Statistik Beberapa Penulis

Writer loushevaon7
"

"
0
points

Ini sekadar pengetahuan yang mungkin bisa menginspirasi atau memotivasi kita sebagai orang-orang yang berhobi menulis.

Didymus dari Alexandria (1 SM) menulis antara 300-400 buku sepanjang hayatnya. Al Razi dari Persia (864-930 M) menulis sekitar 20.000 lembar halaman buku dalam setahun. Ia menulis siang dan malam selama 15 tahun hingga tangannya lumpuh. Sejarawan Arab, Abu Jafar Muhammad ibnu jarir at-Tabari (839-923 M) menulis 40 halaman buku setiap hari. Filsuf Fran├žois-Marie Arouet alias Voltaire (1694-1778) mewariskan 15 juta kata dalam 100 buku. Fisuf lain, Jean-Paul Sartre (1905-1980) menulis 10.000 kata setiap hari.

Di Indonesia pada masa kini, Langit Kresna Hariadi menerbitkan lima seri novel Gajah Mada (rata-rata 500 halaman) secara bertahap dalam waktu kurang dari tiga tahun. Lanjutan kisah Majapahit sebanyak 10 jilid tentang Perang Paregreg masih dalam proses kreatif Langit. Dalam sebulan ia bisa menulis 250-300 halaman.

Sumber : Hai/Koran Tempo.

Mungkin teman-teman yang sudah menjadi penulis profesional bisa membagi pengalamannya sendiri, atau memiliki data penulis terkemuka lainnya? Misalnya Enyd Blyton, JK Rowling, atau malah Pramodya A. Toer?

dikirim loushevaon7 13 years 40 weeks yang lalu
Tag: kemudian.com | buku | halaman | menulis | novel
Writer someonefromthesky
someonefromthesky at Statistik Beberapa Penulis (13 years 31 weeks ago)

Sy rasa kalau udah nulis 1000 buku, masa sih kualitasnya ga menyamai? Bukannya dengan kebiasaan dan latihan dan kebiasaan sebanyak itu, kualitasnya pasti terasah dan teruji??

Writer someonefromthesky
someonefromthesky at Statistik Beberapa Penulis (13 years 31 weeks ago)

Sy rasa kalau udah nulis 1000 buku, masa sih kualitasnya ga menyamai? Bukannya dengan kebiasaan dan latihan dan kebiasaan sebanyak itu, kualitasnya pasti terasah dan teruji??

Writer hendrosusanto
hendrosusanto at Statistik Beberapa Penulis (13 years 31 weeks ago)

ih.. ngeri..?!
Semangatnya.. melambung tinggi..
layak buat para kemudianerz contoh..

Writer jalaindra
jalaindra at Statistik Beberapa Penulis (13 years 32 weeks ago)

pinginnya sih, nerbitin satu novel tapi abadi, kayak Harper Lee dgn To Kill A MockingBird-nya..

Writer senja_saujana
senja_saujana at Statistik Beberapa Penulis (13 years 35 weeks ago)

salam,
yup, setuju. kualitas lebih penting tapi bukankah kuantitas juga merupakan petunjuk kesungguhan?
tentu lebih baik menulis seribu halaman tanpa arti daripada tidak menulis sama sekali bukan? dan tentu saja yang terbaik adalah memiliki kualitas dan kuantitas yang baik pula.

thanks,

Writer johanes.koen
johanes.koen at Statistik Beberapa Penulis (13 years 39 weeks ago)

mas pinang,
kalo soal SBY yang jarang nulis di koran,
mbah marjuki komentar apa?

www.kunto.id.or.id

Writer tspinang
at Statistik Beberapa Penulis (13 years 39 weeks ago)

So what?

mbah Marjuki bilang sih, buat apa pusing-pusing dengan angka. kalau cuma ngejar statistik mudah sekali kok. di k.com ini juga statistiknya luar biasa. lihat saja berapa banyak posting setiap hari.

kalau cuma melihat angka-angka yg bombastis itu bisa membuat kalian hanya ngejar target produksi. angka itu tidak penting, ia cuma hasil/akibat dari sebuah proses. lihatlah juga bagaimana mereka berproses sehingga karya-karyanya "menjadi". seumur hidup menghasilkan satu novel tapi abadi jauh lebih baik daripada menghasilkan 1000 judul buku tapi tertimbun di keranjang obral di bazar buku.

yang masih kuingat sih kata-kata mbah Marjuki..

"Karya yang besar selalu bermula dari niat yang benar." -- (mbah Marjuki)

____________________________
TSP - penggemar poin Nol (0)
www.titiknol.com

Writer mamenk
mamenk at Statistik Beberapa Penulis (13 years 38 weeks ago)

yoi, aku setuju ma mas tspinang...
angka gak penting...
yang penting tu kualitas karya yang kita hasilkan..bukan begitu mas?
hehe...lam kenal...
mohon bimbingannya..maklum,masih pemula

Writer gari_sendiri
gari_sendiri at Statistik Beberapa Penulis (13 years 39 weeks ago)

Langit, Pram, J.K. Rowling, Enyd Blyton, itu semua penulis idola gw ...
Mereka semua produktif abis ... gak kayak gw yg bisanya cuma ngomong doang ...

Writer reniand
reniand at Statistik Beberapa Penulis (13 years 40 weeks ago)

(buku anak) Enid Blyton: 600+ buku seumur hidup

(romance) Barbara Cartland: 700+ buku

(science fiction) Isaac Asimov: 250+ buku