helena nova : Comments

Writer bangetz
bangetz at (7 years 12 weeks ago)

cerita yg menarik...
mampir juga ke page aq... www.kemudian.com/node/251864

Writer joe_black
joe_black at (7 years 29 weeks ago)

Alur ceritanya memang bikin penasaran.Endingnya memang bikin semuanya jadi menarik. Kayaknya memang sengaja dibikin blur.Tapi catatan waktunya itu yang sebenernya bikin cerita ini cukup menarik menurut aku. Konsepnya. Bagus banget menurut aku. Maaf kalau terlalu banyak kasih komennya. Salam kenal aja.

Writer Kodokijo
Kodokijo at (7 years 30 weeks ago)

yang aku tangkep sih, tokoh utama bunuh diri untuk meyakinkan dirinya sendiri bahwa dia adalah orang yang berarti bagi orang lain, hrmmmmmmmm, tujuan dia jadi dokter kan untuk menyembuhkan orang lain, pada titik itu kan seharusnya dia udah sadar posisinya , kalo dia ga jadi dokter, dia ga bisa menyembuhkan orang lain, dengan kata lain "dia berarti bagi orang lain". Tapi begitu si cowo ga bisa dihubungi, dia strees pemirsah, dalam hitungan kurang dari satu jam, dia yang notabenenya mahasiswa kedokteran - yang kita semua tahu masuk fakultas kedokteran itu tidak mudah -dipaksa jadi abege labil yang gampang galau, dan mengakhiri hidupnya di tali gantung, mhuahaha, cara yang tragis untuk mengakhiri tujuan hidup.
Keep writing, abaikan ke cerewetanku jika dirasa perlu.

Writer benmi
benmi at (7 years 31 weeks ago)

Subjektif ya.. tp penceritaanmu membuat cerita ini kurang menarik. Byk sekali penggulangan kata.. wanitaku.. priaku.. Jd membosankan utk dibaca. Sebenarnya byk kata lain yg masi digunakan utk bercerita.. ga selalu wanitaku.. bisa dari nama... bagaimana ekspresi sang wanita.. utk kata2 jg mgkn bisa anda pelajari dari www.sinonimkata.com lumayan membantu menambah kosa kata.. anw.. keep nulis.. maaf kalo komentnya ga berkenan.

Writer Hikaru Xifos
Hikaru Xifos at (7 years 31 weeks ago)

well, untuk Eyd banyak yg harus dibenahi... menurut saya, penulis kurang mampu membuat pembaca untuk simpati kepada si tokoh cerita..

Writer benmi
benmi at (7 years 31 weeks ago)

Spt koment dari 1991.. menurutku kontradiktif, jdnya smkn jauh dari logis.. maksudnya secerita apapun sebuah cerita.. masih hrs meyakinkan ato setidaknya masuk nalar sang pembaca... jgn spt lelucuan.. seenaknya aja ditulis.. full khayalan...
Anw.. sorry kalo komentnya ga berkenan.. saya jg masi belajar..

Writer benmi
benmi at (7 years 31 weeks ago)

Tokohnya stress ya.. menurutku agak janggal aja ceritanya.. saya tidak akan berkoment eyd dan sbgnya.. tp lebih ke logika.. seorg yg ingin menjadi dokter.. aneh aja bunuh diri.. disaat itu tau betapa berharganya sebuah nyawa.. masa krn pria.. (disini ga dijelaskan alasan lain) telat mencari.. ato bhkan meninggalkan tanpa kabar sekalipun.. hrsnya ia ttp berpikir positif.. atau malah khawatir.. lagipula dia sudah tau watak sang pria mmg dingin.. jd menurut saya... ceritanya agak sangat dipaksakan.. anw.. sorry kl ga berkenan kommentnya..

Writer Ayu shafiyah
Ayu shafiyah at (7 years 31 weeks ago)

Ehm maaf ya, ceritanya kurang menarik, kurang tanda baca juga, jadi terkesan kaya baca koran gitu.
Semoga lain kali lebih nice yaa .. Semangat ^^

Writer vinegar
vinegar at (7 years 31 weeks ago)

Hallo, numpang komen dikit ya..

Buat saya cerpen ini terlalu memaksakan logika penulisnya yang di awang-awang. Memang sih POV pertama kebanyakan selalu ngomongin soal dirinya sendiri tapi gak segitu juga mengindahkan tokoh-tokoh lain dalam cerita. Dia itu siapa, laki atau perempuan, hubungannya ama tokoh utama kayak apa, settingnya di mana, dll. Seolah tokoh utama sibuk berputar untuk nyari pembenaran sesat pikirnya. Jangan-jangan hubungannya dengan 'dia' itu sesat pikirnya juga :|

Sory atas kecerewetan saya, lagi belajar mengapresiasi.

Writer wmhadjri1991
wmhadjri1991 at (7 years 32 weeks ago)

Ah, ini kontradiktif sama cerpen sebelumnya. Yang cewek ngerasa selalu dicuekin dan enggak diperhatiin sama yang cowok. Sementara yang cowok ngerasa bener2 cinta sama dia. Yang mana yang bener? Unreliable narrator? Masih lemah menurut saya. EYD masih banyak salah ya. Mungkin link ini bisa membantu: http://www.kners.com/forumdisplay.php?f=41
Sekian, salam.