retata : Comments

Writer nusantara
nusantara at (2 years 47 weeks ago)

belum dibaca semua,komen saja dulu baca kemudian..
ini sepertinya bagus.. cerita tentang apa ya?
baiklah saya baca sekarang..
hehehe

Writer nusantara
nusantara at (2 years 48 weeks ago)

WAH, UDAH PERNAH KOMEN,
KOMEN LAGI LAH,
*
ngemeng-ngemeng soal mimpi saya pernah mimpi aneh,
mimpinya begini,
ada cewe ngasih nasihat,
"kamu jangan marah kalau difitnah, dihina, diintip, mereka itu setan yang berusaha menjerumuskan, setan itu lapar, makanan setan itu amarah, kamu marah setannya kenyang, kamu marah berarti kamu ngasih makan setan, setan itu manusia dan jin yang mengganggu hidup orang. kamu jangan marah sebab kalau marah setan di dalam diri manusia akan semakin kuat, kamu manusia mereka manusia, mereka marah-marah semakin kuat setan di dalam diri mereka dan kamu jangan marah biar setan di dalam diri kamu mati karena kelaparan. setan makanannya amarah jadi jangan marah. mereka yang mitnah berarti ngasih makan ke setan dalam diri mereka, mereka yang marah juga ngasih makan ke setan dalam diri mereka. jangan marah biar setan ga makan dan setannya mati."
*
itu mimpi yang aneh, cewenya ga tahu siapa itu, cantik, tapi keterlaluan, masa saya ga boleh marah diintip pengamera sembunyi-sembunyi...

Writer nusantara
nusantara at (2 years 48 weeks ago)

wah, bagus..
terang seakan melucuti dan gelap kadang seakan menelan, suka kata-katanya itu.
belajar komen,
-melucuti itu seperti menanggalkan, tak tertutupi,
saya kira terang itu mengarah kepada terangnya ilmu pengetahuan yang menelanjangi kebodohan manusia sehingga manusia merasa bodoh tanpa ilmu dan memerangi kebodohannya dengan belajar untuk mendapat ilmu dan menerangi hidupnya.
-manusia menjadi melihat alam dan dirinya dengan ilmu menyingkap tabir yang menutupi ketidaktahuannya. Terutama tentang hatinya.
*
ditelan gelap itu..
-ya, kegelapan itu menelan cahaya, seolah begitu,
-lampu menyala menjadi terang, paling terang itu yang jaraknya dekat dengan pusat cahaya, semakin jauh menjadi temaram dan remang-remang dan itu batas jarak cahaya dengan kegelapan.
-ya, jadi sumber cahaya itu memiliki jarak dengan kegelapan, itu artinya ada yang terjangkau cahaya dan ada yang tak terjangkau cahaya yaitu kegelapan.
-matahari sebagai sumber cahaya di alam tata surya kita juga cahayanya semakin jauh semakin temaram, itu artinya ada ruang di luar angkasa yang tak terjamah cahaya matahari dan itu wilayah gelap. lalu di tempat lainnya di luar angkasa sana ada matahari lain yang bersinar dan disebut bintang untuk menerangi wilayah gelap dan itu berarti ada wilayah gelap diantara satu bintang dan bintang yang lain yang tak terjamah cahaya. itulah wilayah kegelapan.
-setiap bintang menjadi pusat tata suryanya masing-masing sama seperti matahari kita bagi planet-planetnya.
-berarti kehidupan itu ada wilayah terang, ada wilayah temaram dan ada wilayah gelap.
*
orang-orang fisika mempelajari sistem kerja cahaya terhadap alam, katanya ada perbedaan.saya tidak mengerti apa aktifitasnya itu mahluk-mahluk kecil kayak atom dan yang begitu-begitu itu lah, komennya ga nyambung gini ya,
-kalau manusia itu kan dengan ilmunya melihat dirinya bukan sebagai satu mahluk, melainkan kesatuan mahluk, ada yang mempelajari aktifitas hormon-hormon manusia yang berhubungan dengan kimia tubuh, ada yang mempelajari sel-sel, ada yang mempelajari virus, bakteri, sperma, ovum, ada yang mempelajari ruh, nyawa, sukma, jiwa, kan katanya semesta kecil itu tubuh, sedang semesta besar itu angkasa raya, dan temaram itu menunjukkan sisi manusia yang jauh dari cahaya dan dekat dengan gelap. jadi komen saya tidak nyabung gitu lah..
-hehehe,biar disangka orang gila lagi komen..

Writer nusantara
nusantara at (3 years 8 weeks ago)

seru komentarnya,
angin itu memang memiliki sesuatu yang lain,
orang tak mudah menggunakan frasa-frasa angin,
larinya harus punya besik sastra,
beneran itu harus punya..

Writer nusantara
nusantara at (3 years 8 weeks ago)

karya yang bagus,
soal penulisan tentu ada kurangnya,
cinta memang harus diucapkan..
ya..
pemalu itu begitu, jangankan perempuan lelaki saja ada dan sulit mengutarakan apalagi perempuan.
*
semua pemalu merasakan kesulitan mengungkapkan sebab ada rasa takut, takut akan penolakan dan menjadi sakit hati.
padahal mengungkapkan yang baik tanpa merasa harus takut akan penolakan itu bisa dan tak perlu merasa malu.
ini saya ketahui beberapa tahun yang lalu dari mimpi,,
*
saya seolah sedang mengajari ya padahal tidak, hehe..
*
katakan pada orang yang kau cintai atau sukai bahwa ketika mengatakan perasaan cintanya itu bukan karena ingin menjadi pacar atau kekasih atau apa pun yang sekiranya dia akan merespon dengan negatif.
KAN, ADA LAGUNYA..
ho.. ho.. aku hanya ingin kau tahu..
*
ya jadi supaya dia tahu saja kalau sebenarnya ada rasa dan bukan meminta jawaban diterima atau tidak, yang penting tahu isi hati dan perasaan saja intinya dan tetap berteman.
bila orang itu memiliki rasa yang sama maka orang itu akan mendekat dengan sendirinya sebab sudah tahu bahwa kau yang si pemalu itu memiliki rasa.
*
karya yang bagus..
*
saya komentar begini masuk kategori komentar nyambung apa nggak, ya..
hehehehe

Writer embun88
embun88 at (4 years 34 weeks ago)

Cerita yang sangat mengagumkan, aku kasih nilai 9 tuh

__________________________________________________
Hubungi Rajaprinter.id sebagai pusat rental fotocopy dan printer yang termurah di Indonesia

Writer ryandachna
ryandachna at (5 years 16 weeks ago)

Ceritanya bagus. Bisa dipoles lagi dan lagi biar lebih mantap, tapi emosinya sudah kena.

Writer Shinichi
Shinichi at (5 years 32 weeks ago)

saya pikir, selain penulis bersenang-senang belajar analogi atas kesan atau rasa apa pun, demikian jugalah ia belajar memahami penulisan sesuai ejaan. Di sini, masih terdapat kesalahan penulisan mendasar seperti kata depan dan dialog pengiring. Semoga bisa membantu.

Writer avangers
avangers at (5 years 33 weeks ago)

Hebat kisah nyata di dunia mimpi bisa dijabarkan dalam cerpen ini

___________________________________
Kunjungi Rajaprinter.id ketika anda membutuhkan jasa sewa mesin fotocopy jakarta termurah no 1

Writer jojon00
jojon00 at (5 years 39 weeks ago)

di cerpen ini ada pesan moral yang disampaikan,bagus juga nih cepen

____________________________________
Jual saldo paypal atau paypal balance bergaransi 100% legal dan safe, isi saldo anda lewat Dompetvirtual.com