nusantara : Comments

Writer d.a.y.e.u.h.
d.a.y.e.u.h. at (1 year 28 weeks ago)

subhanallah. sangat bermanfaat. jadi content writer di situs islami aja, bang.

Writer nusantara
nusantara at (1 year 29 weeks ago)

kalo soal macho atau laki, itu....
maksudnya bukan ekstra joss, laki-gue-banget,
hehehe
jadi maksudnya itu isu gender antara female dan male dan transgender yang gitu gitu.
cerita saya ada membahas sedikit perempuan yang bukan perempuan itu, kompleks banget,
bukan tentang banci yang jadi PSK, bukan tentang artis yang setengah laki setengah perempuan, bukan soal banci salon, banci make up artis, banci manapun itulah,

saya juga dulu sempat dikira terlalu feminin, kecewe-cewe-an, dan digambarkan terlalu berlebihan, padahal ga gitu amat, intinya itu soal macho itu bukan lelaki bertangan melambai macam penari yang terlalu lentur gitu, macho juga bukan lelaki bertangan kekar dengan tenaga kuat tapi ga ada otak macam pelaku KDRT dimana pun mereke berada, ya, dimanapun mereka berada, jadi macho itu adalah lelaki yang jujur terhadap dirinya sendiri dan orang lain.

saya kira ini tulisan yang jujur tanpa ada maksud apa-apa dan ceritanya mengada-ada, makanya saya anggap ini tulisan macho.

Writer nusantara
nusantara at (1 year 29 weeks ago)

Ga punya blog.
ini aja di warnet.
ga lucu, ngeblog itu buat saya susah.
untungnya juga ga tahu gimana.
saya nulis cuma belajar disini doang.
buat fun, hibur diri, berimajinasi buat cerita sendiri, nulis disini,
gitu doang,
for fun doang,
ga punya instagram, facebook,twiter, ga punya, ga aktif di medsos manapun,
ke warnet itu kalao pengen nulis cerita atau baca atau buat puisi,
atau setelah mimpi seru yang diingat gitu.
jadi ketika saya sebut "pendengki",
itu maksudnya bukan ke hater di medsos, saya ga punya medsos apa pun.
jadi hater di dunia nyata bukan di dunia maya.

Writer nusantara
nusantara at (1 year 29 weeks ago)

sebenernya bukan pengen dikira orang bijak sih,
sengaja ngutip ayat-ayat Alquran biar orang non muslim bisa bedain mana pemahaman teroris dan mana yang bukan?
Teroris yang diberitakan di televisi itu macam JAD dsb itu kan dalil-dalil terornya dapat ambil dari Alquran juga.

Ya, contohnya saya ngutip Al-Imran:134 itu.
Ajarannya itu membuat manusia jadi mulia bukan karena harta atau jabatan tapi dari kesanggupan mempraktekkan perintah kebaikan itu.

Jujur saya sendiri sulit menahan amarah bila ingat isu-isu fitnah yang menimpa, tapi saya harus mencoba.
Harus memaafkan juga. Memaafkan setelah disakiti itu susah. Sangat susah itu. Disakiti bukan oleh individu per orangan lagi, semacam seperti ada sekelompok orang yang sengaja hendak membuat jeratan atau jebakan.

Hehehe, tapi santai saja lah.....
selama berusaha tetap menjaga sikap dan tidak terjerumus tindakan penganiayaan kan sepertinya orang mau menjelekkan bagaimanapun sepertinya takkan berpengaruh banyak.
kitu jigana mah.

Abdi teu teurang nuju aya naon iyeu teh, kusabab teu aya nu wantun ngaleureusken permasalahana nya janten kieu weh.
tapi santey weh lah...

Writer d.a.y.e.u.h.
d.a.y.e.u.h. at (1 year 29 weeks ago)

Bijak juga, karena ngutip ayat-ayat Alquran.
Tapi "laki"-nya ...? Enggak kerasa di sini kalau bagi saya. Yang dimaksud "laki", "macho" itu apa sih?
Kenapa enggak bikin blog aja, wahai Penunggu Kemudian Abad Ini?

Writer nusantara
nusantara at (1 year 29 weeks ago)

pedangnya itu maksudnya pedang betulan, yang ada di peraduan 4 itu, kan ceritanya di jalanan rimba raya.
biker-biker an, geng motor-geng motor an, ya gitu lah,
mimpinya beneran kuda, yang di peraduan 1 dan 2, ditambahin aja kan udah bilang cerita terinspirasi dari mimpi, jadi bukan lagi cerita mimpi.
gitu.

Writer nusantara
nusantara at (1 year 32 weeks ago)

mungkin ada juga profokator yang bergosip saya menyadap pikiran artis, hehehe
entahlah.
geje itu profokator tapi dianggap orang benar.
semoga taubat jadi profokator.
nikmatilah hidup dan berhenti menguntiti saya dan banyak tempat wisata di mana pun dan berwisata lah, saya sih ga ada duit jadi ga kemana-mana,
hey, profokator. berhentilah jadi profokator dan nikmati harimu, pergilah jauh-jauh dari hidup saya dan menguntitti sembunyi-sembunyi dan bergosip, nanti gosipnya tambah parah,

Writer nusantara
nusantara at (1 year 32 weeks ago)

gosipnya ada dari dulu sih dibaca artis,
waktu cerpen horor banget di acara sule ini talk show entah tahun kapan, lupa lagi pernah waktu lagi nonton itu ada yang ngomongin itu cerpen horor banget,
biasa lah itu pengamera bersembunyi sambil bergosip tiada henti sejak 2013.
pernah juga dulu itu di hitam-putih, deddy cobuzier ngomong ke bintang tamu, udah lama juga entah tahun kapan, waktu nulis Tsutheejo dan Maemoon.
entah kebetulan saja mungkin.
tapi pengamera tiada henti bergosip alias teu eureun-eureun kitu lah. nganti saiki.

Writer nusantara
nusantara at (1 year 32 weeks ago)

wah, ada gosip beredar bahwa puisi ini dibaca sama artis,
waktu saya nonton tv acara anugrah film itu ada rafi ahmad bilang ke luna maya, melotot, hantu melotot,
terus pengamera bergosip bahwa saya bikin puisi film suzanna luna maya,
entah dengan profokatornya bergosipa apa.
mungkin tidak ada benarnya puisi ini dibaca artis, hehehe

Writer nusantara
nusantara at (1 year 33 weeks ago)

Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu-ibu kalian,
itu juga bisa dimaknai ibu bangsa/ibu pertiwi/motherland,
manusia itu bangsa apapun dia di dalam rahim itu proses pembentukannya sama,
jadi harus melek ilmu juga tentang genetika. saya ini belajar gini bukan mau bikin terjemahan versi sendiri. hehe bukan maksud gitu dan ntar sama profokator dibilang menghina terjemahan depag. nggak begitu lah maksud saya ini