Seorang HARGA DIRI

"Maaakkk...kunci aye taro di bawah po on cabe ye! Ntar klo emak masih aje di gangguin ame anak kucil-kucil nyang ade di depan, emak siap-siap aje mulutnye di plester pake isolasi ntu! iye mak?!" suara hanif yang super gede, ga usah pake TOA aja, suaranya dah menggelegar. Ibaratnya nih! suara hanif bisa bikin gunung yang ga aktif tiba-tiba meletus, pernah waktu itu malah bisul emaknya yang belum mateng langsung deh keluar nanah begitu denger suara hanif. kan parah banget kencengnya!

Hari itu, hanif musti cepet-cepet berangkat ke telepon umum, katenya sih mo nelpon temennya yang ngejanjiin dia buat ngasih kerjaan. Maklum, si hanif nih pengangguran kelas kakap, lulusan sih boleh keren S3..SD, SMP, ma SMA maksudna, hehehehe. Di rumah Hanif juga ga ada telp, yah maklum, namanya juga kampung, yang punya telpon tuh cuma pak lurah. Klo nonton TV aja mesti nonton di kelurahan, itu aja cuma bisa TVRI ma programa 2, abis kata pak lurah begini,

"kite tuh harus menjalin persatuan dan kesatuan, mangkenye, harus banyak-banyak nonton TVRI" kontan semua warga kampung keheranan, trus ada yang nyeletuk begini,

"kagak ada hubungannye pak lurah"

Pak lurah yang udah bangkotan ngejawab "ya jelas ade Tong! klo lu semua nontonnye acara TV-TV nyang laen, ntar malah pade brantem, berebutan sono sini. Kan namenye kagak menjalin persatuan dan kesatuan, ujung-ujungnye gw nyang kerepotan"

Dasar pak lurah, bisa asa aja ngelesnya, padahal sih tombol-tombol di TV nya itu dah pada rusak, mangkanya ga bisa di ganti ke channel lain. Tapi semua warga cuma manggut-manggut aja, biar pak lurah lega, ga ceramah yang aneh-aneh lagi.

**

Balik ke emak Hanif yang lagi sibuk-sibuknya keramas sambil komat kamit ngejawab panggilan Hanif

" Jangan Tong! lha pan lu tau, tuh anak-anak kucil nyang ade di depan usil nye bukan maen! jiwa veteran emak jadi muncul lagi gare-gare mereka semue"

Hanif yang lagi sibuk nyari sandal jepit kuning kesayangannye ketawa cekikikan

" oh..nyang itu mak. nyang emak di latahin pencesile ntu. kagak nape-nape mak...itungitung mak kan jadi apal sila-sila di pencesile mak"

"ye elu tong! pancasila sih ga bisa berubah jadi pencesile...bisa di penjara lu!" emak yang lagi keramas masih tetep aja komat kamit.

"iye mak..hehehe..abis aye inget mak waktu itu sih..lucu mak" Emak hanif emang lucu, latahnya bukan main, padahal umurnya dah ga muda lagi. ibarat artis-artis ngetop lagi ngetrend latah, mak nya hanif tuh dah latah duluan, jadi katanya emak tuh trend center nya artis, hahahaha

Anak-anak yang suka main di depan rumah hanif emang pada usil-usil, waktu itu pernah emak tiba-tiba di sodorin gambar garuda, sambil teriak

"Pancasila", kontan emak langsung ngejawab

"satu ketuhanan yang maha esa,..."nyebutin pancasilanya lengkap lagi, mulai dari sila satu sampe lima udah gitu pake acara hormat ke bendera merah putih di pekarangan rumah lagi, kan bikin orang-orang sekampung cekikikan. dasar emak...

**

"lu bawa aje deh tong! emak bisa lewat jendela, ntar tinggal lompat, daripade emak mesti di latahin trus mak mesti pake testilator"

"isolasi mak, bukan testilator..hihihi..ya udeh mak, aye kunciin emak ye..ati2 mak lompat jendelanya, ntar emak dikira maling"

"iye-iye ape lah itu namenye..ati-ati lu!"

sambil membawa beberapa koin 100 an, hanif bersiul memanyunkan mulutnya, terdengar lagu "mabok duit" dari mulut hanif.

Telpon umum emang jauh banget dari rumah hanif. Ibaratnya, hanif tuh harus naik bukit, turun bukit, nyebrang sungai, mendaki gunung, melewati samudra dan lembah, kurang jauh apa coba!

Akhirnya sampai juga di pertigaan tempat telpon umum berada. sambil senyum-senyum dan melempar lempar coin yang ada di tangan, Hanif lega rasanya melihat tiang telpon umum sudah di depan mata. Dari kejauhan 3 meter, hanif melihat cewek yang tadinya mau telpon, tapi ga jadi karena lelaki yang tiba-tiba datang itu.

Hanif berhenti, sambil berpikir, "nape ya tuh cewek?" Tapi langkah hanif trus aja mendekat ke telpon umum. Pas hanif mulai mengangkat gagang telpon dan mulai memasukkan coin 100 an, tiba-tiba datang lelaki yang perawakannya tegap, berkumis, brewokan, sedikit gendut, dengan wajah yang seram mendekati Hanif.

"Ngapain lu?"

"mo telpon bang."

"pergi ga lu"

"tapi bang, aye cuma pengen telpon aje kok!"

"orang bego juga tau klo telpon umum tuh buat telpon, tapi ini kagak bisa di pake'."

"masa' si bang, kmaren aye telpon di sini masih kagak nape2 kok!" Hanif garuk2 kepala, tanda dia bingung atau gatel udah ga jelas tuh!

Muka lelaki itu makin garang, tangannya langsung menggenggam baju Hanif.

"sabar bang!aye nih turunan si pitung!" Hanif yang mereda emosi lelaki itu, sambil sok brani, padahal takut juga tuh!

Lelaki itu siap memberikan bogem mentah ke muka Hanif, tapi, "udah bang, mending pegi aja, cari telpon umum lain, dia tuh HARGA DIRI" pengamen yang biasa mamngkal di telpon umum menarik tangan Hanif.

"maksudnye apaan sih! HARGA DIRI?"
sambil berlalu dari lelaki anh itu yang di sebut pengamen HARGA DIRI.

"iya bang! dia itu emang ga jelas! setiap orang yang ketahuan telpon di situ pasti ga dibolehin. Konon katanya, dia kehilangan HARGA DIRINYA pas di telepon umum itu, mangkanya dia suka sebut-sebut HARGA DIRI."

"Lha?kok lucu juga sih! name orang kok HARGA DIRI?"

"semua orang yang ada disini ga ada yang tau namanya, habis, dia suka sebut-sebut HARGA DIRI, jadinya ya di panggil HARGA DIRI sama orang-orang."

"jadi gitu..."

Dalam hati Hanif berpikir "orang ntu yang disebut HARGA DIRI ini menjadikan telpon umum sebagai HARGA DIRI nye. Walaupun die gile, tapi dia mampu mempertahankan HARGA DIRI nye itu supaye ga di usik orang laen. Hebat juga ye ntuh orang, Gile tapi punya prisip, hihihihi."

Kemudian hanif meneruskan perjalanan mencari telpon umum

Read previous post:  
42
points
(530 words) posted by ima_29 13 years 20 weeks ago
70
Tags: Cerita | cinta | perasaan | perjuangan
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer chau
chau at Seorang HARGA DIRI (13 years 4 weeks ago)
70

mbae,,

im so confused

Writer on3th1ng
on3th1ng at Seorang HARGA DIRI (13 years 11 weeks ago)
80

ima ima ada ada aja deh...untung HARGA DIRInya yang ilang,bukan cewenya yang ilang pas di telpn umum ntu..

Writer penjahat
penjahat at Seorang HARGA DIRI (13 years 11 weeks ago)
40

Tar gw kirim virusnya biar lo ketularan sakit kaya gw mau ga kamu jadi sakit?

cerita yang ini juga terlalu panjang paragrafnya ma...? buat cerita tu yang pendek-pendek aza bahasa sehari-hari...? tapi ini juga dah bagus sich

Writer ananda
ananda at Seorang HARGA DIRI (13 years 14 weeks ago)
70

kok disingkat2 gt si jeng nulisnya .. ehehe

Writer Super x
Super x at Seorang HARGA DIRI (13 years 16 weeks ago)
70

bener deh ye... bise-bisenye elo bikin cerita lucu sambil ngangguin ini mate... mate gue musti merem melek buat ngepasti'in apa yang gue baca bener... ternyata emang tulisan elo yang berantakkan... huehehehe... tapi bener dweh... lucu lucu ...

Writer the666
the666 at Seorang HARGA DIRI (13 years 16 weeks ago)

ini skenario?

Writer anty
anty at Seorang HARGA DIRI (13 years 18 weeks ago)
60

" Seorang Harga Diri " dari judul ama ceritanya agak nggak nyambung klo dibuat Cerpen, tapi entah klo baca langsung skenarionya ???

Writer rinojoe
rinojoe at Seorang HARGA DIRI (13 years 20 weeks ago)
30

benernya bagus, cuman setuju sama yg lain dah tanda baca om

Writer Ayo_e
Ayo_e at Seorang HARGA DIRI (13 years 20 weeks ago)
80

Gue setuju.. cerita bagus tapi tanda baca diperhatikan krn bacanya jadi bingung ..

Writer Faris
Faris at Seorang HARGA DIRI (13 years 20 weeks ago)
30

Sayang penulisannya rada kacau. Tanda baca, huruf besar, penggunaan 2 untuk kata ulang. Coba tulis ulang deh menurut gw. Kalau dari segi cerita. yah... 3/4 awal dan akhir cerita nyaris ga nyambung sama sekali.

Writer heripurwoko
heripurwoko at Seorang HARGA DIRI (13 years 20 weeks ago)
50

Kayaknyalebihenakkalobacaskenarionyalangsungdeh. Kalogini,pusingbacanya,soalnyatumpangtindih. Samakayakbacakomentarini.

Writer peri tidur
peri tidur at Seorang HARGA DIRI (13 years 20 weeks ago)
20

dimana lucuna

Writer FrenZy
FrenZy at Seorang HARGA DIRI (13 years 20 weeks ago)
50

Aku sebenernya pengen membaca skenario ini, tapi karena tumpang tindih aku jadi pusing bacanya.. kayaknya kalo skenario bagusnya dikasih spasi yang jelas deh :)

Writer neko no oujisama
neko no oujisama at Seorang HARGA DIRI (13 years 20 weeks ago)
50

Ini settingnya taun berapa? Kan lokasinya di jakarta, kok TV cuman ada TVRI sama Programa 2???

Satu kelurahan itu besar loh... masa sih di se-kampung2nya Jakarta, yang punya TV cuma pak lurah. Beda kalo ngomongin pak erte ato pak rw yah... Bagus sih bagus, tapi saking membuminya, jadi nggak realistis...

Writer ima_29
ima_29 at Seorang HARGA DIRI (13 years 20 weeks ago)

selamat menikmati^--^...comment selalu di tunggu!!