

Ustad Subki ga saya hina. Saya nulis di kertas gini.. kalo ustad Subki ngintip ngamera saya berarti bukan ahluljannah. Kira-kira gitu lah.

Coba ustad acara indosiar suruh baca kemudian.com nusantara... minta pendapatnya... pasti beda sama oknum pemuda-pemudi oknum pengamera yg sakit jiwa itu..

Saya aja difitnah menghina pak Darto. Ustad Bantardau.

Orang bodo lbh dr bodo dr saya ngamera dn suka nyuri tulisan, sama ngambil kata-kata terus ngebolak-balikin. Macam tokoh dukun kejawen yg suka balik-balik omongan di sinetron Dedi Mizwar PPT..

Kapolsek menghina Salman. Kata si pengamera. Takut sama sodara Salman. Sekecamatan jg ngga ada sodara saya itu...

Pengamera bergunjing kapolsek yg katanya ga suka saya.

Masa kapolsek benci saya. Orang di dusun tahu yg ngamera idiot.. Haryani itu disetir sama pengamera. Kawurnya itu pak Sugeng, pak Suhar, itu sodara si Salman. Tp si pengamera bikin sodaranya nganggap Salman orang ga bener.

Polisinya dong yg kongkalikong..

Polisi ditipu.

Salman ter-alienisasi.. Salman dikucilkan.. Salman pak tidak terdaftar warga desa pak.. Salman KTP Bandung. Salman 6 tahun di desa.. KTP Bandung pak. Polres jg ga normal biarin pengamera.. Salman di Bandung jg ga kriminal pak.. Salman dagang lalu nganggur lalu dagang lalu kerja lalu nganggur lalu krja lain lg.. Orang normal.. Ustad ditipu.. Biar nyangka orang ga bener..
Salman itu orang sakti.. Salman pembunuh siluman.. Salman punya ilmu hitam pak.. Salman sukmanya merkosa Chelsea Islan.. Salman bantu Chelsea Islan..

Dan sebagainya ...

Itu semua gosip dn gunjingan dr si pengamera yg terobsesi sama saya..

Yg ngamera orang gila.. Salman normal.
##

INI UDAH KETAHUAN INI YG NGAMERA SALMAN PUNYA KONEKSI PENGUASA TERTINGGI DI DESANYA. KATAKANLAH CAMAT. BISA JADI LAH.

INI PAKE ISU AGAMA.. ISU PENGAJIAN.. PROVOKATOR YG LUAR BIASA PENGAMERA SALMAN INI.

SALMAN PERNAH BILANG UNTUK MEMPERSILAHKAN AMBIL BUKU-BUKU POTO KOPIAN DI KAMARNYA LALU POTO KOPI ULANG DAN BAWA KE POLSEK ATAU POLRES. JANGAN AMBIL KESIMPULAN SENDIRI. TANYA KE PENYUSUNNYA ALIAS YG BIKIN YAITU PAK ISA. ADA DI JAKARTA KALI ORANGNYA.

BUKU POTOKOPIAN ITU BUKAN BIKINAN SAYA DAN BAPAK SAYA. BIKINAN PAK ISA. MACAM MODUL PELAJARAN ILMU BAHASA DAN TAFSIR QURAN.

IYA PAKE ISU AGAMA, TAPI SASARAN SEBENARNYA SAYA PRIBADI. KAYAK SAYA INI USTAD ATAU GURU YG HARUS DIJELEKIN BIAR GA PUNYA KREDIBILITAS DAN GA PUNYA MARTABAT. BEGITU.

PENGAMERA ITU MUNGKIN OKNUM POLISI ADA. MUNGKIN. GA NORMAL.
SAYA JADI SASARAN MEREKA.

KAN ADA DI BUKU MODUL PELAJARAN ITU SEJARAH AGAMA LAH KATAKAN BEGITU, DARI YAHUDI KE KRISTEN KE ISLAM. ADA ISTILAH KRISTENISME DAN ISLAMISME.

NAH PROVOKATOR INI MENGHASUT ORANG YG GA PAHAM SEJARAH AGAMA BIAR BENCI KE SAYA. ADIK SAYA GA TAHU APA-APA, SAYA YG BACA BUKUNYA ITU.. PELAJARAN ITU DISUSUN DARI ILMU ANTROPOLOGI AGAMA..

ORANGNYA TOLOL DIHASUT MAU AJA DAN IKUT SEBAR FITNAH KALAU SAYA MENGHINA ISLAM ITU YG KEBANYAKAN ADALAH ISLAMISME. DIFITNAHNYA PENGAJIAN SAYA MERASA PALING ISLAM. PDHL GA ADA PENGAJIAN. IBU SAYA AJA GA IKUT NGAJI. GA BAKAL PAHAM. NGAJI BIASA IKUT OENGAJIAN IBU-IBU MESJID DI DAERAH. PELAJARAN MAHASISWA ITU MODUL PELAJARAN POTOKOPIAN ITU.

SAYA JG GA NGAJI AKTIF KETEMU ORANG-ORANG DARI PENGAJIAN.. GA TAHU SIAPA AJA DIMANA SAJA.. SAYA BACA BUKU POTOKOPIAN BAOAK SAYA. DIHAKIMI SAMA OKNUM USTAD DAN POLISI CABUL YG BODO ITU.

HERAN.. SAYA AJA YG LULUSAN SANAWIYAH TAHU ITU MATERI DISUSUN DARI ANTROPOLOGI AGAMA DAN ILMU EKONOMI.. ITU HUMANIORA DAN EKONOMI SOSIAL.. JADI SAYA HERAN KENAPA PADA BEGO FITNAH SAYA NGAKU-NGAKU MENURUT SUNNAH RASUL..

PAK MEIRZA INI POLISI YG IKUT MAIN NGAMERA INI MUNGKIN. SAYA BUKAN NUDUH DAN NANTANG DITUNTUT ATAS TUDUHAN PENCEMARAN NAMA BAIK.

FITNAH PAKE ISU AGAMA MENYERANG PRIBADI ITU OTAK KERA..
NANTI PROVOKATOR BILANG SALMAN MENGANGGAP YG TRAWEH ISLAMISME DAN YG TAHLIL ISLAMISME MAKA DIPERCAYA WARGA BEBERAPA WARGA DAN SAYA DINILAI MEMUSUHI TRADISI. BAHAYA ITU BEGO.

ISLAMISME DAN KRISTENISME ITU ISTILAH..
BACA YG BENER JGN BUAT FITNAH. MEMANG BENAR IBLIS DAN SETAN BERSAMA TUKANG NGINTIP DAN TUHAN BERSAMA ORANG SABAR.

BACA ANTROPOLOGI AGAMA DULU MAKANYA BEGO.

NABI ISA GA PAKE SALIB JD SIMBOL AGAMA..

SETELAHNYA TIDAK ADA.. BEBERAPA RATUS TAHUN KEMUDIAN SALIB JD SIMBOL AGAMA PENGIKUTNYA. KARENA SUKA DISEBUT CHRIST ATAU KRISTUS MAKA PENGIKUTNYA DISEBUT CHRISTIAN JADI KRISTEN.

KRISTENISME ITU DIBIKIN SAMA BANI ISRAIL AHLI KITAB.. ULAMA LAH DIJAMANNYA.. DIBIKIN SUPAYA DITERIMA ROMAWI. LALU ADA PENCAMPURAN DENGAN PEMIKIRAN YUNANI. PEMIKIRAN YUNANI ITU MENDARAH DAGING SEJAK JAMAN PLATO KALI SEBELUM MASEHI.

BACA SENDIRI KE PERPUSTAKAAN. SANA!! GOBLOG MALAH NGAMERA MITNAH.
ISLAMISME JG SAMA. ADA PENCAMPURAN DENGAN PEMIKIRAN YUNANI. SETELAHNYA MENYEBAR KE SEPENJURU DUNIA KELUAR DARI TITIK PUSAT PENYEBARANNYA DI JAZIRAH ARAB.

NAH PLATO DAN LAINNYA ITU PEMIKIR HEBAT DI JAMANNYA TP BUKAN NABI BUKAN RADUL DAN ADA KURANGNYA. ITU DISELESAIKAN OLEH WAHYU YG DIBAWA NABI DAN RASUL.

BANYAK...
##

BAWA SERET KE PENGADILAN YG NGAMERA SAYA. ADA ORANGNYA YG NAMANYA MISKUN YG DIHASUT SUPAYA SAYA DIANGGAP MENGHINA ISLAM YG UMUM ISLAMISME DAN SAYA HARUS DIMUSUHI.

BACA BEGO!!!

BISA NYUSUN INTI MATERI PELAJARAN GA LU!!!

TANYA GURU-GURU DI SEKOLAH MANAPUN DI DUNIA INI SIAPA ORANG YG BISA NYUSUN INTI MATERI PELAJARAN???

PROFESOR YG NYUSUN MATERI PELAJARAN.

DARI ILMU EKONOMI DAN SOSIAL BISA JD PELAJARAN BARU DI MIX SAMA ILMU LAIN SEPERTI ANTROPOLOGI.

JGN BODO LU BANGSAT!!

MARAH ORANG GILA SI PROVOKATOR PENGAMERA ITU.. DIMAKI JG KARENA 11 TAHUN NGAMERAIN DAN GAMAU DIHUKUM. KEBAL HUKUM. PAKE ISU AGAMA ITU ORANG.

11 TAHUN KURANG LEBIH...
NGINTIP SIANG MALEM TAMBAH ZALIM BUKAN TMBH TAKWA TAMBAH IMANNYA.

SAYA WARGA BIASA.. GA GANTENG BANGET. JD SUSAH INI. KALAU GANTENG BANGET PASTI UDAH DI STOP KAMERANYA...
##

OKNUM KEJAWENNYA PAK SAMA OKNUM KATOLIK ADA ITU MENGHINA SALMAN KARENA BACA BUKU POTOKOPIAN MODUL PELAJARAN ALQURAN. ITU ADA SEJARAH BAHASA. DIHINA NGAKU-NGAKU TAHU SEJARAH BAHASA. ITU DIHINA SALMANNYA. YG NGAMERA ITU GILA. BAHASA ALQURAN. BAHASA QURAISY. BAHASA SERUMPUN ARAB. ADA GITU TULISANNYA. MARAH PENGAMERA ITU. MEMANG INI KEGILAAN SI PENGAMERA.

ADA NATURALISME DAN IDEALISME TERUS ADA ISTILAH MAKRO ATOMISME DAN MIKRO ATOMISME ADA ISTILAH LOGOS BESAR DAN LOGOS KECIL ADA ISTILAH JAGAT CILIK DAN JAGAT AGENG ADA BAHASAN BEGITU DI BUKU YA DIHINA JG. PENGAMERANYA GILA.

PENGAMERANYA GILA..

IYA SUKA MAIN SEBAR FITNAH, SAYA AJA LULUSAN SANAWIYAH YA AMBIL YG UDAH SAYA PAHAMI DAN YG BELUM PAHAM YA DILEWATIN AJA BACANYA. YG NGAMERA MALAH NUDUH SAYA MAHADISWA BODONG LULUSAN UNIVERSITAS BODONG.

MAKANYA SAYA BALES SI PENGAMERA ITU BODONG. BODO DAN DONGO.

KAN PIKIR AJA LAH ORANG SAYA INI BACA DI KAMAR LALU DICOLONG YG BAIKNYA LALU DIFITNAH SAYA INI PENGHINA.

PADAHAL DIHINA. WAHAHA.
#

ADA OKNUM KEJAWEN SANGAT MERUSAK KELUARGA SAYA. PADAHAL ITU ORANG MACAM DUKUN.. APA BACA BUKU? NGGAK.

KAN SAYA BACA TERUS NULIS, LIFE LIKE ANT EAT LIKE BIRD.

DIHINA JG..

MAKAN KAYAK BURUNG ITU MAKSUDNYA SECUKUPNYA DAN GA NUMPUK MAKANAN DI TEMPAT MAKANAN DAN HIDUP RUKUN SEPERTI SEMUT.

DILEDEKIN NULIS BEGITU DI KAMAR.

LIHAT SEMUT JGN MAKANNYA TAPI RUKUNNYA ALIAS GA ADA PERANG ATAU TAWURAN.

COBA LIAT SEMUT DI KEBON ITU KAN BEDA KOLONI BEDA JENIS.. APA ADA REBUTAN LAHAN JAJAHAN ALA ORANG EROPA DI JMN KOLONIALISME..

LIHAT ITU GERBONG PENJAJAH ISI MAKANAN DAN REMPAH ANGKUT KE KAPAL BAWA KE NEGERI PENJAJAH..

INI PADA GOBLOG ASAL BACA NGAMERAIN LALU MARAH..

ANTI IMPERIALISME SAMA DENGAN ANTI PENJAJAHAN. TIDAK MAU DIJAJAH DAN MENJAJAH. ITU ILMU APA DI SEKOLAHAN YG BAHAS ITU..

EAT LIKE BIRD LIFE LIKE ANT..

ITU YG NGAMERA KEBALIK.. EAT LIKE ANT LIFE LIKE BIRD.

LIFE LIKE BIRD GA BOLEH.. BEBAS SEBEBAS-BEBASNYA.. GA BOLEH.

YG NGAMERA KEBALIK. BEBAS KEBABLASAN. BEBAS NGINTIP DAN MITNAH.

NGUMPULIN PUNDI-PUNDI UANG HASIL MITNAH DAN JAJAH SAYA KALI YA..HEHEHE.

JIWA PENJAJAH LU!!

SAYA HERAN NULIS AJA DIHINA..

LALU MENGHASUT BANYAK ORANG SAYA PENGHINA.

##

Pengen ngebuat semua benci ke saya..
Biar ga punya istri..

Itu niat pengamera gila itu..

##

Psikopat itu oknum kejawennya ada..

##

Si kejawen gila itu buta Quran. Suka ngomong kalo Quran itu suci dan Salman itu kotor. Orang kotor kayak Salman ga boleh belajar Quran apalagi nerjemahin Quran. Padahal dia sendiri ga pernah baca Quran.

Kalo saya ngingetin pake ayat si kejawen itu marah. Dia baca ini jg soalnya tahu saya hapean atau nggak. Mantau tiap hr itu. Makanya ada oknum polisi idiotnya ini.

Saya ingetin sama Al-Baqarah:

INALAZINA KAFARU WA KAZABU BIAYATINA ULAIKA ASHABUNAR HUM FIHA KHALIDUN.

SUNGGUH ORANG-ORANG YG BERLAKU NEGATIF TERHADAP AJARAN ALLAH YAKNI MEREKA HIDUP DENGAN AJARAN SELAIN ALLAH HIDUP MENDUSTAKAN AYAT-AYAT KAMI. MEREKA ITULAH PENGHUNI NERAKA HIDUP SEABADI-ABADINYA KEKUFURAN MEREKA (TAK MAU BERTOBAT).

ITU TERJEMAHNYA..

BIASANYA MEREKA BUKANNYA MALU MALAH NYERANG BALIK DENGAN MENGHASUT ORANG KALAU SAYA YG KAFIR, SAYA YG PENGHUNI NERAKA, SAYA YG MENDUSTAKAN AYAT.

APAPUN JADINYA DIBALIK-BALIKIN.

SALMAN ,PAK. YG KAFIR SALMAN. YG DUSTA SALMAN. YG NAR ITU SALMAN.

GITU....
##

ASLI GA BOHONG.

PELAJARI TUH TERJEMAH SAYA YG MASIH BELAJAR. DASAR OKNUM KEJAWEN IDIOT. BELAJAR AGAMA ISLAM JG NGGA ITU OKNUM KEJAWENNYA.
##

Wah ada gunjingan dr kulon kampung...

Kirsan ora seneng maring sing nulis orang yg hilang..

Kapolsek pengen mateni maring wong sing nulis orang yg hilang..

Camat pengen mateni..

Gito ngerusak banget meng keluargane Sapen..

Gito pak yg sebar Salman perkoss Nisa..

Banyak banget...
##

Ini mereka bikin gosip.. teruss..
##

Saya pengen orang luar tahu kalau pengamera ga mau ketahuan dan ga mau dihukum...

Disini pengameranya ada yg suka pake bahasa Indonesia yg dr jauh..

Yg tukang gosip jg..

Dulu ada namanya Nasan.. meninggal karena makan nangka dn kopi lalu diisukan diracun..

Tp sebentar gunjing gosipnya...

##

Ini saya diincer oknum penjahat dr kejawen yg ngamera bawa isu vatikan katolik dan Amerika.

##

Mereka dimanfaatkan pengamera sunda yg dr dulu wkt d Bandung ngamera saya jg..

Ada nama Acong.. Irwan.. orang maleber Bandung..

##

Aneh.. yg tukang ngintip ga disebut penjahat.
##

Ini dalam pengaruh sihir dukun kejawen ini semua..

##

Kalo saya ga dikamera lalu dpt jodoh dn menikah dan jd orang kaya...
Apakah kemudian si pengamera akan lupa udah ngamera saya??

Ga bakal lupa!

Lu orang bukan kera. Kenapa gobloknya lbh dr kera!!

Ngamerain ngintip.

##

Ini yg ngamera terobsesi sama saya karena keracunan film. Saya kata begitu sebab yg ngamera bikin isu aliran sesat. Saya tukang kesurupan. Saya banyak demon alias setan dibadan saya. Itu makanya saya bilang otak kera pengametanya. Dari dulu pinter ngibul..

Saya kan kalo kerasa ada mahluk halus masuk itu suka dzikir sambil tiduran. Kepala gerak mirip the matrix waktu adegan agen smith merasuki manusia. Nah dulu saya jg difitnah mau dirasuki agen Smith dan yg ngamera saya di Neo kan. Di Neo Santara kan. Pdhl saya ga kerasukan agen Smith d film the matrix.

Terus di film 47 Ronin. Ada adegan biksu setan yg kepalanya gerak kerasukan.. trus saya jg digituin fitnahnya kalau saya seperti biksu setan yg kepalanya gerak-gerak kerasukan. Idiot pengameranya.

Terus jg ada adegan kerasukan di video clip Eminem yg kepalanya gerak-gerak cepat itu macam the matrix agen Smith itu lalu ya saya digituin jg fitnahnya kerasukan..

Mereka kayaknya kontek orang Amerika buat bikin kesan kerasukan itu gerak-gerak cepat kepalanya..

Makanya saya curiga pwngamera bikin fitnah saya ada setannya. Bego. Orang saya dzikir.. terus mahluk halus keluar setelah kepala gerak-gerak cepat. Ini ulah jin penjaga. Yg bikin saya jd incaran pengamera. Jin atau hodam atau apa ya ga tahu lah...

Iya.. saya ga kerasukan. Justru normal setelah merem mau tidur kan lailahailallah dsb lalu begitu.. kejang kepala.. tangan.. kaki.. badan...

Iya..

Tapi ga kerasukan soalnya dzikir.

Yg jahilin yg ngamera. Ada setannya itu pengamera.

Saya lancar baca Quran. Salat byj gangguan. Itu setan namanya setan sunda keledaicabul.

Saya yakin kalo stop kamera ga bakal terus kejang tiao merem karena dzikir usir mahluk halus yg nempel di badan kiriman orang.

Yg ngamera bikin gosio berlebihan...

Saya ini kejang dijahilin lalu ketempelan dn tiap mau tidur dzikir baca lailahailallah dsb. Lalu kejang kayak the matrix lalu kayak biksu setan lalu kayak lagu Eminem..
Hehe tp ga kesurupan. Kelempar itu mahluk halusnya saat gerak-gerak cepat kepala itu.

Ibu bapak saya aja biasa soalnya ga tahu apa-apa..

Saya ga kerasukan. Si pengamera kurang ajar bikin fitnah saya hamba setan.

Mimpi yg byk jg ga jd cerpen semua..

##

Wah masih bergunjing ttg saya..

Bukannya matiin kamera malah bikin gosip saya pesugihan dan nanti istri saya jd tumbal..

Kejawen klenik.. Baca buku.. ilmu modern banyak..

##

Ga suka kalau saya kaya berarti si pengamera ini.. ga suka saya pinter.. ga suka saya ganteng.. saya ganteng lah soalnya laki bukan perempuan.

##

Ada yg ngegosipin kang Tusam..

Tusam dicemarkan sama Salman pak.. Tusam bukan buronan.. Tusam bukan curanmor tp pinjem motor anak pak Dino tp ga dibalikin.. ga ada kabar.. Utang d bank jg ya dtg ke keluarganya ga bakal nyari Tusam..

Tusam lari bawa uang korupsi pak Yusin.. Ngga gitu.. Ngapain bawa duit korupsi..

Tusam dibegal di jalan kali.. Ngga gitu.. Ada orangnya.. Takut pulang ke kampungnya.. Kenapa takut.. Katanya kawin lg..

##

Pada aneh ini..

Saya nulis gini biar stop kamera malah terus bergosip dn gunjing saya..

Orang sundanya jd oknum disini ini bikin fitnahan.. Saya difitnah penghina orang sunda. Pdhl saya bilang setan keledai cabul ke si pengamera tukang kibul..

##

Ibunya kang Tusam digosipin jg..
Pak Poniman cliwek jg digosipin..
Kang Tusam digosipin diculik sama pengamera karena mau buka suara ttg fitnahan si pengamera. Ada yg gosipin gitu. Diculik. Haduh ada aja gosip baru. Katanya si pengamera takut Tusam buka suara ke orang lain soal kamera...

##

Maksud saya nulis biar stop kamera. Malah terus ngamera sambil gosip banyak. Kalau kang Tusam ga ilang.. ya ada ke kampung. Balik kampung. Ngapain takut sama yg punya motor.. takut ke debt collector kali..
Apa iya utang bank bikin kolam ikan?? Katanya iya.. tapi kan profesi sopir travel.. pak Dino itu tmn sopir travel jg..

##

Ada yg gosip kalo saya pengen mancing kang Tusam keluar dr tmpt sembunyinya ..
Waduh.. saya pengen stop kamera.

Pengameranya bahaya suka mitnah..
##

Salman mau dibunuh anak buahnya Meirza.. kata pengamera cabul itu..
##

Hehehe..

Dunia luar tahu.. yg macam-macam ke keluarga nusantara orang kaya di kampungnya yg kongkalikong sama si sunda cabul pengamera.

Wahaha.. pak Meirza itu polisi.. anak buah polisi yg kayak apa yg bunuh saya eh pengen bunuh saya???

Gosip pengamera..

##

Kang Kamal dikamera jg.. semua keluarga kaki Tir, nini Jampen, nini Sapen, wah sedesa di kamera..

Apa iya???

Ga percaya.

##

Ini yg baca di luar tahu Salman orang normal. Kalopun Chelsea Islan baca tentu dia tahu Salman Martono orang normal. Nusantara sangat normal.
Pengamera itu siapa ya???

Penggunjing itu nanya ke temenya gitu...

Presiden kali..
##

Wah di kampung Salman ga ada money politik tp ada rokok politik. Wih ada jg sarung politik wkt pilihan caleg ibu Wer..

Sarung gitu murah aja dipake hadiah buat yg dtg nyoblos.. bagiin aja ke tiap rumah warga.. yg dtg ke pencoblosan ga perlu dikasih sarung.. bagiin aja ke tiap rumah..

Wih.. misalnya ceban dikali 100 biji udah sejuta buat sarung doang...
##

Bikin cerpen ah..

Sekarang jm stgh 9 malem...

Langsung bikin cerpen asal ketik..

Fresh ga pake mikir editan..

Judulnya... PETIR GETIR

Itu ga ada sangkut-paut sama daerah desa petir di purbalingga sebrang kali..

Judulnya ya gitu.. PETIR GETIR

PETIR GETIR

Gemuruh merambati udara di pekat langit. Tak seperti jerit, hanya seperti sendu yg pelik seolah sirna sudah rasa rindu kepada kekasih sebab menghadapi kematian di tengah-tengah peperangan yg sangat sengit.

Kilat cahaya sesaat demi sesaat berkali berganti sekali demi sekali lalu sekali lagi sebelum aku tak sadarkan diri. Sebuah anak panah ini menancap di dada kiri membuatku hendak mati.

Sekilas bayang kekasih berganti wajah sendu ibu dan pula ibu pertiwi. Lalu hujan pun jatuh perlahan basahi diri yg hendak pergi.

Aku tak sadar menjadi satu dari seribu daun yg jatuh berguguran. Menyentuh tanah yang basah dengan wajah yg terluka dan dada beranak panah. Aku dengar irama rintik hujan dalam senduku yg diam menuju lain alam. Aku lelah. Aku jengah. Aku kalah.

Aku prajurit yang mati memperjuangkan diriku sendiri. Aku melihat panglimaku mati, kawan prajuritku mati. Mereka mati untuk raja dan ratu mereka serta keluarga dan tanah air mereka. Mereka berjuang untuk itu. Aku memperjuangkan diriku sendiri. Untuk tubuhku sendiri. Agar tetap berdiri sampai titik darah penghabisanku. Sampai aku mati. Mati.

Aku dibiarkan sendiri hinggaku mati oleh hewan-hewan buas yg lapar. Hewan pemangsa yang buatku terkapar.

Bersambung..
##
Apa komentar orang sunda gila pengamera di kulon ya??

Orang di rumah Daroni mungkin...
##

Haha.. gitu gunjingannya gitu..

Ngaku-ngaku prajurit.. udah mau mati..

##

Belajar sastra makanya walaupun sedikit..
##

Ga ada otak yg ngamera bikin fitnah..
##

Sekarang jm setengah 4, wkt sahur..

Saya mimpi dan akan saya ceritakan..

Ada orang datang ia membaca cerita PETIR GETIR. Ia berkata: "Wahai orang suci cerita anda sangat luar biasa."
"Maaf, jangan sebut saya orang suci. Saya manusia yang hina. Panggil saja saya kotoran." Dijawab gitu.

"Anda begitu merendah. Semakin anda merendah semakin anda suci." Kata orang itu.

"Tidak begitu. Memang bukan orang suci." Jawabku.

"Saya merasakan sakit dan perihnya prajurit itu sebelum kematiannya. Seperti Isa putra Maryam di tiang palang kayu salib. Allah mencintai hambanya dan memberinya kesakitan. Betul kiranya jika Allah mencintai hambanya Dia akan memberi ujian yg begitu perih dan menyakitkan. Setiap darah yg menetes, daging yang tercabik, tulang yg remuk, sangat menyakitkan. Dalam kesakitan itu Isa putra Maryam bersabar." Panjang lebar orang itu bicara.

"Setiap orang beriman yang disiksa oleh kekejaman orang kafir dihadiahi surga atas kesakitan yang dirasakannya demi mempertahankan iman. Mereka dianggap kalah namun menang di mata Allah." Kataku.

"Ikut aku, ini waktu sebentar lagi gerhana. Kau akan melihat pertunjukan panggung." Kata orang itu.

Aku mengikutinya. Menonton panggung pertunjukan. Pertunjukan siksaan menyiksa diri. Ada yang menancapkan pasak besi di bagian telapak kaki, ada yg di telapak tangan. Beneran pada meringis merasakan kesakitan.

Aku muntah dan pusing.

"Mereka berlebihan. Menyiksa diri tidak boleh." Kataku.

"Mereka ingin kau menghpus cerita kursi listrikmu. Sakitnya dipaku di tiang palang salib itu simbol kesakitan dalam perjuangan." Katanya dia.

"Orang islam tidak percaya Isa putra Maryam disalib. Isa diangkat ke langit." Jawabku.

"Aku tahu. Mereka buta terhadap iman mereka sendiri. Aku juga. Isa putra Maryam mati sebagai penjahat dan sebagai musuh kaisar. Aku mengiyakan saja tapi dengan begitu ia ditinggikan setinggi langit. Aku tahu juga mereka tak perlu melukai badan mereka merusak diri untuk menunjukan kecintaan mreka terhadap Isa putra Maryam. Aku jg mencintai Isa putra Maryam, juga musa, dan nabi lainnya. Tapi yg utama adalah Muhammad." Kataku.

"Anda seperti prajurit berjiwa panglima." Kata orang itu.

"Apakah kau setan? Kau terlalu banyak memuji." Tanyaku.

"Saya bukan orang suci." Jawabnya.

"Saya juga." Jawabku.
##

Sekarang sore.. jm 4 sore..

Penggunjing masih ada ngamera ngintip nguntit mitnah hasut adu-domba..

Penggunjing bergunjing...

"Salman itu kebaikannya palsu.."

"Salman bukan orang suci tapi juga bukan kotoran. Yang ngamera Salman yg kotoran. Yg ngamera aktifitasnya menghina Salman saja. Setiap hari. Aktifitas mereka tak ada yg baik. Baca Quran jg tdk. Bergunjing saja sambil ngintip ngamera Salman. Mereka yg kotoran."

"Salman menghina salib."

"Bukan menghina salib. Yang ngamera kurang ajar ngamerain kamarnya bahkan katanya sama kamar mandi juga. Pengameranya kotoran."

#####$

Saya kasih cerita hikmah..

Pembaca pinter lbh byk dr yg bodo kayak pengamera..

Sebelum jaman nabi Muhammad, kira-kira abad 3, ada pendeta berdiskusi..

"Wahai sahabatku, aku takut di masa depan orang-orang akan memperlakukan salib seperti berhala dewa. Mereka mungkin tak meyakini lagi dewa-dewi dan meninggalkan ritual sembah berhala patung dewa dan ritual puji-pujiannya. Tapi kalau salib jd pengganti berhala, itu menyimpang."

"Isa putra Maryam dicari dan dikejar penyembah berhala karena merasa dihina dewanya pdhl patung berhala mreka tak dirusak. Bagaimana nanti perilaku mereka yg menjadi pengikutnya tetapi berbuat seperti kaum pagan yg mengkultuskan wujud benda pengganti entitas Tuhan yg tak bisa digapai oleh manusia yg hidup di dunia. Kita tidak tahu Allah itu seperti apa."

"Aku tidak akan hidup 100 tahun lagi dan tidak tahu apa yg akan terjadi nanti."

"Apalagi 1000 tahun kedepan."

***INI CERITA DARI ORANG YANG BERCERITA DI MIMPI SAYA****

DULU***UDAH LAMA****

###

DON'T JUDGE ME!

SHUT YOUR MOUTH!

I'M NOT A CRIMINAL

I'M NOT A BAD GUY

###

I'M MR NICE GUY

###

I LOVE ISLAM.

###

Yg gunjing lucu...

"Salman Tuhannya Allah yang ngamera Tuhannya kotoran. Ngintipin kamr mandi jg. Gila. Tuhannya pengamera kotoran. Salman Tuhannya Allah."

##

Orang sunda di kulon di rumah warga itu ga tidur ngamerain saya. Mantau melulu cari bahan fitnahan. Tiap saya ngetik dia bilang ke temen pengameranya: "ngahina deui.." "salman menghina tiap hari.."

"Wendi isin pak percaya miskun.."

"Salman suka merendahkan orang pak."

"Daroni direndahkan oleh Salman.."

"Pak Sawon merasa direndahkan Salman.."

"Salman sombong pak.."

Dsb..

MEREKA ITU DIBAYAR SAMA YG NGAMERA YAITU DALANGNYA. OTAKNYA ITU. ADA YG BILANG ORANG ITU POLISI. ADA YG BILANG WARTAWAN.

SALMAN GA SOMBONG, PENDIAM, BUKAN PEMARAH JUGA. DARONI YG BIMIN MARAH SALMAN KARENA KONGKALIKONG SAMA PENGAMERA.

JADINYA MARAH. DISEBAR FITNAH SALMAN TEMPERAMENTAL DAN SAWAN. EMOSIAN. BEGITU JAHATNYA DARONI DAN SUNDA CABUL ITU.

##

Disini pengamera bisa ngatur siasat hinaan dan fitnahan ke saya dan keluarga saya.

Saya ini orang yg dizalimi. Disebar orang yg zalim.

Saya ini dijahati. Disebar menjahati.

Saya ini dihina disebar penghina.

Saya tidur sering banget soalnya males denger gunjingan lalu disebar tukang molor dan pemalas.

Malah tidur pun difitnah meraga sukma dan sukma saya katanya ngintip cewe mandi atau lain-lain yg lbh buruk dr ngintip kmr mandi atau kamar. Firman cucunya mbah Darmo tahu ada permainan menghitamkan orang.

Saya dituduh mental pengemis karena dikata pemalas dan tukang tidur. Padahal ga mental pengemis. Apa saya demo minta bantuan pemerintah? Ga. Apa teriak-teriak di balai desa minta bantuan sembako atau duit bulanan? Ga.

Hehehe. Kurang ajar pengamera setan itu.

Saya ga ada kegiatan ekonomi karena diganggu keseharian saya supaya mental saya rusak. Tapi saya pinter. Jd ga rusak. Pengamera rusak mental. Mitnah melulu.

Saya pengen punya usaha terus punya duit. Tapi pengamera pengen saya ga punya usaha dan ga punya duit.

SAYA NANTANG SI FIRMAN JUJUR SOAL INI.

BAPAK SAYA PENGHASILANNYA DARI TELUR BEBEK YANG DIPIARA DI KANDANG. SAYA CUMA BANTU SAJA. ITU JUGA SI PENGAMERA SUKA USIL KALO SAYA BANTU BAPAK SAYA BIKIN PAKAN BEBEK. DEMI ALLAH SILAHKAN POTONG LEHER SAYA KALAU SAYA BOHONG.

SAYA INI MAU DIBIKIN DI SINI MACAM MANUSIA MUSUH BERSAMA TIDAK BERGUNA. KALO BACA QURAN PAKE SPEAKER DIHASUTLAH ORANG BEBERAPA SUPAYA BERANGGAPAN SEDANG PAMER SUARA ATAU MENGHINA SUARA ORANG LAIN DAN KERASUKAN SUKMA ORANG LAIN SEHINGGA YANG MEMBACA ITU SUKMA ORANG LAIN.

SAYA DI SINI DIBIKIN SUPAYA DIBENCI ORANG DAN GA DAPET KEPERCAYAAN. DISEBAR IDIOT DAN POLOS-POLOSAN DAN SUKA MENGIBA.

DISEBAR JUGA SEBAGAI ORANG YG BERMUKA DUA. PENGHIANAT. PURA-PURA ISLAM. ASLINYA KRISTEN. PURA-PURA KRISTEN ASLINYA ISLAM. DAN BANYAK LAGI.

HEHEHE. PENGAMERA ITU MAUNYA SAYA DIMUSUHI SEMUA ORANG DARI POLISI, TENTARA, WARTAWAN, ARTIS TV, WARGA DESA, WARGA KOTA, PRESIDEN JUGA. RAJA JUGA. RAJA ARAB KALI YA..

HEHEHE. SAKING DENGKINYA. PENGEN SATA DIMUSUHI USTAD, PENDETA, BIKSU, RAHIB, ORANG AWAM, ULAMA, MAHASISWA, ANAK SMA DAN SMP. ANAK SD DAN TK JUGA. IYA DISEBAR FITNAH SAYA PEDOFIL.. SUKA ANAK-ANAK, PREDATOR ANAK.

HEHEHE. ORANG GILA NGAMERAIN SAYA SEMBUNYI-SEMBUNYI.

##

FIRMAN KURANG AJAR KERJASAMA SAMA SUNDA CABUL..

MENGHASUT SALMAN PERUSAK TERJEMAH ALQURAN..

KWJAWEN IKUTAN NGINTIP.

ADE ROSID GA SUKA PENGAMERA DAN GA SUKA SALMAN.

##

ANTO KARO BOGE SING NGOTAK-NGATIK. WONG HAPEAN DIGANGGU.
##

KELEDAI CABUL SUNDA TUKANG NGINTIP GA BISA APA-APA SELAIN CABUL DAN MITNAH..

##

Oknum ustadnya ada makanya heran ga ditahan pdhl masukin daftar teroris aja sebab tukang teror ngintip ngamera. Oknum ustad bodo-bodo..
##

Pada bodo oknum ustad yg dihasut sunda cabul itu...
##

Ini contoh terjemah belajar sendiri saya..

1. ALIF LAM MIM.

2. ITULAH KITAB ALQURAN YANG TIDAK ADA KERAGUAN DI DALAMNYA MENJADI PEDOMAN HIDUP BAGI SIAPAPUN YANG HENDAK MENCAPAI TAQWA MENJADI GOLONGAN ORANG-ORANG YANG BERTAQWA.

3. ADAPUN MEREKA YANG TAQWA ITU ADALAH YANG BERIMAN (HIDUP BERPANDANGAN SERTA BERSIKAP DENGAN PENYESUAIAN MENURUT AJARAN ALLAH) YANG GHAIB (YANG TERSEMBUNYI DI DALAM ALQURAN YAITU PETUNJUK BERUPA ILMU YANG LEBIH BERHARGA DARI EMAS DAN DIGALI DENGAN USAHA SEPERTI USAHANYA PARA PENGGALI EMAS) YANG MENUNJUKI JALAN BAGI ORANG-ORANG YANG HENDAK MENDIRIKAN SALAT DENGAN CARA YANG BENAR DAN MENGINFAQAN APA YANG ALLAH RIZQIKAN KEPADA MEREKA (BAIK HARTA MAUPUN PEMAHAMAN ILMU.

#ingat RABBI ZIDNII 'ILMAN WARZUQNII FAHMAN#

ALLAH ITU GHAIB, MALAIKAT ITU GHAIB, WAHYU (FIRMAN ALLAH) ITU GHAIB, HUDAN (PETUNJUK/PEDOMAN HIDUP) ITU GHAIB

4. DAN ADAPUN ORANG-ORANG YANG MENDIRIKAN SALAT ITU DAN YANG MENGINFAQAN RIZQINYA ITU ADALAH MEREKA YANG HIDUP BERIMAN, HIDUP BERPANDANGAN DAN BERSIKAP DENGAN APA YANG TELAH DITURUNKAN KEPADA ANDA/ENGKAU (MUHAMMAD) DAN DENGAN APA YANG DITURUNKAN KEPADA UTUSAN-UTUSAN SEBELUM ANDA/ENGKAU (MUHAMMAD). DAN TERHADAP KEPASTIAN HARI PERHITUNGAN AMAL PERBUATAN DI AKHIRAT MEREKA BENAR-BENAR MEYAKINI (SEHINGGA BERHATI-HATI BENAR DALAM BERBUAT ENNGAN ZALIM).

#orang yg ngintip ngamera hasut fitnah adu-domba ga masuk kategori orang taqwa. GUA BACOK JUGA LU!!

5. MEREKA ITULAH ORANG-ORANG YANG HIDUP DIATAS PETUNJUK TUHAN PEMBIMBING KEHIDUPAN HASANAH MEREKA ( YAITU ALLAH) DAN MEREKA ITULAH YANG MENDAOATKAN KEMENANGAN HIDUP JANNAH.

#ini bukan lagi ngaku-ngaku berpandangan dan bersikap dengan quran. Terjemahnya gitu. Bekum hatam belum hafal sekitab. Bekajar sedikit ayat. Pengamera suka mitnah saya tukang ngaku-ngaku. Daroni jg ngintip ngamera. Sunda cabul hasut kejawen biar musuhin saya. Pdhl ga pada mau baca quran. Bukan hobinya orang kejawen baca quran.

##KEJAWEN ITU KEPERCAYAAN KUNO YANG TIDAK BISA DIKATAKAN RAHMATAN LIL 'ALAMIN.
RAHMAT BAGI SEKALIAN ALAM. GA BISA. PUNYA KITAB JUGA NGGAK. NABI ORANG KEJAWEN SIAPA? RASUL ORANG KEJAWEN SIAPA? TANYA AJA SILAHKAN!!!

PADA BACA QURAN APA NGGAK?!! DISURUH NGAMERAIN SAYA PADA MAU!! ISINYA ORANG-ORANG BAR-BAR? ISINYA ORANG-ORANG GA BERMORAL? ISINYA ORANG-ORANG CABUL? COBA PIKIR!!!!!!!

KWJAWEN ISINYA AHLI FIKIR? ISINYA ORANG-ORANG BIJAKSANA? PARA DUKUN? AHLI SPIRITUAL? PUNYA ILMU HIKMAH? DISURUH NGAMERAIN SAYA MAU. SENENG NGINTIP LALU BILANG SAYA KURANG AJAR.

NENEK BUYUT SAYA KEJAWEN JUGA TAPI WAJAR KARENA ILMU TENTANG ISLAM MADIH MINIM WAKTU NENEK BUYUT SAYA HIDUP. SEKARANG ILMU TENTANG ISLAM BANYAK.

GOBLOK BENER NGINTIPIN ORANG KAYAK IBADAH DAPET SURGA. DAPET SURGA??

SAYA MENGHARGAI LIMA NAMA HARI TANGGAL JAWA. ITU BUKAN MILIK ORANG KEJAWEN. TAPI MILIK ORANG JAWA. LEGI, PAHING, WAGE, MANIS, KLIWON. GITU KAN. TAPI SAYA GA ANGGAP BENAR ADA LIMA HARI. YANG BENAR TUJUH HARI. APA SAYA MENGHINA NAMA HARI JAWA. NGGA. GOBLOK YG NGAMERA PENGEN MITNAH TERUS. DONGO KEBANYAKAN NGINTIP.

#

Mau bunuh saya gara-gara saya protes ga mau dikamera diintip kamar dn kamar mandi??

Anjing rabies berarti preman-preman ga punya agama. Nanya dukun lu dapet petunjuk biar bikin susah hidup saya?,,

Anjing!! Salah ketik huruf difitnah! Ga normal. Otak orang sakit jiwa!!!!
##

Pengamera anjing rabies itu temennya Salman dalang kegiatan kamera. Sangat psikopat. Menikmati ngintip mitnah hasut adu-domba. Kejawen sing ngenyeki kudu modar!

Gitu komennya. Banyak.

Sunda setan cabul beneran. Anjing rabies. Salman ga kebeli baju sebulan sekali. Baju dikasih setahun sekali sama adiknya. Ekonominya jelek diacak pengamera anjing sunda rabies.

"Intel anjing!!"

"Tangkap pengameranya, goblok."

"Salman dirusak ekonominya sampe ga kebeli baju! Intel anjing!!"

"Daroni anjing penghasut!"

"Salman mau ditangkap sama intelnya ibu Tini kalau bohong."

"Anaknya bu Tini kurang ajar sama Salman."

"Ibu Tini masih sodara bapaknya Salman tapi menghina."

"Bukan, sodaranya orangtua bapaknya. Bukan sodara bapaknya."

"Intelnya ibu Tini akan meminta pertanggung jawaban pengamera bawa isu agama dan lainnya."

"Salman bukan bazer."

"Salman autis ga kebeli baju. Makanya pengamera ga tahu malu."

"Salman ga autis. Salman pemalas jd ga kebeli baju."

"Salman itu bapak-bapak."

"Salman korban dari manusia serakah anjing rabies setan sunda keledai cabul."

"Salman autis. Semi autis. Autis yang tidak autis."

"Pengamera sakit jiwa."

"Ibu Tini sdh meninggal. Difitnah Salman yg nyantet."

"Aduh, omong kosong semua."

"Ini cerpen orang hilang. Bukan berita kampung."

##

Waduh, seharusnya tdk perlu ada yg marah. Tapi harus ada yg maksa pengamera sunda cabul itu stop kamera.
##

Saya lanjut terjemah Albaqarah...

6. SESUNGGUHNYA ORANG-ORANG YG BERSIKAP NEGATIF TERHADAP AJARAN ALLAH YG TELAH DITURUNKAN KPD PARA RASULNYA ITU SAMA SAJA ATAS MEREKA DALAM BERSIKAP YAITU MEMPERTAHANKAN PENGINGKARAN MEREKA, BILA DIBERI PERINGATAN MAUPUN TAK DIBERI PERINGATAN TETAP SAJA MEREKA TAK MAU HIDUP BERPANDANGAN DAN BERSIKAP DENGAN AJARAN ALLAH.

7. SUDAH ALLAH TUTUP ATAS HATI MEREKA DAN ATAS PENDENGARAN MEREKA DAN ATAS PENGLIHATAN MEREKA DENGAN TUTUPAN SEJENIS PENGHALANG SEBAB PILIHAN PENGINGKARAN MEREKA ITU DAN BAGI MEREKALAH SIKSAAN HIDUP AMAT SANGAT PEDIH SEBAGAI KONSEKUENSI DARI PILIHAN PENGINGKARAN MEREKA ITU.

8.

9.

##

Pengamera jawanya komen..

Ora peduli pak, salman arep teyeng nerjemahena apa ora.. pokoke wis ngenyek maring pemuda sawangan..

Itu provokatornya.. coba datengin ke saya biar tahu diri.

Saya misalnya minta si pemuda oknum sawangan, misalnya si Daroni, atau si Firman, atau si Bambang, si Dindin misalnya, suruh nulis di kertas di kamarnya menghina saya dengan kata apapun. Terserah. Apakah saya akan marah??

Ga bakal. Orang saya ga baca.

Biar saya baca, pasang kamera di kamarnya terus saya kasih lihat video tulis hinaan di kertasnya. Kira-kira saya bakal marah ngga??

Ga bakalan.

Tulis aja kata makian ke saya di kemudian.com biar saya baca. Kira-kira saya marah ga?????

Ga bakalan.

Berarti pengamera sangat sakit jiwa.

##

"Orang di warga kulon sama warga kidul yang ga malu kongkalikong sama setan sunda pengamera itu."

"Di wetan jg ada."

"Mereka itu kayak aneh kalo ada terjemahan beda selain depag yg ada di cetak. Dan bilang terjemah Salman terjemah setan. Saking bodonya gitu."
##

"Daroni akan ditantang dekan. Maling itu orang."

"Ini pengamera menyebar isu Salman merendahkan Daroni dan Daroni akan diangkat. Orangnya Miskun ini ga waras."

"Salman disebut ba'udoh ya disebut nyamuk. Sebangss mahluk penghisap darah d Albaqarah. Kejawen ini memang ngebalik-balikin terus fakta ke Salman. Salman yg harus jelek gitu."

"Yg ngamera mengolok-olok, mempermainkan, lalu Salman yg dikatakan begitu. Licik itu sifat alami pengamera kejawen, pak."

"Yg sunda cabul yg licik, kejawen dipaksa pengamera."
##

Lanjut terjemah Albaqarah..

Eh pengamera bodo.. lu belajar bahasa lu bisa nerjemahin ayat.. lu kira harus ustad yg nerjemahin. Harus pak Darto. Harus pak Pitoyo.. harus pak Miswan?? Apa harus Daroni?? Hehehe..

Bodo kebanyakan ngintip. Udah gitu ngerasa bener nipu orang tentang fakta sebenarnya..

8. UDAH DITERJEMAHIN DI ATAS.

9. MEREKA (DENGAN PILIHAN HIDUPNYA YANG INGKAR ITU) MENIPU ALLAH DAN ORANG-ORANG YANG BERIMAN. DAN DENGAN BEGITU TANPA SADAR TIDAKLAH MEREKA ITU NYATANYA HANYA MENIPU DIRI MEREKA SENDIRI.

#yg ngintip ngamera fitnah gibah adu-domba gitu. Ga mau disebut bersalah. Zalim. Sendirinya yg setan malah Salman Martono disebut setan.#Kirsan malu ke Salman.#

##

"Ada dari oknum pemuda gereja katanya. Pemuda katolik yg ikut ngamera. Katanya."

"Diadu-domba si Salman ini. Penghina Tuhan. Ke orang kristen digituin."

"Tuhan yang mana? Allah? Yesus atau Isa putra Maryam?"

"Bohong. Salman ga hina agama orang. Nanya di kata Tuhan Bapa di surga gitu? Bagi orang islam Tuhan Bapa itu istilah keliru. Allah bukan laki bukan cewe. Tuhan Bapa itu istilah apa??"

"Itu bukan menghina."

##

Jm 11 kurang..
Provokator baca terjemahan saya terus marah. Ga puasa provokatornya. Ngintip eh marah jg.

Bodo. Banget.

Ayat 3 itu albaqarah difitnah saya merusak terjemah. Menambahkan kata "penyesuaian". Bukannya datang ke rumah nanya. Kedenger di kejauhan marah-marah.

##

"Salat ya salat. Apaan itu penyesuaian? Bisa dipenggal raja Arab menambahkan kata "penyesuaian".

Gitu kata provokator.

Bodo. BANGEEEEET.

Hahaha.
##

Begini bro... brother. Bukan turun bero.

Penyesuaian itu mutlak harus ditulis begitu. Karena orang Arab ga bisa maksa pakaiannya ke kita dan kita maksa pakaian kita ke mereka.

Peci dan sarung itu hasil penyesuaian. Lu paksa orang Arab pake peci dah.. pake sarung dah.. pasti pada ogah. Kapan lu lihat ada orang Arab pake pci pake sarung salat di masjidil haram.

Perasaan ane lucu tapi provokator marah mulu..

Iye heran.. pade puase ape kagak eh kagek.. eh kage..

Boleh ente pake sarung karena penyesuaian. Apa aja boleh asal jgn dapet nyolong.

##

Tapi hati-hati nanti jadi ke mesjid buat jualan sarung..

Wih bagus bener sarungnye.. keren.

Iya dong cap gajah duduk.

Bagusan punya gue, wadimor.

Gajah duduk aje, pesen ke gue ada diskon.

Wadimor lah beli banyak dpt potongan harga.

Lalu dateng atu lagi. Mending sarung gua.. cap bintang tujuh.

Lu kate puyer.

Pusing.. pusing.. lu!!

Nah, kalo gitu mending pake celana levis aja salatnya..

##

Yg ngamera ini bukan orang islam, bisa jadi kejawen atau kristen..
Tetangga saya jd oknum juga.. dalangnya..
Kapolsek tahu orang gila yg ngamera.

Saya kasih tahu, saya dulu buka buku bulugulmaram, ada bab menghilangkan najis dan keterangannya. Halaman 53 hadis no 30-32, hadis tentang air mani di kain..

Pengamera komentarnya gini..

"Mani aja dibahas..."

"Aisah ngucek mani rasul..."

#Demi Allah ini orang-orang perlu dihukum.#

HALLO.. KAPOLRI.. BAWA DENSUS 88 TANGKAP TERORIS CABUL TUKANG TEROR TUKANG NGINTIP DI KAMPUNG SAYA. OKNUM INTEL KALO ADA TANGKAP JUGA DAN PECAT. KALO ADA OKNUM WARTAWAN YA PECAT JUGA. WARGA KEJAWEN YG JD OKNUM YA KURANG DUDIKAN JADI MAKLUMI. YG PUNYA KAMERA BUKAN WARGA.

MUI GIMANA INI, HALLO...

STOP KAMERA. MAKSIAT ITU. ZALIM. DARONI BISA KELIMPUNGAN INI.

MEIRZA..

PAK MEIRZA..

THINK RIGHT DO RIGHT!!!

##

Udah bikin batako, udah bikin es kelapa, nunggu magrib,
Penggunjing sibuk nutupin aibnya jadi orang cabul...

Hehe, pada bego.. bukannya stop kamera.. adem.. enak.. ga mikirin apa-apa..
Haha bego bukannya stop kamera.. haha.. kan ga pusing..

Haha beli puyet tujuh bintang gih.. eh bintang tujuh..

##

Azan magrib. Bukaaaaa....

##

Pengamera ga puasa?
Magrib salat jg ngga?!

Ngamera teruuuss..

Ada orang di rumah tetangganya Salman?

##

Bergunjing teruss..

"Haryani punya suami tapi suka Salman.. ngintip juga.. kalo gitu
Ngintip juga.."

"Haryani itu membenci Salman."

"Haryani minta pengamera stop kamera. Salman kasian."

"Haryani itu pion. Disetir pengamera."

"Pion kok disetir, angkot disetir."

"Haryani pengen mateni tetanggane nulisi jenenge nang kemudian.com."

"Haryani itu ga nutup aurat. Penggoda."

"Haryani itu ga pernah baca buku. Bodo. Tapi kayak orang paling pinter."
Gitu gunjingannya. Parah.

##

"Daroni pengen bantai penulis kayak Salman Martono."

"Daroni arep laporna Salman Martono."

Hehehe. Aduh yg ngamera gitu.. bukannya malu ngamerain saya. Bodonya disitu.

Kalau ga ada pengamera cabul itu saya bikin cerpen juga normal..

##

Cerpen baru..

Bikin anyar ini..

Langsung nulis aja..

Genrenya ga jelas tapi bukan geje..

SUPERMAN

Itu judulnya memang gitu. Tapi bukan cerita superheri eh superhero.. salah ketik mulu inih..

Superman bercerita tentang seorang anak laki-laki yang diberi nama superman. Supaya kuat. Bukan kuat karena kekuatan super. Bukan. Tapi karena lahir prematur di usia kehamilan tujuh bulan, lemah jantung, jantung bocor, dan hidro sepalus, tangannya tidak sempurna sebab jemarinya dempet. Kakinya satu lebih kecil dari satunya. Matanya buta.

Tapi kebanyakan cacatnya.. jd takut diprotes pembaca..

Ga sebanyak itu cacatnya..

Terus bisa bertahan.. terus jadi ga takut hidup. Pdhl dunia ini sangat menakutkan bagi orang cacat. Cemoohan biasanya yg bikin ga enak hidup. Atau perlakuan buruk.

Nah makanya judulnya SUPERMAN. Tapi bukan cerita superhero melainkan perjuangan hidup.

Udah deh. Gitu aja.

Judulnya aja dulu. Tapi kira-kira dituntut ga sama DC COMIC dan hollywood..
Merusak karakter superman. Iya gitu? Ga juga kayaknya.

##

SUPERMAN

DI TENGAH HUTAN RIMBA DI SITU ADA SEORANG PEREMPUAN SUKU PEDALAMAN MAU MELAHIRKAN. SETELAH LELAH MENARIK NAFAS LALU LAHIRLAH BAYINYA. TANGISAN BAYI MENGISI RUANG DITAMBAH JERITAN DAN TANGISAN. BAYI KEPALANYA BESAR KARENA HIDRO SEPALUS, MATANYA BUTA, JEMARINYA DEMPET, KAKINYA KECIL SEBELAH DAN BESAR SEBELAH.

OBOR DIDEKATKAN PADA BAYI YANG MENANGIS.

"INI BAYI IBLIS.. INI BAYI IBLIS.. KITA HARUS MEMBUNUHNYA.."

LALU SI IBU MERONTA MERANA MERASA DIJAHATI IBLIS. DAN AYAHNYA BAYI MELEMPARKANNYA KE LUAR JENDELA RUMAH SUKU PEDALAMAN ITU. DIMAKAN ITU BAYI OLEH ANJING-ANJING PEMBURU MILIK SUKU PEDALAMAN TERSEBUT.

SEMENTARA ITU...

DI TENGAH GUNUNG BERSALJU, DI SITU ADA SEORANG PEREMPUAN SUKU PEDALAMAN MAU MELAHIRKAN. SETELAH LELAH MENARIK NAFAD LALU LAHIRLAH BAYINYA. TANGISAN MENGISI RUANG DITAMBAH JERITAN DAN TANGISAN. BAYI KEPALANYA BESAR KARENA HIDRO SEPALUS, MATANYA BUTA, JEMARINYA DEMPET, KAKINYA KECIL SEBELAH DAN BESAR SEBELAH.

OBOR DIDEKATKAN PADA BAYI YANG MENANGIS.

"DOSA APA YANG KAU LAKUKAN.. ORANG JAHAT MACAM APA KAU DI KEHIDUPAN MASA LALUMU.. TERKUTUKLAH KAU.."

LALU SI IBU MEMUKUL KEPALA BAYI ITU. AYAHNYA MENENDANGNYA HINGGA BAYI ITU BERHENTI MENANGIS. LALU RAMAI-RAMAI DIINJAK SEMUA SUKU PEDALAMAN. SRIGALA MELAHAP SISA-SISA DAGING BAYI TAK BERDOSA ITU.

DI KOTA BESAR PUN ADA...

SEORANG BAYI CACAT SERUPA TERBUANG DI PINGGIR JALAN DAN TONG SAMPAH. MEREKA DIAMBIL DINAS SOSIAL PALSU MILIK PENJAHAT. LALU MEREKA DIBESARKAN SAMPAI KELAK ADA YANG MEMBUTUHKAN ORGAN DALAM TUBUH MEREKA. DIJUAL DI PASAR GELAP.

DAN DI SUATU TEMPAT DI PLANET LAIN...

BAYI CACAT SERUPA TERLIHAT MENANGIS DI TENGAH HUJAN DERAS MEMINTA DITOLONG DENGAN TERIAKANNYA YANG BEGITU KERAS..
ADA SESEORANG MENGHAMPIRI DAN MENGAMBILNYA.

BERSAMBUNG.......

SUPERMAN EPISODE 2

BAYI CACAT SERUPA ITU DIBESARKAN DENGAN KASIH SAYANG. SAMPAI MERASA BERADA DI SURGA. IA SELALU MEMANGGIL PEREMPUAN YANG MERAWATNYA DENGAN SEBUTAN IBU. DAN LELAKI YANG MERAWATNYA IA SEBUT AYAH.

IA SUDAH DEWASA. BERTANYA KEPADA IBUNYA KAPAN BISA MELIHAT. IBUNYA MENJAWAB DENGAN TENANG, IA PUN TENANG.

"SEBENTAR LAGI, AYAHMU AKAN MEMPERBAIKIMU DENGAN BENAR. AYAHMU MEMOTRET SETIAP SAAT UNTUK DOKUMENTASI. VIDEO OPERASIMU JUGA ADA UNTUK DOKUMENTASI. KELAK KAU AKAN MELIHAT."

LALU SINGKAT CERITA IA MEMBUKA MATA UNTUK PERTAMA KALINYA. IA SENANGBISA MELIHAT AYAH DAN IBUNYA YANG TERNYATA ORANGTUA ANGKAT, PROFESOR DAN DOKTOR ILMU SAINS DAN TEKNOLOGI.

KEDUANYA MEMBERI BAYI CACAT SERUPA ITU HARAPAN LUARBIASA. TANGANNYA DIAMOUTASI BERGANTI TANGAN ROBOT. KAKINYA JUGA. JANTUNGNYA SERUPA JANTUNG LISTRIK IRONMAN.

"KAU TIDAK MENGALAMI SAKITNYA DIEJEK, ANAKKU. KAU JUGA TIDAK MENGALAMI MENGEJEK. KAU STERIL. KAMI MENYELAMATKANMU. SUPERMAN. KAU SUPERMAN. ANAKKU YANG HEBAT."

PROFESOR DAN DOKTER ITU MEMELUKNYA.

BERSAMBUNG..

SUPERMAN 3

"PERGILAH KE PLANET 164GZ ORANG DISANA MENYEBUTNYA BUMI. ITU PLANET SERUPA PLANET KITA. DATANGLAH KESANA DAN CARILAH SUPERMAN SI BIRU MERAH. TANYAKAN PADANYA: apakah jadinya bila kami tidak menemukanmu, kami orangtua angkatmu memberimu harapan luarbiasa, datanglah bersamaku bekerja bersama kami di planet kami. Kami butuh superman. Maukah ikut?"

PROFESOR MENYURUH BEGITU.

LALU SUPERMAN BERTANYA:"DIA TIDAK AKAN MAU LALU BAGAIMANA?"

PROFESOR MENJAWAB: "PLANET INI AKAN BINASA TANPA SUPERMAN. PAKSA DIA."

LALU SUPERMAN PERGI MENCARI SUPERMAN.

SAMPAI DI BUMI CERITANYA TAPI EMPAT TAHUN LAMANYA PERJALANAN. DAN SUPERMAN SUDAH MENINGGAL 3 TAHUN YG LALU. BANYAK PENJAHAT DI BUMI. DAN SUPERMAN MEMILIH MENJADI PAHLAWAN DI BUMI DAN TAK KEMBALI KE PLANETNYA. IA MENGGANTI NAMANYA MENJADI SUPARMAN DAN BERGELAR SUPERHUMAN. SUPERHUMAN ADALAH NAMA SUPERHERO SEBUTAN UNTUK DIRINYA.

BERSAMBUNG...

(((WAH, BAGUS SEKALI.. LUCU.. MENGINSPIRASI..)))

###CERITA APAAN.. MENGHINA ORANG BUTA.. MENGHINA ORANG CACAT.. CERITA ORANG GILA###

***WAH, KITA DISADARKAN UNTUK MEMILIKI PANDANGAN YANG BENAR TENTANG ORANG CACAT. KITA DISADARKAN BAGAIMANA MEMILIH SIKAP YANG BENAR TERHADAP YANG CACAT. CACAT ITU BUKAN KUTUKAN. CACAT ITU UJIAN. WAH, BAGUS SEKALI..***

(((CERITA MIRIP FILM ROBOT SEPARUH MANUSIA.. MATANYA MATA ROBOT KAMERA CANGGIH SEPERTI FILM DI CERITA YANG SUDAH ADA)))

###ADUH LUCU###

LUCU BANGET.

KALO ADA YG MARAH ITU ORANG BEGO.

BIASA ITU PENGHASUT DI KAMPUNG MEMITNAH MENGHINA ORANG BUTA. WA TARMIN BUTA TERUS MAU DIBILANG DIHINA SALMAN.

SALMAN NGARANG GUNJINGAN, DITAMBAH-TAMBAHIN.

YANG BACA USIL DI KAMPUNGNYA MAKANYA JADI DITAMBAHIN.

YANG GUNJING PENGINTIPNYA. SUKA MELEBIH-LEBIHKAN JADI DIBALAS DILEBIH-LEBIHKAN.

###$

SUPERMAN 4

TELAH TERJADI SEBUAH KEJADIAN DIMANA SUPARMAN MENYELAMATKAN PENYEBRANG JALAN YANG CACAT DARI HANTAMAN MOBIL YANG KEJAR-KEJARAN UGAL-UGALAN ANTARA POLISI DAN PENJAHAT.

SUPARMAN TIBA-TIBA DATANG ENTAH DARIMANA MENAHAN MOBIL PENJAHAT SEPERTI DI FILM. BAN DEPAN TERLEMPAR. MOBILNYA LALU DIANGKAT DAN PENJAHAT DITANGKAP.

"JANGAN SALAHKAN TUHAN ATAS KEADAANMU YANG CACAT INI. JANGAN PULA MENYALAHKAN KEADAAN. KAU BERUNTUNG ADA AKU DAN AKU BERUNTUNG ADA KAU." KATA SUPARMAN.

"WAH, TANGAN DAN KAKI YANG KEREN. KEPALAMU KEREN. MATAMU KEREN. AKU INGIN MENGGANTI KAKI CACATKU SEPERTIMU." KATA YANG DITOLONG.

"TIDAK BISA. AKU DARI PLANET LAIN. YANG PENTING KAU SELAMAT. SUKURILAH. SELAMAT TINGGAL." KATA SUPARMAN.

"TERIMA KASIH SUPER HUMAN." KATA YANG DITOLONG.

LALU SUPARMAN DI JADIKAN IKON KOTA.

DIBUATKAN PATUNG TINGGI BESAR.

SUPARMAN MEMBERANTAS PENJAHAT PENJUAL ORGAN TUBUH YANG SUKA MENCULIK ORANG CACAT, MEMBUNUH ANAK CACAT DAN ORSNG DEWASA CACAT YANG DIBESARKAN DI TEMPAT TERSEMBUNYI. BERES SEMUA.

LALU SUPARMAN MENGGUNAKAN BAJU PENINGGALAN SUPERMAN.

BERSAMBUNG..

SUPERMAN 5

PENJAHAT HABIS. SUPARMAN HANYA KELILING KOTA SEPERTI SELEBRITIS ATAU ELIT POLITIK. TIDAK ADA KEJAHATAN. SUPARMAN MENJADI SUPERMAN YANG TIDAK BISA TERBANG. IA TAPI LEBIH KUAT DARI YANG DULU. SUPERMAN YANG DULU PUNYA KELEMAHAN BATU KRIPTON. SUPARMAN TIDAK. TIDAK DIKETAHUI KELEMAHANNYA. MAKA PENJAHAT HABIS PIKIR BUAT MENGALAHKAN.

SUPARMAN LALU PERGI KE SUKU PEDALAMAN DI RIMBA RAYA DAN GUNUNG BERSALJU UNTUK MELAKUKAN PENYULUHAN TENTANG ORANG CACAT. AGAR PANDANGAN MEREKA BENAR DAN SIKAP MEREKA LURUS DALAM MENYIKAPI KEJADIAN KELAHIRAN BAYI CACAT.

TETAPI. BANYAK MUSUH BARU DI RIMBA RAYA DAN GUNUNG BERSALJU. DISITU SUPARMAN MENDAPAT PETUALANGAN BARU.

SEMENTARA ITU KARENA SUPERMAN TIDAK ADA. PENJAHAT DI KOTA BERULAH KEMBALI.

BERSAMBUNG..

##PENGAMERA SALMAN BENERAN PSIKOPAT. SETAN BENERAN. ORANG SUNDA BENERAN. KELEDAI BENERAN. PENJILAT BENERAN. PENJILAT ULAMA. NGAKUNYA BELA ULAMA KAYAK-KAYAK SALMAN MENGHINA ULAMA.

##PENGHINA SALMAN MENGHINA, SUPARMAN BUGIS, JADI TIAP ADA KATA PANDANGAN DAN SIKAP HIDUP LANGSUNG MENGHINA BUGIS. PANDANGAN DAN SIKAP HIDUP ITU BAHASA INDONESIA. MEMBUAT ORANG TIDAK PERCAYA TUHAN??? PENGAMERA GILA. PANTAS GA PUNYA PANDANGAN TENTANG TUHAN DAN BERSIKAP SESUAI AJARAN TUHAN.

##PSIKOPAT. MENUDUH MEMBUAT ORANG TIDAK PERCAYA TUHAN.

##PANDANGAN DAN SIKAP HIDUP ITU WAWASAN KEILMUAN. ITU PENGAMERA SAMA TERBELAKANG DENGAN SUKU PEDALAMAN. MALAH BILANG APA.. MEMANGNYA ULAMA TIDAK PUNYA PANDANGAN DAN SIKAP, MEMANGNYA ULAMA TIDAK TAHU PANDANGAN DAN SIKAP.

##PENDENGKI ISA BUGIS BELUM TAHU KALAU PANDANGAN DAN SIKAP HIDUP ITU BUKAN AJARAN PAK ISA. ITU BAHASA KEILMUAN. ANJING RABIES KELEDAI CABUL ITU MANUSIA GA SUKA BACA.

###

SUPARMAN EPISODE 6

SUPARMAN MENJELASKAN KEPADA SUKU PEDALAMAN BAHWA PANDANGAN KEILMUAN ITU ADALAH WAJIB SEBAB BILA PANDANGAN KLENIK DIGUNAKAN AKAN MEMBAWA KESESATAN. PANDANGAN KEILMUAN DINAMAKAN PANDANGAN OBJEKTIF SEDANG PANDANGAN KLENIK DISEBUT PANDANGAN SUBJEKTIF. MAKA ORANG MODERN HARUS BERPANDANGAN OBJEKTIF. SUPARMAN MENGATAKAN IA DATANG BUKAN UNTUK MENJADI TARZAN DI BELANTARA HUTAN DAN TINGGINYA PEGUNUNGAN. IA HANYA INGIN MEMBERI PANGAJARAN. ILMU PENGETAHUAN SANGATLAH BERGUNA. TUNTUTLAH ILMU SETINGGI MUNGKIN.

SUKU PEDALAMAN GERAM. TIDAK SUKA BAHASA KEILMUAN. SUPARMAN MENJELASKAN BAHWA BAYI KEPALA BESAR ITU HIDRO SEPALUS BUKAN ANAK IBLIS YANG HARUS DIBUNUH. SAMA DENGAN BAYI CACAT FISIK LAINNYA. BUKAN PRODUK RIJEK IBARAT HAPE RUSAK SALAH PASANG DALEMAN. TIDAK BEGITU.

SUKU PEDALAMAN MARAH. "KAMI TAHU KAMI DICIPTAKAN!! KAMI TAHU TUHAN. BAYI CACAT HASIL IBLIS. KARYA IBLIS. MERUSAK. JELMAAN IBLIS!!" KATA SUKU PEDALAMAN.

"ITU SUBJEKTIF. ASUMSI BELAKA. MENURUT ILMU KEDOKTERAN MODERN ITU HIDRO SEPALUS. BISA DIBUKTIKAN. ITULAH PENDAPAT OBJEKTIF." KATA SUPARMAN.

"PERGI!! PERGI!!" SUKU PEDALAMAN TIDAK SUKA BAHASA KEILMUAN.

"PANDANGAN KALIAN SESAT. BILA KALIAN MAU TAHU, PANDANGAN TENTANG TUHAN YANG OBJEKTIF ILMIAH HARUS MELALUI TAHAP PENGENALAN YANG DISEBUT MA'RIFATULLAH. ILMU MA'RIFAT ILMU MENGENAL ALLAH." KATA SUPARMAN.

"APA ITU ALLAH? SIAPA ALLAH ITU? APAKAH SEPERTIMU ATAU SEPERTI KAMI??!!" KATA KETUA SUKU PEDALAMAN.

"TIDAK SEPERTI APAPUN." KATA SUPARMAN.

"TIDAK SEPERTI SIAPAPUN." LANJUT SUPARMAN.

"PANDANGAN SETAN! TUHAN APA ITU ALLAH!" KATA SUKU PEDALAMAN.

"KAMI PERCAYA TUHAN KAMI. ITU SUDAH CUKUP. KAMI TIDAK SUKA BAHASA KEILMUAN. PERGI!" KATA SUKU PEDALAMAN.

SUPARMAN MARAH MELOMPAT MENDEKATI HUTAN POHON BESAR LALU MENGAMUK. POHON BERTUMBANGAN. SUKU PEDALAMAN KETAKUTAN. MAU LARI TAPI TIDAK JADI. SUPARMAN BALIK KEMBALI NGOS-NGOSAN. CAPEK. CAPE DEEEEEH.

"PANDANGAN KALIAN TENTANG TUHAN SANGAT SESAT DAN TERUS MENYESATKAN!! PANTAS SIKAP KALIAN BEGITU BURUK. LEBIH BURUK DARI BURUK. KEJI!! ANAK KALIAN YANG CACAT YANG KALIAN ANGGAP HINA ITU KARENA KESESATAN KALIAN. SIKAPI DENGAN KEBIJAKSANAAN. SAYANGI SEHARUSNYA!! KALIAN LEMPARKAN KE ANJING-ANJING KELAPARAN. BACA BUKU!!!! PUNYA BUKU TIDAK!!!!" SUPARMAN MARAH.

"KAU MAU MENGENALKAN TUHANMU? KENALAN DULU DENGAN TUHAN KAMI. NAMANYA OE OE TEKDUNG. PATUNG TUHAN KAMI DIBUAT DARI KAYU TERTUA DI HUTAN INI. JANGAN MARAH. MARAHMU MERUSAK HUTAN KAMI." KATA SUKU PEDALAMAN.

"TUHAN ITU ALLAH. BUKAN OE OE TEKDUNG." KATA SUPARMAN. AMARAHNYA MEREDA.

"ITULAH PANDANGAN YANG BENAR." KATA KETUA SUKU PEDALAMAN.

"KETUA GOBLOK. BARU SEGITU SUDAH MENYERAH. LAWAN DULU ARGUMENTASINYA. KITA PUNYA TUHAN BERNAMA OE OE TEKDUNG." KATA WAKIL KETUA SUKU PEDALAMAN.

BERSAMBUNG...

SUPARMAN EPISODE 7

Suparman marah luar biasa dan semakin ingin mengamuk karena geram kepada wakil ketua suku pedalaman. Ia hampur kalap karena ada yang melemparnya dengan panah. Mengenai tangan besinya.

Ia mengepal lalu meninju pohon besar hingga tumbang. Ia berteriak: "ini bukan tangan kaleng-kaleng!!!"

"Kalian akan dihancurkan dengan kekuatanku dan amarahku!!" Kata Suparman.

Tiba-tiba terdengar teriakan.

AUO.. UO.. AUO... UO....

TARZAN datang. Ternyata Tarzan datang.

"Sabar, Suparman. Kalau kau habisi mereka. Kau gagal. Mau kepada siapa kau bicara. Kepada kera? Aku disini lebih dulu. Dan aku menghargai Tuhan mereka itu yaitu OE OE TEKDUNG. Jangan marah Suparman. Gara-gara marahmu banyak pohon tumbang dan aku tidak bisa bergelantungan di sulur-sulur yang membuatku terlambat ini. Aku jalan kaki ini. Gaara-gara marahmu lho aku jalan." Kata Tarzan.

Bersambung...

##
Malam takbiran.
##
Besok lebaran.
##

SUPARMAN 8

Waktu terasa hening. Tapi sebentar saja. Suparman tak sadar hampir semua pohon tumbang. Kasihan Tarzan jalan kaki, tak bisa melompati pepohonan berayun-ayun di sulur-sulurnya pepohonan. Suparman malu sama Tarzan akhirnya.

Bersambung...

##

SUPARMAN 9

Suparman mendapat maaf dari Tarzan. Lalu bercerita panjang lebar.

"Aku minta maaf benar-benar dan semoga dimaafkan benar-benar. Kau tahu itu. Apalagi Tuhan. Allah tahu aku tidak mau banyak buat kesalahan." Kata Suparman.

"Bagus harus gitu. Jangan sama seperti manusia pedalaman. Aku Tarzan, lebih maju dari mereka walaupun pakaianku sama seperti mereka. Maksudku semacam celana rombeng kulit hewan ini. Tentu saja aku tak berpakaian. Tarzan namanya juga." Kata Tarzan.

"Cara pandang mereka tidak benar. Entah dari sudut pandang apa sampai hati membuang bayi cacat sebab percaya itu bayi iblis membawa kutukan." Kata Suparman.

"Yang jelas sudut pandang mereka subjektif. Berdasarkan kepercayaan turun temurun. Kau melihat mereka pun harus dengan sudut pandang objektif. Mereka belum mengenal ilmu. Kau sudah. Aku sudah. Karena kita lebih modern dalam cara pandang. Itu juga setelah aku diajari oleh Jane atau Jeni. Semua orang diajari dulu baru dia bisa. Kau pun diajari orang lain baru tahu setelah diajari, bukan?" Kata Tarzan.

"Tak apa lah aku marah. Itu pepohonan bisa ditanam lagi." Kata Suparman.

"Betul juga. Mereka akan lebih paham. Selama hidup mereka tidak pernah nanam pohon. Makanya di sembah. Pohon tertua sering diambil kayunya dan dijadikan patung. Mereka tidak tahu kalau OE OE TEKDUNG itu ciptaan pikiran mereka sendiri. Pohon tetaplah pohon. Memang udara dari dedaunan yang menghasilkan oksigen. Kita bergantung pada oksigen. Tapi Allah yang menciptakan pohon itu." Kata Tarzan.

"Aku tertipu cara berpakaianmu. Smart sekali kamu Tarzan." Kata Suparman.

"Sudah kubilang pakaianku boleh sama dengan suku pedalaman tapi cara pandangku lebih maju." Kata Tarzan.

Tiba-tiba ada anak panah melesat ke arah mereka lalu ditangkap oleh Suparman. Ada provokator suku pedalaman melempar anak panah. Lau berkatalah provokator itu yang tak lain wakil ketua suku pedalaman. "Jangan ajari kami soal cara pandang!"

Suparman mematahkan anak panah yang ditangkapnya. Lalu berkata: "Allah melihat perbuatan kalian. Perbuatan kalian jahat!" Kata Suparman.

"Tuhanmu punya mata? Bisa lihat kami?" Kata wakil kepala suku pedalaman.

"Itulah kenapa orang harus punya pandangan yang benar tentang Tuhan. Tuhan tidak kelihatan. Allah itu tidak kelihatan tapi melihat kita." Kata Suparman.

"HAHAHA... semua tertawa menertawakanmu Suparman." Kata Tarzan.

"Hantu itu namanya bukan Tuhan." Kata suku pedalaman.

"Kalian harus punya pandangan yang benar tentang Tuhan. Kalian harus mengenal Tuhan." Kata Suparman.

"Kenapa Tuhanmu tidak datang sendiri ke tempat kami. Kenapa harus kamu yang mengenalkan?" Kata semua suku pedalaman dan semua tertawa.

Suparman marah dan ia mendekati yang berkata itu, satu persatu ditatap. Lalu ia memukul wakil ketua suku pedalaman. Terpentallah wakil ketua itu dan mati. Semua suku pedalaman panik dan kabur dari Suparman. Tarzan diam saja.

Tarzan berniat pergi meninggalkan Suparman. Diam sebentar lagi melihat Suparman menangis. Lalu Tarzan berkata: "Kau bukan Tuhan, kenapa kau ambil nyawa wakil ketua suku pedalaman itu?" Kata Tarzan. Lalu Tarzan pergi jalan kaki.

"Kalau butuh bantuan hubungi aku, kata Tarzan." Ia jalan kaki semakin jauh saja.

Bersambung...

SUPARMAN EPISODE 10

Tiba-tiba Suparman dikagetkan oleh sesuatu. Ia berhenti menangis. Ia melihat tseketika ada pintu di depannya. Ia terjengkang ke belakang setengah takut. Pintu perlahan terbuma...

Dan...

Dan...

Bersambung...

SUPARMAN EPISODE 11

Pintu ajaib itu terbuka. Dan muncullah anak-anak dan kucing biru bundar. Wah, ternyata Nobita dan Doraemon salah main pintu ajaib. Mereka minta maaf pada Suparman dan balik lagi masuk ke pintu ajaib.

Bersambung...

SUPERHUMAN EPISODE 12

Suparman lupa kalau dia superhuman. Lalu dia mengejar semua penduduk suku yang lari tadi. Ingat juga kalau dia si superhuman. Semua penduduk suku pedalaman diikat di pohon-pohon. Tak bisa melawan itu semua.

"Lepaskan kami, Suparman setan!" Kata mereka berteriak bersautan.

"Mintalah tolong pada OE OE TEKDUNG. Hayo minta tolong saja. Aku yakin OE OE TEKDUNG tidak akan menolong kalian." Kata Suparman.

"Kau pun bisa kami ikat. Dan kami suruh Allah menolongmu dan Allah tidak akan datang menolongmu!" Kata ketua suku pedalaman.

"Oh, begitu. Betul juga. Tuhan menolong itu bukan begitu msksudnya. Aku minta maaf, ya..." Kata Suparman.

"Ya kami maafkan. Lepaskan ikatan tali kami ini. Bisa mati kami diikat begini." Kata suku pedalaman.

"Syaratnya harus dipenuhi dulu. Baru aku setuju lepas. Tanam pohon untuk setiap yang sudah ditebang." Kata Suparman.

"Ya, kami setuju." Kata suku pedalaman.

Tiba-tiba ada yang marah. Bukan suku pedalaman. Tapi si raksasa hijau. Apakah Hulk?

Si raksasa hijau mengamuk. Penduduk suku pedalaman ketakutan. "Ada OE OE TEKDUNG!!!" Kata semua.

Superhuman langsung mendekati raksasa hijau itu dan berkelahi. Lalu kalah itu si raksasa hijau. Tambah rusak itu hutan. Lalu Tarzan datang terlambat. Karena jalan kaki. Maksud mau mendamaikan tapu ga jadi. Si raksasa hijau kalah.

"Hey, Suparman dia itu Buto Ijo. Yang disebut OE OE TEKDUNG. Dikasih tahu namanya Buto Ijo juga tetap akan mereka panggil OE OE TEKDUNG." Kata Tarzan.

"Oh, gitu." Kata superhuman. Suparman si superhuman.

"Aku gagal mendapatkan Timun Mas. Aku marah. Lalau besi kaleng ini tiba-tiba mengajak berkelahi." Kata Buto Ijo.

"Timun mas ga dapet ya gapapa.. masih ada timun perak dan perunggu.." Kata Suparman.

Tarzan tertawa terbahak.

"Timun mas, Woy. Timun mas. Itu ga ada timun perak dan timun perunggu. Hahaha." Kata tarzan.

Melihat OE OE TEKDUNG kalah. Suku pedalaman menganggap Suparman itu Tuhan.

"Tuhan Suparman sudah datang. Tuhan Suparman datang!" Kata suku pedalaman.

Suparman geleng-geleng kepala. Tarzan manggut-manggut.

Pusing deh Buto Ijo.

Bersambung..

####Bikin puisi dulu lah.. biar tahu saya ini siapa..####

MAKI AKU

akulah kebo

akulah keledai

akulah orang gila

akulah manusia bodoh

akulah manusia purba

#####Ya puisi####Saya ga pernah marah dimaki###Ga pernah##

Lanjut lagi....

####

SUPARMAN 13

Suparman terus saja dipanggil Tuhan Suparman oleh suku pedalaman. Pusing jadinya. Lalu Suparman kembali ke kota untuk ngedugem. Leng geleng geleng geleng geleng.. leng geleng geleng geleng.. anak dugem.

Tarzan ikut Suparman ke kota jadi anak metal, rocker, guk angguk angguk angguk guk.. guk angguk angguk angguk.. anak metal. Gut manggut manggut manggut manggut.. gut manggut manggut manggut. Anak metal. Rocker. Yeaaah.

Lagu project pop menjadi back sound mereka saat stres menghadapi sikap bodoh suku pedalaman.

Bersambung...

##

SUPARMAN 14

Suparman dan Tarzan kembali ke pedalaman hutan dengan semangat baru.
Suparman tidak mabuk di tempat dugem. Suparman memesan es jeruk dan sirop. Main dije. Menghilangkan stress.

Kembali ke pedalaman Suparman bersikap lebih sabar walau dipanggil Tuhan Suparman. Ia tidak marah. Tarzan dipanggil suku pedalaman sebagai wakil Tuhan. Manusia pedalaman yang aneh. Tarzan tidak mau marah. Sama akhirnya memilih bersikap lebih sabar agar pandangan tentang Tuhan suku pedalaman berubah. Mengajari suku pedalaman tentang Tuhan itu susah. Mengubah pandangan primitif mereka memang susah.

Ma'rifat itu ilmu mengenalkan Allah kepada orang yang belum memahami Allah itu Tuhan seperti bagaimana. Banyak orang salah memahami Tuhan tetapi mereka merasa dekat dengan Tuhan. Suparman juga belum paham benar bagaimana menerangkan Tuhan yang ghaib yang tidak kelihatan.

Bersambung...

###ini bukan cerita serius. Tapi bukan buat ngebanyol. Biar lucu aja.###

SUPARMAN 15

Suparman mengumpulkan perempuan suku pedalaman. "Dada kalian harus tertutup. Pandangan primitif kalian yang menyebabkan kalian memiliki penilaian yang salah bahwa tak menutup dada tidak perlu dan tidak apa-apa. Pandangan kalian harus diperbaiki dengan pandangan modern bahwa dada harus ditutupi. Agar lebih steril untuk bayi kalian. Dan itu adalah pandangan yang benar. Itu perintah Tuhan. Perintah Allah." Kata Suparman.

"Kapan kau bertemu Allah dan Dia menitipkan pesan itu padamu. Kenapa Dia tidak berbicara langsung kepada kami?" Tanya perempuan pedalaman.

"Pesan Allah tertulis di kitab Alquran. Itu berisi perkataan Allah. Memuat petunjuk atau pedoman hidup. Bila kalian membacanya kalian akan memiliki pandangan tentang Tuhan secara benar dan memiliki penilaian terhadap apa yang baik dan buruk dalam kehidupan kalian. Lalu kalian akan lebih mampu memilih sikap yang positif dalam menghadapi persoalan hidup kalian. Kalian akan menuntut ilmu jadinya. Iman tanpa ilmu adalah kosong." Kata Suparman.

"Ooooh..." Kata semua perempuan suku pedalaman.

"Kalian mengerti....?" Kata Suparman bertanya.

"Tidaaaaak." Jawab mereka.

Suparman diam. Lalu meneteskan airmata.

Ternyata ada yang sedang mengiris bawang merah mau masak.

Bersambung...

SUPARMAN 16

##waduh provokator di sekitar kampung menghasut ke beberapa warga.. katanya itu saya menganggap warga dusun sawangan manusia suku pedalaman.. terus saya merasa diri jadi suparman..

Hahaha.. itu otaknya di pantat. Kotoran jadi isi kepala.

Malahan lebih parah dari itu, ada kedenger yg hasut bahwa saya adalah manusia pedalaman.. bahwa saya yang tidak percaya Tuhan yg tidak kelihatan.. bahwa saya sok tahu ma'rifat.. bahwa saya ngaku-ngaku mengenal Allah.. dsb.

Propam masa biarin orang kayak mereka yg ngerusak gitu.

##orang yg mengenal Allah ga bakal ngintipin ngamera orang, gibah, fitnah..

##Suku pedalaman ya cerita di suparman. Lucu lho. Provokator otaknya di pantat dan isi kepalanya kotoran. Cerita lucu aja mau dirusak pake bikin opini memengaruhi beberapa warga. Ga tahu di kampung mana mereka itu...

Lanjut lah.. bikin crita lucu namun membuat orang jd pandai..

SUPARMAN 16

Suparman didatangi Tarzan menjelaskan kenapa Suparman disebut Tuhan.

"Hey, Suparman. Mereka itu menghargai kata-katamu. Mereka mengira kau merendah dan tak ingin bilang itu kata-katamu. Kau selalu bilang kata Allah begini dan begitu. Mereka tidak paham Tuhan tidak kelihatan. Makanya kau dipanggil Tuhan. Mereka mengira Allah itu semacam karanganmu saja agar kata-katamu dianggap kata-kata Allah. Seperti begini, aku Tarzan bilang ke mereka kata Suparman kalian harus potong kuku. Padahal aku yang bilang tapi kubilang kata Suparman. Semacam gitu." Kata Tarzan.

"Itu namanya catut nama, dong." Kata Suparman.

"Haha. Begitulah pikiran primitif, bung." Kata Tarzan.

Lalu Suparman menyuruh perempuan pedalaman yang mengiris bawang untuk pergi masak.

"Hey, kamu. Masak sana. Jangan iris bawang disini." Kata Suparman.

Lalu, Tarzan ditangkap dan mau dimasak. Lalu Suparman menahan dan melepaskan Tarzan dari tangkapan.

"Tidak boleh makan orang. Pandangan sesat. Makan orang itu kanibalisme. Tidak boleh." Kata Suparman.

"Kami cuma akting. Prank. Tarzan ngajarin ngeprank ke kami. Hahaha." Kata semuanya.

Suparman ketawa.

Suparman tambah ketawa lagi lihat gorila lewat pake sarung. Hahaha.

"Dulu, ada ustad kesini. Kami makan. Sarungnya itu dipakai gorila. Hahaha." Kata suku pedalaman. Semua tertawa kecuali Suparman.

Bersambung...

SUPARMAN EPISODE 17

Suparman ingin menjelaskan tentang Tuhan yang tidak kelihatan kepada suku pedalaman dengan menceritakan sebuah cerita dari nusantara, bergaya filsafat. Cerita itu dibikin 2014 lalu. Mohon disimak.

Suparman bercerita sebuah cerita karangan yang berbobot kepada suku pedalaman. Cerita itu berjudul, AKU DAN NELAYAN PESISIR PULAU BIRU.

Seorang nelayan mengajakku berkeliling sekitar pulau biru. Beliau ingin menunjukanku lokasi penyelaman yang belum pernah kulihat sebelumnya.

Nelayan:"Sore ini langit sedang cerah. Apa yang kau lihat?"

Aku:"Matahari, langit biru dan awan putih."

Tak berapa lama hujan pun turun...

Nelayan:"Sekarang apa yg kau lihat?"

Aku:"Langit gelap."

Nelayan:"Matahari kemana?"

Aku:"Tak kemana."

Nelayan:"Hilang atau tertutupi awan?"

Aku:"Tertutupi."

Dan malam menjelang...

Nelayan:"Malam ini langit sangat cerah. Apa yg kau lihat?"

Aku:"Bulan dan bintang."

Tak berapa lama hujan turun lagi...

Nelayan:"Sekarang apa yg kau lihat?"

Aku:"Langit pekat."

Nelayan:"Bulan dan bintang kemana?"

Aku:"Tak kemana."

Nelayan:"Hilang atau tertutupi?"

Aku:"Tertutupi."

Nelayan:"Apa artinya semua itu untukmu?"

Aku:"Tak berarti apa-apa."

Nelayan:"Hahaha. Sesuatu itu akan berarti bila kau menganggapnya berarti. Begitupun sebaliknya."

Aku:"Apa maksudnya?"

Nelayan:"Esensi. Apa yg tak kau lihat bukan berarti tidak ada. Jadilah pengamat yg baik. Karena Dia Sang Pencipta segala mengamati kita."

Nelayan menghentikan perahu...

Nelayan:"Kita sudah sampai. Disinilah tempatnya. Persiapan menyelammu sudah siap?"

Aku:"Sudah."

Nelayan:"Ingat, oksigenmu memiliki batas waktu. Bila sudah menipis segeralah naik ke permukaan. Kita lanjut esok hari."

Aku:"Oke. Tapi tunggu dulu, ada satu pertanyaan lagi. Sesuatu yg tak kau lihat bukan berarti tidak ada. Apakah itu juga bermakna sebaliknya? Apakah yg kita lihat jg belum tentu ada?"

Nelayan:"(Tersenyum) Ya, fatamorgana. Fatamorgana kehidupan."

Aku:"(Mengangguk sambil balas tersenyum).

Nelayan:"Hakikat dunia, anak muda. Apa kau bisa membedakan mana yg fatamorgana dan mana yg bukan?'

Aku:"Belum."

Nelayan:"Belajarlah."

Aku mengangguk bersemangat sambil mengangkat dua jempil eh jempul eeeeh jempol. Dua jempol. Dan...

BYURZZZ!!!!

KECEBUR...

EH NYEBUR... BASAH DEH...

Aku memulai menyelam.

Nelayan:"(Teriak) Nak, lampumu ketinggalan!!"

Tak berapa lama aku naik lagi ke permukaan. Lalu melambaikan tangan. Nelayan itu kemudian melemparkan lampu kepadaku.

TAMAT

Cerita tamat.

Suku pedalaman bertepuk tangan. Suparman senang.

Bersambung...

##

Waw gunjingannya adalah...

"Rw Sawon malu sama wartawan udah bohong."

Rw cliwek ini ditipu pengamera sunda sakit jiwa.

"Kurang ajar itu anak-anak yg lewat bilang Salman lg rumus togel di rumah kosong."

Itu ada anak-anak numpang mobil pikap, teriak ke yg d rmh kosong, wey lg ngerumus nomer wey!! Ah biasa kelakuan Rw kali itu..

Yg masang togel orang sawangan. Bukan saya. Hehe.

KAPOLRI INI TOLONG BERESIN DONG.

KAPOLSEK GA BERES MUNGKIN. YG NGAMERA DITINDAK BIAR ENAK KEHIDUPAN.

HADUH NGAMERA NGINTIP HASUT SEKECAMATAN GITU?

PAK DARTO JUGA TAHU SAYA ORANG BAIK. RW SAWON CLIWEK GA TAHU TUH...

TOLONG DITINDAK ORANG YG MERENDAHKAN SAYA.

SAYA ORANG RENDAHAN JADI SUDAH RENDAH DAN TIDAK PERLU DIRENDAHKAN.

waw....

Bacalah CERPEN BIJAKSANA...

AKU DAN NELAYAN PESISIR PULAU BIRU.

##pinter kan saya walau lulusan S2. Sd dan Sanawiyah. Hehehe.

Yg ga suka saya pintar saya tantang untuk berani stop kamera, intip, hasut, fitnah,gibah,adu-domba....

##

Saya takut digosipin melet anak pak Gion tipar...

Saya takut digosipin petugas pom bensin..

Tukang bakso wetan pom bensin dan mie ayam kulon pom bensin.. apa gosipin juga? Wah sepasar piasa gitu????

###

OKNUM KEJAWEN RUPANYA YG BUAT OPINI SAYA PENGHINA MUSOLA. MENGHINA MONYET KE YG DI MUSOLA.

MUNGKIN TAHUN 2016 LALU DAN GA TIAP HARI. ITU KARENA MARAH SAMA PENGAMERA SUNDA DI RUMAH WARGA. SAYA TRAUMA LALU MARAH. CURIGA KE ORANG DI MUSOLA KONGKALIKONG. SAAT SAYA MARAH SAYA MAKI YG SALAT. SALAT GA BERES. NGINTIPIN ORANG HALAL. MONYET.

DARONI DAN RW SAWON SAYA TANTANG SAMA ORANG LUAR JUJUR ADA FITNAH KEJI KE SAYA. EH KAPOLSEK SOMAGEDE, 11 TAHUN DIINTIP KAMERA TERUS MAU APA?!

SAYA CURIGA ADA ORANG MUSOLA TAHU DAN MALAH KONGKALIKONG.. BISA JADI GITU.
OKNUM KEJAWEN ANJING RABIES. SALAT KAGAK NGAMERAIN IYA. TUHANNYA TAI.

SAYA TANTANG KE KAPOLSEK SIAPA YG BILANG SAYA PENGHINA TOLONG KASIH TAHU SAYA ORANGNYA SIAPA!

SAYA TAHU INI GOBLOG YG NGAMERA HASUT WARGA SAYA PENGHINA. SAYA DIKAMERA 11 TAHUN DAN SAYA TIDAK SUKA. SAYA DIFITNAH SCISOFRENIA SEGALA. SAYA PAKSA JUJUR. BERANI JUJUR?!

LIK GOTAM ORANGNYA?

PAK KASDAM?

PAK SARKUM?

PAK YUSIN?

PAK KAHUDI?

ORANG KAMPUNG SEBERANG, KALI ALANG? CONGOT? KALISOGRA? PELUMUTAN?

TRAUMA BEGO!! 11 TAHUN DIPERMAINKAN. YG MAIN-MAIN PAKAI ISU AGAMA. DIKETEMUIN KE SAYA OKNUM SETANNYA ITU?!!

TAI LU!!

##BAHASA KASAR. JANGAN DIIKUTI.#$$

:)

##

Oknum polisi dihasut bahwa saya menghina pengertian iman percaya. Maka percayanya mereka bikin mereka ga tahu pencabulan. Pengintipan. Pelecehan. Dan lainnya. Ga tahu tuh siapa penghasut yg saling hasut.

Menghina pendeta Gilbert yg tayang di rtv jm 1 malem. Kan orang-orang yg percaya berarti orang-orang yg beriman. Pengamera pake isu agama. Saya aja heran.. saya puasa ga full 30 hari ngerasa ga beriman.. ada yg ga puasa tapi ngerasa beriman.. lantas menghina saya sebelah mana..

Eh parah otak isinya ide ngintip mulu. Agama gelo berarti.. hehe..

##

Saya kasih tahu, iman adalah pandangan dan sikap hidup itu pengertian yg benar. Itu pengertian yg benar. Saya belum benar jadi orang tapi itu pengertian iman yg benar.

##

Dibaca polisi ya alhamdulilah.. biar tahu polisinya saya orang yg betul jadi korban fitnah.

Begini saya jelasin..

Orang beriman itu harus berpandangan dan bersikap dengan pedoman hidupnya.

Maka pandangan orang beriman itu mencakup tentang:

1. Pandangan tentang Tuhan. Yaitu Allah. Pencipta segala.

2. Pandangan tentang dirinya. Yaitu manusia. Dicipta sama dengan mahluk. Mahluk artinya yg diciptakan.

3. Pandangan tentang mahluk selainnya, seperti hewan dan tumbuhan. Pun alam tempat tinggalnya.

4. Pandangan tentang mahluk selainnya, seperti iblis, setan, jin, malaikat.

5. Pandangan tentang ilmu pengetahuan yg menerangkan perihal diatas tersebut. Maka ilmu pengetahuan pun adalah mahluk juga. Sebab Allah yg mencipta ilmu bukan ilmu yg mencipta Allah.

Allah yg awal dan yg akhir.

##Silahkan polisi baca. Tentara baca. Ulama baca. Lalu stop kamera. Memata-matai saya 11 tahun bikin trauma. Mengenal Allah tidak sih?

SAYA DIFITNAH. ITU FAKTA.

##

Nah, sekarang saya terangkan sikap orang beriman.

Sikap orang beriman itu:

1. Bersikap sabar.

2. Bersikap welas-asih.

3. Bersikap mawas diri.

4. Brsikap peduli.

5. Bersikap amanah.

6. Bersikap pemaaf.

7. Bersikap santun.

8. Bersikap tanpa pamrih.

9. Dsb.

Sifat yg harus dibangun orang beriman itu:

1. Jujur.

2. Jujur.

3. Jujur.

Hobi orang beriman itu:

1. Menambah ilmu pengetahuan.

2. Menambah ilmu pengetahuan.

3. Menambah ilmu pengetahuan.

##

Gunjingannya apa?

Daroni seneng Salman dikamera.

Pemuda bisa ngerusak ekonomine Salman angger ngomong kamera baen..

Roni wis ngomong maring Gion bahwa Salman kue wong ora normal dadi kudu dikamera..

Kejawen ora seneng pak maring wong sing gayane kayak Salman..

Arep dipateni nang kapolsrk wong sing jenenge Salman Martono...

##

They are crazy people. Insane people. Who are they?

The question is why they think, what they are doing is the right thing?

Fucking people!!

That is not good for me!!!!

They said what??

Bawa Kebenaran pake ilmu.. lihat pake ilmu bukan pake mata!!

Ilmu itu cahaya! Karena cahaya kamu bisa lihat!

Rumah saya kulon musola, kulon saya Haryani, kulonnya lg Daroni,

Saya denger gunjingan di kulon ya bisa kulon mana saja.

Psycho semua itu pengameranya. Jangan-jangan ke siaga medika hasut juga bilang saya Syi'ah. Haduh, banci bener itu penghasut.

###

Tanggal ahir mei hari senin.. 40 hari meninggalnya nenek saya.

Pengamera psikopat masih ngamera kayaknya..

Ganggu hidup orang kok hobi..

Pake debat arti TURAB surat 3:59 segala dari jauh..

Eh 59 atau berapa?

Pada dongo.

Saya kasih info pemahaman lain.. bagi orang dusun pasti info baru..

baca HAYUN ENZ ZSAVANA bikin dokumen di grup MPM DARUSSALAM FAKHUM UNTAD.

ADAM BUKAN MANUSIA PERTAMA.

tulisan tahun 2012.

ULAMA NGAMERA APA OKNUM ULAMA?

SETAHU SAYA PENGAMERANYA SETAN SUNDA KELEDAI CABUL, OKNUM TETANGGA DI BANDUNG AHLI FITNAH.

DISINI HASUT ORANG BAHWA SAYA MERUSAK ARTI TURAB DAN NGAKU-NGAKU AHLI BAHASA.

MEIRZA POLISI BEGO APA PINTER?

APA IKUT NGAMERAIN DAN MITNAH SAYA???

GOOGELAN MAKANYA CARI ARTI TURAB DAN BACA INFO YG BERAGAM.

MALAH NGINTIPIN SAYA PAKE KAMERA SEMBUNYI HASUT ORANG KEJAWEN..

MUJI MENANTU PAK UJANG NGAMERA SAYA GA YA? TETANGGA ITU DI BANDUNG. MALEBER UTARA.
##########

#########

Bikin cerpen ah...

Cerpen sunami aceh..

Bahan-bahan cerita ada di google informasi gempa dan sunaminya..

Bikin cerpen sambil googelan...

Judulnya adalah.... 7 DAYS BEFORE

Itu mirip judul film gitu..

Wah judul yg keren..

7 DAYS BEFORE

Opening scene..

Eh salah..

Opening story..

Scene 01

26 DESEMBER 2004.

Bumi bergetar. Langit gundah gulana menunggu sesuatu yang hendak mengejar. Awan telah tahu yang hendak mengejar itu namun enggan sesumbar sementara sebagian anak manusia mampu melihat akan ada banyak manusia lain yg akan terkapar sembarang tergeletak menggelar siaran berita gempar.

Gempa usai dan angin menampar raga setiap yang tak diam yang iri pada camar. Angin menampar raga menusuk-nusuk hidung menyebar aroma tak sedap yang membuat semua rasa menjadi hambar. Apa yang berubah seketika adalah suasana hati yang dirasa bagai terlempar.

Oh, apa gerangan? Siapa yang berkehendak? Mengapa terjadi? Begitu hati bertanya gencar.

Seperti kemarin waktu bergulir namun suasana tak sama dirasa mengikuti pikiran liar. Siapa sangka kesedihan akan menghiasi mereka yang mendapat luka bukan memar. Ya, terluka karena kehilangan saudara yang tersamar. Tersamar dalam senyum dan tawa palsu yang menipu besar. Dan akhirnya, teriakku dalam diam bak gelegar halilintar yang tak terdengar dan didengar.

Dan akhirnya, setelah ombak tinggi menyapu daratan tak henti mengejar; keesokan harinya, dari hari ke hari, manusia bijaksana terus belajar dan mampu belajar. Belajar akan kuasa-Nya yang maha segala di atas mahluk-Nya yang paling pintar. Mengingatkan mahluknya akan ajar. Agar berani dan tak gentar. Tak gentar melawan kebodohan yang cemar.

Dan akhirnya, manusia bijaksana mampu belajar; bila kebodohan adalah sesuatu yang cemar bisa dipastikan kesombongan adalah baunya yang tak segar. Maka pantaslah kerendah hatian itu nyatanya mewangi seharum mawar. Dan kata-kata buruk tak harus diujar.

Scene 02

19 DESEMBER 2004

"Serbuuu!"

Teriakanku disambut gelegar halilintar. Kilat-kilat petir disela-sela awan hitam menggambarkan percikan dari pedang-pedang yang beradu di bawah hujan. Dan pasukanku menebas, terus menyincang, tak henti menusuk, bebas membantai mahluk-mahluk demit itu yang semakin gentar.

Tak butuh waktu lama semua musuh sudah binasa. Aku sukses hari ini namun tak berbangga sebab esok belum pasti adanya. Mahluk-mahluk cahaya pun kembali terbang meninggi dan menghilang meski tinggal sebagian. Pasukan kegelapan menghabisi separuhnya namun tak sia-sia. Tak sia-sia mahluk bercahaya membantuku melawan pasukan kegelapan itu meski mereka harus gugur dan menjadi tiada. Mahluk-mahluk demit mengabu terbakar dan berita kemenangan kami pun tersebar.

Aku menoleh ke arah 'dinding waktu' dekat mulut gua tampak berubah-ubah, maka aku segera berlari, meloncat, berlari, meloncat, berlari menabrakkan diri ke 'dinding waktu' itu agar keluar dari dimensi lain ini menuju dimensi duniaku. Ternyata telat dan aku terjatuh kesakitan di pinggir kanan depan mulut gua itu. Lalu, keluarlah dari mulut gua seorang perempuan mahluk bercahaya penunggu gua yang mirip Laudya Cinthia Bella. Mirip benar tak bisa ditawar.

"Sudah kuduga. Kau akan telat dan pintu dimensi tertutup sebelum kau bisa menembusnya. Ikuti aku, kutunjukan jalan lain." Kata perempuan mahluk bercahaya itu memintaku mengikutinya menuju jalan keluar.

"Memangnya harus sambil berlari menabrakan diri ke dinding terus? Kalau waktunya tak pas bisa remuk badan ini menabrak dinding batu!" Kataku sambil mengerang kesakitan. Lalu aku mengikutinya ke dalam gua degan wajah yang sangar penuh memar.

"Kami tidak menyukaimu. Tapi keputusan sudah dibuat bahwa kami harus mau dipimpin oleh orang aneh sepertimu. Sebagian dari kami menganggap kepemimpinanmu adalah awal dari kehancuran pasukan bercahaya. Mereka memberontak sebab tak setuju dengan keputusan yang sudah dibuat. Aku sebetulnya juga ragu padamu. Kau terlalu sering menggerutu. Itu buksn tipikal pemimpin yang baik." Katanya panjang lebar.

"Aku bisa sehitam kegelapan namun bisa seterang cahaya pula. Mungkin kelak aku bisa memusuhimu tapi sekarang aku adalah pemimpinmu dan juga kawanmu. Jadi sekarang jangan bicara sembarangan. Kelak, bila aku sehitam kegelapan dan menjadi musuhmu maka terangi aku agar aku mengingat kembali terangnya cahaya itu. Sinar itu. Dan aku akan kembali seterang cahaya lagi yang bahkan akan lebih terang dari cahayamu." Kataku padanya dengan tegas tanpa panjang lebar padahal panjang lebar.

Perempuan mahluk bercahaya itu tersenyum dan terus berjalan menuju 'dinding waktu' dimensi. Setelahnya sampai di 'dinding waktu' itu ia berpesan:

"Hari ini kita menang dan aku menyebutmu pemimpin sejati. Besok bila kita kalah, kau tetap pemimpin sejati. Namun bila lusa kalah lagi, kau bukan pemimpin sejati." Begitulah ia berpesan. Dan aku kembali ke duniaku dan tetap hidup wajar.

Di duniaku tentu saja aku bukan siapa-siapa dan menjadi manusia biasa yang tak berjiwa pemimpin, tak dewasa sebab kekanakan, dan tampak tak memiliki masa depan. Sangat menyedihkan hidup seumpama pecundang yang tak pernah memenangkan sesuatu apapun. Aku tidak suka berkompetisi. Itulah yang menyebabkan aku tak pernah memenangkan apapun. Menang lomba chef masakan tidak, menang balap motor tidak. Menang tinju tidak. Menang balap mobil tidak. Menang lomba nyanyi tidak. Karena memang tidak ikut kompetisi apapun. Aku memang tidak suka berkompetisi. Aku tidak pernah merasa punya kompetitor. Bahkan saat pedekate lawan jenis pun aku akan mengalah bila ada orang lain pedekate. Silahkan dekati dan aku pergi. Aku tak suka berkompetisi. Aku bukan pemenang bukan pula pecundang. Hanya dianggao pecundang. Dan parahnya banyak yang menganggapku begitu. Jadi, bukan salahku bila aku disebut pecundang. Dan itulah kehidupanku yang wajar.

##tar di edit lagi jadi cerita scify gitu lah. Eh, pindah-pindah dimensi gitulah namanya cerita apa ya? Adventure gitulah##suka-suka aing weh da uing nu nulis##

Scene 03

20 DESEMBER 2004

Aku tidur aku bermimpi aku ada. Aku berada di dunia mimpi dengan raga yang lain. Aku menjadi seseorang berseragam tempur dengan beberapa luka dalam yang berada di tengah-tengah pertempuran. Aku disebut komandan oleh orang-orang yang ketakutan di sekelilingku. Mereka rupanya anak buahku. Prajurit-prajurit ini ketakutan teramat sangat tersudutkan. Kami dihujani tembakan. Kami menyerah setelah bendera putih berkibar. Kami gentar.

Deru peluru berhenti. Hening agak lama berganti suara derap langkah sepatu yang beradu dengan debu dan batu. Mereka semakin mendekat dan kami berharap diampuni. Ternyata mereka musuh berhati sekeras batu. Mereka memberondong semua prajuritku di depanku lalu membawaku. Aku berteriak-teriak memaki dan mengutuki mereka yang menyeretku sepanjang 200 meter. Aku membawa meteran dan mengukurnya. Ini cerita komedi jadi wajar walaupun sebetulnya bukan komedi namun tetap cerita lucu yang wajar. Dan kata-kata buruk tak harus diujar.

Aku disiksa lalu ditawan.

Aku dikurung bersama seorang sandera perempuan mirip Laudya Chintia Bella yang jadi mahluk cahaya penghuni gua itu. Pakaian sudah pasti compang-camping, robek-robek. Lalu seragamku yang belum sobek sengaja kusobek. "Kita sama tercabik-cabik. Kita adalah hewan buruan dan mereka hewan pemangsa yang akan mencabik-cabik kita." Kataku padanya.

"Kau komandan yang akan menyelamatkan aku, ya? Seperti Rambo?" Tanya perempuan itu.

"Oh, tidak. Jangan. Jangan aku. Aku tidak siap disiksa. Kau harus berpikir realistis. Bagaimana mungkin aku bisa menolongmu sedang aku sendiri butuh pertolongan?" Kataku menangis karena luka. Perih sekali luka tembak dan luka sayat bercampur dengan luka hati ditolak cinta. Aku si komandan yang putus hubungan dengan perempuan yang tidak ada status hubungan. Hate-es gitu. Ceritanya perempuan itu milih prajuritnya yang sudah meninggal sebab diberondong peluru padahal sudah menyerah. Aku menangis si komandan menangis.

Perempuan sandera yang ditawan bersamaku berbicara seperti seorang motivator. Dengan tenang ia berkata: "Jadilah yang kuat, larilah ke hutan, pecahkan gelas-gelas kaca, ku akan ikut lari ke hutan, lalu berlarilah sekencang mungkin menabrakan diri ke 'dinding waktu' sebelah kanan mulut gua. Jadilah kuat, pemimpinku."

Lalu aku jadi seperti pasukan kegelapan yang berhati terang seterang cahaya lebih terang dari mahluk cahaya. Aku menjadi monster yang besar tetapi baik hati. Aku ditunggangi perempuan sandera tawanan berhasil kabur dan lolos dari kejaran dan pergi ke hutan dan menabrakan diri ke 'dinding waktu' sebelah kanan mulut gua.

Jreng jreng!!!

Eng ing eng!!!

Aku terjatuh dari langit bersama perempuan bersayap mirip peri berwajah seperti Laudya Chintia Bella. Dia berteriak mengingatkan:"Peter!! Peter pan!! Terbang!! Terbang!! Kau bisa terbang!! Kau ingat film kartun Peter Pan!! Terbang!!"

Kujawab berteriak juga:"Ku dapat melukis langit!! Ku dapat hitamkan pelangi!! Buka dulu topengmu!! Buka dulu topengmu!! Pernah ku merasa angkuh!! Terbangkan anganku jauh!! Langit kan menangkapku walau kuterjatuh!!"

"Wah, kau memang orang gila. Hahaha." Kata perempuan itu.

Lalu aku terbang bersamanya ke tengah lautan. Kami memasuki alam aqua. Perempuan itu jadi little mermaid si putri duyung dan aku jadi putra duyung. Kami bersama pasukan bercahaya melawan pasukan kegelapan bawah laut di palung dan lembah laut. Dimanapun di bawah kegelapan laut. Kami menang bersisa belasan saja dari yang tadinya ribuan. Perempuan itu bilang:"Hari ini kita menang karena itulah kau kusebut pemimpin sejati. Bila esok kalah kau tetap pemimpin sejati. Bila lusa kalah lagi maka kau adalah musuh sejati. Lawanku. Kau harus mati ditanganku bila jadi lawanku."

"Wah, kau lupa. Bila kini aku kawanmu maka esok bisa jadi sebagai lawanmu. Saat kau jadi lawanku kelak, ingatkan aku pernah jadi kawanmu agar aku bisa menjadi kawan yang lebih kawan darimu. Aku bisa memperlakukanmu sebagai kawan melebihi perlakuanmu kepada kawanmu. Jadi jangan bunuh aku bila besok kalah dan lusa kalah lagi. Begitu." Kataku.

"Kau ini tidak punya taktik apa-apa, tidak punya strategi apa-apa, aku yang berpikir. Kau yang jadi pemimpin dan kau yang dapat pujian. Aku tidak iri. Hanya heran saja." Katanya sambil menangis.

"Kau itu penasihat. Penasihat harus berpikir. Kau dapat pujian juga tapi tidak ada yang bilang. Tidak usah risau." Kataku.

"Dimana kau punya hati!" Katanya marah.

"Di dada. Dimana kau punya mata?" Tanyaku.

"Dadar orang gila! Eh, dasar orang gila!" Katanya.

"Iya. Aku orang gila. 'Dinding waktu' sudah kelihatan berubah-ubah di permukaan laut. Terimakasih. Besok aku akan kalah. Dan lusa akan kalah juga. Jadi aku tidak akan datang. Kau, cari pemimpinmu sendiri untuk besok dan lusa. Bila tak ada selainku kau dapat, angkatlah dirimu sendiri jadi pemimpin." Kataku.

"Keputusan sudah dibuat. Aku hanya menuruti perintah. Bila kau tahu pemberontak yang bergabung dengan pasukan kegelapan itu tentu tak sama denganku. Mereka senang melihatmu gagal dan akan membuatmu gagal. Aku tidak seperti mereka. Aku ingin kau tidak gagal dan tidak akan membuatmu gagal." Katanya.

"Aku tidak mendengarnya. Simpan saja kata-katamu di hatimu. Itu kalimat dari hati maka simpan dihatimu. Aku tak mendengarnya. Aku akan melupakan kata-katamu itu. Kemenanganku terlalu mudah. Aku takut ini semua jebakan. Aku takut ini kemenangan palsu yang semu." Kataku.

"Sampai jumpa besok." Katanya. Dan aku tidak balas salam perpisahan itu.

Aku ke 'dinding waktu' permukaan laut dan muncul di hutan lalu berlari menabrakan diri ke 'dinding waktu' sebelah kanan mulut gua. Dan telat lagi. Aku terjatuh kesakitan dan terus meringis. Maka keluarlah perempuan mahluk cahaya penghuni gua itu. Berkata-kata seperti kemarin menuntunku kedalam gua menuju jalan lain 'dinding waktu'.

Scene 04

21 DESEMBER 2004

Aku tidak datang. Ceritanya itu ga tidur ga mimpi.

22 DESEMBER 2004

Aku tidak datang. Ceritanya itu ga tidur ga mimpi.

23 DESEMBER 2004

Aku datang. Aku tidur aku mimpi. Pasukan bercahaya hampir habis. Kalah telak. Perempuan seperti Laudya Chintia Bella itu meninggal ceritanya. Ga ketemu deh. Meninggal disiksa pasukan kegelapan. Pemimpin kegelapan mengalahkan si aku dalam mimpi ceritanya itu gitu. Kekalahan telak lagi.

24 DESEMBER 2004

Aku tidur aku mimpi. Yah, pasrah deh. Kalah lagi.

25 DESEMBER 2004

Aku mimpi aku tidur. Eh, aku tidur aku mimpi. Kalah lagi ternyata. Lalu, pemimpin kegelapan mengajak berduel. Topengnya dibuka itu si pemimpin kegelapan. Ternyata mirip Laudya Chintia Bella yang itu. Wah, ternyata. Yah... kalah.. ya kalah aja lah.. ya udah deh tamat ceritanya.

Sedih lah kalo dibikin ceritanya. Digini aja. Singkat.

(CERITA LANJUT NANTI KALO IBU SAYA KE DUSUN LAGI. INI PINJEM HAPE IBU SAYA. II PENGAMERA MASIH PADA BEGO AJE. DUSUN SAWANGAN DIBAWAH PENGARUH PENGAMERA. TEROBSESI SAMA SAYA. SUKA AMBIL-AMBIL CERPEN DAN KATA-KATA TAPI MENGHINA PENULISNYA. PARAH BANGET. SAYA KESEL DIGUNJING NGAKU-NGAKU TAHU SASTRA. PADAHAL GA PERNAH NGAKU-NGAKU. GURU SD SAYA DI KARANG MULYA 1 TAHU SAYA GA SUKA NGAKU-NGAKU. STOP KAMERA. JODOH SAYA NTAR JAUH. GA NIKAH-NIKAH SAYA BISA-BISA INI.)

NGELUCU DULU AH..

DOA MINTA JODOH..

"YA ALLAH AKU MINTA JODOH YANG GA CANTIK DAN GA KAYA DAN GA SOLEHAH DAN GA BAIK."

LALU ADA YANG NANYA: "KOK DOANYA GITU?!"

SAYA JAWAB: "ALLAH TIDAK AKAN MEMBERIKAN APA YANG DIMINTA OLEHMU TAPI AKAN MEMBERIKAN APA YANG DIBUTUHKAN OLEHMU."

YANG NANYA KETAWA. HUAHA HUAHA. HAHAU. HEHE. HOHEHE. HIHEHE. AHAK. AHAK WKWK. WKWK. KWKW. KWKW.

#INI JOCK ALIAS BCANDA. TAPI PENGAMERA SUKA BEGO KOMENTAR DARI JAUH BAHWA SAYA INI NGAKU-NGAKU ADA YANG NANYA. TUKANG NGAYAL NGERASA ADA YANG NANYA. HADUH, DASAR PENGAMERA SEMBUNYI2 YG BEGOOOOOO!!#

##ADIT CUCU PAK SUKOCO SAYA CURIGAI. ORANG KAYA KALI. DIA SUKA SAMA DARONI KAMERA SAYA KALI. PENGAMERA BIKIN ISU AGAMA BUAT BEBAS NGINTIPIN ORANG KALI. POKOKNYA KALO SAYA INTERNETAN INI SI OKNUM PEMUDA DUSUN INI TAHU DARI KAMERA. SAYA HERAN PADA GA WARAS GITU. HALLO PAK SUKOCO TOLONG STOP KAMERA. ANAKNYA PAK SUKOCO ADA NAMANYA INDAR. SUKA DISEBUT MAS INDAR. SAYA CURIGA SI SUNDA SETAN CABUL BEGO ITU NGEHASUT KELUARGA SUKOCO.##

KELUARGA KAYA ITU. MAU NUNTUT SAYA BISA ITU SI INDAR. MAU BUNUH SAYA JUGA BISA. TAPI NGAPAIN BELA SUNDA CABUL YG BAWA ISU AGAMA BIAR BISA NGINTIP ORANG SEBEBAS-BEBASNYA. PARAH. POLISI DITIPU BIAR MANTAU NUSANTARA. PAKE ISU AGAMA. APA IYA POLISI? OKNUM AURI BAGAIMANA?

SAYA SUKA GIMIK NIPU PENGAMERA DAN PENGAMERA NYEBAR ISU SEGALA. ISU AGAMA. ISU HOMO. ISU PENYAKIT JIWA. DAN LAINNYA. BODO LU JADI ORANG CABUL. KAYA TUKANG HINA BUAT APA! SAYA YG DIHINA SAMBIL DIKAMERA. ITU FAKTA. TENTARA DI KORAMIL MANAPUN TAHU SALMAN MARTONO BUKAN TENTARA. DAN TIDAK PERNAH HINA TENTARA.

WIH, KOK JADI NGOMONGIN TENTARA??

DARONI, PURA-PURA GA TAHU PENGAMERA. SENENG JADI TUKANG DUSTA. HADUH. PARAH.

SI TIO ANAK PAK WARTO ITU SAMA KALI BEGONYA SAMA AHLI CABUL NGAMERA.

ITU CERITA 7 DAYS BEFORE ITU CERITA SEDIH. BELUM DITULIS SEMUA ITU. PAKE HAPE INI BEGO!

PAK MEIRZA INI SAYA CURIGAI ANAK BUAHNYA DONGO INI PAKE ISU AGAMA BAHWA SAYA PENGHINA USTAD. PADAHAL SAYA YAKIN KEBO YANG NGAMERAIN SAYA ITU.

##

Yang gunjing ada..

"Yg ngamera itu di rumahnya frida."

"Frida yg suka ngamera, pak."

Frida itu anak laki ikutan pemuda pancasila. Anak pak Yono. Ibunya itu disebut cemung. Rumahnya di prapatan. Kidul mesjid bantardau. Seberangnya itu rumahnya siapa ya? Ga tahu saya.

Ketua pemuda pancasila itu Sawijan. Punya bengkel di jurang mangu. Ada namanya Iwan rumahnya di gelaran. Ikut pemuda pancasila juga. Ga tahu tuh sekarang. Pemuda pancasila itu saya curigai ikut ngamera yg ngamera ngehasut kali saya harus dikamera. Wah, kudu jujur lu semua. Ini sakit jiwa ini permainan kamera ini. Apa oknum tentara yg bikin kegiatan? Tentara kristen katolik mungkin?! Mana saya tahu lah.

##

Contoh usil mereka itu..

Saya ngetik kata "penulis", lalu mereka edit menghilangkan "ul" jadi "penis" lalu saya edit lagi jadi "penulis".

##

Makanya saya katain mereka setan sunda keledai cabul dan komplotan orang sakit jiwa.

##

Ini dulu digosipin saya ngaku-ngaku punya ibu peri, saya itu digosipin si bombom, adik saya si lala. Keracunan sinetron itu tempel-tempel karakter film. Ga ditahan ga dikurung ga dipidanakan. Saya ga tahu siapa pelakunya tapi warga desa plana kayaknya tahu siapa si pengamera.

Sembunyi di rumah Daroni gitu? Kulon rumah saya gitu?
##

Stress lu.
##

Pengamera sunda ini dari sejak di bandung suka ngerusak cerpen hasut warga sambil ngamera. Saya nulis cerpen 7 days before, ada cerita saya melawan pasukan kegelapan bersama mahluk bercahaya, si brengsek sunda pengamera itu hasut orang bahwa saya pasukannya kegelapan dan melawan pasukan bercahaya. Iya otak orang gila itu. Udah ngamera nyadap hape suka hina hobi rusak cerpen orang. Tapi si polisi pak Meirza ga nangkap sunda gila pengamera itu.

####

4 SEPTEMBER 2021

Wah, lanjut lah buat cerita. Saya ini ga ada media lain untuk menulis. Jadi begini saja. Sambung terus saja.

Judulnya: KAU, AKU MANUSIA

SIAPA YANG BERHAK MENILAI KEMANUSIAAN KITA?

KAU ATAU AKU. KAU SEORANG PRAJURIT YANG MEMBUNUHI MUSUH YANG KAU SENDIRI TIDAK TAHU KENAPA DIA DAN MEREKA KAU ANGGAP MUSUH. PADAHAL DIA DAN MEREKA YANG MEMPERTARUHKAN NYAWANYA ITU YANG GUGUR OLEH PELURUMU ITU YANG BERTEMPUR UNTUK MEMPERTAHANKAN NEGERI YANG MEREKA CINTAI ITU ADALAH PEJUANG TEGUH YANG BERJUANG MATI-MATIAN DARI SERANGAN PRAJURIT BANGSA PENJAJAH SEPERTIMU.

AKU? SIAPA AKU? AKU TAWANANMU. AKU TENTARA PEJUANG MEMBELA NEGARAKU TERCINTA. AKU TENTARA PEJUANG YANG MEMPERJUANGKAN MASA DEPAN ANAK CUCUKU. AKU PRAJURIT SEPERTIMU YANG MENGHADAPI KETIDAKPASTIAN. BUNUH SAJA AKU SEPERTI KAU MEMBUNUHI DIA DAN MEREKA.

waduh, ini cerpen 17 agustusan. MERDEKA.
hehehe.

#nanti kalo ada yg gosipin saya menghina pak Teguh, babinsa, tentara somagede, itu orang tolol yg suka gosipin saya di kampung plana. Atau dusun sawangan. Ada kata TEGUH bukan berarti saya menghina pak Teguh itu...

Bikin cerpen yang lain aja lah...

JUDULNYA: aku, kau manusia

Bersambung....

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer bayonet
bayonet at ORANG HILANG (1 year 27 weeks ago)

astaga gw kira cerita fiksi