Mata Buyung

“Uuuhu..uuuhuu…uhhuuuuu…!” Buyung muncul tiba-tiba di hadapan emak dengan menangis tersedu-sedu.

“Hah? Kenapa kau, Yung?” emak yang sedang masak sambal pete kesukaan bapak Buyung, terperanjat melihat kemunculan Buyung yang datang sambil menangis itu.

“Maaak, mata Buyung berdaraaaah…uuhuuu…” Buyung membuka sebelah mata yang tadi ia tutup dengan tangan.

“Ya ampuuuun, Yuuuunnnggggg…kenapa bisa begini!” emak hampir-hampir histeris melihat mata kanan Buyung yang melebam. Ada darah beku menggenang di sudut bawah matanya.

“Uuuhuuu… Buyung kena bola, Mak…” langsung ia mengadu.

Emak berjongkok memeriksa mata Buyung sambil meringis.

“Aduuuhh… Yuuung… Yung! Sudah Emak bilang tak usahlah main bola. Lihat, bisa begini parah kau Yung…!” emak benar-benar ngeri melihat mata anak semata wayangnya itu.

“Buyung kena bola yang ditendang sama Kimin, Mak…” lugu Buyung menjelaskan.

Tangisnya sudah agak mereda. Tadi di sepanjang jalan, Buyung tak henti-hentinya meraung. Sebenarnya, rasa perih sudah hilang sejak di lapangan sepak bola. Tapi Buyung tidak mau emak sampai tidak tahu betapa perih mata Buyung semulanya.

Setelah melihat histeria emak barusan, Buyung sedikit lega.

“Apa?? Kimin yang nendang kau??” emak berdiri meradang. Kurang ajar! Anak kesayangannya ditendang matanya oleh Kimin!

“Sini!” emak spontan menarik tangan Buyung. Diseretnya tubuh mungil itu menuju rumah mpok Lela, ibu Kimin, yang terpaut tiga rumah dari rumahnya. Tubuh Buyung terguncang-guncang mengikuti emak dari belakang. Tidak jelas benar ia apa yang akan dilakukan emak.

“Lela!!! Lela!!!” emak berteriak-teriak memanggil mpok Lela dari pekarangan rumahnya.

Mpok Lela yang sedang membilas bak kamar mandi, tergopoh-gopoh keluar mendengar teriakan emak.

“Ada ape, Mpok? Nape tereak..tereaak kayak orang gile?” mpok Lela yang masih berbasah-basah muncul di hadapan emak dengan keheranan. Di tangannya ia masih menenteng sikat lantai dengan busa putih sedikit tersisa di atasnya.

“Mana anak kau Kimin? Kurang ajar dia, nendang anakku, sampai matanya berdarah!” emak menyodorkan Buyung agar bisa membuktikan kebenaran perkataannya pada mpok Lela.

“Innalillahi…!! Kesian bener lu Yung,” mpok Lela juga jadi ikut meringis kengerian melihat mata Buyung yang membengkak lumayan parah. Buyung semakin gembira dibuatnya. “Tapi… ape iye anak aye nyang bikin mata si Buyung mpe segitunye. Ase asenya kagak mungkin, Bu Napdapdap!”

“Apa? Tidak mungkin bagaimana? Buyung sendiri yang bilang anak kau yang tendang dia pakai bola. Sudaaah… panggilkan saja anak kau yang bandal itu!” emak semakin tidak sabaran melihat gaya mpok Lela yang melambat-lambat.

“Nah ntu die. Si Kimin saban hari juge blom pulang. Jadi kagak bise ditanye bener ato gaknye die yang nendang si Buyung,” mpok Lela bertahan membela anaknya.

“Maksudnya, kau tak mau bertanggungjawab, begitu?” emak menahan amarah sekuat tenaga. Kalau lah dia bukan orang pindahan, ingin rasanya emak menampar wajah mpok Lela yang bertele-tele itu.

“Lah, kalo blom kebukti anak aye nyang bikin gare-gare, gak bise aye dipakse tanggung jawab dong, Bu Napdapdap,” mpok Lela sigap menepis tuduhan emak.

“Iiiih… dasar kau Betawi, culas saja bawaan kau!” emak mulai geram bukan kepalang.

“Eh, jangan sembarangan ngomong ye! Seenaknye ngatain orang betawi culas! Gak ade hubungan ame Betawi kagaknye. Lah emang kagak ade bukti, lu kagak bise asal nuduh! Ati-ati jangan pake nyebutin Suku. Sara ntu!” mpok Lela mulai ikut panas.

Emak sadar barusan pembicaraan dia memang berbau SARA. Tapi apa lacur, emak memang sudah tidak sabar menghadapi mpok Lela, si betawi, yang seolah mencari dalih untuk tidak mengakui perbuatan anaknya.

“Sudah kau, tidak usah banyak bicara. Kau mau ganti rugi pengobatan atau tidak? Atau mau kalo aku lapor polisi, hah?!” emak menggertak dengan ancaman.

Mpok Lela yang makan sekolahan, meski hanya sampai tingkat SMP, jelas tidak gentar digertak sedemikian. Dia bukan orang bodoh. Tidak mungkin lah polisi mau mengurusi urusan anak kecil sepele. Mereka sudah terlalu sibuk mengurusi lalu lintas dan mengejar koruptor.

“Aye kagak takut! Selame kagak ade bukti kalo anak aye nyang bikin saleh, kenape aye harus ganti rugi? Mo dilapor pulisi aye kagak peduli!”

“Kau niiiih… mau aku tampar rupanya, hah!” emak hilang sabar sudah. Tangannya mulai mengepal-ngepal geram.
Mpok Lela yang menangkap sinyal buruk, agak keder juga. Biar bagaimana pun, kalau sampai mereka bergulat, Bu Napdapdap yang badannya besar gemuk, pastilah dengan mudah bisa meremukkan badannya yang kecil kerempeng.

“Jangan macem macem. Aye tereak neh biar tetangge pade ngumpul!” mpok Lela balas mengancam.

“Panggil saja. Biar orang-orang semua tahu kalo anak kau, Kimin tuh, menganiaya Buyung, anakku. Dan kalau kau, ibunya, tak mau bertanggung jawab!” emak semakin panas. Sudah terik matahari membakar kulit ditambah pula tingkah si Lela buat emosi emak naik sampai ubun-ubun.

“Eeeehhh… sape nyang kagak mo tanggung jawab dibilangin. Anak aye Kimin emang lom balik tuk jadi saksi bener kagaknye versi si Buyung. Jangan lu macem-macem nuduh ye,” mpok Lela yang memang tidak yakin Kimin setega itu terhadap Buyung bersikukuh.

Emak sudah tidak tahan lagi. Kakinya melangkah tegap menyongsong mpok Lela bermaksud berhadapan-hadapan langsung.

Mpok Lela yang mensinyalir gelagat tidak baik dari emak; langsung pasang kuda-kuda menyiapkan sikat di tangannya yang siap ditimpukkan ke kepala emak.

Emak kurang waspada, alih-alih ia siap menangkis. Mpok Lela yang sudah panik duluan dengan kedatangan emak mendekatinya, langsung pasang jurus antisipasi. Puk! Sikat bak kamar mandi melayang persis di jidat emak yang langsung membiru dan benjol.

Bagai macan betina, emak meradang bukan kepalang.

“Ggggrrrrrr…. Awas kau yaaaa…” emak langsung mengejar mpok Lela yang tadinya siap-siap hendak berlari. Tapi terlambat, gerakan emak meradang, gesit bagai loncatan serigala. Dijambak rambut basah mpok Lela kasar. Bergulat lah mereka di lantai dingin rumah ala betawi milik mpok Lela.

Tetangga yang terpancing oleh suara riuh rendah perkelahian dua wanita perkasa itu, bermunculan satu per satu untuk menonton. Si Buyung yang dari tadi berdiri dengan jarak beberapa jengkal saja dari medan pertempuran, terpaku tidak mengerti.

Sang gara-gara muncul di tengah-tengah hiruk pikuk itu. Kimin, penyebab mata Buyung bengor, datang memasuki pekarangan rumah berpagar tanaman bambu itu sambil bersiul-siul. Dihampirinya Buyung yang matanya lurus menatap aksi jambak-jambakan emak dan mpok Lela.

“Ade ape, Yung?” Kimin lugu bertanya.

Buyung masih tak melepaskan pandangannya dari medan perkelahian. Menjawab Kimin sekenanya.

“Emak kita berkelahi, Min. Gara-gara mata aku kena tendang bola kau.”

Kimin tidak terperanjat. Hanya bengong.

“Loh kok? Kenape bise begeto?” tanya Kimin tak mengerti.

Salah seorang tetangga yang ikut mendengar percakapan singkat Buyung dan Kimin, ikut nimbrung bertanya. Sementara yang lain masih terus asyik menyaksikan dua macan betina adu hantam.

“Memangnye, lu nendang mata si Buyung ampe bengor gitu, Min? Bener?”

Buyung dan Kimin mengangguk serempak.

“Tapi…” Buyung dan Kimin menjawab hampir serempak pula.

Mereka saling melirik. Saling memandang.

“Tapi…” Kimin meneruskan menjawab pertanyaan salah seorang tetangganya, “Itu pan karne si Buyung jadi penjage gawang. Nah, aye pas dapet hadiah tendangan penalti kagak sengaje bolanye nyungsep kene mata die…” Kimin garuk garuk kepala yang tak gatal itu. Buyung mengangguk-ngangguk setuju dengan penjelasan Kimin.

Tetangga itu berdecak kagum.

Sementara di depan mereka emak dan mpok Lela masih bermain jambak-jambakan rambut, Buyung dan Kimin mulai berjalan menjauh. Mereka sepakat hari masih lama menjelang maghrib, mereka masih cukup waktu untuk bermain gundu di jalanan depan.

****

Read previous post:  
Read next post:  
Be the first person to continue this post
Writer Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan at Mata Buyung (13 years 13 weeks ago)
50

Anak Kecil kalo berantam umur dendamnya paling lama hitungan jam. Kemudian bermain lagi, ketawa berasama, rebutan, dan saling ledek lagi. Tidak pernah dendam lama. Beda dengan orang dewasa yang bisa dendam seumur-umur. Salut buat pengarang yang menulis kehidupan anak-anak dengan latar budaya berbeda dan cara pandang orangtua yang cepat emosi.

Writer june18
june18 at Mata Buyung (13 years 16 weeks ago)
90

lucu....

Writer Farah
Farah at Mata Buyung (13 years 16 weeks ago)
80

akhirnya dirimu menulis sesuatu yg ringan n ngalir kaya gini ;>

Writer sherlyne_dee
sherlyne_dee at Mata Buyung (13 years 16 weeks ago)
80

Seger, kocak, dan kayaknya ini cerita yg kudu dibaca para ortu deh. Anak2 udah pada baekan, sang ortu masih bergulat. he he he. Bagus nih v1vald1!

Writer gina
gina at Mata Buyung (13 years 17 weeks ago)
70

Lucu, gonta ganti logat batak plus betawi bacanya... hahaha... kocak

Writer prima
prima at Mata Buyung (13 years 18 weeks ago)
90

ceritanya sih kreatif habis masalah mata aja sampai mau dibawa-bawa ke polisi itu kan cuma ngga sengaja. hahahaha

Writer ShinTa
ShinTa at Mata Buyung (13 years 18 weeks ago)
90

nyenengin bacanya, ringan dan segar

Writer bangwin
bangwin at Mata Buyung (13 years 18 weeks ago)
80

Moment yang tergambar dikepala saya paling berkesan adalah pada saat Kimin dan Buyung berdua menyaksikan ibu2 mereka berkelahi, lalu ngobrol. V1vald1 dengan baik berhasil memperlihatkan kadang kalau orang tua bisa bersikap lebih childish drpd anak2 mereka sendiri...Bagus nih kalau dibuat script film pendek...:-)

Writer w1tch
w1tch at Mata Buyung (13 years 18 weeks ago)
70

akhirnya v1vald1 nulis cerita yang ringan! yeee....! (Dora: we did it! we did it!) Dapet vocab darimana tuh, V1? jangan-jangan lo ngerti bahasa daerah seluruh nusantara ya? (sobat gw ada yang gitu, tapi cuman yang jorok-jorok doank)...

Writer Kurniawan Candra Luhurjati
Kurniawan Candr... at Mata Buyung (13 years 18 weeks ago)
70

tante vivaldi, ceritanya lucu

Writer ima_29
ima_29 at Mata Buyung (13 years 18 weeks ago)
80

Emak gw banget siy!!!hehehehehe

Writer pikanisa
pikanisa at Mata Buyung (13 years 18 weeks ago)
70

wah...ngebacanya jadi kena roaming neh, kosakatanya banyak yang nggak ngerti, campuran bahasa betawinya kental banget. tapi garis besarnya ngerti kok jalan ceritanya.
Penulis yang satu ini, emang nggak pernah lupa ama karakteristik2 org Indonesia, yang selalu terselip di tulisan2nya. Kali ini karakteristik yang selalu aja turut campur ama urusan orang lain.

Writer FrenZy
FrenZy at Mata Buyung (13 years 18 weeks ago)
80

aku sudah menduga Kimin gak sengaja menendangnya.. tapi emak2 memang begitu bukan? :) lucu kok! menghibur! nuke kayaknya lg sibuk ya akhir2 ini, jarang muncul di kemudian lg.. hehehehe

Writer fOo_yani
fOo_yani at Mata Buyung (13 years 18 weeks ago)
80

Salut atas perubahan tema mengarang mmm mbak Nuke. fOo juga menyadari ada perubahan ini. Ada juga beberapa pengarang lain yang sukses berubah alur di sini. Yang semula bikin cerita serius trus menuju ke hal yang sifatnya lebih ringan dan manusiawi. Dan mbak Nuke salah satu yang berhasil. Potret cerita non-Cinta selalu menarik perhatianku, apalagi plot cerita tentang sosial. salut mbak.

Writer splinters
splinters at Mata Buyung (13 years 18 weeks ago)
80

hihihihi kakaaaakkk ... ternyata dikau bisa juga menulis ringan dan segar! kirain ada psikopat2 yang akan membuntut di belakang hehehe ternyata sangat-sangat fresh yaaa. memang hebat sekali kakakku ini hihihi. aku bangga sekali padamu, kak! ;p

Writer julie
julie at Mata Buyung (13 years 19 weeks ago)
70

Nuke, sebenernye Buyung itu orang mane? orang padang ato orang medan? trus sejak kapan orang betawi punye nama Kimin? Emang ya emak-emak kagak boleh liat anaknye di sakitin orang.

Writer unak unik
unak unik at Mata Buyung (13 years 19 weeks ago)
80

nah nyang beginian ini nih enak banget dibaca sambil makan pisang goreng ma kupi di teras rume kayak benyamin hihihihi...

anak2 banget, ibu2 banget hihihihi.. jeli lo nuke liat kejadian sehari2, anak2 cuma minta simpati ibunya, ibu2 gak pernah terima anaknya salah/jadi korban. jadi deh kejadian di cerpen nuke :) btw gue baru sekali baca tulisan lo gayanya begini.. seru...

Writer -riNa-
-riNa- at Mata Buyung (13 years 19 weeks ago)
70

Betawi beut dah tu bahasa...tapi asik kok bacanya...

Writer ananda
ananda at Mata Buyung (13 years 19 weeks ago)
80

asik banget ceritanya

Writer v1vald1
v1vald1 at Mata Buyung (13 years 19 weeks ago)

wooiii KD! Malem2 begene lu masih ngelayap. Emangnye kampung jadi gak aman ye kalo lu berenti meronda! :p
---
Huehehehe... ternyata si tampan KD masih sibuk belajar buat balas dendam ke dekan :p

Writer KD
KD at Mata Buyung (13 years 19 weeks ago)
100

tumben mbak Nuke postingyang enteng-enteng gini...
**************************
Kalau gak lagi kumat pasti lagi bete tuh... iya kan..kan...kan?